Umbul Sidomukti: Lokasi, Fasilitas, dan Harga Tiket Masuk

Umbul Sidomukti

Mencoba sebuah destinasi baru bertema alam di luar kota tentu sangat menarik. Bagi traveller mungkin tak sadar bahwa ada banyak destinasi wisata keren dengan tema alam salah satunya Umbul Sidomukti.

Kisaran Harga TiketRp5.000 – Rp470.000
Informasi Kontak (0298) 713 7009-10
Jam Buka 08:00 – 24:00 WIB
WilayahBandungan, Semarang

Sebuah destinasi keren yang berada di Ungaran ini mampu menarik perhatian karena berada di ketinggian tertentu. Jadi saat kita melihat keindahan Sidomukti tersebut sudah bisa membayangkan betapa menariknya tempat wisata satu ini.

Sekilas Mengenai Umbul Sidomukti

Destinasi wisata ini menjadi salah satu daya tarik di sekitar lereng Gunung Ungaran. Seperti kita tahu bahwa Gunung Ungaran ini berada di Kabupaten Semarang. Dikenal sebagai gunung yang aramah akan pendakian.

Wisata alam satu ini memang menarik perhatian. Karena kita sering mendengar kata umbul yang diartikan sebagai sebuah kolam. Tetapi pada Sidomukti ini menampilkan sesuatu yang berbeda. Yakni umbul yang terbuat secara alami.

Dari segi ukuran memang cukup kecil dibandingkan umbul lainnya. Kemudian di dalam Sidomukti ini juga tak memiliki habitat ikan di dalamnya. Sehingga benar-benar bersih dari habttat hewan. Ditambah lagi lokasinya berada di ketinggian.

Demografi destinasi wisata Sidomukti ini memang berada di ketinggian 1200Mdpl. Sehingga suhu udara di umbul tersebut terbilang cukup dingin. Bahkan memang masih dianggap lebih dingin dibandingkan Umbul Ponggok, Klaten.

Sedangkan dari sisi konsep Umbul satu ini sudah menggunakan 3 formasi bertingkat dari atas. Untuk urutan paling atas memiliki ukuran kedalaman mencapai 1.5 meter. Kemudian di lapisan kedua lebih dangkal. Sampai di lampisan ketiga sangat cocok untuk arena bermain anak-anak.

Baca juga: Wisata Terhits 2019 di Semarng, Eling Bening

Selain menawarkan pemandangan keren dan alami dari pegunungan Ungaran. Wisatawan dapat menikmati beberapa fasilitas seru dan menarik. Adapun beberapa akses fasilitas mulai dari cafe, tempat menginap, tempat camping, kawasan outbound, hingga berkeliling menungggangi kuda.

Aktivitas Outbound di Kawasan Wisata

Jika Anda ingin sekali memacu adrenalin cobalah akses wisata outbound di lokasi wisata Umbul Sidokumti. Sedangkan dari ketinggian akses outbound ini berada di 70 meter dengan panjang lintasan sampai 110 meter.

Jadi akses outbound di destinasi wisata umbul ini sangat lengkap dan membuat wisatawan merasa puas. Adapun akses transportasi tambahan yakni mengelilingi Desa Wisata Sidomukti menggunakan ATV.

Adapun penawaran harga untuk paket wisata outbound bagi wisatawan. Terdapat paket halfday sebesar Rp250.000, paket river up trekking mencapai Rp130.000, paket camp fire mencapai Rp130.000, paket adrenalin game Rp150.000, dan paket team work game sebesar Rp130.000.

Namun ada dua paket yang seringkali dipilih karena lebih lengkap. Kemudian, paket full day sebesar Rp295.000 dan paket 2 hari 1 malam yakni Rp470.000.

Baca juga: Tempat Foto Kebalik di Kota Semarang 3D Art Museum

Waktu terbaik untuk bisa menikmati semua fasilitas dan wahana di Umbul Sidomukti ini adalah saat akhir pekan dan musim panas. Sebisa mungkin Anda bisa mengunjungi destinasi umbul ini pada pagi hari karena suasananya masih alami dan sejuk.

