45 Teratas Daftar Wisata Bandung Low Budget & Kekinian 2019

Diposting pada
Wisata Bandung Hits Terbaru

Wisata Bandung – Bandung adalah Ibu kota provinsi Jawa Barat dan sekaligus menyandang kota metropolitan terbesar di provinsi tersebut.

Bahkan, Bandung semakin tumbuh pesat menjadi surga fashion murah dan kuliner unik serta kekinian. Tak hanya itu, ada banyak alternatif wisata mulai dari wisata alam hingga tempat rekreasi berkonsep unik.

Tak heran jika Kota Kembang ini tak pernah sepi wisatawan terutama di akhir tahun. Tahukah anda ada hampir ratusan objek wisata baru muncul dan viral selama 4 tahun terakhir?

Nah, daripada anda semakin penasaran mari kita buktikan saja. Melalui artikel ini kami informasikan daftar wisata Bandung terhits 2019.

Daftar Baca Cepat »»» Buka

Daftar Wisata Bandung Hits Instagram & Murah Meriah

Terletak hanya sekitar 140 km dari Jakarta, kota Parijs Van Java menjadi destinasi favorit warga Jabodetabek. Tentu bukan itu saja alasan mengapa kota ini sangat digandrungi.

Di kota seluas 167.67 km2 dengan ketinggian ±768 mdpl, udara sejuk dan kawasan hijau dan asri akn menyambut anda. Selain itu ada ribuan objek wisata Bandung yang sangat worth it untuk dikunjungi.

Apa saja ya? Yuk simak terus penjelasan kami.

Gedung Sate Citarum

Gedung Sate Bandung

Tak lengkap rasanya ke Bandung kalau tak berkunjung ke Gedung Sate. Bangunan yang menjadi ikon Bandung ini merupakan gedung peninggalan pemerintah masa kolonial Belanda.

Gedung Sate juga merupakan salah satu tempat wisata gratis di Kota Bandung. Untuk berkunjung ke gedung Sate bisa dilakukan setiap hari kecuali Sabtu-Minggu pukul 08.00-16.00 WIB.

Alamat: Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

Tak jauh dari sini, ada sebuah jalan yang sangat legendaris dan juga gratis untuk dikunjungi. Namanya Jalan Asia Afrika.

Jalan Asia Afrika Bandung Kota

Jalan Asia Afrika Bandung

Tahukah anda jika Jalan Asia Afrika memiliki nilai sejarah tinggi? Yakni sebuah saksi bisu diselenggarakannya KAA.

Selain bernilai sejarah tinggi, sepanjang jalan ini juga tertata apik dengan instalasi public art untuk spot foto keren anda. Di spot yang buka 24 jam ini, anda bisa menikmati suasana kota tua Bandung.

Alamat: Jl. Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat

Masih ingin menjelajah di pusat kota Bandung dan wisata gratisnya? Ada Jalan Braga, siapa tahu anda tertarik untuk berkunjung ke sini.

Jalan Braga Sumur Bandung

Jalan Braga Bandung

Jalan Braga merupakan salah satu ruas jalan yang terkenal lho di Bandung.

Kok bisa ya? Sama seperti Jalan Asia Afrika, Jalan Braga menjadi ikon Bandung dengan dominasi bangunan lama dan klasik.

Sehingga tempat ini lokasi favorit warga untuk sekedar hang out dengan nuansa kota tua. Wisata Bandung 24 jam ini gratis lho dan bisa diakses kapan saja.

Alamat: Jl. Braga No.81, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111

Kalau kedua ruas jalan di atas anda hanya bisa nongkrong dan berfoto, beda lagi dengan ruas jalan yang satu ini. Ya, di Jalan Cihampelas anda bisa mengisi waktu dengan shopping.

Jalan Cihampelas Bandung Kota

Jalan Cihampelas Bandung Ciwalk

Nama lain jalan ini yaitu Ciwalk. Tempat wisata Bandung gratis ini merupakan lokasi yang paling pas untuk wisata belanja.

