Taman Rekreasi Selecta, Wisata Legendaris yang Semakin Menarik dan Asik

Taman Rekreasi Selecta

Berbicara mengenai wisata Batu, Malang, tentu kurang lengkap jika tidak membahas Taman Rekreasi Selecta. Tidak heran karena taman wisata legendaris ini sangat terkenal di kalangan masyarakat Malang.

Bahkan sejak dulu hingga sekarang. Penasaran kenapa taman ini menjadi idola? Yuk, intip pesona di dalamnya.

Taman Rekreasi Selecta

Taman Rekreasi Selecta Malang sudah menjadi taman favorit bagi wisatawan. Bahkan jauh sebelum munculnya taman rekreasi baru seperti Jatim Park, Predator Fun Park, Museum Angkut, dll.  Meskipun bukan tempat baru, taman ini tidak kalah menarik dengan taman modern lainnya.

Meskipun pada awalnya taman ini hanya menawarkan panorama taman bunga. Kini, fasilitasnya ditambah dan dilengkapi. Sehingga pengunjung bisa menikmati bermacam-macam wahana permainan lain seperti waterboom, flyingfox, dan masih banyak lagi.

Lokasi wisata yang berada di dataran tinggi dan dikelilingi pemandangan Gunung Arjuna membuat pengunjung betah berlama-lama di sini. Hal tersebut bukan tidak mungkin. Karena di sini pengunjung akan dimanjakan dengan suasana sejuk dengan view yang sangat cantik.

Aktivitas dan Fasilitas

Daya tarik yang dimiliki Taman Rekreasi Selecta Kota Batu Jawa Timur ialah udara sejuk plus pemandangan taman cantik nan bersih. Tidak hanya taman yang ditata sedemikian rupa sehingga nampak indah dipandang. Tetapi pemandangan area sekitar taman juga sangat mendukung.

Taman Bunga Selecta

Taman Rekreasi Selecta

Taman bunga Selecta ini menjadi daya tarik utama wisata sejak pertama kali dibangun pada tahun 1929. Di taman bunga ini anda bisa bebas melihat bunga bunga-bunga cantik yang ditata secara apik serta bervariasi.

Di atas lahan seluas 18 Ha ini akan ada banyak jenis bunga yang bisa anda temui. Namun, jenis yang paling dominan adalah Bunga Krisan, Kana, Ajisai.

Dan masih banyak sejumlah jenis bunga dari beberapa daerah di Indonesia. Menikmati bunga di sini akan membawa anda serasa di Keukenhoff Belanda.

Yang perlu anda ingat adalah pengunjung dilarang keras memetik bunga di taman. Jadi, anda hanya diperbolehkan mengambil foto saja di sini. Tentunya, ada banyak spot unik dan menarik yang sayang untuk tidak diabadikan.

Wahana Permainan  

Selain taman yang di dalamnya terdapat berbagai jenis bunga, taman wisata ini juga menyediakan wahana menarik yang bisa dinikmati pengunjung.

Salah satunya adalah wahana Sky Bike. Wahana ini menawarkan sensasi berkeliling kebun dengan sepeda unik yang memiliki jalur khusus.

Wahana ini memang dibangun khusus di atas taman bunga. Karena memang ditujukan bagi pengunjung yang tidak ingin berkeliling taman berjalan kaki. Untuk dapat menikmati wahana ini bisa dilakukan berpasangan.

Selanjutnya ada wahana Water Boom Anak. Wahana gratis ini bisa dinikmati siapa saja mulai dari anak-anak hingga dewasa. Serunya lagi airnya asli dimabil dari pegunungan. Jadi anda tidak perlu kawatir dengan obat-obatan yang biasa digunakan untuk menjernihkan air.

Selain itu, wahana yang tersedia di waterboom ini juga sangat komplit. Ada papan seluncur dengan berbagai ukuran. Tersedia juga ember tumpah raksasa. Kolam landai untuk anak-anak kecil pun ada.  

