Tanjung Bira Bulukumba: Rute, Fasilitas, dan Tarif Masuk

Tanjung Bira Bulukumba

Sulawesi ternyata tidak hanya terkenal dengan keindahan Pantai Losari namun juga Pantai Tanjung Bira Bulukumba. Perlu diketahui bahwa Pulau Sulawesi memiliki daya tarik yang eksotis.

Lalu bagaimanakah keindahan pantai ini? Simak artikel di bawah ini untuk menemukan harga tiket serta lokasi pantai.

Pesona Pantai Tanjung Bira

Tanjung Bira Makassar atau yang lebih terkenal sebagai dengan Maladewanya Indonesia memang indah. Lokasi ini terlihat seperti Maladewanya Indonesia karena memang kawasan ini memiliki kemiripan dengan pantai di negara Maladewa.

Kawasan ini memang sudah terkenal ke pelosok Indonesia. Tanjugg Bira memang sudah terkenal sejak lama karena keindahan dunia bawah lautnya.

Keindahan Lokasi Wisata

Ada satu keunikan yang bisa kamu temui ketika berada di pantai tersebut. Keunikan Pantai Tanjung Bira tersebut adalah adanya tiga gradasi air laut. Kebanyakan pantai hanya memiliki dua gradasi air laut namun tidak berlaku bagu Tanjung Bira Beach ini. Air laut Tanjung Bira Bulukumba berwarnabiru kehijauan seperti crystal clear. Bukankah hal ini sangat menarik?

Kehidupan Bawah Laut

Wisata Tanjung Bira Beach memang terkenal bagi para pecinta olahraga selam. Betapa tidak karena dunia bawah lautnya sangat mempesona.

Kamu bisa melihat ikan-ikan kecil yang berwarna-warni serta batuan karang yang menghampar luas. Keadaan terumbu karang tersebut masih indah dan terawat. Terdapat banyak spot yang bisa kamu jadikan arena menyelam. Untuk menuju spot-spot tersebut pun kamu bisa menyewa perahu dari nelayan setempat.

Kehidupan Masyarakat Lokal

Masyarakat yang tinggal di kawasan Tanjung Bira Bulukumba ini memang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan. Selain itu mereka juga berprofesi sebagai tour guide atau pemandu wisata.

Nereka bisa kamu ajak untuk mengantarkan kamu ke titik diving maupun snorkeling. Merea pun dengan senang hati akan mengantarkanmu ke pulau seberang yaitu Pulau Kambing.

Pulau ini terletak tidak jauh dari Tanjung Bira. Kamu membutuhkan waktu selama 20 menit untuk menuju lokasi ini. Pulau Kambing Tanjung Bira pun tidak kalah indah untuk dikunjungi. Bagi kalian pecinta diving dan snorkeling wajib mampir ke pulau ini.

Rute ke Lokasi Wisata

Di manakah alamat Pantai Tanjung Bira? Pantai in terletak di Jalan Tanjung Bira, Bonto Bahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Tanjung Bira Beach terletak sedikit jauh dari Kota Bulukumba yaitu 40 km. Sedangkan jarak dari Kota Makassar sangat jauh yaitu 200 km yang dapat kamu tempuh selama 5-6 jam.

Bagaimanakah rute ke Tanjung Bira dari Makassar? Dari Makassar kamu bisa menuju Kabupaten Gowa dan Kabupaten Takalar. Lalu perjalanan berlanjut ke Kabupaten Janeponto dan Kabupaten Bintaeng. Nah dari Kabupaten Bintaneg, Pantai Tanjung Bira terletak tidak begitu jauh.

Namun jika kamu menggunaka kendaraan umum kamu bisa menggunakan Bus Damri. Setelah turun di Bandara Internasional Sultan Hasanudin Makasar naiklah bus d=Damri menuju Terminal Mallengkeri.

Lalu kamu bisa turun di Lapangan Karebosi dan lanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Goa. Lalu kamu bisa menuju ke Pelabuhan Selayar Bulukumba. Dari pelabuhan kamu bisa berganti angkot untuk menuju Tanjung Bira Beach.

Baca Juga : Pulau Bawean: Lokasi, Fasilitas, dan Tarif Masuk

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Tanjung Bira sebesar Rp10.000 untuk wisatawan lokal. Sedangkan HTM untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp20.000. HTM pada saat weekend akan mengalami kenaikan sekitar Rp15.000 – Rp20.000.

Sedangkan tarif parkir untuk motor sebesar Rp5.000 dan mobil Rp10.000. Jika kamu ingin berlayar menuju Pulau Kambing dan Pulau Liukang biaya sewa perahu nelayan adalah sebesar Rp300.000.

Baca Juga : 4 Pulau Eksotis Sulawesi, Primadona Khas di Wisata Wakatobi

Nah demikianlah pesona dari Pantai Tanjung Bira yang bisa kami sampaikan. Bagi kalian pecinta dunia bawah laut wajib sekali mapir ke Pulau Sulawesi ini.

Facebook
Twitter
WhatsApp