Lebih Dekat Dengan Alam Dengan Berkemah Di Ranca Upas

Diposting pada

Wisata apa sajakah yang bisa anda temukan di Bandung? Ya, Bandung memang surganya tempat wisata.

Jika anda tertarik untuk berwisata alam anda bisa datang ke Kota Bandung. Nah ada satu tempat baru yang bertema alam di Bandung yaitu Ranca Upas.

Wisata Alam Ranca Upas

Ranca Upas Bandung adalah sebuah bumi perkemahan sekaligus wisata alam yang cocok untuk para pecinta alam. Anda tidak hanya mendapatkan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk tapi juga atmosfer baru untuk berwisata.

wisata ranca upas

Pemandangan yang alami dan indah kini menjadi daya pikat tersendiri bagi para wisatawan. Kerja sama pun dibangun oleh Pemerintah Kota Bandung dan warga sekitar untuk terus mengembangkan objek wisata alam ini.

Jika anda mencari informasi yang terkait harga tiket masuk, wahana, fasilitas dan lokasi maka simaklah ulasan berikut ini. Anda harus tahu seluk beluk destinasi yang anda tuju sehingga anda tidak akan kecewa mengunjungi objek tersebut.

Wahana Ranca Upas

Ranca Upas Ciwidey menduduki lahan seluas 215 hektar jadi jangan heran jika wahana dan fasilitas yang anda temukan sangat lengkap. Hal tersebut memang dibuat agar anda dapat menikmati liburan dengan leluasa. Wahana tersebut adalah sebagai berikut:

Bumi Perkemahan

Area yang sering dijadikan sebagai area berkemah ini memiliki struktur geografis yang mendukung. Area perkemahan ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan hijau sehingga menciptakan suasana yang sejuk.

Kapasitas bumi perkemahan ini adalah 10.000 orang. Selain dijadikan sebagai area berkemah banyak kegiatan pelatihan yang sifatnya membaur dengan alam dilakukan di sini.

Kayu Bakar Rp. 15 ribu
Sleeping Bag Rp. 20 ribu
Matras Rp. 10 ribu
Extra Bed Rp. 70 ribu
Tenda Panggung  Rp. 700 ribu
Tenda Pesta  Rp. 600 ribu/ hari
Tenda Vango  (max 10 orang) Rp. 350 ribu
Tenda Roopi  (max 12 orang) Rp. 350 ribu
Tenda Charly  (max 7 orang)   Rp. 300 ribu
Tenda Charly  (max 3 orang)  Rp. 150 ribu
Tenda Pleton  (max 40 orang) Rp. 600 ribu

Outbound

Ada berbagai macam permainan outbound Ranca Upas yang seru dan menyenangkan. Pilihan permainan tersebut mulai dari pencairan suasana, game kelompok maupun individu. Bahkan pengelola menyediakan jalur trekking dan area hutan sebagai lokasi permaian outbound yang akan memacu adrenalin anda.

Sepeda Gunung    Rp. 10 ribu/jam
Painball Rp. 90 ribu
Fun Game Rp. 75 ribu
Jembatan Goyang Rp. 15 ribu
Burma V     Rp. 15 ribu
Elvis Bridge   Rp. 15 ribu
Flying Fox Rp. 15 ribu
Bungee Trampolin Rp. 15 ribu

Penangkaran Rusa

rusa ranca upas

Ranca Upas Ciwidey juga merupakan sebuah kawasan hutan lindung tempat pelestarian rusa. Selain melihat rusa anda pun bisa melakukan interaksi langsung dengan cara memberi makan dan bermain bersama dengan para rusa.

Kolam Air Panas Alami

Lebih Dekat Dengan Alam Dengan Berkemah Di Ranca Upas 1

Terdapat sebuah kolam renang yang berisi air panas yang berasal dari Gunung Patuha yang akan merelaksasi anda. Air tersebut mengandung sulfur yang bisa memberi efek positif bagi kesehatan pikiran dan kulit anda.

Wisata air panas lain yang ada di bandung: Panghegar Waterpark

Spot Selfi

Ada yang baru dari wahana yang disediakan oleh Pengelola Ranca Upas yaitu spot selfi. Terdapat beberapa spot selfi terbaru seperti jembatan Edelweis.

Untuk mendapatkan hasil foto terbaik anda bisa mengabadikan momen tersebit mulai pukul 05.00 sampai 08.00. Jangan khawatir tidak bisa mengabadikan pada waktu tersebit karena Ranca Upas buka selama 24 jam.

Lokasi Ranca Upas

Dimanakah lokasi Ranca Upas? Ranca Upas atau yang sering disebut dengan Kampung Cai Ranca Upas terletak di Jalan Raya Ciwidey-Patengan km 11, Patengan, Ranca Bali, Bandung, Jawa Barat.

Akses jalan yang akan anda lewati relatif mudah. Sedangkan waktu tempuh jika anda berasal dari kota Bandung adalah selama 1 jam 30 menit.

Jika anda takut nyasar anda bisa mengikuti jalan menuju Kampung Ranca Upas dengan melalui Terminal Leuwingpanjang. Dari Leuwingpanjang lanjutkan perjalanan menuju Ciwidey dan setelah menemukan Pintu Gerbang Kawah Putih ikuti jalan. Letak Ranca Upas sejauh 100 m dari pintu gerbang retribusi tersebut.

Tips Berwisata Ke Ranca Upas

Untuk mendapatkan wisata yang menyenangkan anda harus memperhatikan beberapa tips yang akan kami berikan. Tips tersebut adalah:

Lebih baik datang ke Ranca Upas pada siang hari karena udaranya akan lebih dingin pada pagi atau malam hari.

Persiapkanlah jaket atau baju yang bisa menghangatkan badan karena suhu terendah bisa mencapai 0°.

Bawalah obat-obatan jika anda memiliki penyakit tertentu.

Harga Tiket Masuk Ranca Upas

Apakah anda mencari informasi tentang tiket masuk Ranca Upas 2019? Harga tiket masuk Ranca Upas sebesar Rp 10.000,00/ orang untuk dewasa ataupun anak-anak.

Sedangkan biaya parkir sepeda motor sebesar Rp 2.000,00/ motor, Rp 4.000,00/ mobil dan Rp 20.000,00/ bus.

Nah begitulah sedikit ulasan tentang Ranca Upas. Persiapkan diri anda terlebih jika ingin bermalam di kawasan hutang lindung Ranca Upas karena udaranya yang sangat dingin.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.