Umbul Sigedang – Sensasi Menyegarkan Berendam di Kolam Air Mineral

Umbul Sigedang

Pernah terbayang mandi dan berenang dengan air galon Aqua? Di Umbul Sigedang ini hal tersebut bisa lho menjadi nyata. Bagaimana bisa? Yuk simak dulu bahasan kita kali ini.

Kisaran Harga TiketRp 3.000
Informasi Kontak0812-2654-661
Koleksi Foto@instagram
Jam Buka07:00 – 17:00 WIB
WilayahKlaten, Jawa Tengah

Umbul Sigedang

Wisata di daerah Kabupaten Klaten kini mulai terkenal di kalangan traveller. Hal tersebut dikarenakan adanya umbul atau sumber mata air.

Banyak umbul yang masih jernih dan asri di kawasan ini. Ada Umbul Ponggok, Umbul Jolotundo, dan Mata Air Cokrotulung. Satu yang sedang hits dan akan kita kunjungi kali ini yaitu Umbul Sigedang.

Obyek wisata satu ini belakangan sangat viral dan cukup ramai pengunjung. Tak heran kalau umbul ini juga memiliki sebutan lain seperti Umbul Kapilaler. Lantas apa yang menarik dari umbul ini?

Daya tarik utama umbul ini terletak pada airnya yang sangat jernih serta kolamnya tidak terlalu dalam. Konon, warga sekitar meyakini bahwa dahulu umbul ini digunakan sebagai tempat pemandian para putri raja.

Aktivitas dan Fasilitas

Saat memasuki lokasi wisata anda akan disambut oleh keindahan alam seperti pepohonan hijau dan hawa sejuk sekitar umbul. Sungguh memanjakan mata. Anda bisa bersantai di bawah pohon terlebih dahulu sejenak menikmati semilir angin.

Umbul ini terkenal memiliki air jernih dan menyegarkan. Ditambah pepohonan rindang di sekelilingnya, suasananya makin menyenangkan. Belum lagi terdapat bebatuan tertata rapi terletak di pinggiran kolam. Tentu akan menambah sensasi menyegarkan di sumber mata air ini.

Karena kejernihan dan kesegaran airnya, banyak pengunjung tak ingin melewatkan kesempatan menikmati setiap momen di umbul ini. Beberapa aktivitas yang pasti dilakukan di tempat ini. Diantaranya adalah bermain air, berenang, berendam, bahkan menyelam.

Umbul Sigedang

Umbul Sigedang Klaten ukurannya memang tidak begitu besar. Namun kolamnya berbentuk bulat dan sangat menarik bagi pengunjung. Di dalamnya juga terdapat ikan-ikan cantik dimana bisa menambah sensasi berenang anda.

Tak hanya itu, airnya yang jernih ternyata memang meruapakan air mineral. Bahkan, diketahui bahwa umbul digunakan sebagai sumber mata air salah satu produsen mineral di Tanah Air.

Air mineralnya sangat menyegarkan. Hal tersebut akan membuat anda betah berlama-lama di dalam kolam.

Pemandangan di sekitar umbul juga sangat cantik. Sehingga sangat pas dijadikan latar belakang foto. Tak heran selain berenang dan bermain air, pengunjung juga suka berfoto selfie di sini.

Di umbul sendiri terdapat 2 bagian umbul yang berbeda. Kedua bagian tersebut diberi nama umbul wedok dan umbul lanang. Umbul wedok merupakan kolam atau area khusus digunakan oleh perempuan. Sementara umbul lanang untuk laki-laki.

Umbul Sigedang

Namun belakangan tidak ada perbedaan bagi kedua umbul tersebut. Sehingga semua boleh menggunakan kedua bagian umbul tersebut.

Bukan hanya spotnya yang asik untuk beraktivitas. Fasilitas Umbul Sigedang juga sangat lengkap. Sudah tersedia toilet bersih sekaligus ruangan ganti baju. Di sudut lain lokasi ini juga terdapat warung-warung dengan harga terjangkau.

Selain itu, umbul ini juga  menyediakan tempat persewaan berbagai perlengkapan berenang. Seperti baju renang dan juga pelampung.

Sekedar informasi, pengunjung wisata umbul ini boleh leluasa bermain air dalam kolam. Namun, tidak diperkenankan menggunakan sabun dsb. Hal terssbut guna menjaga kemurnian serta kebersihan air.

Lokasi Umbul Sigedang

Jika sobat pernah mendengar tentang Umbul Ponggok, maka lokasi Umbul Sigedang masih berada dalam satu wilayah desa. Secara administratif, umbul ini berada di Umbulsari, Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, kodepos 57474.

Tidak akan sulit menemukan umbul ini karena lokasinya dekat dengan umbul ponggok. Di samping itu, terdapat papan petunjuk jalan mengarahkan anda ke lokasi.

Umbul Sigedang

Untuk rute menuju loaksi Umbul Sigedang juga sangat mudah. Dari arah umbul ponggok anda  lurus saja hingga ke pertigaan tugu ikan. Kemudian ambil arah kanan dan lurus sampai berada di sebuah gapura besar. Ambil kiri dan lihat papan petunjuk.

Teruskan perjalanan ke gang kecil ke kanan. Anda akan melewati watergong dan masih lurus sampai memasuki sebuah dusun. Dari dusun tersebut anda akan segera tiba di lokasi umbul.

Htm Umbul Sigedang

Seperti pada umumnya, harga tiket masuk wisata akan berbeda untuk hari biasa, weekend atau bahkan libur naisonal. HTM Umbul Sigedang ini berlaku sama setiap harinya. Namun, bisa saja harganya bisa berubah sewaktu-waktu.

Baik saat weekday dan weekend, harga tiket masuknya per 2019 adalah Rp3,000.00. Kami sarankan untuk cek dan konfirmasi harga lewat call center 0812-2654-661.

Tentu jika ingin berkunjung ke lokasi wisata anda perlu tahu jam operasionalnya. Untuk berkunjung ke umbul ini, jam bukanya adalah setiap hari Senin-Minggu pukul 07.00–17.00 WIB.

Tidak ingin melewatkan mandi dengan air mineral jernih dan menyegarkan ini bukan? Selain harga tiketnya terjangkau dan lokasinya juga mudah dijangkau. Yuk agendakan liburan ke Umbul Sigendang.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.