Alamat: Jl. Cihampelas No. 160, Bandung, Jawa Barat 40131

Masih bereksplorasi di sekitar pusat kota Bandung, ada sebuah taman yang sedang trend nih. Area terbuka hijau ini terhitung masih baru, yaitu Taman Balai Kota Bandung.  

Taman Balai Kota Bandung Babakan

Taman Balai Kota Bandung

Sekedar info, taman ini merupakan hasil pengembangan yang dilakukan oleh walikota Bandung kala itu yaitu yang akrab dispaa kang Emil.

Taman publik menawarkan sebuah lokasi yang adem, unik disertai sebuah taman puzzle.  disini.

Tidak ada tarif khusus untuk masuk ke taman ini. Jam operasional taman sendiri adalah 24 jam.

Alamat: Jl. Wastukancana No.2, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117

Dari taman, kita lanjtkan jalan-jalan ke museum. Jangan salah ya di Bandung juga ada museum, namanya Museum Geologi.

Museum Geologi Cibeunying Kaler

Museum Geologi Bandung

Di wisata Bandung ini anda bisa belajar seputar histori geologi di Indonesia. Yakni mulai dari zaman dinosaurus, zaman manusia purba, hingga zaman modern.

Penyajiannya juga sangat interaktif dan menarik. Selain itu tarifnya juga sangat murah yaitu Rp 2.000-Rp 3.000 saja, pukul 08.00-16.00.

Alamat: Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40122

Kalau di museum ini kita belajar sains, di NuArtPark berikut kita diajak belajar tentang seni. Mau tahu?

NuArt Sculpture Park Parongpong

NuArt Sculpture Park Parongpong

Wisata Sculpture Park berkonsep galeri seni untuk pameran karya-karya I Nyoman Nuarta. Tahukah anda seniman ini adalah artis terkenal yang merancang patung Garuda Wisnu di Bali.

Untuk memasuki galeri seninya, pengunjung tak dipungut biaya apapun alias gratis. Jam buka galeri adalah pukul 09.00-17.00.

Alamat: Jl. Setraduta Raya Blok L 6, Ciwaruga, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40151

Dari galeri, kita berpindah ke taman. Ya, sudah bukan isapan jempol lagi kalau Bandung merupakan salah satu surga taman bunga beragam jenis.

Taman Begonia Lembang

Taman Begonia Lembang

Salah satunya adalah di Taman Begonia Glory ini. Di taman ini terdapat aneka warna begonia yang tertata rapi dan cantik.

Selain itu, ada banyak bunga lainnya menghiasi taman ini. Ada juga juga wisata petik beragam sayuran dan buah.

Alamat: Jl. Maribaya No.120 A, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Tarif masuk wisata taman adalah Rp10.000, jam buka setiap hari pukul 08.00-17.00. Alternatif lain untuk melihat aneka bunga adalah Taman Bunga Cihideung.

Taman Bunga Cihideung Parongpong

Taman Bunga Cihideung

Merupakan salah satu taman bunga kebanggaan warga Bandung. Di dalamnya terdapat hamparan bunga beraneka warna di tanah seluas 50 hektar.

Alamat: Jl. Sersan Bajuri, Isola, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559

Tarif masuk wisata Bandung ini pun sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 dan buka antara pukul 08.00-16.00 saja. Ada juga alternatif taman lainnya yaitu di Kampoeng Tulip Bandung.

Kampoeng Tulip Rancasari

Kampoeng Tulip Rancasari

Tak seperti namanya, Kampoeng Tulip bukan sebuah taman dengan bunga tulip asli. Melainkan sebuah miniatur kota Belanda dengan area 800 meter persegi yang juga dipenuhi aneka bunga lain.

Tarif masuk Kampoeng Tulip ini dihargai Rp 6.000 sampai Rp9.000. Jam buka nya mulai pukul 09.00-17.00.

Alamat: Banyu Biru, Jl. Pasir Pogor Raya Jl. Ciwastra, Mekarjaya, Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40292

Masih tentang bunga, ada lagi destinasi tama bunga yang sedang hits. Yaitu Rainbow Garden.

