Jelajah Keindahan Surga di Ujung Timur Indonesia di Raja Ampat

Diposting pada
Raja Ampat

Pernahkah kamu mendengar tentang keindahan Raja Ampat? Siapa yang tak kenal nama wisata Raja Ampat Papua yang sudah mendunia ini. Bagi kamu yang mengagendakan kunjungan wisata ke pulau ini, yuk baca review artikel kami terlebih dahulu biar lebih yakin.

Raja Ampat Papua: Selayang Pandang

Buat kamu yang mau tahu tentang teks deskripsi tentang Raja Ampat, artikel ini sangat cocok buat kamu. Mengapa? Yups, karena di bawah ini kamu akan kami ajak menelusuri bait demi bait kisah tentang pulau di ujung Merauke dengan sejuta pesona ini.

Dari deskripsi tentang keindahan pantai raja ampat sampai paket tour raja ampat 2019 dan paket wisata raja ampat untuk 2 orang, semua ada di sini.

Deskripsi Raja Ampat

Apa dan dimana Kepulauan Raja Ampat? Raja Ampat merupakan sebuah kabupaten yang berada di Papua Barat. Selain itu, Kepulauan Raja Ampat secara harfiah merujuk pada rangkaian empat gugusan pulau.

Empat gugusan pulau ini letaknya sangat berdekatan dan berlokasi di barat Papua (Papua Barat). Jika dilihat, akan nampak jelas pulau ini berada di bagian Kepala Burung atau Vogelkoop Pulau Papua.

Keempat gugusan pulau yang dimaksud di atas meliputi Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, serta Pulau Batanta. Secara umum, kepulauan ini terdiri dari banyak pulau berupa karang besar dan keci, namun hanya 4 pulau utama di atas yang terbesar.

Empat pulau besar ini pun yang menjadi titik awal adanya penyebaran seluruh penduduk di Raja Ampat yang hampir seluruhnya adalah nelayan. Wilayah perairan di pulau ini merupakan daya tarik utama yang bahkan menjadi 1 dari 10 perairan terbaik di seluruh dunia.

Bagaimana tidak? Sebuah data menyebutkan bahwa Raja Ampat mempunyai 75% spesies laut di seluruh dunia. Bahkan, wilayah darat dan laut seluas 4,6 juta hektar ini menjadi tempat 540 jenis karang ditambah 1.511 spesies ikan & ribuan biota laut lainnya.

Oleh karena itu, dengan berbagai keunggulan dan keunikannya, Kabupaten Raja Ampat dianggap surga bawah laut paling cantik di seluruh dunia. Karena keunikan Raja Ampat berupa keindahan view bawah lautnya, pulau ini menjadi terkenal di seantero negri bahkan sampai ke mancanegara.

Lantas, bagaimana dengan asal usul kepulauan ini? Apakah kalian tahu sobat? Ini dia kisahnya.

Asal Usul Nama Raja Ampat

Asal mula penamamaan pulau ini bermula dari sebuah legenda Raja Ampat yang diwariskan turun temurun. Legenda tersebut mengisahkan tentang seorang wanita yang pada waktu menemukan tujuh telur. Empat butir di antaranya pun menetas menjadi empat pangeran.

Namun keempat pangeran tersebut berpisah dan masing-masing dari mereka menjadi raja. Keempat raja ini pun berkuasa di Pulau Salawati, Waigeo, Misool Timur dan Misool Barat.

Sementara tiga butir telur yang lain menjadi seorang wanita, sebuah batu, dan hantu. Sampai saat ini, belum diketahui jelas siapa yang memberi nama kepada anak-anak itu tapi kemudian ditemukan bahwa masing-masing sudah memiliki nama.

Masyarakat sangat menghormati adanya telur tersebut sehingga dibangunlah rumah di tepi Sungai Waikeo. Rumah tersebut menjadi bukti memang adanya kisah ini sekaligus sebagai objek pemujaan masyarakat.

Budaya & Sejarah Raja Ampat

Sejarah mencatat bahwa awalnya wilayah Raja Ampat sudah dihuni lama oleh masyarakat bangsawan yang menerapkan adat Maluku. Dalam sistem ini, setiap desa dipimpin oleh raja.

Namun, semenjak berdiri lima kesultanan muslim yang berada di Maluku, Raja Ampat menjadi bagian dari Kesultanan Tidore. Tak lama setelah Kesultanan Tidore takluk pada kekuasaan Belanda, Kepulauan Raja Ampat pun menjadi bagian Hindia Belanda.

