Pesona Keindahan Taman Nasional Baluran Banyuwangi Indonesia

Diposting pada
Taman Nasional Baluran Banyuwangi

Siapa bilang Situbondo Jawa Timur tidak mempunyai objek wisata alam yang mengagumkan? Situbondo mempunyai Taman Nasional Baluran atau Baluran National Park.

NamaTaman Nasional Baluran
Harga Tiket MasukRp 8000 – Rp 225000
Jam Buka07:30 – 16:00 WIB
Tipe WisataAlam
Fasilitas UmumPenginapan, Mushola, Rumah Makan
Kontak0333 461 936
AlamatBanyuputih, Situbondo, Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur

National Baluran Park tidak kalah seru untuk dikunjungi selain Taman Nasional Alas Purwo. Jika anda penasaran dengan isi dari Taman Nasional Baluran simaklah artikel di bawah ini.

Sejarah Taman Nasional Baluran

Baluran National Park menduduki lahan seluas 25.000 hektar gang terletak di Situbondo. Namun banyak orang yang mengira Baluran National Park terletak di kawasan Banyuwangi karena jaraknya memang lebih dekat dari Banyuwangi.

Sejarah Taman Nasional Baluran

Penamaan Baluran memiliki alasan atau sejarah. Nama Baluran diambil dari sebuah gunung yang bernama Gunung Baluran yang terletak di kawasan yang sama.

Baluran National Park ini sedikit berbeda dengan taman-taman nasional lainya yang berupa hutan belantara. Wilayah TNB sebagian besar terdiri dari padang rumput yang sangat luas yang menyimpan berbagai macam fauna dan flora.

Keanekaragama Flora Dan Fauna

Walaupun sebagian besar wilayah TNB adalah padang rumput, TNB juga memiliki hutan lindung untuk konservasi berbagai macam flora dan fauna. Taman Nasional Baluran adalah sebuah miniatur hutan Indonesia karena berbagai jenis hutan dapat anda temukan di taman nasional ini.

Keanekaragama Flora Dan Fauna

Hutan tersebut adalah hutan tropis, hutan pantai, hutan mangrove, hutan rawa asin, hutan payau, hutan musim dan hutan hujan pegunungan. Ekosistem tersebut adalah kombinasi dari berbagai macam ekosistem laut, hutan, savana hingga pegunungan.

TNB menjadi rumah bagi berbagai macam flora yang berjumlah kurang lebih 444 jenis tanaman. Tanaman tersebut seperti Widoro Bukol, neem dan Pilang merupakan tanaman yang bisa tumbuh subur di wilayah yang kering.

Selain tanaman asli terdapat banyak tanaman lain seperti api-api, asam, yam, kendal, hazelnut, gebang, manting, mengepul dan masih banyak lagi. Taman Nasional Baluran melindungi hewan yang langkau atau yang masih lestari.

Terdapat 26 jenis mamalia darat seperti banteng, ajag, kerbau liar, rusa, rusa mneggonggong, macan tutul dan kucing bakau. Selain itu terdapat pula 155 spesies burung. Banyak dari burung tersebut adalah burung langka.

Burung tersebut seperti burung layang-layang api, tuwuk, ayam hutan merah, burung merak, tonggak-tonggak, rangkok dan burung merak. Selain melihat berbagai macam koleksi flora dan fauna anda bisa berkeliling dengan kawasan yang berbeda-beda.

Destinasi Wisata Taman Nasional Baluran

Baluran National Park membagi wilayahnya menjadi beberapa zona wisata. Berikut adalah pembagian wilayah dari TNB:

  • Hutan Musim
  • Hutan Evergreen
  • Goa Jepang
  • Savana Bekol atau Padang Rumput
  • Pantai Bama
  • Hutan Mangrove
  • Pantai Bilik Sijie
  • Pantai Balanan

Fasilitas Akomodasi Di Taman Baluran

Baluran National Park juga memiliki beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Fasilitas tersebut adalah:

  • Rumah Makan
  • Rumah Ibadah
  • Penginapan
  • Persewaan perahu boat
  • Persewaan peralatan menyelam

Alamat Taman Nasional Baluran

Baluran National Park terletak di Banyuputih, Situbondo, Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk menuju lokasi anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum.

Baluran National Park

Letak Taman Nasional Baluran adalah di pinggir jalan poros yang menghubungkan antara Situbondo dan Banyuwangi. Semua transportasi umum yang berasal dari arah Jakarta dan Surabaya yang menuju Bali atau sebaliknya yang melewati Jalur Panturan akan melewati jalan poros ini. Sehingga anda tidak perlu khawatir berganti-ganti sarana transportasi lainya.

Bagi anda yang datang dengan transportasi umum anda pun harus menyewa kendaraan untum mengelilingi Baluran National Park. Anda bisa menyewa motor, jeep atau ojek dengan biaya sewa Rp 100.000,00/ motor, Rp 300.000,00-Rp 350.000,00/ jeep dan Rp 50.000,00 untuk ojek.

Waktu Terbaik Mengunjungi Taman Baluran

Baluran National Park adalah taman lindung yang difungsikan sebagai taman konservasi berbagai macam flora dan fauna. Pengunjung dari TNB tidk hanya dari wisatawan domestik namun juga mancanegara.

Mengunjungi Taman Nasional Baluran

Banyak pula rombongan dari sekolahan atau mahasiswa yang berkunjung ke National Baluran Park. Banyak yang bisa mereka dapatkan baik dari segi wisata atau edukasi.

Jika anda ingin berkunjung ke TNB ada beberapa waktu terbaik yang bisa anda gunakan untuk berkunjung. Waktu tersebut adalah bulan Juni-Juli musim kawin rusa, Agustus-September musim kawin merak, Januari-April musim hujan dan Mei-Desember musim kemarau.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran

Berikut adalah daftar harga tiket masuk Baluran National Park:

Wisatawan Domestik

Rp 15.000,00/ hari/ orang pada weekday

Rp 17.5000,00/ hari/ orang pada weekend

Rombongan Pelajar/mahasiswa Rp 8.000,00/ hari pada weekday

Rombongan pelajar/ mahasiswa Rp 9.500,00/ hari pada weekend

Wisatawan Mancanegara

Rp 150.000,00/ hari/ orang pada weekday

Rp 225.000,00/ hari/ orang pada weekend

Jika anda membutuhkan informasi lebih lengkap anda bisa mengunjungi web resmi pada balurannationalpark.web.id atau nomer telepon 0333 461 936/ 461 650.

Demikian adalah informasi yang bisa kamj dapatkan tentang Baluran National Park. Ajaklah keluarga atau sahabat anda untuk berkeliling Baluran National Park untuk wisata safari dan edukasi.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.