Sungai Mudal, Destinasi Bertema Taman Sungai di Kulonprogo

Diposting pada
Sungai Mudal

Tema wisata alam memang jadi prioritas bagi beberapa kalangan. Jika Anda ingin mencarinya datanglah ke Yogyakarta. Dari destinasi wisata alamnya memang banyak dikenal luas. Salah satunya Sungai Mudal. Menjadi sebuah spot menarik di daerah Kulonprogo, Jogja. Ternyata tempat ini menyimpan keindahan unik.

Sebagai sebuah destinasi alam pasti ada banyak ciri khas. Tak berbeda dari tempat lain. Dimana taman sungai Mudal ini menjadi salah satu wisata swadaya. Pastinya Anda penasaran seperti apa keunikannya. Oleh karena itu akan kita cek sama-sama seperti apa keunikan tempat ini.

Daya Tarik Taman Sungai Mudal

Salah satu destinasi alam di Kulonprogo ini menarik banyak minat pecinta alam. Tidak hanya dari suasana jauh dari perkotaan. Tetapi setiap pengunjung akan menikmati berbagai fasilitasnya. Mata air mudal memang dikenal sebagai spot wisata keren. Bahkan wisatawan asing sendiri masih mengunjungi tempat ini.

Mata air Mudal banyak menarik perhatian. Karena kondisi air terbilang masih alami. Warna hijau dicampur kebiruan akan memanjakan mata Anda. Ditambah lagi ada beberapa fasilitas bisa Anda nikmati.

Pengembang wisata ini memberi beberapa akses fasilitas. Anda dapat menikmati river tubing. Karena memang lokasinya cocok untuk memacu adrenalin Anda. Kemudian fasilitas lain juga terdapat wahana flying fox.

Beberapa aktivitas seperti camping juga dapat dilakukan di sekitar lokasi wisata. Tetapi banyak wisatawan masih melakukan aktivitas rutin seperti mandi di Sungai Mudal tersebut. Kesegaran air tak perlu ditanyakan lagi. Karena memang masyarakat sekitar selalu merawat kejernihan airnya.

Terdapat juga beberapa gazebo. Dimana lokasi ini bisa dijadikan tempat bersantai. Tak lupa akses tempat kuliner juga tersedia. Sehingga Anda tak sampai kelaparan setelah puas menikmati fasilitas mata air Mudal ini.

Karena masuk dalam tempat wisata alam. Pastinya waktu terbaik untuk bisa menikmati keindahan mata air Mudal adalah saat musim kemarau. Anda dapat menikmati waktu libur di tempat ini. Berbagai aktivitas seperti berfoto sampai menikmati segarnya mata air Mudal.

Tips Berwisata di Sungai Mudal

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa tips berlibur ke Sungai Mudal. Bagi wisatawan sebaiknya bawa baju ganti. Karena untuk mengantisipasi saat Anda mandi di mata air tersebut. Kemudian hindari pada akhir pekan. Biasanya saat akhir pekan ataupun musim liburan mata air Mudal ini penuh pengunjung.

Sehingga waktu terbaik memang bisa dikunjungi pada hari kerja. Agar nantinya suasana liburan tidak terlalu penuh pengunjung.Jangan lupa bawalah kamera untuk mengabadikan momen liburan di mata air Mudal.

Lokasi dan Rute Ke Sungai Mudal

Lokasi destinasi wisata alam satu ini terbilang mudah diakses. Anda cukup berkunjung ke Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Rutenya terbilang mudah karena memang sudah terdapat papan petunjuk. Anda bisa cek di Google Maps

Jika dari Tuju Jogja ambil arah barat. Kemudian akan menjumpai perempatan Demak Ijo lalu ambil arah Ring road barat. Nantinya Anda akan melewati arah Godean. Kemudian ikuti jalan lurus sampai ke Jembatan Sungai Progo. Ambil arah ke Goa Kiskenda.

Lalu akan menjumpai pertigaan Goa Kiskenda. Ambil arah lurus nantinya ada pertigaan hutan pinus. Ambil arah kiri dengan tujuan Kokap. Cukup mengikuti jalan saja, karena nanti sudah tersedia papan petunjuk ke Sungai Mudal.

Untuk kondisi jalan sudah cukup baik. Kemudian untuk alat transportasinya juga bisa menggunakan sepeda motor ataupun mobil.

Harga Tiket Masuk Sungai Mudal

Bagi wisatawan yang ingin menikmati segarnya mata air Mudal ini harus membayar tiket masuk. Untuk harga tiket masuknya sebesar Rp 4000. Saja. Sedangkan untuk biaya parkir sepeda motor mencapai Rp 2000. Untuk kendaraan roda 4 dikenakan tarif parkir Rp 5000.

Namun perlu diperhatikan dari segi fasilitasnya. Pada penyewaan pelampung masih dikenakan tarif sewa Rp 5000. Sedangkan untuk menikmati fasilitas bermain fiying fox sendiri dibanderol mencapai Rp 15.000. Jam operasional wisata alam satu ini dibuka pada pukul 7 pagi sampai 6 sore.

Galeri Foto Sungai Mudal

Sungai Mudal
Sungai Mudal
Sungai Mudal

Keunikan serta keindahan alam di Sungai Mudal layak dijadikan objek wisata terbaik. Tetap saja ada beberapa pilihan wahana permainan. DImana masing-masing memberi banyak pengalaman baru untuk wisatawan.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Bepergian membuat orang sederhana. Anda melihat betapa kecilnya tempat yang Anda tempati di dunia.