Budaya Raja Ampat

Dengan adanya pergantian kekuasaan tersebut mengakibatkan banyak peninggalan budaya dan sejarah yang beragam di pulau ini. Bahkan, keberadaan desa wisata dengan kebudayaan dan kesenian unik dan menarik tersebar di beberapa wilayahnya.

Salah satu desa wisata yang mempertahankan kearifan lokal di pulau ini adalah Desa Arborek. Desa ini memiliki banyak kesenian yang meliputi tarian-tarian tradisional, makanan khas Sinole. Bahkan sampai ada kerajinan anyaman daun pandan khas suku Arborek.

Tak hanya itu, terdapat peninggalan sejarah yang masih berkaitan dengan kesultanan Tidore Maluku dan peninggalan PD 2. Peninggalan sejarah tersebut berupa penduduk yang berasal dari keturunan kerajaan Tidore Maluku. Ada juga gua-gua dengan lukisan tangan manusia purba.

Nah, setelah tahu tentang budaya dan sejarahnya, kamu bisa mulai mengeksplorasi keunikan Raja Ampat. Namun jangan salah, ketika berwisata ke sini kamu tak hanya bisa menyaksikan keindahan Pantai Raja Ampat Papua lho.

Masih ada banyak hal untuk dikesplorasi. Apa saja ya kira-kira? Nih, kami berikan ulasannya.

Wisata Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Surga di wilayah Timur Indonesia ini memang sangat terkenal dengan kekayaan alam bawah lautnya. Namun keindahan di atas permukaan laut juga tak kalah menarik.

Kawasan Raja Ampat memiliki banyak pantai cantik berpasir putih yang tersebar di sepanjang garis pantai pulau-pulaunya. Bahkan, pasir pantai di Raja Ampat dianggap yang paling halus yang hampir menyerupai tepung.

Raja Ampat

Selain itu, pulau-pulaunya membentuk deretan tebing tinggi dan menambah keindahan di sini. Beberapa spot seperti Piaynemo, Teluk Kabui, serta Wayag pun telah terkenal hingga ke penjuru dunia.

Apalagi? Ada hutan-hutan tropis serta desa wisata unik seperti Sawinggrai atau desa Saporkrein. Di desa tersebut kamu bisa mendapatkan pengalaman tak terlupakan menyaksikan langsung burung Cenderawasih.

Seperti kita tahu, burung Cenderawasih merupakan burung langka dan tentunya cantik khas Papua, yang bahkan dijuluki sebagai burung surga. Nah, supaya kamu lebih tahu apa saja daya tarik Raja Ampat sekaligus aktivitas yang bisa dilakukan di kepulauan cantik ini.

Eksplorasi Pulau Raja Ampat dengan Perahu dan Kayak

Kita tahu bahwa wisata ini menawarkan kepulauan yang terdiri dari banyak pulau. Jadi, salah satu aktivitas menarik yang waji  dilakukan adalah berkeliling pulau di bawah sinar matahari yang tak panas dan redup.

Kamu pun bisa menyaksikan pesona gunung-gunung tebing dna bukit karang yang berdiri tegak di atas air laut yang biru kehijauan bak sebuah zamrud. Apa itu kayak? Kalau tadi kamu menjelajah dengan perahu, kayak ini sama dengan perahu bedanya perahu ini terbuat dari kayu.

Wisata Snorkeling & Diving

Berwisata ke Raja Ampat tentunya kamu harus mencoba melihat keindahan bawah lautnya. So, kamu wajib nih menyelam dan melakukan snorkeling dan diving. Tak hanya itu, di lokasi ini terdapat banyak rongsokan bekas kapal tempur penginggalan perang dunia ke-2 tahun 1945. Kamu juga bisa mengeksplorasi jejak sejarah ini.

Wisata Pulau Misool

Pulau ini merupakan pulau pertama yang bakal kamu eksplorasi, akan tampak bentuk deretan pulau besar lainnya. Sungguh menakjubkan!

Wisata Pulau Karst

Beda lagi, di Pulau Karst kamu akan dimanjakan dengan deretan gunung-gunung kecil yang terbentuk dari adanya kapur atau karst.

Mencicipi Indahnya Star Lagoon

Ada sebuah laguna cantik yang bernama Pianemo. Laguna ini sangat unik karena berbentuk bintang dengan pemandangan bukit di sekitarnya.

Mengeksplorasi Pulau Indahnya Pulau Wayag

Kalau ke Raja Ampat, jangan lupa sempatkan mampir di salah satu ikon wisata ini.

Wayag merupakan Jejeran batu karang yang berbalut warna hijau berada di tengah lautan biru dengan panorama luar biasa indah.

Hal inilah yang juga membuat keindahan raja ampat di mata dunia sangat diperhitungkan.