Beberapa Penginapan Umbul Sidomukti

Tidak sedikit pengunjung yang datang ke lokasi ini tujuan utamanya adalah menginap / bermalam di umbul sidomukti. Berbagai alasan yang mungkin terlontar dari mereka, bisa karena ingin menikmati sunset, menikmati cuaca yang sangat sejuk, atau memang karena ingin berakhir pekan lebih bahagia bersama keluarga.

Di pondok umbul sidomukti sendiri memiliki 4 jenis kamar dengan harga termurh yaitu standart romm Rp575.000 dan harga tertinggi untuk family room Rp1.250.000.

Atau alternatif lain jika anda ingin mendapatkan penginapan lebih murah, bisa sewa hotel atau wisma di luar lokasi umbul. Adapun kisaran harga mulai dari Rp150.000 sampai dengan Rp1.000.000 tergantung jenis kamar.

Jika anda ingin mencari hotel lebih murah bisa gunakan link ini (Hotel Dekat Umbul Sidomukti)

Nama penginapan yang populer di sekitar umbul antara lain, Hotel kencana, Wisma gaya bandungan, Azaya hotel, Kusma hotel, Terra Cassa, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk

Terdapat beberapa pembagian harga tiket. Di mana setiap fasilitas wisata memberi harga berbeda-beda. Setiap pengunjung akan membayar tarif masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Untuk menikmati kolam renang membayar tarif sebesar Rp10.000 per orang.

Jika Anda ingin mengakses fasilitas outbound juga membayar biaya masuk sebesar Rp20.000. Untuk wahana sewa kuda wajib membayar biaya sewa mencapai Rp50.000 per 30 menit. Ataupun bisa lebih lama yakni 1 jam dengan biaya sewa sebesar Rp100.000.

Nah, pengembang wisata juga memberikan penyewaan tenda dome. Untuk penyewaan tenda bisa membayar dengan tarif sewa sebesar Rp45.000. Untuk matrasnya sendiri mencapai Rp5.000, dan sleeping bag sebesar Rp8.000 per orang.

Jam operasional destinasi wisata Umbul Sidomukti ini dibuka setiap hari pada pukul 08.00 sampai 24.00 WIB. Sedangkan dari sisi area parkir juga sudah tersedia cukup luas. Kisaran harga tarif parkir sepeda motor mencapai Rp2.000, sedangkan untuk mobil mencapai Rp5.000.

Akses Lokasi ke Wisata

Kita bisa langsung mengakses destinasi wisata alam ini di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Akses lokasinya terbilang mudah karena cukup mudah diakses dengan kendaraan pribadi.

Jika dari pusat kota Semarang jaraknya kurang lebih 50km. Bahkna bisa diakses melalui rute Jl. Tol Ungaran-Bawen dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 15 menit saja. Tetapi saat Anda mengakses dari Jl. Raya Semarang – Solo hanya membutuhkan waktu 46menit saja karena lebih dekat.

Tips Liburan di Kawasan Wisata

Ternyata ada beberapa tips harus Anda cermati ketik berkunjung kesini. Bagi pelancong pemula sebaiknya perhatikan beberapa tips tepat untuk liburan ke Sidomukti.

Ada baiknya jadwalkan berkunjung ke sini pada saat hari kerja. Karena saat akhir pekan ataupun weekend biasanya akan ada banyak pengunjung dari luar kota dan lokal. Sehingga setiap wahana kesannya lebih ramai.

Berikutnya ada baiknya persiapkan dana tambahan karena setiap wahana memiliki harga tiket masing-masing. Sehingga diperlukan biaya cadangan bila harga tiket berubah sewaktu-waktu.

Disarankan bagi pengunjung untuk mengakses kendaraan pribadi berupa sepeda motor untuk mengakses lokasi. Karena akses jalan di sekitar tempat wisata ini terbilang kecil. Jadi masih belum cocok untuk akses bus wisata.

Bagi pengunjung yang tidak tahan terhadap udara dingin sebaiknya tidak mandi di umbul. Ditambah lagi sediakan baju hangat karena cuaca bisa sangat dingin saat di lokasi.

Rekomendasi untuk anda baca: Posong Temanggung Suasananya Ngangenin

Beberapa akses wisata alam di Kota Semarang memang sangat menarik. Umbul Sidomukti ini memang jadi pilihan terbaik. Karena selain memberi pemandangan indah, ternyata masih memberi fasilitas berupa wahana permainan air dan lainnya.

Facebook
Twitter
WhatsApp