Taman Rekreasi Selecta

Wahana selanjutnya yang bisa anda temui adalah Play Ground Anak. Wahana yang dibuat khusus untuk anak-anak ini menawarkan berbagai permainan bagi anak-anak.

Ada juga wahana Sepeda Air. Jika Sky Bike mengajak anda bersepeda di atas angin, berbeda dengan sepeda air. Di wahana ini anda akan diajak gowes di atas permukaan air. Seru sekali!

Berikutnya ada wahana Perahu Ayun. Nah, yang satu ini seperti Perahu Ayun Dunia Fantasi Jakarta. Yups. Anda akan diayun dengan sudut lebih dari 90° di atas sebuah perahu kora kora raksasa.

Wahana satu ini merupakan salah satu yang ekstrim. Karena anda akan senam jantung jika naik ini.

Tidak ketinggalan pula wahana Flying Fox. Wahana outbound juga akan menguji adrenalin anda. Yakni dengan terbang dengan menggunakan flying fox. Di atas ketinggian anda bisa nikmati sensasi berkeliling di atas taman Selecta yang indah.

Masih banyak wahana di Selecta yang juga wajib dicoba. Diantaranya adalah Goa Singa, Bioskop 4D, arena berkuda dan arena binatang. Dan, jangan lewatkan untuk berkuliner di taman ini.

Ada sekitar 200 hingga 300 restoran yang tersedia yang siap memanjakan lidah anda. Terdapat varian menu khas Jawa Timur yang disajikan dengan lezat. Menikmati pemandangan indah sekaligus makanan lezat tentunya merupakan perpaduan wisata yang sempurna.

Mengenai fasilitas Taman Rekreasi Selecta sudah sangat lengkap. Tersedia fasilitas umum seperti area parkir yang luas dan tempat ibadah yang bersih dan nyaman. Juga ada toilet umum gratis yang terletak di beberapa spot.

Ada juga food court dan restoran lengkap dengan toko oleh-oleh khas Batu, Malang. Jika anda kebetulan butuh tempat penginapan, ada juga fasilitas yang disediakan.

Lokasi dan Rute

Letak lokasi wisata ini berada di Kota Wisata Batu. Tepatnya di Jl. Raya Selecta No. 1, Desa Tulung Rejo, Bumiaji, Batu, Jawa Timur.

Rute yang harus dilalui untuk menuju ke tempat ini pun tidak sulit. Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun dua. Baik kendaraan besar maupun kecil.

Taman Rekreasi Selecta

Jika anda berangkat dari pusat kota Malang, dibutuhkan sekitar 25 KM. Namun, jika anda dari pusat Kota Batu, jarak yang anda tempuh hanya kurang lebih 4 KM. Cek melalui google maps

Harga Tiket Masuk Taman Rekreasi Selecta

Harga tiket masuk Taman Rekreasi Selecta yaitu adalah Rp.25.000 per orang. Harga tersebut sudah meliputi semua fasilitas umum dan wahana permainan yang tersedia. Namun terdapat beberapa wahana butuh biaya tambahan.

Wahana yang perlu biaya tambahan diantaranya Flying fox yaitu Rp.20.000 per orang. Wahana naik kuda dikenakan biaya Rp.10.000 per orang.

Untuk menikmati wahana Sky Bike anda harus membayar biaya tambahan sebesar Rp.20.000 per orang. Sementara perahu ayun biayanya Rp.10.000 per orang.

Selain itu, untuk fasilitas penginapan dapat dinikmati dengan harga mulai dari Standar (Rp 450.000),

Superior (Rp. 500.000), dan Deluxe (Rp 650.000). Sementara untuk Family (Rp. 750.0000) dan Cottage (Rp. 2.300.000).

Baca Juga: Spot Terbaru dan Unik di Kota Batu, Coban Rais Malang

Taman rekreasi Selecta buka setiap hari. Yaitu mulai pukul 06.00 – pukul 18.00 WIB. Bagi anda yang belum pernah berkunjung ke sini, jangan sampai kelewatan ya. Bagi yang sudah, tidak ada salahnya menghabiskan liburan di tempat wisata legend Taman Rekreasi Selecta.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.