Menelusur Keindahan Telaga Nilem Kuningan Jawa Barat

Diposting pada
Telaga Nilem Kuningan

Jawa Barat memang terkenal menjadi salah satu provinsi yang menyimpan keindahan alam Indonesia. Salah satu objek wisata alam yang terkenal terletak di Kuningan. Objek wisata alam tersebut adalah Telaga Nilem Kuningan.

Kisaran Harga TiketRp 10.000 – Rp 15.000
Koleksi foto@telaganilem
Jam Buka07:00 – 18:00 WIB
WilayahKuningan, Jawa Barat

Telaga ini merupakan objek wisata yang hits dikalangan warga Kuningan. Namun tidak hanya warga lokal saja yang berlibur ke tempat ini. Banyak wisatawan yang berasal dari luar kota bahkan wisatawan mancanegara berwisata di telaga ini.

Keistimewaan Tenaga Nilem Kuningan

Telaga Nilem Kuningan atau yang biasa di sebutTelaga Nilam oleh masyarakat sekitar terletak di Kuningan Jawa Barat. Telaga ini memiliki keistimewaan yang berbeda dari telaga-telaga lain. Air dari telaga ini sangat jernih sehingga anda bisa melihat hingga ke dasar telaga. Telaga ini menjadi salah satu tempat ikan emas hidup. Pengunjung pun bisa melihat ikan-ikan berenang di dalam telaga denagn jelas.

Apalagi telaga ini terletak di bawah Gunung Ciremai sehingga membuat udaranya sejuk dan bersih. Tidaklah mengherankan jika banyak wisatawan yang ingin menikmati keindahan alamnya. Telaga Nilem ini memang sangat menarik perhatian wisatawan.

Telaga Nilem Kuningan

Lokasi Dan Rute Menuju Telaga Nilem Kuningan

Telaga Nilem Kuningan terletak di Desa Kadeula, Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Objek wisata ini terbilang sangat strategis karena terletak diantara perbatasan tiga kabupaten. Kabupaten-kabupaten tersebut adalah Kuningan, Cirebon dan Majalengka.

Lokasinya yang strategis membuat Telaga Nilem mudah dijangkau dari mana saja. Telaga ini terletak 35 km sebelah utara Kuningan. Sedangkan jarak dari kota Cirebon adalah 24 km.

Telaga Nilem ini sebenarnya masih berada dalam satu kawasan dengan Telaga Remis. Pengunjung bisa melihat pintu masuk Telaga Remis dari balik Telaga Nilem. Kedua telaga ini terbentuk secara alami.

Seperti yang anda ketahui bahwa objek wisata alam biasanya terletak di pelosok namun akses jalan menuju telaga ini cukup mudah. Pengunjung bisa mengikuti Google Maps atau petunjuk arah yang dipasang warga. Anda bisa mengendarai kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika anda menggunakan kendaraan umum anda bisa berhenti di terminal kota atau desa dan melanjutkan perjalan menggunakan ojek.

Walaupun lokasi telaga ini masih agak tersembunyi namun pengelola menyiapkan beberapa fasilitas yang dapat membantu para wisatawan. Fasilitas-fasilitas tersebut dapat memudahkan segala aktivitas pengunjung.

Fasilitas Yang Ditawarkan Telaga Nilem Kuningan

Pihak pengembang atau pengelola telaga menyiapkan beberapa fasilitas yang memadai untuk kenyamanan pengunjung.

Area Parkir Yang Cukup Luas

Fasilitas Telaga Nilem Kuningan yang pertama adalah area parkir yang cukup luas karena banyak pengunjung mulai berdatangan ke tempat ini. Area parkir di telaga ini cukup pula untuk menampung beberapa mobil.

Tempat Beribadah Atau Mushola

Telaga Nilem Kuningan

Sedangkan bagi para pengunjung yang beragama muslim bisa menggunakan mushola atau tempat beribadah yang telah disiapkan. Kebanyakan wisata alam tidak memiliki fasilitas ini karena kurangnya pengelolaan.

MCK

Jika ada pengunjung yang hendak mandi di kolam telaga maka tidak usah khawatir, pengelola menyiapkan WC untuk ganti baju dan mandi.  Pengelola sangat memperhatikan kenyamanan pengunjung dengan pembangunan MCK maka kegiatan Mandi, cuci dan kakus dapat dilakukan dengan baik.

Gazebo Untuk Bersantai

Salah satu fasilitas yang paling dibutuhkan saat berlibur di Telaga Nilem Kuningan adalah gazebo. Pengelola menyiapkan gazebo atau tempat untuk bersantai. Pastilah banyak wisatawan yang menginginkan tempat yang teduh untuk beristirahat atau untuk menikmati pemandangan alam.

Warung Makan

Bersantai tidaklah lengkap tanpa menyajikan makanan. Pengunjung tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal karena di tempat ini telah tersedia beberapa warung makan. Warung makan tersebut telah menyediakan berbagai macam makanan. Kehadiran warung makan di wisata ini pasti akan mempermudah pengunjung dalam membawa barang bawaan.

Kolam Renang Alami

Pengunjung bisa berenang di dalam telaga ini. Tidak seperti kebanyak telaga yang tidak bisa digunakan untuk berenang. Telaga ini mempunyai dua kolam, kolam dalam dan kolam dangkal. Kolam yang dangkal memiliki kedalaman 0,1 sampai 2 meter. Sedangkan kolam yang dalam memiliki kedalaman 0 sampai 4 meter.

Telaga Nilem Kuningan

Jika anda ingin berenang di telaga ini sebaiknya anda datang di pagi hari. Karena airnya lebih segar di pagi hari. Telaga Nilem ini bisa dinikmati dari pukul 08.00 sampai pukul 17.00.

Tips Untuk Berlibur Di Telaga Nilem

Berwisata di alam sangat mengasyikan namun anda harus tetap memperhatikan keselamatan anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda terpakan untuk berlibur di Telaga Nilem Kuningan.

Anda harus menyiapkan kamera karena banyak spot foto yang bagus. Wisata ini cocok bagi para pecinta traveller yang hobi berfoto ria. Siapkan pula kamera yang tahan air karena pemandangam bawah airnya sangat mengagumkan.

Jangan lupa untuk membawa baju ganti dan peralatan mandi karena anda pasti ingin menikmati segarnya air Telaga Nilem ini. Banyak wisatawan yang sengaja datang jauh-jauh hanga karena ingin menikmati kesegaran air telaganya.Telaga ini masih alami jadi bagi para pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan. Tidak hanya menjaga kebersihan namun para wisatawan diwajibkan untuk mematuhi adat istiadat warga sekitar untuk menjaga kelestarian budaya.

Telaga Nilem Kuningan

Harga Tiket Masuk Telga Nilem Kuningan

Tiket masuk wisata Telaga Nilem Kuningan bisa dibilang sangat terjangkau. Tiket yang harus anda bayar adalah sebesar Rp 15.000,00. Jika anda ingin melanjutkan wisata menuju Telaga Remis anda harus menambah tiket seharga Rp 10.000,00.

Begitu banyak hal yang bisa anda nikmati di Telaga Nilem Kuningan. Namum anda harus tetap selalu menjaga kelestarian lingkungan ketika berwisata alam karena menjaga kelestarian alam itu penting untuk keberlangsungan kehidupan. Jadi jangan sampai merusak alam ketika anda pergi berwisata ya?

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.