Wisata Fauna

Tentu wisata kekayaan ekosistem terutama flora dan fauna di Raja Ampat tak boleh dilewatkan.

Pasalnya, ada sekitar 1500 spesies ikan, 537 jenis koral, serta 699 makhluk hidup tanpa tulang belakang hidup di perairan ini.

Kamu bisa berwisata melihat ikan hiu, ikan nemo, anemon laut, bahkan beragam flora dan fauna unik di bawah laut.

Bahkan, di kawasan daratannya juga terdapat beberapa spesies hewan endemik dan langka misalnya burung cendrawasih dan kuskus (monyet kecil).

Mancing Tradisional Khas Papua

Tak lengkap rasanya jika wisata ke laut tanpa memancing ya sobat. Nah, agak berbeda dengan cara mancing di kebanyakan tempat, ada teknik unik memancing ala Papua nih.

Seperti apa ya caranya? Cus lagsung saja datangi lokasinya yuk!

Wisata Gua Kelelawar

Ada juga spot wisata yang menawarkan keindahan gua kelelawar yang memiliki nuansa suasana berbeda. Menariknya, ada satu jenis kelelawar unik yang biasa disebut kelelawar Dark Knight.

Wisata Budaya

Bagi kamu yang kagum dan tertarik dengan pameran-pameran  ukiran kayu buatan tangan suku asmat, kamu wajib sekaligus wisata budaya ke Raja Ampat.

Di sini kakmu bisa melihat langsung dan belajar membuat sendiri cara memahat ukiran kepada penduduk asli suku asmat. Menarik kan!

Wisata Trekking

Kalau trekking di gunung sudah biasa, di Raja Ampat ini sensasi trekking akan lebih meneynangkan. Kamu pun akan diajak naik turun bukit kapur dan diajak menemukan wisata air terjun yang menakjubkan.

Wisata Pulau Ayau

Apa itu Pulau Ayau? Pulau ini merupakan kumpulan pulau kecil. Pulau ini berada di Kepulauan Karang yang memiliki ukuran sangat besar dan dasar laut berpasir putih. Pulau Ayau ini bisa menghubungkan satu pulau dengan sejumlah pulau yang lainya.

Wisata Pulau Zandplaat

Tak jauh dari Pulau Ayau terdapat pulau – pulau lain berpasir yang unik yang terkenal dengan nama “Zandplaat”. Tempat ini adalah habitat unik vegetasi lokal yang ada di kepulauan Raja Ampat.

Di pulau ini juga kamu bisa melihat kehidupan masyarakat setempat terutama ibu – ibu dan anak – anak saat mereka menangkap cacing laut atau disebut insonem.

Menyelam di Waigeo Selatan

Ini nih rekomendasi terbaik bagi kamu yang ingin menyelam atau diving view terbaik di Raja Ampat. Pasalnya, tak jauh dari Waigo Selatan ada sebuah destinasi wisata bernama pulau karang Kabui Bay.

Snorkling Raja Ampat

Ada juga Gua tengkorak dan spot wisata bersejarah Raja Ampat yaitu di Kali Raja. Tak hanya itu, di Pulau Waigeo ini kamu juga bisa menyaksikan tari Salay di Saonek serta berbagai jenis satwa burung.

Hal tersebut bisa kamu saksikan di Desa Sawinggrai dan juga Yenwaupnor, sementara ada juga  wisata kerajinan anyaman yang ada di Arborek. Selain diving, kamu juga bisa melakukan snorkeling untuk melihat sekelompok ikan pari yang sedang berenang.

Wisata Sawanderek

Kalau kamu masih memiliki banyak waktu, silakan melanjutkan eskplorasi ke Sawandarek. Ada apa di sini? Daya tarik utamanya berupa pantai pasir putih dihiasi karang yang indah serta satwa bebek laut. Pasti penasaran kan seperti apa bebek laut?

Kamu juga bisa berjalan-jalan sambil wisata budaya di beberapa desa tradisional yang memiliki kegiatan dan kesenian yang unik.

Wisata Waigeo Barat

Khususnya di bagian barat Waigeo, Konfiau serta Pulau Batanta kamu bisa menikmati serunya kegiatan menyelam. Di sini kamu bisa menikmati pesona rumah kapal houseboats yang mungkin tak bisa kamu nikmati di tempat lain di Indonesia.

Misteri Hantu Laut di Parut

Bagi kamu yang belum pernah mendengar tentang keberadaan “Hantu Laut” tentu sangat pensaran bukan? So, wajib nih bagi kamu membuktikan langsung kebenaran dari hantu laut ini.

Akan tetapi kamu tak perlu takut,  Hantu Laut sebenarnya merupakan sebuah fenomena alam yang unik serta menarik. Namun banyak warga sekitar yang sering menafsirkankannya sebagai pertanda tersebut dengan sesuatu yang bernilai mistik.

Hantu laut ini bisa muncul di arah bagian Timur Waigeo. Fenomena ini terbentuk karena berkas sinar dari air laut atau disebut juga fenomena pemandangan sunset.

Fenomena ini bisa disaksikan diatas perahu serta dapat mengitari permukaannya dalam kurun waktu 10 -18 menit. Namun sayangnya, fenomena hantu laut ini hanya muncul setiap akhir tahun sekali.

Nah sahabat demikianlah daftar aneka wisata indonesia yang bisa anda temukan sekaligus nikmati ketika berkunjung ke kepulauan raja ampat ini. Sebenarnya masih ada banyak sekali destinasi wisata yang ada di Raja Ampat ini.

Seperti wisata budaya berupa pertunjukan pentas alat musik tradisional seperti Suling tambu. Pertunjukan tersebut hanya dilakukan pada 17 agustusan atau saat menyambut tamu khusus seperti pejabat.

Selain itu,  ada juga wisata Batu Pensil, Pasir Timbul, air terjun Batanta dan Gua Tomolol. Sementara wisata budaya dan sejarah bisa kamu lakukan di sejumlah desa wisata lainnya di Kabupaten Raja Ampat ini.

Alamat & Akses ke Kepualauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat berada di Kabupaten Raja Ampat di Provinsi Papua Barat, Indonesia Timur.  Untuk dapat mencapai tempat ini, dibutuhkan akses menuju Kota Sorong terlebih dahulu. 

Ada beberapa alternatif untuk sampai ke Kota Sorong ini, yaitu via pesawat terbang dan kapal. Dari Jakarta ke Sorong, waktu yang dibutuhkan jika naik pesawat adalah sekitar 6 jam perjalanan. Setelah sampai di kota Sorong, kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan sejenis kapal cepat menuju Raja Ampat.

Kapal cepat tersebut biasa berlayar dua kali sehari dan menuju Waisai yaitu ibukota kabupaten Raja Ampat. Perjalanan dengan kapal cepat ini hanya akan memakan waktu kurang lebih 2-3 jam saja jika dari pelabuhan Sorong sampai ke pelabuhan Waisai Raja Ampat.

Biaya ke Raja Ampat

Perlu diingat bahwa perjalanan  menuju Raja Ampat membutuhkan dana yang cukup besar. Pertama, kamu membutuhkan biaya pesawat yang bisa lebih dari 2 juta per orang.

Sementara biaya sewa kapal sebagai transportasi menuju Kepulauan Raja Ampat ini juga cukup mahal. Bagi kamu yang ingin berhemat, bisa menggunakan jasa transportasi dari Jakarta menuju Sorong dengan perkiraan harga tiket sekitar Rp 400,000 Rupiah saja.

Meskipun murah, cara ini tentu memakan waktu yang sangat lama karena kamu akan diajak berhenti dahulu di beberapa kota besar. Waktu perjalanan yang dibutuhkan jika menggunakan kapal dari Jakarta ke Sorong ini sekitar 1 mingguan.

Bagi kamu yang ingin tahu estimasi biaya ke raja ampat 2018, berikut kami berikan sedikit gambarannya.

  • Untuk transportasi Jakarta-Sorong dibutuhkan biaya sekitar Rp 3.000.000 untuk pulang pergi.
  • Untuk transportasi dari Sorong-Waisai Rp 15.000 via ojek dan  Rp 130.000 via kapal laut.
  • Tarif masuk Raja Ampat sekitar Rp 500.000 khsusu untuk wisatawan lokal.
  • Biaya akomodasi yang dibutuhkan adalah sekitar Rp 250.000/hari/orang                untuk homestay.
  • Biaya transportasi antar pulau sekitar Rp 700.000/orang khusus Waisai-Wayag dengan asumsi penumpang 10 orang.
  • Biaya transportasi tambahan Rp 600.000/orang rute Waisai-Teluk Mayablibit.
  • Biaya Konsumsi Rp 20.000  per hari

Dari rincian di atas, dapat kita simpulkan bahwa paket wisata raja ampat 3 hari 2 malam jika menggunakan kalkualsi backpacker bisa mencapai total Rp ±5.775.000.

Namun demikian, tak akan ada yang kamu sesali meskipun tak mudah menuju ke pulau di ujung timur Indonesia ini.

Meskipun cukup mahal, namun semua perjuanganmu akan terbayar lunas dengan pesona Raja Ampat yang membuatmu terkagum-kagum.           

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.