Keindahan Dan Kesejukan Danau Situ Cileunca Pangalengan

Diposting pada
Situ Cileunca

Bandung adalah surganya objek wisata karena terdapat berbagai macam objek wisata yang unik dan indah. Sebut saja Situ Cileunca yang terletak di Bandung Selatan.

Kisaran Harga TiketRp 2.500 – Rp 5000
FasilitasToilet, Mushola, Warung makan
Jam Buka07:00 – 18:00 WIB
WilayahBandung Selatan, Jawa Barat

Danau Situ Cileunca ini terkenal dengan panorama yang indah. Bacalah artikel di bawah ini untuk menemukan lokasi serta harga tiket masuk yang kamu butuhkan.

Pesona Situ Cileunca

Kota Kembang tidak hanya terkenal dengan objek wisata yang itu-itu saja seperti Kawah Putih Ciwidey atau Tangkuban Perahu. Ternyata ada sebuah danau yang memiliki pemandangan yang cantik yaitu Situ Cileunca.

Situ Cileunca

Danau Situ Cileunca adalah sebuah danau buatan yang dibangun oleh seseorang dengan Kebangsaan Belanda. Danau ini memiliki ketinggian 1.550 meter diatas permukaan laut sehingga udara di sekitarnya masih sangat sejuk.

Luas Situ Cileunca Pangalengan ini mencapai 14.000 hektar dengan kedalaman 17 meter di bawah permukaan laut. Fungsi danau tersebut pada mulanya sebagai PLTa namun pada akhirnya banyak wisatawan yang berkunjung karena keindahannya.

Sejarah Situ Cileunca

Bagaiamanakah sejarah terbentuknya Situ Cileunca ? Pada mulanya kawasan ini adalah kawasan hutan belantara. Namun setelah datangnya penjajah Belanda ke Bandung, daerah Pangalengan pun di buka sebagai perkebunan kopi dan teh. Perkebunan tersebut memanglah membutuhkan lingkungan yang sejuk.

Keindahan Dan Kesejukan Danau Situ Cileunca Pangalengan 1

Nah untuk memudahkan operasional parkir maka dibutuhkan sebuah pembangkit listrik. Penjajah Belanda pun membangun sebuah bendungan atau danau untuk menciptakan sebuah pembangkit listrik. Pembangunan Danau Cileunca membutuhkan waktu selama 7 tahun. Namun sejalan dengan perkembangan jaman, danau tersebut memiliki beberapa fungsi.

Fungsi tersebut adalah sebagai cadangan air bersih Kota Bandung dan juga objek wisata. Kamu pun akaj disuguhi dengan pemandangan cantik dari danau ini.

Alamat Situ Cileunca

Dimanaalamatnya? Danau ini beralamat di Jalan Situ Cileunca, Danau Pangalengan, Wanasari, Bandung Selatan, Jawa Barat.

Keindahan Dan Kesejukan Danau Situ Cileunca Pangalengan 2

Waktu tempuh yang kamu butuhkan dari pusat Kota Bandung adalah selama 2 sampai 2,5 jam. Situ Cileunca Pangalengan terletak di Pangalengan dimana lokasi tersebut banyak terdapat objek wisata sehingga kamu dengan mudah menemukan lokasi tersebut.

Objek wisata tersebut adalah Curug Dewa, Curug Panganten, Cukul Pangalengan, Hutan Pinus Rahong Pangalengan, Pemandian Air Panas Ciwalini dan masih banyak lagi.

Wahana Situ Cileunca Bandung

Berikut adalah kegiatan dan wahana Situ Cileunca yang bisa kamu nikmati:

  • Menaiki perahu berkeliling danau
  • Rafting atau arung jeram Sungai Palayangan
  • Kegiatan Outbond
  • Berkemah
  • Berfoto di berbagai spot (jembatan cinta)
  • Petik buah stroberry

Fasilitas Situ Cileunca

Banyak fasilitas Situ Cileunca yang meulai di benahi seperti:

  • Toilet
  • Mushola
  • Warung makan
  • Toko oleh-oleh

Penginapan Situ Cileunca Terdekat

Jika kamu ingin bermalam di kawasan Situ Cileunca Pangalengan kami bisa memberikan rekomendasi penginapan seperti:

  • Villa Hira Pangalengan
  • Hotel Dewi Pangalengan
  • Group House Cileunca
  • Cileunca Lakeside

Danau Wisata Situ Cileunca

Situ Cileunca adalah sebuah danau buatan yang memiliki fungsi ganda. Danau tersebut adalah sumber pembangkit tenaga listrik dan sekaligus sebagai tujuan wisata.

Situ Cileunca

Tidak hanya itu danau tersebut adalah tampungan air bersih bagi warga Kota Bandung. Namun jangan salah karena pemandangan yang kamu dapatkan sangat indah. Apalagi danau tersebut berada di ketinggian sehingga udaranya pun masih sangat bersih dan sejuk.

Harga Tiket Masuk Situ Cileunca

Harga tiket masuk Situ Cileunca 2019 tergolong cukup murah yaitu sebesar Rp 2.500,00/ orang untuk anak dan Rp 5.000,00/ orang untk dewasa. Jika kamu datang menggunakan mobil maka kamu akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 3.000,00/ kendaraan.

Harga tiket kebun stroberry di Situ Cileunca sebesar Rp 5.000,00/ orang. Nah jika kamu ingin memetik dan membawa pulan buah arberi kamu bisa membayar Rp 25.000,00 untuk satu kilogram. Sedangkan harga buah stroberry sebesar Rp 30.000,00/ kg.

Baca juga : 45 Teratas Daftar Wisata Bandung Low Budget & Kekinian 2019

Demikianlah informasi mengenai Situ Cileunca Pangalengan. Kamu ternyata bisa mendapatkan berbagai macam hiburan dan kegiatan menarik jika kamu mengunjungi sebuah danau. Yuk berwisata alam bersama keluarga.

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.