Pulau Derawan, Surga Tersembunyi di Kalimantan

Pulau Derawan
Orang Nyelam

Daftar tempat asik dan unik bukan hanya berupa pusat belanja ataupun wahana permainan. Tetapi sebuah pantai berpemandangan indah seperti Pulau Derawan memang bisa jadi pilihan tepat Anda.

Tiket MasukGratis
Biaya transport speedboatRp. 300.000
Hotel bintang 3 rata-rata1,8 juta
Informasi Kontak
Jam Buka07:00 – 18:00 WIB
WilayahKaimantan

Dari destinasi wisata di ujung timur Kalimantan ini menyimpan banyak keunikan. Ditambah lagi wisatawan menganggapnya sebagai surga dunia. Sehingga masih jarang tersentuh teknologi hingga bisa dijadikan objek wisata utama. Lalu seperti apa deskripsi dari destinasi wisata satu ini?

Daya Tarik Pulau Derawan

Derawan memang jadi sebuah kepulauan yang memiliki beragam fasilitas wisata terbaik. Meskipun dari sisi akses teknologi di tempat ini belum terlalu masif. Tetapi dari akses dan bagian pariwsata terbilang cukup bagus.

Ternyata tempat satu ini masih dikenal wisatawan lokal sampai asing sebagai pantai dengan biota laut serta tumbuhan beragam. Jadi tak heran bila pecinta snorkeling hingga para penyelam memilih tempat satu ini untuk liburan.

Luas Derawan sebagai kepulauan di Kalimantan bisa mencapai 1.3 hektar. Bila dibandingkan dengan daftar pulau lainnya memang belum terlalu besar.

Terdapat kurang lebih 31 nama pulau yang ada di kepulauan Derawan. Oleh sebab itu ada beberapa spot wisata populer bisa Anda kunjungi.

Pulau Derawan
Orang Mau Nyelam

Selain memiliki daftar pulau cukup banyak Derawan ini juga memiliki gosong karang. Daftar gosong karang terdiri dari pinaka, muafas, masimbung, buliulin, dan tababinga. Sudah jelas bahwa destinasi wisata satu ini mampu menghadirkanbanyak pengalaman seru bagi pengunjung.

Pesona alam bawah laut di destinasi ini terbilang fantastis. Pasir putih hingga air laut yang berwarna alami masih bisa Anda lihat. Pemandangannya terbilang bersih, dan sangat cocok dijadikan tempat berwisata ataupun berbulan madu bagi pasangan baru.

Fasilitas di Pulau Derawan

Destinasi wisata di Kalimantan ini juga memiliki beberapa fokus fasilitas untuk pengunjung. Dari sisi perikanan memang sudah terlihat. Karena pihak pengembang wisata telah memberi wisata edukasi kepada pengunjung.

Anda dapat menikmati wahana konservasi penyu. Dimana perawatan hingga proses pelepasan penyu bisa dilakukan lebih mudah. Tidak hanya itu, karena Anda akan diajak untuk mengetahui seperti apa konsep perawatan hewan penyu.

Selain dari konservasi penyu. Pulau Derawan ini juga memiliki hutan mangrove. Menariknya jenis mangrove yang ada di Derawan ini mampu mengurangi efek abrasi. Untuk itulah adanya hutan mangrove ini akan jadi ekosistem menarik bagi hewan laut dan tumbuhan.

Pulau Derawan
Iconic Derawan

Fasilitas wahana wisata berupa terumbu karang juga bisa diakses dengan mudah. Pada wahana ini pengunjung akan diajak untuk melihat seperti apa proses budidaya dan pemeliharaan karang hidup.

Menariknya Derawan ini menjadi salah satu tempat terumbu karang hidup. Ditambah lagi ada banyak jenis terumbu karang bisa memberi banyak keunikan dan dari sisi perawatannya juga tidak sama.

Fasilitas Penginapan

Salah satu fasilitas paling banyak dimanfaatkan selama liburan ke Pulau Derawan adalah penginapan. Menariknya dari ketersediana homestay di destinasi ini terbilang cukup banyak. Sedangkan dari harga sewanya juga tidak terlalu mahal.

