Pantai Siung, Spot Panjat Tebing Terbaik di Yogyakarta

Diposting pada
Pantai Siung, Spot Panjat Tebing Terbaik di Yogyakarta

Pantai Siung – Tak dipungkiri Gunung Kidul menjadi surga bagi penikmati pantai. Pantai dengan pasir putih dan karang indah berjejer-jejer di sepanjang selatan kawasannya.

NamaPantai Siung
Harga Tiket MasukRp 2000 – Rp 10000
Jam Buka06:00 – 17:00 WIB
Tipe WisataKeluarga, Adrenalin
Fasilitas UmumArea parkir, Area Camping
Kontak
Alamat Duwet, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, DI. Yogyakarta

Sebut saja beberapa pantai terkenal di daerah ini. Ada Pantai Baron, Pantai Wediombo, Pantai Sundak, Pantai Pok Tunggal, dan masih banyak lagi.

Diantara puluhan pantai berjejer-jejer tersebut, ada salah satu yang menjadi tempat wajib bagi para pecinta panjat tebing. Yaitu Pantai Siung. Lewat artikel ini kami akan sampaikan obyek wisata, fasilitas, tiket masuk, lokasi dan akses menuju ke pantai ini.

Pesona Keindahan Pantai Siung

Belakangan Pantai Siung sangat populer tak hanya karena pantainya masih asri, indah dan bersih. Karena terletak diantara batuan besar serta pegunungan. Pantai ini pun menawarkan wisata tak biasa, yaitu lokasi panjat tebing.

Pantai Siung

Sama seperti pantai Gunung Kidul lainnya, Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas. Sejumlah tanaman pohon pandan menjadi ciri khas tanaman di sini. Destinasi wisata pantai ini juga dikelilingi tebing-tebing tinggi nan indah.

Mampir juga ke pantai lainnya, Pantai Mororejo

Menariknya lagi, panjat tebing di pantai ini ternyata sudah sangat mendunia terutama di Asia Tenggara. Pantai Siung mempunyai 250 jalur panjat tebing berstandar internasional. Hebat bukan?

Tak heran banyak pengunjung datang kemari selain untuk menikmati pantai indahnya. Juga untuk melakukan olahraga panjat tebing.

Obyek Wisata dan Fasilitas di Pantai Siung Wonosari

Yang menonjol di pantai ini adalah sebuah tebing menjulang tinggi. Tebing tersebut menjulang dari arah timur ke arah barat. Bentuknya seakan mirip dengan bentuk sebuah gigi kera. Jika dalam bahasa Jawa hal ini disebut dengan Siung Wanara. Inilah yang menjadi asal usul nama pantai ini.

Pantai Pasir Putih

Pasir di pantai ini berwarna putih bersih. Di sekeliling, akan terlihat tanaman pandan menghiasi putihnya pasir pantai ini. Sehingga sangat cocok menjadi tempat bermain pasir, bersantai atau berfoto-foto.

Pantai Pasir Putih

Barisan Bukit nan Indah

Seperti anda tahu, pantai ini dikelilingi oleh bukit-bukit yang menjulang tinggi. Anda bisa memanfaatkan momen berkunjung untuk menjelajahi tepian pantai di sebelah timurnya. Dari situ anda bisa menaiki bukit dan melihat panorama pantai Siung dari bukit itu.

Barisan Bukit nan Indah

Sudah ada jalur untuk para pengunjung agar lebih mudah dan lebih cepat sampai ke puncak bukit. Namun anda harus tetap berhati-hati karena terdapat juram serta serta di sekitar anda.

Kunjungi juga pantai untuk pecinta snorkeling, Pantai Nglambor

Dari puncak bukit ini, pemandangannya akan tampak jauh lebih eksotis. Sangat pas dijadikan latar foto instagenic anda. Spot ini juga sangat pas dijadikan tempat untuk menikmati sunset.

Panjat Tebing Kelas Internasional

Wisata panjat tebing yang menjadi andalan Pantai Siung bermula dari tahun 1989. Pada waktu itu,  beberapa aktivis pecinta alam dari Jepang melakukan kegiatan panjat tebing.

Panjat Tebing Kelas Internasional

Sejak saat itu, pemerintah Yogyakarta terus menggiatkan olahraga panjat tebing di kawasan ini. Hal ini dilakukan karena sangat berpotensi sebagai daya tarik wisata.

