Surga Kecil Nan Indah Di Sumbawa Barata Pulau Kenawa

Diposting pada
Pulau Kenawa

Tahukah kamu perbedaan antara Pulau Kenawa dengan Pulau Kanawa? Yap, keduanya bukanlah satu pulau yang sama namun dua pulau yang berbeda.

Harga TiketRp 50.000
AlamatPoto Tano, Sumbawa Barat, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

Jika kamu tidak tahu perbedaanya simaklah artikel di bawah ini. Kebanyakan orang memang berpikiran bahwa Kenawa sama dengan Kanawa.

Pesona Pulau Kenawa

Pulau Kenawa adalah salah satu pulau yang terletak di Pulau Sumbawa NTB. Pulau ini sebenarnya tidak berpenghuni dan hanya ditumbuhi dengan ilalang dan rumput-rumputan.

Pulau Kenawa

Walaupun demikian janganlah berburuk sangkau dahulu. Kamu pasti akan berdecak kagum ketika menginjakkan kaki di pulau ini. Keindahan alam baik di darat maupun di laut sungguh indah dan eksotis. Banyak spot yang bisa kamu kunjungi.

Wisata Ke Pulau Kenawa

Pulau Kenawa Sumbawa adalah salah satu pulau tidak beepenht namun cantik. Pulau ini menyuguhkan keindahan alamnya baik yang ada di darat maupun laut. Pulau ini mudah dikenali karena adanya sebuah bukit yang terletak di tengah pulau. Dari atas bukit ini kamu bisa menikmati pemandangan sekitar.

Surga Kecil Nan Indah Di Sumbawa Barata Pulau Kenawa 1

Seluas pulau ini kamu bisa menikmati hijaunya pada rumput savana. Lokasi ini pun menjadi lokasi favorit pengunjung. Yang tidak kalah menarik adalah pantainya. Pantai tersebut memiliki pasir pantai yang putih dan terhampar luas. Apalagi dengan keindahan bawah lautnya. Air laut sangat jernih sehingga kamu bisa menikmati kehidupan bawah lautnya.

Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di pantai ini. Kamu bisa berjemur, berenang, snorkeling ataupun free diving. Selain itu birunya langit dapat berpadu indah. Pemandangan dari sunset dan sunrsise pun bisa kamu nikmati dari atas bukit tersebut. Pulau Kenawa masih termasuk dalam gugusan pulau KSB. Namint Pulau-pulau disekitar pulau ini masih dibatasi untuk umum.

Lokasi Pulau Kenawa

Dimanakah lokasi Pulau Kenawa? Pulau ini terletak di Poto Tano, Sumbawa Barat, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Perjalanan kamu bisa dimualai dari Kota Mataram menggunakan transportasi baik darat, udara maupun laut untuk menuju Mataram. Dari Mataram lanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Kayangan Lombok Timur yang bisa kamu tempuh selama 2 jam.

Surga Kecil Nan Indah Di Sumbawa Barata Pulau Kenawa 2

Naiklah kapal ferry ke arah Pelabuhan Poto Tano dengan lama perjalanan 2 jam. Biaya kapal ferry untuk sekali perjalanan adalah Rp 30.000,00 dengan jadwal keberangkatan setiap 45 menit sekali. Sesampainya di Pelabuhan Poto Tano kamu harus melanjutkan perjalanan dengan menyewa kapal dari penduduk sekitar ke Pulau Kenawa. Sewa perahu berkisar antara Rp 250.000,00- Rp 300.000,00.

Jarak Pelabuhan Poto Tano ke Pulau Kenawa hanya berjarak 200 meter yang bisa kamu tempuh dengan perahu selama 20 menit. Jadi perhatikan pelabuhan dimana kamu harus turun ya.

Tips Berwisata Ke Pulang Kenawa

Kamu bisa menerapkan tips yang kami berikut di bawah ini ketika berlibur ke Pulau Kenawa:

  • Datanglah pada saat musim kemarau tiba karena pemandangan alamnnya begitu menarik ketika musik kemarau.
  • Pakailah pakaian yang nyaman karena banyak angin di pulau ini.
  • Pakailah alas kaki yang nyaman ketika berkeliling pulau.
  • Bawalah uang cash secukupnya karena kamu tidak akan menemukan mesin ATM di kawasan ini.
  • Bawalah perbekalan dan peralatan yang cukup seperti cemilan dan obat-obatan.
  • Kamu bisa membawa emergency atau menyalakan obor karena saat jam 8 listrik di pulau ini padam.

Harga Tiket Masuk Pulau Kenawa

Berapakah harga tiket masuk Pulau Kenawa? HTM ke Pulau Kenawa sebesar Rp 50.000,00/ orang utuk sepanjang hari.

Surga Kecil Nan Indah Di Sumbawa Barata Pulau Kenawa 3

Nah demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan tentang Pulau Kenawa. Jika kamu berlibur ke pulauini jangan lupa membawa budget lebih ya karena biaya penyeberangan dengan menggunakan perahu nelayan cukup menguras kantong. Untuk berhemat datanglah ke Pulau Kenawa secara rombongan.

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.