Pura Tirta Empul Tempat Air Suci Umat Hindu Tampak Siring

Diposting pada
Tirta Empul

Bali adalah salah satu pulau dengan banyak objek wisata. Objek wisata tersebut dari objek wisata alam, budaya, buatan dan religi.

NamaPura Tirta Empul
Harga Tiket MasukRp 7500 – Rp 15000
Jam Buka09:00 – 17:00 WIB
Tipe WisataSejarah, Religi
Fasilitas Umum
Kontak
AlamatJalan Tirta, Manukaya, Tampak Siring, Gianyar Bali

Bali terkenal dengan sebutan pulau seribu pura. Salah satu pura indah yang dimiliki adalah Pura Tirta Empul. Selain dijadikan sebagai tempat beribadah Pura ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Keindahan Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul Bali adalah salah satu kuil kuno yang masih digunakan sebagai tempat beribadah pemeluk agama hindu. Pura ini masih berdiri kokoh walaupun sudah ada sejak 926 Masehi.

Baca juga tempat wisata penuh misteri: Candi Sukuh

Pura ini pun menjadi pura yang tidak pernah sepi pengunjung. Baik pengunjung yang ingin beribadah maupun berwisata.

Pura Tirta ini adalah salah satu dari pura umat hindu yang terbesar dan tersibuk. Umat hindu Bali setiap hari beribadah di pura ini.

Apakah anda tahu keistimewaan dari Pura Tirta Empul? Berikut adalah penjelasan sekilas mengenai seluk beluk Pura Tirta ini.

Sejarah Pura Tirta Empul

Apakah anda tahu sejarah Tirta Empul? Tirta Empul atau Tirta Ri Air Hempul bermakna sumber mata air suci.

Keindahan Pura Tirta Empul

Pura ini dibangun oleh Bhatara Indra. Penciptaan tersebut dilakukan pada saat perang dengan Mayanadenawa yang mengaku sebagai seorang Tuhan.

Mayanadenawa membuat taktik dengan membangun sebuah sumber mata air yang beracun. Banyak prajurit dari Bhatara Indra yang kelelahan dan meminum air dari sumber mata air tersebut.

Tidak lama kemudian banyak prajurit Bhatara Indra yang mati karena keracunan. Mengetahui hal tersebut Bhatara Indra menancapkan senjatanya ke dalam tanah dan munculah sumber mata air.

Dua abad kemudian pada masa Raja Masula Masuli membangun padharman di kawasan Tirta Empul. Padharman adalah sebuah bangunan suci. Padharman ini ditujukan untuk menyembah dan menghormati Bhatara Indra.

Air Suci Tirta Empul

Orang-orang percaya dengam manfaat mandi di Tirta Empul. Konon air suci Tirta Empul dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Sejarah Pura Tirta Empul

Selain itu fungsi dari air suci ini adalah untuk penyucian diri. Umat hindu juga percaya bahwa air dari Tirta Empul sama sucinya dengan air dari Sungai Gangga di India.

Air tersebut digunakan dalam upacara-upacara keagamaan umat Hindu. Banyak umat hindu datang ke Tirta Empul untuk menyucikan diri.

Bangunan Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul terdiri dari tiga bagian. Bagian-bagian Pura tersebut adalah Jaba Pura yang terletak paling depan.

Lokasi Pura Tirta Empul

Jaba Tengah adalah bangunan yang terletak di tengah kawasan pura. Yang terakhir adalah Jaba Jeroan.

Wisata keren lainnya di Bali: Pantai Pandawa Bali

Jaba Tengah adalah bangunan yang paling sering digunakan oleh umat agama hindu untuk melakukan berbagai macam ritual. Anda bisa menemukan dua buah kolam dengan 30 pancuran.

Lokasi Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul beralamatkan di Jalan Tirta, Manukaya, Tampak Siring, Gianyar Bali. Pura Tirta Empul terletak agak jauh dari pusat Kota Denpasar dan Gilimanuk.

Pura Tirta Empul Tempat Air Suci Umat Hindu Tampak Siring 1

Jarak Pura ini dan Kota Denpasar adalah sejauh 36 km. Jarak tersebut bisa anda tempuh dalam waktu satu jam jika lalu lintas lancar.

Jika anda berasal dari arah Bali Utara anda bisa melewati Jalur Kintamani. Kawasan Kintamani jiga memeliki beberapa objek wisata lain yang bisa anda sambangi.

Salah satu objek wisata di kawasan Kintamani adalah Pura Ulun Danau Batur dan Danau Batur. Selain itu anda juga bisa mampir ke Istana Presiden Tampaksiring.

Tempat Bersuci Pura Tirta Empul

Cikal bakal penamaan Pura Tirta Empul adalah dari mata air suci Tirta Empul. Pura ini pun tidak hanya lekat dengan nilai reliji namun juga nilai sejarah.

Beberapa bangunan yang ada di Pura Tirta ini dulunya adalah bangunan yang digunakan sebagai Istana Kepresidenan. Pembangunan tersebut terjadi pada masa pemerintahan Presiden Soekarna.

Sekarang Pura Tirta banyak dikunjungi oleh wisatawan. Mereka bisa menghabiskan waktu selama ……

Harga Tiket Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul buka mulai jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Anda pun bisa menikmati keindahan arsitektur Pura Tirta Empul dengan harga tiket masuk sebesar Rp 15.000,00 untuk pengunjung dewasa dan Rp 7,500,00 untuk pengunjung anak-anak.

Wisata penuh sejarah yang sayang dilewatkan: Candi Plaosan

Itulah informasi mengenai Pura Tirta Empul. Anda bisa mendapatkan edukasi dan hiburan dengan mengunjungi pura ini. Pura ini memiliki nilai historis dan reliji yang harus anda budayakan. Yuk ajak keluarga anda untuk berwisata budaya ke Bali.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.