Punthuk Setumbu Sajian Pemandangan Sunrise Terbaik di Jawa Tengah

Diposting pada
Punthuk Setumbu

Memburu pemandangan indah seperti matahari terbit terkadang cukup sulit didapatkan. Tempat terbaik pastinya berada di ketinggian salah satunya bukit Punthuk Setumbu. Untuk itulah ada banyak desitnasi keren yang sekarang ini bisa jadi pilihan tepat bagi seorang pelancong.

Kisaran Harga TiketRp 500.000 – Rp 800.000
Informasi Kontak+62 856-2778-569
Jam Buka07:00 – 18:00 WIB
WilayahKota Malang

Destinasi wisata alam berupa bukit ditambah lagi pemandangan keren sunrise pastinya mengundak rasa penasaran. Apalagi bagi pecinta fotografi pastinya sudah menginginkan sensasi berburu fotografi dari tempat tersebut. Lalu seperti apa keunikan dari destinasi wisata satu ini?

Daya Tarik Punthuk Setumbu

Sebuah destinasi berupa bukit memang jadi pilihan menarik. Wisata bertema alam seringkali jadi pilihan mudah. Karena dari segi akses lokasi bisa dijangkau bahkan dianggap lebih murah. Begitu juga dengan destinasi bukit Setumbu ini.

Punthuk Setumbu

Dari bukit Setumbu ini memang dianggap sebagai spot terbaik dalam melihat sunrise. Anda bisa melihat secara langsung latar Gunung Merapi dan Merabu dari bukit satu ini. Bahkan bila beruntung saat cuaca cerah terlihat Candi Borobudur.

Pemandangan eksotis di destinasi wisata bukit ini sudah banyak diburu pecinta fotografi. Bukan hanya pada pagi hari saja. Tetapi di saat sore hari juga menghadirkan pemandangan tak kalah menarik.

Pada saat akhir pekan hingga musim liburan. Destinasi wisata satu ini kerap ramai. Bahkan mampu menghadirkan sebuah momen romantis bagi sebagian besar pengunjung.

Tak jarang spot wisata berupa bukit Setumbu ini banyak dipilih sebagai salah satu opsi termudah untuk melihat tempat terbaik melihat sunrise.

Ketinggian dari Punthuk Setumbu berkisar kurang lebih 400 meter dpl. Lokasinya memang berada di gugusan pegunungan Menoreh. Pada zaman dahulu, bukit tersebut menjadi ladang penduduk.

Akan tetapi karena pecinta fotografer sering mengabadikan momen di tempat tersebut maka dijadikan sebuah tempat terbaik melihat sunrise.

Punthuk Setumbu

Sudah banyak pengunjung membuktiksan sendiri mengenai keindahan yang ada di bukit Setumbu ini. Namun setiap pengunjung diharapkan bisa mengatur waktu untuk melihat pemandangan sunrise terbaik.

Biasanya waktu terbaik dalam melihat sunrise adalah pukul 05.00WIB. Maka dari itu usahakan waktu berangkat dilakukan sebelum pukul 5 pagi. Karena memang Anda harus melakukan trekking kurang lebih selama 15 menit untuk bisa mencapai kepuncak.

Sudah tersedia trek khusus dari bawah sampai ke puncak. Akan tetapi bagi Anda yang tak terbiasa melakukan pendakian bisa beristirahat di gazebo yang dibuat khusus untuk menyaksikan sunrise langsung tanpa harus sampai ke puncak.

Bila kita lihat lebih mendetail lagi bisa nampak pelataran luas dengan pagar pembatas sebagai akses pengunjung dalam melihat semua bentuk keindahan pemandangan. Beberapa fasilitas sudah tersedia dengan tujuan memberi kenyamanan kepada pengunjung.

Adapun beberapa fasilitas dalam destinasi wisata Punthuk Setumbu ini. Diantaranya ada gazebo, rumah panggung, hingga kursi kayu. Dari fasilitas yang tersedia sudah bisa dimanfaatkan untuk melihat momen matahari terbit.

Waktu Terbaik Datang Ke Punthuk Setumbu

Dapat kita lihat bahwa momen terbaik melihat sunrise harus direncanakan lebih optimal. Untuk menghindari kabut yang bisa menghalangi pandangan. Sebaiknya Anda datang pada bulan Juni sampai Agustus.

Punthuk Setumbu

Pada bulan Juni sampai Agusuts tersebut matahari bisa terlihat lebih jelas tanpa terhalang mendung ataupun kabut. Sedangkan dari akses lokasi trekking juga lebih mudah diakses karena tak licin karena hujan.

Bila beruntung setiap pengunjung bisa langsung menyaksikan pemandangan alam sekaligus pemandangan Candi Borobudur.

Harga Tiket Punthuk Setumbu

Menikmati pemandangan sunrise di Punthuk Setumbu juga terbilang menarik. Bahkan sampai sekarang bisa jadi solusi mudah bagi pelancong luar kota. Setiap pengunjung akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 15.000 per orang.

Sedangkan dari jam operasionalnya berlaku 24 jam. Sehingga setiap wisatawan langsung mengatur semua akses dan momen melihat matahari terbit lebih mudah dan cepat.

Rute Lokasi Punthuk Setumbu

Akses lokasi destinasi wisata bukit Setumbu ini berada di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang. Akses transportasi menuju lokasi wisata cukup mudah. Hanya saja untuk mencapai puncak bukit Anda harus berjalan kaki.

Riote jalan bisa dimulai dari Yogyakarta yang mana waktu tempuhnya hanya memakan waktu 1 jam saja. Terdapat petunjuk arah langsung menuju lokasi wisata bukit Setumbu.

Punthuk Setumbu

Hingga akhirnya Anda dapat menikmati keindahan matahari terbit secara langsung bahkan bisa dikatakan cukup langka.

Segala macam keindahan terbaik dari Punthuk Setumbu ini memang sanggup memberi banyak pengalaman baru. Untuk seorang pengunjung pemula mungkin masih belum bisa memaksimalkan semua fasilitas. Sehingga harus beberapa kali mendatangi destinasi wisata satu ini.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Bepergian membuat orang sederhana. Anda melihat betapa kecilnya tempat yang Anda tempati di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *