Wisata Hits Sumedang! Indahnya Danau Biru Situ Cilembang Sumedang

situ cilembang sumedang

Peran media sosial belakangan sangat berpengaruh bagi objek wisata di berbagai daerah di Indonesia, salah satu contohnya adalah Situ Cilembang Sumedang.

Meskipun tempat ini sudah ada sejak dahulu. Objek wisata di daerah Sumedang ini menjadi sangat viral belakangan karena hadirnya jejaring sosial. Mau tahu kenapa? Yuk, intip ceritanya.

Situ Biru Cilembang Sumedang

Dinamakan Situ Biru memang karena warna airnya sangat jernih. Situ ini merupakan sebuah danau dengan luas tidak terlalu lebar. Berkat banyak pelancong yang mempromosikan objek wisata ini melalui media sosial. Tempat ini pun menjadi terkenal di daerah Jawa Barat.

Tak hanya itu, banyak juga wisatawan dari luar daerah pun mulai berkunjung. Mereka penasaran untuk menyaksikan sendiri keindahan warna birunya.

Danau dengan kedalaman sekitar tiga meter ini memiliki air berwarna biru dan sangat jernih. Hal itulah yang membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung.

situ cilembang sumedang

Aktivitas di Danau Biru Situ Cilembang

Wisata danau yang menawarkan pemandangan unik ini mendapatkan banyak nama dari para netizen. Banyak wisatawan menyebutnya Situ Cilembang, Sirah Cilembang, bahkan Danau Biru Hariang Cilembang.

Ada juga wisatawan yang menamainya Labuan Cermin Sumedang. Hal demikian dikarenakn viewnya seindah danau Labuan Cermin di Kalimantan Timur yang memiliki air berwarna biru dan jernih.

Keindahan yang menjadi daya tarik objek wisata ini tetletak pada warna airnya yang biru dan jernih. Jika diperhatikan warna birunya benar-benar seperti lukisan.

Namun jangan salah, warna sejati danau ini benar-benar jernih dan bersih. Warna biru tersebut merupakan hasil pantulan warna langit yang divisualisasikan secara luar biasa oleh Tuhan melalui danau ini.

Tidak heran jika danau ini masih sangat jernih, karena belum terkontaminasi oleh apapun. Di samping itu, danau ini juga kerap kali dijadikan sebagai sumber mata air bagi warga sekitar.

Karena alasan tersebut, para pengunjung objek wisata ini dilarang keras mandi ataupun berenang di danau. Di samping itu, pengunjung juga dilarang melakukan hal-hal lain yang dapat mencemari air danau.

Beberapa aturan yang harus diperhatikan adalah bahwa tempat ini tidak boleh dikunjungi setiap hari Selasa dan Jumat. Belum terkonfirmasi mengapa tempat wisata ini tidak membukaoperasi pada hari tersebut.

Nah, meskipun anda tidak diperkenankan mandi atau berenang, masih banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan. Anda bisa menikmati lukisan alam indah di danau ini.

situ cilembang sumedang

Warna airnya yang jernih akan benar-benar membawa anda ke dalam suasana yang tenang dan menyenangkan. Anda juga bisa mengabadikan momen di danau ini dengan berfoto. Akan tampak pemandangan di area sekitar danau bak pantulan di cermin, sungguh jernih.

Jika anda ingin benar-benar merasakan kejernihan airnya, anda diperkenankan untuk mencuci muka atau sekedar menghirup air di danau.

Selanjutnya, anda bisa menikmati pemandangan dasar danau. Karena terlihat jelas dasarnya, akan tampak keindahan bawah danau dengan hiasan ikan-ikan.

Ada  juga kura-kura air tawar berkeliaran di sana. Udara sejuk serta pepohonan asri yang mengelilingi danau menambah suasana tenang yang akan menjadikan badan dan pikiran rileks kembali.

Selain beberapa kegiatan tersebut, kawasan wisata ini juga terkenal dengan slogan nya yaitu sebagai kawasan bersih, indah, tertib, tenang, ramah serta aman. Jadi bisa dipastikan liburan anda ke tempat ini tidak akan sia-sia.

Lokasi Situ Cilembang Sumedang

Sama seperti banyak objek wisata baru lain seperti Pantai Tiga Warna di Malang ataupun Tebing Keraton di Bandung. Situ Cilembang kini mendadak terkenal karena media sosial. Nah, jika anda juga penasaran. Lebih baik cermati lokasi Situ Cilembang Sumedang ini.

Lokasinya ada di Hariang, Buahdua, Kab Sumedang, Jawa Barat, kodepos 45392. Sementara rute untuk mencapai danau ini bisa dilalui dari Sumedang dengan jalur Bandung-Cirebon.

Setelah sampai di Jalan Cimalaka, lanjutkan perjalanan ke Jalan Tanjungkerta, Cigaruk sampai Desa Hariang.

Rute lainnya bisa dimulai dari Bandung. Yaitu dengan melewati Jl. Soekarno Hatta, lalu dilanjutkan ke Bundaran Cibiru, Cileunyi, Jatinangor, Tanjungsari, hingga ke Sumedang.  

situ cilembang sumedang

Harga Tiket Situ Cilembang Hariang Sumedang

Sekedar informasi, saat ini tempat tersebut berada di bawah pengelolaan pemuda karang taruna desa setempat. Sehingga tidak terdapat biaya masuk khusus. Jadi, harga tiket ke Situ Cilembang Hariang Sumedang adalah gratis. Anda hanya akan diminta untuk membayar biaya parkir kendaraan.

Bagaimana sobat NgetripKemana? Penasaran ingin menyaksikan kejernihan Situ Cilembang Sumedang? Ayo jangan lewatkan kesempatan berlibur di wisata hits dan baru ini! Mumpung masih baru dan masih terjaga keasliannya.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *