Ranu Kumbolo, Destinasi Favorit Pecinta Gunung

Diposting pada
Ranu Kumbolo

Pecinta gunung di tanah air pastinya tak asing lagi dengan destinasi Ranu Kumbolo. Menariknya dari tempat wisata ini sudah banyak dijadikan tempat favorit bagi pecinta gunung. Bukan hanya dari rute, tetapi dari sisi keindahan danaunya terbilang fantastis.

Harga TiketRp 5.000 – Rp 12.000
Informasi Kontak@ranukumbolosemeru
Jam Buka24 JAM
WilayahKota Lumajang, Jatim

Desitnasi wisata alam ini ternyata menyimpan banyak cerita. Panorama alam ditambah lagi akses ke lokasi juga cukup mudah. Membuat para wisatawan sering mengunjung tempat satu ini untuk melepas rasa penat.

Daya Tarik Danau Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo, Destinasi Favorit Pecinta Gunung 1

Destinasi wisata terkenal di Jawa Timur ini memang menyimpan banyak keindahan alam. Tak heran bila pecinta gunung ataupun pecinta alam seringkali berkunjung ke destinasi satu ini. Panorama alam Gunung Semeru akan jelas terlihat karena lokasinya berdekatan.

Sedangkan dari akses keiindahan alamnya juga masih menjadi satu dengan Taman Nasional Tengger Semeru. Bukan hanya dari sisi keindahan danaunya, tetapi kualitas udaranya juga masih sangat alami. Sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang merindukan tempat sepi jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Jalur pendakian ke Gunung Semru juga melalui akses ke Danau Kumbolo tersebut. Bahkan tak jarang pecinta gunung menginap beberapa hari di tempat ini untuk menikmati keindahan alam beserta pemandangannya.

Ranu Kumbolo

Biasanya para anak muda seringkali memanfaatkan waktu libur untuk menikmati keindahan danau. Karena itulah tak jarang saat hari libur seperti weekend ataupun hari libur sekolah sudah banyak kalangan mengincar tempat ini.

Gunung Semeru dan Ranu Kumbolo sendiri menjadi satu paket wisata. Karena dua tempat tersebut masih belum bisa terpisahkan. Karena bagi wisatawan keindahan alamnya tidak bisa dibandingkan dengan tempat manapun.

Tidak hanya bagi pecinta gunung saja. Danau di Jawa Timur ini juga sangat cocok bagi pecinta fotografer. Dari lokasi satu ini, ada banyak pemandangan bisa didapatkan secara tepat. Terutama pada saat matahari terbit ataupun matahari tenggelam.

Ranu Kumbolo

Tidak jarang pengunjung juga menganggap destinasi wisata satu ini sebagai tempat romantis. Sehingga wajib didatangi pada saat akhir pekan ataupun hari libur sekolah. Namun sayangnya di dalam destinasi wisata danau ini masih minim fasilitas.

Ketersediaan fasilitas seperti tempat ibadah, tempat makan, dan kamar mandi memang masih terbatas. Sehingga diharapkan pengunjung bisa mengantisipasinya. Caranya cukup mudah yakni bawalah bekal makanan dan minuman cukup banyak.

Ranu Kumbolo

Karena dari jalur pendaikiannya cukup jauh dari pos pertama. Sedangkan untuk pemula sebaiknya gunakan akses pemandu ataupun teman yang sudah berpengalaman. Karena jalurnya cukup berat bagi seorang pemula.

Meskipun tidak melakukan aktivitas pendakian. Anda juga bisa menikmati beberapa fasilitas pemandangan alam terbaik. Ditambah lagi suasana hening yang sampai sekarang banyak dipilih para pelancong.

Ranu Kumbolo

Tetapi, perhatikan dari peraturan di sekitar lokasi. Karena setiap pengunjung tidak diperkenankan membuang sampah sembarangan. Ditambah lagi tak perlu mandi di sekitar danau karena cukup melihat pemandangan saja sudah terbilang cukup.

Waktu terbaik menikmati wisata alam Ranu Kumbolo ini masih bervariasi. Anda bisa mengunjunginya saat musim panas. Agar tak terhalang cuaca buruk baik itu hujan ataupun udara dingin.

Harga Tiket Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo

Perjalanan menuju ke danau di Jawa Timur ini terbilang cukup mudah. Sedangkan untuk harga tiketnya juga cukup terjangkau. Untuk setiap pengunjung dikenakan tarif kurang lebih Rp 12.000 per orang.

Akan tetapi harga tiket masuk biasanya berubah tanpa ada pemberitahuan. Sehingga pengunjung diharapkan membawa uang lebih sebagai langkah antisipasi. Biaya tiket parkir juga masih standar yakni untuk sepeda motor mencapai Rp 2.000, dan biaya parkir mobil mencapai Rp 5.000.

Akses Lokasi Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo

Selain informasi harga tiket masuk. Anda juga wajib mencermati seperti apa akses lokasi Ranu Kumbolo ini. Lokasinya berada di Pegunungan Tengger, kaki Gunung Semeru. Atau berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Akses menuju ke danau Kumbolo ini cukup sulit. Tetapi Anda masih bisa menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil jeep karena bisa memberikan akses lebih mudah menuju ke lokasi. Jika ditarik dari pusat kota, durasi perjalanan cukup memakan waktu lama kurang lebih 2jam.

Ranu Kumbolo

Menikmati indahnya Ranu Kumbolo ternyata mampu memberi pengalaman menarik. Wisatawan lokal maupun asing sudah sering mengunjunginya. Jadi Anda sekarang bisa langsung mencermati beberapa fasilitas dan tips berlibur ke danau tersebut.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Bepergian membuat orang sederhana. Anda melihat betapa kecilnya tempat yang Anda tempati di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *