Istana Taman Air Tirta Gangga Kerajaan Karangasem

Diposting pada
Istana Taman Air Tirta Gangga Kerajaan Karangasem 1

Pulau Bali adalah sebuah pulau cantik yang terkenal dengan berbagai macam objek wisata. Selain pantai, Bali juga terkenal dengan wisata budaya.

NamaTirta Gangga
Harga Tiket MasukRp 6000 – Rp 10000
Jam Buka08:00 – 18:09 WITA
Tipe WisataTaman Air
Fasilitas Umum
Kontak 0361 730 374
AlamatDesa Ababi, Abang, Karangasem, Bali

Bali memang terkenal dengan budayanya yang masih lestari dan kental. Anda bisa berwisata budaya ke Tirta Gangga. Jika anda penasaran dengan lokasi wisata ini, bacalah artikel di bawah ini.

Air Suci Tirta Gangga Karangasem

Tirta Gangga adalah taman wisata yang terletak di Karangasem Bali. Tirta ini pada mulanya adalah sebuah tempat persinggahan yang digunakan oleh raja Karangasem.

Air Suci Tirta Gangga Karangasem

Taman air ini dibangun untuk menghormati masyarakat Hindu di Bali. Penamaannya sendiri juga mempunyai alasan.

Taman hiburan yang sayang dilewatkan di Bali: Krisna Funtastic Land

Penamaan Gangga diambil dari sebuah sungai yang terletak di India yaitu Sungai Gangga. Sungai Gangga adalah sungai yang memiliki air suci yang sering digunakan untuk upacara keagamaan.

Struktur Bangunan Tirta Gangga

Tirta Gangga memiliki keunikan tersendiri. Bangunannya didominasi oleh tiga struktur yang berbeda.

Struktur Bangunan Tirta Gangga

Struktur tersebut adalah patung, taman air dan perkebunan. Pada gerbang masuk anda akan disambut dengan sebuah kolam yang terdapat banyak patung.

Patung-patung tersebut berjejer rapi bak prajurit kerajaan yang siap bertempur. Pada area kolam anda pun bisa mengelilingi kolam dengan jembatan batu sebagai pijakan.

Batu-batu tersebut tersusun rapi yang difungsikan sebagai pijakan untuk mengelilingi kolam. Anda pun bisa berselfie di atas kolam dengan latar belakang patung-patung prajurit.

Wisata pantai unik dan beda dari lainnya: Pantai Klayar Pacitan

Terdapat pula sebuah taman yang tidak jauh dari kolam tersebut. Taman tersebut memiliki sebuah menara air yang tingginya 10 meter.

Menara ait tersebut berbentuk seperti atap pura yang berundak-undak. Warga sekitar atau umat hindu Bali percaya bahwa air yang keluar dari menara tersebut memiliki air suci.

Alamat Tirta Gangga

Tirta Gangga terletak di Desa Ababi, Abang, Karangasem, Bali. Taman air ini letaknya 5 km di sebelah utara pusat Kota Amlapura.

Lokasi Wisata Tirta Gangga

Sedangkan jarak dari Kota Kuta adalah 75 km. Anda bisa menempuh perjalanan tersebut selama 2 jam dari arah Kuta.

Taman air ini terletak di lereng Gunung Agung sehingga memiliki udara yang segar. Pemandangan sekitar taman air pun juha tidak kalah indah.

Selainmengunjungi Istana Taman Air anda juga bisa mampir ke wisata Rumah Pohon Temega yang terletak di kawasan Karangasem. Anda pun juga bisa menikmati keindahan Krangasem dari atas bukit, Bukit Cinta.

Fasilitas dan Penginapan Tirta Gangga

Fasilitas yang terdapat di Istana taman air ini adalah sebagai berikut:

  • Kolam pemandian anak dan dewasa
  • Kolam Ikan
  • Restoran
  • Toko Souvenir
  • Area Parkir
  • Toilet

Jika anda mencari penginapan di dekat Taman Air ini, anda bisa mencoba singgah di penginapan di bawah ini:

  • Tirta Ayu Hotel & Restaurant
  • Pondok Batur Indah
  • Kusuma Jaya On The Hill

Taman Air Tirta Gangga

Tirta Gangga adalah sebuah wisata air dengan ornamem dn dekorasi yang unik. Pada mulanya kawasan ini adalah bekas sebuah kerajaan di Bali.

Taman Air Tirta Gangga

Wisata ini pun terkenal dengan taman air yang dimiliki oleh Kerajaan Karangasem. Objek wisata ini pun cocok dikunjungi untuk wisata keluarga.

Pengunjung bisa menghaniskan waktu sampai tiga jam. Banyak dari pengunjung yang datang ke lokasi dari pukul 13.00-16.00 WITA.

Harga Tiket Masuk Tirta Gangga

Berapa harga tiket masuk? Harga tiket masuk Tirta Gangga adalah sebesar Rp 10.000,00/ orang. Sedangkan harga tiket masuk kolam pemandian sebesar Rp 6.000,00/ orang.

Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini setiap hari. Jam operasional Tirta Gangga mulai dari 08.00-18.09 WITA.

Jika anda membutuhkan informasi dan reservasi anda bisa menghubungi ke nomer telepon 0361 730 374. Anda juga bisa mengunjungi website di https://tirta-gangga-tourist-attraction.business.site/ untuk informasi lebih lengkap.

Nah itulah sedikit informasi mengenai wisata Taman Air ini. Anda bisa menyaksikan keindahan taman air yang jarang anda temukan di objek wisata lain.

Wisata air favorit di Bali: Pantai Pandawa Bali

Taman air ini pun terkenal karena sebuah warisan dari Kerajaan Karangasem. Yuk datang ke Tirta Gangga karena anda bisa menikmati keindahan taman dengan biaya yang terjangkau.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.