Setiap homestay di destinasi Derawan ini hanya dibanderol dari harga 75 ribu sampai 250 ribu per malam. Namun Anda bisa memilih resort di mulai harga 1 jutaan per malam. Bila ingin lebih mewah Anda dapat menyewa fasilitas vila dengan harga sewa 600 ribu per malam.

Pulau Derawan
Jembatan

Ada juga paket umum yang bisa anda manfaatkan. Untuk minimal 2 orang penyewa ataupun lebih dari 2 orang. Sedangkan dari harga sewanya sendiri dibutuhkan kurang lebih mencapai 1.5 juta per orang.

Tips Liburan di Pulau Derawan

Bagi wisatawan yang mengunjungi tempat wisata alam bertema pantai ini harus mengerti beberapa tips. Adapun tips tersebut bisa memberi banyak manfaat bagi pengunjung. Lalu seperti apa tips tepat untuk liburan di Derawan?

Memilih penginapan sesuai kondisi keuangan adalah tips pertama yang memang jadi pilihan tepat. Anda harus bisa mengontrol pengeluaran selama berwisata di Pulau Derawan. Karena memang dari sisi harga sewanya bervariasi.

Sedangkan dari tips berikutnya adalah membawa perlengkapan seperlunya saja. Karena aktivitas wisata di Derawan ini masih bisa menggunakan peralatan tambahan ataupun menyewa peralatan yang sudah tersedia.

Jangan lupa untuk membawa uang cukup karena di destinasi wisata ini tidak tersedia mesin ATM. Sehingga dari akses pengiambilan uang terbilang cukup sulit dilakukan.

Waspada juga terhadap serangan ubur-ubur karena memang setiap pengunjung diharapkan mengetahui beberapa cara menghindarinya. Gunakan alas kaki dan jangan terlalu mendekat ke dalam pantai.

Harga Tiket Masuk ke Derawan

Akses tiket masuk ke Derawan terbilang cukup terjangkau. Namun ada hal penting ketika Anda memilih destinasi wisata ini yakni dari sisi harga tiket di beberapa wahana. Bagi pengunjung baru ada baiknya persiapkan dana lebih sebagai langkan antisipasi terhadap harga tiket masuknya.

Sedangkan pada aspek jam operasionalnya, Derawan ini dibuka selama 24 jam. Kemudian untuk hari libur ataupun akhir pekan biasanya akan ada banyak pengunjung yang menikmati semua fasilitas terbaik di Derawan.

Pulau Derawan
Hasil Foto Bule memang greget

Lokasi dan Transportasi ke Pulau Derawan

Lokasi dari tempat wisata Derawan ini berada di Kabupaten Berau Propinsi Kalimantan Timur. Untuk mengaksesnya bisa menggunakan dua metode yakni lewat jalur udara dan darat. Maka dari itu Anda bisa pilih jalur transportasi yang sekiranya nyaman dan cocok dengan kantong dompet Anda.

Untuk via udara bisa menggunakan metode sederhana. Yakni membuat rencana penerbangan ke Balikpapan. Kemudian saat sudah sampai di Balikpapan Anda bisa langsung ke Derawan menggunakan dua opsi.

Pada pilihan pertama menggunakan penerbangan ke Tarakan. Cara satu ini memang cukup mudah dan murah. Kemudian gunakan akses speedboat untuk langsung menuju ke Derawan.

Metode kedua bisa dengan menggunakan penerbangan melewati Berau. Ada beberapa maskapai yang sudah menyediakan layanan penerbangan dari Balikpapan ke Berau. Salah satunya Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Wings Air dan lainnya.

Pulau Derawan
Seperti di Pantai biasanya

Ketika sudah sampai di Berau Anda dapat melanjutkan menggunakan jalur darat menuju Tanjung Batu. Sewalah speedboat yang mana mampu menampung 5 orang penumpang dengan harga 300 ribu saja.

Semua akses baik itu fasilitas wisata di Pulau Derawan sudah semakin mudah. Pengunjung akan disuguhkan beragam keunikan baik pemandangan alam hingga beberapa fasilitas terbaik. Sehingga pengalaman liburan ke Derawan jadi lebih seru.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Bepergian membuat orang sederhana. Anda melihat betapa kecilnya tempat yang Anda tempati di dunia.