Rainbow Garden Lembang

Rainbow Garden Lembang

Rainbow Garden adalah tempat wisata Instagramable di Bandung. Lokasinya masih berada di kawasan wisata Floating Market Lembang.

Daya tariknya adalah berupa ladang bunga Provence ataupun Jerman. Dengan membayar tarif sebesar Rp20.000, anda bisa puas selfie dan foto di sini dari pukul 09.00-18.00.

Alamat: Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Selanjutnya ada lagi nih wisata taman di Bandung, tetapi bukan taman bunga. Melainkan Taman Film namanya.

Taman Film Tamansari

Taman Film Bandung

Tahukah anda tentang Taman Film? Taman Film merupakan wisata Bandung yang menawarkan area terbuka dan umum yang fungsinya untuk menonton film.

Jadi anda akan merasakan sensasi menonton film ala layar tancep 24 jam dan free. Tentunya dengan nuansa dan teknologi yang lebih modern.

Alamat: Jl. Layang Pasupati, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116

Dari Taman Film, kita beralih ke taman satwa di Bandung. Namanya Kebun Binatang Bandung.  

Kebun Binatang Bandung Siliwangi

Kebun Binatang Bandung Siliwangi

Di Kebun Binatang Bandung ini terdapat ratusan aneka jenis binatang. Tak hanya itu, banyak kegiatan seru sehingga cocok untuk rekreasi bersama keluarga.

Hanya dengan tiket Rp15.000 untuk anak-anak dan Rp20.000 untuk dewasa. Anda bisa mengunjungi kebun binatang mulai pukul 08.00-16.00.

Alamat: Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Masih wisata seputar kota Bandung, tahukah anda ada wisata seru di Bandung. Yaitu tour keliling kota. Berikut informasinya.

Bandros City Tour Regol

Bus Bandros City Tour

Merupakan fasilitas tour keliling kota menggunakan bus bertingkat lawas. Anda bisa bebas memilih paket 1x perjalanan atau perjalanan seharian melalui lintas rute.

Tarifnya dibandrol sekitar Rp20.000 – Rp40.000. Fasilitas tour semacam ini bisa dinikmati dari pukul 09.00-16.00.

Alamat: Jl. Dalem Kaum, Balonggede, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40251

Selanjutnya, pernah dengar tentang Chinatown? Selain ada di Semarang dan Palembang, di Bandung juga ada lho bahkan dengan konsep yang lebih ciamik.

Chinatown Bandung Ciroyom

Chinatown Bandung

Kawasan baru dan unik ini menawarkan suasana Chinatown zaman dahulu. Di dalamnya banyak spot kuliner dan spot foto instagenic.

Tak heran Chinatown menjadi tujuan wisata kuliner sekaligus berfoto yang terkenal di kalangan anak muda. Tarif masuk wisatanya sekitar Rp 10.000-Rp 20.000 dengan jam operasional mulai pukul 10.00-21.00.

Alamat: Jl. Kelenteng No.41, Ciroyom, Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40182

Selain kawasan bernuansa Cina, di Bandung anda juga bisa merasakan nuansa Korea. Tidak percaya? Kunjungi saja salah satu wisata ala korea di bandung berikut ini.

Chingu Cafe Little Seoul

Chingu Cafe Little Seoul

Di kafe instagrambale ini anda bisa merasakan nuansa Korea modern yang sangat kental. Ada miniatur Dongdaemun Street, di sini anda juga bisa transaksi dengan mata uang Won.

Tak hanya itu, ada banyak spot foto baik yang gratis dan berbayar sekitar Rp30.000 saja per 15 menit. Sementara tarif masuk wisata ini Rp50.000,00 dan jam buka pukul 10.00-22.00.

Alamat: Jl. Sawunggaling No.10, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116

Wisata Bandung selajutnya adalah Trans Studio Bandung. Siapa yang tak kenal nama tempat ini? Populasritasnya sudah mendunia lho, yuk kita intip sejenak.