Menariknya lagi, pantai ini juga pernah menjadi lokasi lomba panjat tebing. Tepatnya dalam event ASEAN Climbing Gathering dengan 250 orang peserta. Sebab itu pantai ini pun juluki sebagai The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta.

Gerombolan Kera di Lokasi Bukit

Ada lagi yang unik di pantai ini, yaitu adanya gerombolan kera. Kera-kera tersebut memang tinggal di kawasan bukit di dekat pantai ini. Saat pantai sedang sepi, para kera akan turun ke pantai. Jika beruntung anda bisa menemukan kera-kera tersebut.

Jangan khawatir, karena mereka tidak akan menganggu jika anda juga tidak menganggu. Anda bisa memanfaatkan momen berfoto dengan kera-kera, namun usahakan dari kejauhan. Karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Area Camping

Daya tarik lain adalah adanya fasilitas Pantai Siung camping. Maksudnya, anda bisa juga berkemah di kawasan pantai ini. Lokasi campingnya memang sudah ada dan disediakan untuk mendirikan tenda yakni di bagian timur pantai.

Camping di sini sangat cocok bagi anda yang ingin lebih puas menikmati alam patai. Saat senja, anda akan dihibur dengan view sunset, angin sepoi-sepoi serta suara deburan ombak. Pada malam hari, anda akan dimanjakan oleh pemandangan langit luas bertaburan bintang-bintang.

Tak hanya itu, di lokasi camping ini juga disediakan sebuah rumah panggung. Rumah tersebut khusus digunakan untuk y melihat pemandangan laut dengan jangakauan lebih luas. Rumah panggung ini dapat menampung hingga 15 orang.

Berbicara mengenai fasilitas di pantai ini sudah cukup lengkap. Berbagai fasilitas dalalm rangka menunjang kenyamanan pengunjung sudah tersedia. Seperti kamar mandi, toilet, rumah makan, mushola, dan parkiran luas. Di lokasi pantai juga sudah ada TPI, penginapan dan pendopo.

Tiket Masuk Pantai Siung

Untuk dapat menikmati indahnya pantai ini anda perlu membayayr biaya masuk, sama seperti pantai lain di Wonosari. Tiket masuk Pantai Siung adalah Rp. 10.000 per orang.

Harga tiket ini sudah meliputi biaya retribusi wisata Pantai Jogan dan Pantai Nglambor. Jadi, anda bisa langsung free masuk kedua pantai lainnya tersebut.

Apabila membawa kendaraan, Aanda juga perlu membayar biaya parkir. Untuk kendaraan roda dua adalah Rp 2.000,-/motor. Sementara untuk kendaraan roda empat adalah Rp 5.000,-/mobil. Namun, terdapat biaya tambahan bagi anda yang ingin camping dan parkir kendaraan lebih lama.

Lokasi Pantai Siung Yogyakarta

Lokasi Pantai Siung Yogyakarta ini berada di daerah Duwet, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, DI. Yogyakarta. Mengenai rute ke Pantai Siung ini terdapat beberapa alternatif.

Jika dari arah Kota Yogyakarta, anda bisa memulai dari Jalan Piyungan menuju Wonosari. Setelah itu terus saja ke selatan menuju ke arah Pantai Baron.

Sekitar 9 km, anda akna menemui pertigaan di Desa Mulo. Lalu lurus terus dan masuk jalur kawasan Mentel, Bintaos, Tepus, dan Pertigaan Winangun. Setelah itu, silakan belok kanan dan langsung menuju ke Pantai Siung.

Jarak perjalanan untuk rute ini mencapai 40 km dengan kondisi jalan cukup sempit. Selain itu, jalanan juga berkelok-kelok dan naik turun jadi disarankan untuk selalu berhati-hati.

Sementara jika anda dari Klaten, anda bisa mulai dari arah Semanu, Giripanggung, Sumberwungu, Klayu, Gude, Blekonang, Winangun dan Pantai Siung.

Anda juga bisa melewati rute dari Giripanggung menuju ke Cuelo ke arah selatan. Lalu ke arah Winangun dan kemudian sampai di Pantai Siung.

Meski membutuhkan perjalanan yang panjang dan tidak mudah, namun usaha tersebut akan lunas terbayar dengan keindahan pesona Pantai Siung ini.

Jangan lewatkan, pantai dengan sunset terbaik, Pantai Srau

Bagaimana tidak, dijamin anda tidak akan bosan berlama-lama menghabiskan waktu di salah satu pantai terindah di kawasan Wonosari in, mana lagi kalau bukan Pantai Siung.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *