Danau Cantik Di Tengah Hutan Situ Patenggang Bandung

Diposting pada
Situ Patenggang

Apakah kamu sedang berlibur ke Bandung? Jika kamu sedang berlibur ke Bandung jangan lupa untuk mampir ke objek wisata Situ Patenggang.

NamaSitu Patenggang
Harga Tiket MasukRp 18.000 – Rp 20.500
Jam Buka08.00 – 20.00 WIB.
Tipe WisataAlam
Fasilitas Umum Glamping, Villa, Wisata Kuliner
Kontak
AlamatJalan Raya Ciwidey-Rancabali, Rancabali, Bandung, Jawa Barat

Kawasan wisata ini akan memanjakan kamu. Yuk intip artikel di bawah ini untuk menemukan informasi Situ Patenggang. Berwisata itu tidak perlu mahal lho!

Mengenal Situ Patenggang

Seperti apakah kawasan Wisata Situ Patenggang? Situ Patenggang adalah sebuah kawasan wisata alam yang berupa danau. Situ bermakna danau jadi Situ Patenggang adalah Danau Patenggang. Namun ada yang unik karena letak Danau Situ Patenggang ini berada di  1.600 meter diatas permukaan laut.

Situ Patenggang

Hal ini menjadikan udara di sekitar kawasan danau sejuk meskipun matahari bersinar sangat terik. Luas Danau Situ Patenggang sangat luas yaitu sekitar 45.000 hektar.

Selain itu danau tersebut dikelilingi oleh hutan hijau dengan luas 123.000 hektar. Apakah kamu bisa membayangkan bagaiamanakah kondisi di danau tersebut? Ya pastilah masih sangat asri.

Cerita Di Balik Situ Patenggang

Kota Bandung mempunyai banyak objek wisata yang dibalut kisah mistis tidak terkecuali Danau Situ Patenggang. Mitos Danau Situ Patenggang mempunyai hubungan yang erat dengan kisah Sangkuriang.

Situ Patenggang

Patenggang atau Patengan yang dalam bahasa Sunda pateangan teangan bermakna saling mencari. Kisah di balik penamaan danau tersebut adalah kisah cinta dari seorang Putra Prabu yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis seorang titisan dewi.

Mereka adalah sepasang kekasih yang saling merindu dan akhirnya memutuskan untuk bertemu. Setelah sekian lama tidak bertemu akhirnya mereka saling mencari dan bertemulah di Batu Cinta Situ Patenggang.

Dewi Rengganis pun membuat satu permintaan kepada Ki Santang untuk membuatkan sebuah danau lengkap dengan perahunya. Perahu tersebut nantinya akan digunakan untuk berlayar bersama.

Perahu tersebut adalah simbol cinta diantara mereka berdua. Ada satu lagi hal yang unik dari Danau Situ Patenggang yaitu adanya pulau berbentuk hati. Pulai tersebut adalah Pulau Sasaka atau Pulau Asmara. Perahu dan pulau tersebut adalah daya tarik utama dari Situ Patenggang.

Wahana Situ Patenggang

Wahana yang bisa kamu nikmati di Situ Patenggang adalah sebagai berikut:

  • Perahu
  • Sepeda air
  • Piknik

Fasilitas Situ Patenggang

Fasilitas yang diberikan pengelola Situ Patenggang cukup lengkap. Fasilitas yang bisa kamu digunakan adalah sebagai berikut:

  • Glamping
  • Villa
  • Wisata Kuliner
  • Toko oleh-oleh

Lokasi Situ Patenggang

Dimanakah alamat Situ Patenggang? Danau Situ Patenggang terletak di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Jika kamu berada di Jakarta ada beberapa rute alternative yang bisa kamu gunakan. Rute pertama adalah dengan menggunakan Jalan Too Cipularang dan keluar melalui Tol Kopo.

Danau Cantik Di Tengah Hutan Situ Patenggang Bandung 1

Lalu kamu bisa menuju Soreang dan menuju Ciwidey selanjutnya kamu bisa langsung menuju ke Situ Patenggang. Rute kedua masih menggunak Tol Cipularang namun kamu bisa keluar melalui Tol Buah Batu.

Selanjutnya kamu bisa menuju Banjaran, Soreang, Ciwidey dan Situ Patenggang. Sedangkan rute yang bisa digunakan jika berasal dari arah Bandung adalah Tol Buah Batu dilanjutkan dengan perjalanan menuju Bojong Soang.

Setelah sampai Bojong Soang kamu bisa menuju Banjaran, Soreang Ciwidey dan Patenggang. Bagi kamu yang berasal dari Majalaya kamu bisa menggunakan jalur ke arah Ciparay dan langsung menuju Ciwidey dan Patenggang.

Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang adalah kawasan wisata danau yang terletak di Ciwidey, Bandung. Kamu bisa melakukan banyak hal yang menyenangkan.

Danau Cantik Di Tengah Hutan Situ Patenggang Bandung 2

Kamu bisa berjalan menyusuri danau baik dengan jalan kaki maupun dengan perahu. Selain itu kamu juga bisa mencoba mengendarai Sepeda air. Apalagi kamu akan mendapatkan pemandangan yang indah dari sekeliling danau yang berupa hutan hijau.

Harga Tiket Masuk Situ Patenggang

Berapakah harga tiket masuk Situ Patenggang? Berikut adalah HTM Situ Patenggang:

HariHarga Tiket
WeekdayRp 18.000,00 wisatawan lokal
Rp 135.000,00 wisatawan asing
WeekendRp 20.500,00 wisatawan lokal
Rp 185.000,00 wisatawan asing

Tarif parkir untuk sepeda motor Rp 3.500,00, Rp 11.500,00/ mobil dan Rp 22.000,00/ bus ataupun kendaraan besar.

Danau Cantik Di Tengah Hutan Situ Patenggang Bandung 3

Sedangkan jam operasional Situ Patenggang mulai pukul 08.00-20.00 WIB. Jam operasional tersebut berlaku untuk hari biasa dan hari libur. Demikianlah informasi mengenai Situ Patenggang. Kamu bisa lebih dekat dengan alam dengan berkunjung ke danau tersebut.

Baca Juga : Menjelajahi Cianjur, Wana Wisata Pokland

Liburanmu dijamin seru dan menyenangkan walaupun terletak jaih dari kota. Yuk bersahabat dengan alam.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.