Trans Studio Bandung Batununggal

Trans Studio Bandung

Di lahan seluas 4,2 hektar, Trans Studio Bandung memiliki puluhan wahana indoor keren dan seru. Ada Giant Swing, Sky Pirates, Vertigo, Captain Black Heart Pirate Ship, roller coaster, dll.

Hanya dengan Rp150.000-Rp250.000 anda sudah bisa menikmati semua fasilitas dan wahana serunya lho. Murah kan? Sementara jam bukanya dari pukul 09.00-21.00.

Alamat: Jl. Gatot Subroto No.289, Cibangkong, Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40273

Kalau di Trans Studio wahana permainan sangat lengkap, ada Pesona Nirwana Waterpark yang memang khusus untuk wahana air. Berikut ulasannya.

Pesona Nirwana Waterpark Soreang

Nirwana Waterpark Soreang Bandung

Konsep wisatanya adalah waterpark atau waterboom dengan wahana air dan wahana permainan untuk anak-anak. Tarif masuknya berkisar antara Rp40.000 hingga Rp60.000 dan jam buka pukul 09.00-17.00.

Alamat: Kampung Legok Jeunjing Desa Panyirapan, Soreang, Bandung, Jawa Barat 40915

Wisata instagramable berikutnya adalah Rumah Halloween di Bandung. Sesuai namanya, objek wisata Bandung ini menawarkan sensasi mistis yang unik, seperti apa ya?

Rumah Halloween Bandung Gudangkahuripan

Rumah Halloween Bandung

Di Rumah Halloween ini, anda ditawari spot-spot foto unik dengan konsep horor. Dijamin pasti lebih seru.

Berkunjung ke sini anda bisa foto bareng Sadako ataupun boneka Annabelle. Tarifnya sangat terjangkau yakni mulai dari Rp25.000 – Rp50.000.

Alamat: Jl. Raya Lembang No.234, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Tertarik? Datang saja ke wisata Colorbox Bandung ini antara pukul 09.00-17.00. Atau, anda bisa mencoba spot foto unik dan instagenic berikutnya, yaitu Amazing Art World.

Amazing Art World Sukasari

Amazing Art World Sukasari

Kalau di Colorbox anda menemukan spot foto mistis, di sini menampilkan lukisan-lukisan 3D sebagai spot selfie.

Tarif masuk wisata ini sekitar Rp50.000 hingga Rp100.000. Jam operasional nya adalah dari pukul 09.00 higga 20.00.

Alamat: Jl. DR. Setiabudi No.293-295, Isola, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40154

Beda nama beda pula konsepnya, namun masih tetap sama konsepnya untuk spot foto instagramable. Selanjutnya mari kita tengok sejenak di Upside Down World Bandung.

Upside Down World Coblong

Upside Down World Bandung

Mungkin anda tak asing dengan spot yang tengah menjadi favorit kaum milenial ini. masih satu manajemen dengan yang ada di Bali dan Jogja.

Upside Down World ini menawarkan spot foto dengan setting detail serba terbalik. Tarif masuknya berkisar antara Rp50.000 dan Rp100.000 dengan jam buka pukul 10.00-20.00 WIB.

Alamat: Jl. H. Wasid No.31, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Sudah puas berfoto? Tak ada salahnya kan melajutkan perjalanan untuk bermain di alam sambil berkuliner.

Ada yang unik lho di Bandung, tepatnya di Floating Market Lembang. Ada apa saja ya di sana?

Floating Market Lembang Bandung

Floating Market Lembang Bandung

Merupakan sebuah objek wisata Bandung terpadu yang dilengkapi sebuah pasar terapung atau floating market. Tersedia beragam makanan berat hingga ringan yang dijual tepat di atas kapal-kapal kecil.

Hanya dengan HTM Rp 10.000 anda sudah bisa berkuliner di sini. Rata-rata harga makanannya dibandrol Rp 5.000-Rp 35.000 saja.  

Alamat: Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Bagaimana? Menarik bukan? Di sekitar lokasi juga banyak wisata unik lainnya lho. Jangan lupa jika berkunjung hanya dari pukul 09.00-19.00 saja ya.

Sudah puas berkuliner di sini, ada wisata waterboom menanti anda di Kampung Gajah Wonderland.

Kampung Gajah Wonderland Cihideung

Kampung Gajah Wonderland

Meski namanya Kampung Gajah, namun wisata ini menawarkan sebuah waterboom dengan wahana permainan air seru. Tarif masuknya cukup terjangkau yaitu Rp 15.000 hingga Rp 20.000.

Sementara jam buka wisata adalah mulai pukul 09.00-18.00. Apa anda tertarik? Ini alamatnya.

Alamat: Jl. Sersan Bajuri KM. 3,8 Cihideung Parongpong, Cihideung, Bandung Barat, Jawa Barat 40559

Tak hanya di Kampung Gajah, keseruan berkunjung akan semakin terasa jika anda datang ke lokasi wisata Bandung berikut. Namanya Farmhouse Lembang.

Farmhouse Lembang Gudangkahuripan

Farmhouse Lembang Bandung

Ada apa saja ya di sini? Daya tarik utamanya adalah bangunan khas Eropa pada Abad Pertengahan. Namun, sebetulnya tempat ini adalah sebuah peternakan serta pusat pengolahan susu.

Ada banyak kegiatan di Farmhouse Lembang ini. Selain berpetualang dan berfoto di Rumah Hobbit, anda juga bisa berinteraksi di Pettin Zoo mini.

Tiket masuk Farmhouse Lembang adalah Rp 25.000 sedangkan jam buka wisata pukul 09.00 s/d 21.00 WIB.

Alamat: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Grafika Cikole Lembang

Grafika Cikole Lembang

Selain Farmhouse Lembang di atas, anda juga wajib mencoba liburan dengan berbagai aktivitas seru dan menantang. Dimana lagi kalau bukan di Grafika Cikole.

Di wisata Bandung ini ada fasilitas seperti outbond, paint ball, flying fox, paint ball, dll. Ada juga miniatur rumah hobbit untuk berfoto.

HTM nya cukup terjangkau yakni Rp 10.000 dengan harga wahana mulai dari Rp 15.000. Sementara jam buka wisata adalah pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Alamat: Jalan Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Cikole, Lembang, Bandung Barat, Jabar

Selain di Grafika Cikole, anda juga bisa menikmati liburan dengan keseruan yang sepadan di Maribaya Bandung.

Maribaya Bandung Cibodas

The Lodge Maribaya Bandung

The Lodge Maribaya merupakan tempat rekreasi kekinian yang dilengkapi banyak fasilitas menarik. Diantaranya adalah sky tree, outbond, bamboo sky, hot air balloon, gantole, zip bike, dll.

Tarif masuknya muali dari Rp20.000 hingga Rp35.000. Jam operasional Maribaya Bandung ini mulai dari 08.00 – 22.00 WIB.

Alamat: Jalan Maribaya No. 149/252 RT. 03 / RW. 15 Babakan Gentong, Cibodas, Lembang, Bandung Barat, Jabar

Hampir mirip dengan Maribaya, berikut ada satu lagi objek wisata Bandung di Dago dengan tawaran kegiatan outbond yang seru. Apa ya kira-kira namanya?

Dago Dream Park Pagerwangi

Dago Dream Park

Ya, Dago Dream Park mengusung tema semacam Maribaya dengan tambahan aneka spot selfie kekinian. Misalnya  permadani terbang dan juga zip bike.

Tak hanya itu, ada juga wahana permainan seru diantaranya perahu kora serta flying fox. Dengan tarif masuk hanya Rp20.000. Anda sudah bisa beraktivitas seru mulai pukul 09.00-17.00.

Alamat: Jl. Dago Giri Km. 2.2 Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat 40135

Pasti sangat seru dan menyenangkan bukan? Jika anda hanya ingin bersantai saja, ada beberapa spot kebun teh dengan view luar biasa cantik. Berikut ulasannya.

Kebun Teh Pengalengan Bandung

Kebun Teh Pengalengan Bandung

Selain Bogor, Bandung juga merupakan dataran tinggi yang memiliki banyak kawasan kebun teh. Salah satunya adalah Kebun Teh Pengalengan.

Panorama di wisata Bandung ini sangat indah. Selain itu anda juga bisa berkunjung ke pusat pengolahan susu sampai bermain di beberapa mata air alami.

Biaya ke sini pun murah, hanya Rp 5.000 saja dengan jam buka mulai pukul 08.00-18.00.

Alamat: Jl. Sindangsirna No. 4 Bandung Jawa Barat

Selain kebun teh di atas, ada juga Kebun Teh Malabar. Viewnya tak kalah menarik.

Perkebunan Teh Malabar Banjarsari

Perkebunan Teh Malabar

Yang menjadi daya tarik kebun teh ini adalah view terasering kebun teh. Tak hanya itu, anda juga bisa menikmati trekking ke Gunung Nini dari titik ini.

Tarif masuk wisatanya adalah Rp5.000. Dan, wisata ini dibuka mulai pukul 08.00 hingga 18.00 kecuali anda ingin trekking di malam hari tetap diperbolehkan.

Alamat: Banjarsari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378

Dari perkebunan teh, kita berpindah eksplorasi ke bukit. Ada sebuah bukit yang sangat khas dan unik, wisatawan menyebutnya Bukit Jamur.

Bukit Jamur Pasirjambu

Bukit Jamur Ciwidey

Ada apa di Bukit Jamur Bandung ini? Yang menjadi daya tarik adalah deretan pohon cemara yang bentuknya meneyrupai jamur.

Tak hanya itu, view dari bukit ini juga sangat unik. Ditambah tarif masuknya gratis, sehingga banyak pengunjung yyang datang di wisata yang buka pukul 08.00-17.00.

Alamat: Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat 40972

Masih di kawasan Bandung, ada sebuah lokasi wisata dengan keunikan taman batu. Orang sekitar menamai kawasan ini Stone Garden.

Stone Garden Citatah

Stone Garden Citatah

Di Stone Garden ini, anda akan temukan sebuah formasi bebatuan unik. Konon, tempat wisata Bandung ini dulunya digunakan sebagai tempat tinggal manusia purba.

Penasaran dengan bentuk dari Stone Garden ini? Jadilah orang pertama yang membuktikan keunikannya.

Hanya dengan Rp 5.000, anda sudah bisa menyaksikan taman batu ini. Jam operasional Stone Garden sendiri adalah pukul 08.00-17.00.

Alamat: Citatah, Gunungmasigit, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40554

Selain tebing dengan khas bebatuannya, ada juga wisata tebing yang sangat terkenal. Namanya Tebing Masigit Padalarang.

Tebing Masigit Padalarang

Tebing Masigit Padalarang

Tempat ini memiliki sederet tebing karst untuk arena uji ketangkasan khas olahraga panjat tebing. Anda bisa menguji adrenalin anda dengan menjajal foto di hammock yang digantung antara dua tebing tinggi.

Apakah anda berani? Pastikan anda bukan salah satu yang takut ketinggian ya. Dan, jangan lupa membayar biaya masuk sebesar Rp 5.000-Rp 10.00.

Alamat: Gunungmasigit, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40554

Untuk jam operasional wisata adalah pukul 08.00 hingga 17.00. berikutnya, ada satu lagi wisata tebing di Bandung yaitu tebing Keraton.

Tebing Keraton Bandung

Tebing Keraton Bandung

Dari sini anda bisa menikmati indahnya hamparan kawasan hutan di Bandung lho. Hanya dengan biaya masuk Rp 11.000 saja, anda juga bisa merasakan alam yang asri dari ketinggian.

Alamat: Lembang, Ciburial, Cimenyan, Bandung Barat, Jawa Barat 40198

Masih tentang destinasi wisata Bandung dari ketinggian, selain tebing-tebing cantik ada juga kawasan kawah putih Ciwidey. Objek wisata ini adalah satu wisata di Bandung yang populer.

