Terbaru di Wisata Populer Songgoriti Malang, Ada Apa Saja di Sini?

Songgoriti Malang

Siapa yang tak kenal Songgoriti Malang? Terlepas dari kesan negatifnya sebagai lokasi yang dijadikan tempat “bebas berkumpul”. Ternyata terdapat pesona alam yang sungguh memikat di sini.

Lokasinya yang sangat stategis menjadikan objek wisata ini selalu menjadi prioritas wisatawan. Meskipun, sudah banyak wisata baru dan modern yang bermunculan sebagai destinasi wisata Kota Batu.

Tidka perlu kawatir dengan kabar miring mengenai objek wisata ini. Pihak berwajib sudah menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung wisata.

Karena memang wisata Songgoriti sudah terdapat sebagai salah satu wisata Kota Batu. Jadi, ayo kita berjalan-jalan sejenak sebelum anda benar-benar datang ke sini.

Songgoriti Kota Malang

Daerah Songgoriti terletak di kaki gunung Banyak. Dengan suasana pegunungan, wisata ini sangat pas untuk membawa pengunjung menikmati alam yang asri. Namun, tak hanya sekedar pemandangan saja yang ditawarkan.

Terdapat banyak area dan wahana alam seru dan menarik yang bisa dinikmati. Area dan wahana tersebut antara lain pemandian air panas, kolam renang, candi, dan banyak lagi. Berikut akan kami sajikan beberapa spot wisata yang bisa menjadi referensi aktivitas anda berlibur di sini.

Aktivitas dan Fasilitas yang Bisa Dinikmati

Songgoriti Malang

Apa saja yang ada di wisata Songgoriti Malang? Simak penjelasan berikut.

Pemandian Air Panas Tirta Nirwana

Area pertama yang menjadi daya tarik wisata ini adalah pemandian air panas yang terkenal dengan nama Tirta Nirwana Songgoriti. Letak pemandian ini berada di kelurahan Songgokerto, kota Batu.

Pemandian air panas di sini menggunakan belerang alami yang meiliki khasiat bermanfaat. Sumber air panasnya berada di bawah sebuah candi.

Sumber ini kemudian dialirkan ke kolam-kolam menggunakan dengan pipa. Konon, sumber tersebut dahulunya digunakan untuk mensucikan keris pusaka milik raja kerajaan Singosari abad ke-5 M, yaitu Raja Sindoh.

Candi Songgoriti

Berikutnya adalah sebuah candi peninggalan Kerajaan Singosari pada abad ke 10. Candi yang dinamakn Candi Songgoriti ini terletak tepat di kaki Gunung Banyak.

Suasana area candi sangat alami dan sejuk. Di sini selain bisa menikmati alam yang masih asri, anda juga bisa mengenal salah satu bukti keberadaan kerajaan yang pernah tersohor di nusantara.

Candi yang diduga sebagai candi tertua di Jawa Timhanya berdimensi 14.36×10.10 m dan memiliki tinggi 2.44 m. Uniknya dari candi ini adalah terdapat aliran sumber air panas di bawah candi.

Di tengahnya pun menyembul mata air dingin. Aliran air panas tersebut digunakan untuk tempat pemandian Tirta Nirwana. ur ini tidak memiliki area yang luas.  

Downhill Songgoriti

Anda bisa menikmati downhil yang terletak di Bukit Klemuk. Ada dua track yang sipa menguji nyali anda. Track pertama sering digunakan sebagai arena kejuaraan downhill nasional. Sementara track kedua memiliki rute yang lebih menantang dan ekstrim.

Paralayang Songgoriti

Selain mencoba area downhill, anda juga bisa menjajal olahraga yang juga menguji adrenalin satu ini. Yakni paralayang.

Wisata paralayang Songgoriti Malang ini dilakukan di area sekitar Gunung Banyak. Sejak tahun 2000, paralayang ini sering digunakan sebagai area kejuaraan paralayang tingkat regional bahkan internasional.

Bagi kalian yang belum lihai paralayang, anda bisa mencoba wahana iini bersama partner tandem yang sudah profesional. Dengan begeitu anda tetap bisa menikmati terbang di atas sambil menikmati view yang menakjubkan.

Wahana Lain di Songgoriti

Tidak hanya aktivitas di atas, masih banyak wahana yang bisa dimanfaatkan ketika berwisata di sini. Wahana lain yang akan anda jumpai antara lain outbond, kolam renang.

Ada juga taman-taman yang cantik dan mempesona. Anda pun bisa melakukan ziarah ke makam mbah Pathok dan Empu Supo yang sarat sejarah.

Fasilitas unik lainnya adalah sebuah danau buatan. Anda bisa mengitari danau unik dengan menggunakan sepeda air. Di tepi danau, anda akan dapati sebuah patung besar yang menyita perhatian.

Patung pertama berupa seekor penyu berukuran sangat besar bersama seeokor kera di atasnya. Sementara patung kedua adalah seorang tokoh pewayangan yang sedang menunggang kereta.

Kereta tersebut ditarik oleh kuda putih serta dua ekor kuda berwarna hitam. Selain itu ada juga sebuah replika patung buah raksasa.

Fasilitas yang Tersedia

Mengenai fasilitas Songgoriti Malang yang disediakan sudah sangat lengkap. Di dalam lokasi wisata sudah terdapat beberapa fasilitas seperti toilet dan mushola. Ada juga area parkir yang cukup luas.

Jika anda merasa lapar, ada banyak warung yang menjual beragam pilihan kuliner. Mulai dari jajanan atau cemilan ringan, minuman hingga makanan berat. Harga yang ditawarkan di sini pun cukup terjangkau.

Bagi anda yang ingin berbelanja buah tangan juga sudah ada fasilitasnya. Tersedia beragam kios yang menjajakan pilihan oleh-oleh. Mulai dari berbagai jenis souvenir hingga makanan ringan khas Malang.  

Lokasi Wisata Songgoriti Malang

Alamat Songgoriti Malang berada di Jl. Songgoriti Batu Malang, Kel. Songgokerto, Kec. Batu, Jawa Timur, kodepos 65312. Lokasinya berada tepat di perempatan jalan. Jalan ini merupakan perpotongan Jalan Songgoriti dengan Jalan Arumdalu.

Jika anda datang dari arah alun-alun pusat Kota Batu. Bisa mengambil jalan Gajah Mada dan lurus terus hingga ke Jalan Trunojoyo. Selanjutnya, belok menuju Jalan Songgoriti sampai menemukan perempatan dan sebuah Gapura.

Lokasinya strategis karena berada dekat dengan wisata lain seperti Museum Topeng, Kusuma Agrowisata, dll. Sehingga anda bisa mencoba wisata yang lain ketika berkunjung ke daerah ini.

Songgoriti Malang

Harga Tiket Masuk Wisata Songgoriti Malang

Untuk masuk ke wisata ini hanya dibutuhkan biaya Rp 10.000 pada saat weekdays. Saat weekend, anda perlu membayar Rp 15.000. Namun, biaya tersebut hanya untuk masuk saja. Jika ingin puas menikmati seluruh fasilitas, dibutuhkan kira-kira Rp.250.000.

Sementara untuk biaya penginapan seperti villa, hotel atau rumah sewa, biaya yang dikenakan sekitar Rp. 100.000 – Rp.500.000.

Apakah anda tertarik? Jangan kawatir tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Jika memiliki waktu luang, kapan saja anda bisa datang ke sini.

Yuk, agendakan liburanmu kali ini ke Malang. Ada banyak aktivitas seru menanti anda di Songgoriti Malang.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.