Pesona Keindahan Pura Lempuyang Gerbang Suci Umat Hindu Bali

Diposting pada
Keindahan Pura Lempuyang

Penduduk Pulau Bali memang kebanyak adalah umat yang beragama hindu maka tidak heran jika anda akan menemukan bangak pura. Salah satu pura indah yang bisa anda jadikan objek wisata adalah Pura Lempuyang.

NamaPura Lempuyang
Harga Tiket MasukRp 5000
Jam Buka07:00 – 17:00 WITA
Tipe WisataReligi
Fasilitas Umum
Kontak
Alamat Banutan, Seraya Bar, Karangasem, Karangasem, Bali

Hal apa sajakah yang bisa anda nikmati dan pelajari dari Pura ini? Sebelum berbicara lebih jauh mengenai Pura mari simak artikel di bawah ini.

Sejarah Pura Lempuyang

Apakah anda tahu sejarah Pura Lempuyang? Pura ini terdiri dari dua kata yaitu lampu dan hyang.

sejarah pura lempuyang

Lampu bermakna sinar sedangkan hyang bermakan kata sebut untuk Tuhan. Jadi Lempuyang bermakan sinar suci dari Tuhan yang bersinar terang.

Uniknya penamaan Pura Lempuyang mempunyai tiga versi yang berbeda. Versi kedua adalah lempuyang sebagai nama tanaman  yang digunakan sebagai bumbu masak.

Sedangkan versi ketiga menyebutkan bahwa Bhatara  Hyang Pasupati mengutus tiga anaknya untuk menjaga kestabilan dan bencana di Pulau Bali.

Pantangan yang Tidak Boleh Dilanggar

Pura Lempuyang adalah pura yang masih digunakan sebagai tempat ibadah umat hindu Bali. Maka dari itu pengunjung harus mengikuti aturan dan menghormati guna melestarikan kebudayaan umat hindu.

Pantangan Pura Lempuyang

Pengunjung tidak boleh berfikir, berkata dan berbuat keburukan. Selain itu bagi wanita yang sedang haid dan menyusui dilarang memasuki kawasan Pura.

Anda tidak boleh membawa makana atau minuman yang mengandung babi ke dalam pura. Selain itu anda juga tidak boleh mengenakan perhiasan yang terbuat dari emas.

Pura Lempuyang adalah pura yang digunakn beribadah selama ratusan tahun yang lalau maka dari itu anda harus menjaga sikap anda. Jadi jangan abaikan peraturan tersebut diatas.

Lokasi Pura Lempuyang

Dimana lokasi Pura ini? Pura Lempuyang terletak di Banutan, Seraya Bar, Karangasem, Karangasem.

Wisata bernuansa religi lainnya di Bali: Tirta Gangga

Pura ini terletak diatas Bukit Gamongan dimana anda harus menaiki 1.700 anak tangga untuk mencapai puncak pura. Anda pun bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum untuk menunju Pura Lempuyang karena jaraknya hanya 17 km.

Konstruksi Bangunan Pura

Pura Lempuyang adalah sebuah tempat ibadah yang dibangun oleh Rsi Markandeya pada abad 8 masehi. Fungsi pembangunan pura ini tidak hanya sebagai tempat ibadah namun juga pusat penyebaran agama hindu.

Konstruksi Pura Lempuyang

Pura terbagi menjadi tiga Mandala. Mandala tersebut adalah Lempuyang Sor, Lempuyang Luhur dan Lempuyang Madya.

Selain itu anda bisa menemukan Candi Penataran di kawasan pura. Untuk menuju candi ini anda juga harus menaiki beberapa anak tangga.

Namun jangan salah anda bisa mendapatkan pemandangan yang indah dari atas Candi Penataran ini.

Keunikan Pura Lempuyang

Pura ini terletak diatas Bukit Gamongan. Anda akan melihat banyak kera liar yang bergelantungan diatas pohon.

keunikan pura lempuyang

Anda pun harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk sampai di puncak Pura. Anda harus menaiki anak tangga yang berjumlah 1.700 anak tangga.

Namun sesampainya diatas pura anda akan disuguhi dengan keindahan pemandangan kawasan Karangasem. Selain itu udara yang segar menambah keasrian pura ini.

Waktu Terbaik Untuk Berkunjung

Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Pura ini? Sunrise di Pura Lempuyang memang terkenal indah.

Jadi waktu terbaik untuk mengunjungi Pura adalah sesaat sebelum matahari terbit yaitu pukul 05.00 WITA. Selain bisa menikmati matahari terbit anda juga bisa melihat indahnya matahari terbenam.

Selain menikmati keindahan Pura ini anda juga bisa menikmati keindahan pura-pura lain yang berdekatan. Pura tersebut seperti Pura Telaga Mas, Pura Puncak Bisbis dan Lempuyang Luhur.

Harga Tiket Pura Lempuyang

Berapa harga tiket masuk Pura Lempuyang? Tidak ada tiket masuk yang diberlakukan namun anda harus membayar biaya parkir.

Biaya parkir sepeda motor atau mobil sebesar Rp 5.000,00. Pura ini buka jam berapa? Pura bisa anda datangi setiap hari dari pukul 07.00-17.00 WITA.

Demikanlah informasi tentang Pura Lempuyang. Bagi anda yang tidak satu kepercayaan dengan umat Hindu masih bisa menikmati keindahan Pura ini.

Tempat air suci umat hindu di Bali: Pura Tirta Empul

Jadilah pengunjung yang selelu menjaga sopan santun serta pribadi yang saling menghormati satu sama lain. Mari berwisata ke Bali untuk melestarikan kebudayaan Bali yang indah.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.