Kawah Putih Ciwidey Pasirjambu

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih ini berada di wilayah Gunung Patuha. Ketinggian mencapai 2.090 mdpl.

Karena sangat cantik dan unik, tempat ini menjadi destinasi favorit untuk berburu foto bahkan untuk foto pre-wedding.

Tarif wisata Kawah Putoh Ciwidey ini mulai dari Rp 17.000-Rp 50.000. Jam buka wisata adalah pukul 07.00 hingga 17.00.

Alamat: Kawah Putih, Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat

Selain Kawah Putih ini, ada juga wisata Bandung Kawah Rengganis yang tak kalah memesona. Penasaran kan? Simak terus kelanjutannya.

Kawah Rengganis Cibuni Patengan

Kawah Rengganis Cibuni Patengan

Tahukah anda kawah ini juga memiliki belerang bercampur dengan aliran air sungai. Sehingga air sungainya berkhasiat untuk kulit.

Selain lebih bermanfaat, biaya masuk wisata juga relatif murah yaitu Rp5.000. Jam operasional Kawah Cibuni ini mulai dari pukul 08.00-17.00.

Alamat: Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973

Berikutnya adalah objek wisata gunung di Bandung. Yang pertama, ada objek wisata Gunung Tangkuban Perahu.

Gunung Tangkuban Perahu Cikahuripan

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung dengan ketinggian 2.084 m ini memiliki 2 kawah yaitu Kawah Ratu dan Kawah Domas. Uniknya, anda bisa mencoba merebus telur di salah satu kawahnya ini.

Harga tiket masuk Gunung Tangkuban Perahu adalah Rp 20.000 – Rp 30.000. Sementara jam operasional wisata adalah pukul 07.00-17.00.

Alamat: Jl. Tangkuban Perahu, Cikahuripan, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat

Tak hanya Tangkuban Perahu, di Bandung juga ada gunung lainnya bernama Gunung Manglayang.

Gunung Manglayang Cilengkrang

Gunung Manglayang Cilengkrang Bandung

Daya tarik gunung ini yaitu karena tidak terlalu tinggi sehingga cocok bagi pendaki pemula. Sehingga lebih mudah dan santai untuk hiking di sini.

Alamat: Ciporeat, Cilengkrang, Bandung, Jawa Barat

Tarif wisata Bandung ini pun gratis karena belum terlalu banyak pendaki yang melirik gunung ini. Nah, alternatif lain untuk menikmati sunrise selain harus hiking ada, yaitu di Cukul.

Sunrise Point Cukul Sukaluyu

Sunrise Point Cukul Bandung

Sesuai dengan namanya, Sunrise Point Cukul memiliki keindahan sunrise yang syahdu dipadu dengan view alam sekitar yang masih asri.

Tertarik? Siapkan budget Rp10.000. Jam buka wisata Bandung ini adalah 24 jam.

Alamat: Jl. Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378

Puas melihat sunrise, ada baiknya anda menjajal wisata air terjun di Bandung. Selain banyak sekali spotnya, air terjun di Kota Kembang ini dijamin cantik dan menyegarkan.

Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat

Air terjun yang paling terkenal se-Bandung yaitu Curug Tilu Leuwi Opat ini. Daya tariknya yaitu air terjunnya memiliki tiga tingkat dengan dalam kolam mencapai 15 meter.

Sehingga tak disarankan bagi pengunjung untuk berenang. Tarif masuk wisata Bandung ini adalah Rp10.000.

Alamat: Jalan Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Bandung Barat, Jawa Barat 40559

Selanjutnya, ada Curug Malela yang sangat cantik. Kira-kira seperti apa ya? Simak ulasannya berikut.

Curug Malela Cicadas

Curug Malela Cicadas Bandung

Keunikan curug ini terletak pada bentuknya yang bertingkat menyerupai Niagara Mini. Dengan ketinggian 70 meter akan terlihat aliran airnya sangat cantik dan megah.

Harga tiket Curug Malela ini dibandrol senilai Rp 10.000. Sementara jam buka wisata adalah 24 jam.

Alamat: Kampung Manglid, Desa Cicadas, Rongga, Bandung Barat, Jawa Barat

Tak hanya wisata curug, di Bandung juga bisa anda temukan beberapa spot pemandian air panas. Salah satunya adalah Pemandian Air Panas Cimanggu.

Pemandian Air Panas Cimanggu Rancabali

Pemandian Air Panas Cimanggu

Merupakan wisata Bandung yang sangat cocok untuk relaksasi bersama keluarga bahkan pasangan. Harganya pun murah yaitu Rp16.000 – Rp23.000.

Alamat: Jl. Raya Ciwidey – Patengan Tenjolaya Ciwidey, Patengan, Rancabali, Bandung, Jabar 40972

Jam buka pemandian air panas ini adalah pukul 07.00-17.00. Selain di Rancabali, ada satu lagi spot pemandian air panas di desa Nagrak.

Pemandian Air Panas Ciater Subang

Pemandian Air Panas Ciater

Merupakan salah satu spot wisata Bandung yang terkenal. Daya tariknya terletak di kolam air panas plus berbagai wahana dan fasilitas seru.

Diantaranya seperti fasilitas olahraga, outbond, camping ground, bahkan sampai spa dan restoran. Tarif nya dihargai sebesar Rp15.000 dan jam operasionalnya 24 jam.

Alamat: Jl. Raya Ciater, Nagrak, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat 40154

Masih tentang wisata air, ada sebuah danau yang menjadi tempat favorit wisatawan untuk memancing lhos. Namanya adalah Situ Patenggang.

Situ Patenggang Rancabali

Situ Patenggang Rancabali Bandung

Menariknya, kawasan Situ Patenggang berada di tengah perkebunan teh. Ada sebuah danau yang bisa dimanfaatkan untuk memancing sambil piknik di tengah danau.

Tarif masuk Situ Patenggang ini Rp18.000 sampai Rp 20.500. Jam operasional wisata adalah 24 jam.

Alamat: Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat

Tak hanya di Situ Patenggang, anda juga bisa menikmati keindahan danau di Bandung yakni di kawaan Sanghyang Heuluet. Berikut sedikit reviewnya.

Sanghyang Heuluet Cipatat

Sanghyang Heuluet Cipatat

Sebuah danau hijau yang dikelilingi batu-batu kali nan eksotis. Karena sangat cantik, banyak menyebutnya sebagai kolam bidadari.

Selain cocok untuk bermain air, tempat cantik ini juga sangat rekomended untuk berfoto. Jika tertarik anda bisa mencoba lompat dari bukit setinggi 5 meter.

Harga tiket masuk Sanghyang Heuluet adalah Rp10.000. Jam buka wisata bandung ini adalah pukul 08.00 hingga 18.00.

Alamat: Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 43283

Ada lagi nih spot bermain air sekaligus berburu foto instagenic. Ya, mata air ini terkenal dengan nama Sendang Geulis Kahuripan.

Sendang Geulis Kahuripan Ganjarsari

Sendang Geulis Kahuripan

Di tempat ini anda bisa dapati sebuah mata air jelita ini dengan suasana sejuk dan mata aie segar untuk berendam. Di samping itu, daya tarik utama wisata ini adalah underwater selfie.

Harga tiket masuk wisatanya cukup murah lho hanya Rp 10.000. Kawasan wisata sendiri beroperasi mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

Alamat: Ganjarsari, Cikalong Wetan, Bandung Barat, Jabar 40556

Itu tadi beberapa nama tempat wisata Bandung terbaru 2019 dan murah bahkan mudah dijangkau. Berbagai jenis objek wisata mulai dari sejarah, rekreasi, kekinian bahkan alam tersedia dengan lengkap.

Sebelum pergi kunjungi dulu wisata favorit di Bandung: Curug Malela

Sehingga siapapun yang datang ke Bandung tidak akan kehabisan spot untuk berlibur dengan beragam destinasi. Tunggu apalagi? Yuk, ajak orang tercinta untuk eksplor wisata Bandung.

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *