26 Objek Wisata Banyuwangi Rasa Bali yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Wisata banyuwangi – Banyuwangi adalah sebuah Kabupaten di Jawa Timur yang letaknya berada di paling ujung timur pulau Jawa. Kota ini sekaligus menjadi jembatan antara Pulau Jawa dengan Bali.

Karena kedekatan secara administratif tersebut, tak heran jika karakteristik alam, tradisi dan keseniannya cukup mirip dengan Bali. Kota ini memiliki banyak potensi yang beragam dan membuatnya tak kalah bersaing dengan Bali.

Karena potensi wisata Banyuwangi, kota ini dijuluki sebagai “The Sun Rise of Java” dan mendapatkan penghargaan UNWTO Awards for Excellence and Inovation in Tourism tahun 2016. 

Makin penasaran bukan seperti apa peta wisata Banyuwangi dan apa saja objek wisata Banyuwangi yang ada di dalamnya? Supaya tidak makin penasaran, yuk ikuti perjalanan kami kali ini.

Daftar Wisata Banyuwangi 2018

Banyuwangi memiliki beragam potensi wisata yang sudah sangat mendunia. Mulai dari tradisi leluhur, taman nasional hingga pantai cantik berpasir putih seperti di Bali dan kawah yang sangat fenomenal. Berikut daftar wisatanya.

Taman Blambangan Kepatihan

Taman Blambangan adalah alun-alun Kota Banyuwangi yang biasa dijadika tempat bersantai atau nongkrong. Di kawasan terbuka hijau ini anda juga bebas bermain skatepark dan basket karena tersedia lapangan untuk permainan tersebut.

Alamat: Jl. Diponegoro No.2, Kepatihan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68411

Wisata gratis 24 jam ini juga sangat rekomended menjadi salah satu wisata malam Banyuwangi. Selain taman atau alun-alun ini, ada sebuah Pura yang diberi nama serupa. Berikut reviewnya.

Pura Agung Blambangan Muncar

Seperti Bali, Banyuwangi juga memiliki pura yang digunakan untuk ibadah umat Hindu. Nama pura di Banyuwangi ini adalah Pura Agung Blambangan.

Pura ini adalah bagian dari situs umpak songo yang juga peninggalan Kerajaan Blambangan. Meski digunakan sebagai tempat ibadah, ada banyak spot keren yang bisa anda gunakan untuk berfoto.  

Alamat: Blambangan, Muncar, Dusun Krajan, Tembokrejo, Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68472

Untuk masuk ke pura ini tidak dipungut biaya apapun, sementara jam buka wisata pukul 08.00 – 17.00 WIB. Dari pura ini, mari kita lanjutkan perjalanan menjelajah beberapa taman wisata Banyuwangi 2018 berikut.

Taman Gandrung Terakota Licin

Yang menarik dari taman ini adalah ratusan “penari latar” yang akan menari Tari Gandrung bersama anda. Namun tentunya bukan penari latar asli, penari tersebut terbuat dari patung tembikar yang seperti sedang menari.

Alamat: Dusun Krajan, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi 68454. Koordinat di sini

Tiket masuk Taman Terakota ini adalah Rp.10.000  jam buka pukul 08.00 – 19.00 WIB. Dari taman yang dipenuhi penari, kita berpindah ke taman yang dipenuhi oleh satwa, dimana lagi kalau bukan di Taman Nasional Baluran.

Taman Nasional Baluran Situbondo

Keunikan dari kebun binatang satu ini adalah konsepnya dibuat mirip seperti padang savana di Afrika dengan aneka satwa yang hidup bebas di dalamnya. Tak hanya itu, anda juga bisa mencoba untuk melakukan camping ground agar bisa menikmati alam sepuasnya.

Alamat: Area Hutan/Kebun, Sumberwaru, Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Biaya tiket masuk Taman Nasional Baluran ini dibandrol Rp 15.000 – Rp 17.500. Jam operasionalnya adalah kecuali weekend, mulai pukul 07.30 – 16.00 WIB.

Lori Wisata Kalibaru Banyuwangi

Mau tahu salah satu spot wisata Banyuwangi terbaru 2017? Ada Lori Wisata Kalibaru nih yang akan mengajak anda berkeliling kereta api dari Stasiun Kalibaru ke Stasiun Mrawan PP.

Selama perjalanan, anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam pegunungan serta melintasi perkebunan kopi di area Gunung Gumitir setinggi 400 meter.

Alamat: Stasiun Kalibaru, Jl. Raya Kalibaru, Banyuanyar, Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi

Harga tiket masuk Lori Wisata Gumitir ini dipatok sebesar Rp1.200.000 untuk sewa kereta kapasitas 12 orang. Puas berkeliling, saatnya anda bereksplorasi tempat hunting di Banyuwangi, salah satunya Jembatan Selfie Kalilo.

Jembatan Selfie Kalilo Singonegaran

Jembatan kecil yang sedang hits ini memiliki backgorund rumah penduduk yang sengaja dicat warna-warni seperti di Kampung Jodipan Malang. Banyak memanfaatkan spot unik ini untuk berfoto dan berswafoto.  

Alamat: Jalan Kalilo, Singonegaran, Pengantigan, Kecamatan Banyuwangi, Singonegaran, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68415

Untuk masuk ke wisata 24 jam ini tidak dikenakan biaya apapun alias gratis tetapi ada biaya parkir sekitar Rp 2.000 saja. Alternatif spot hunting foto berikutnya adalah Rumah Kurcaci Glenmore.

Rumah Kurcaci Glenmore

Salah satu wisata Glenmore terbaru adalah wisata Rumah Kurcaci Glenmore ini. Sebetulnya tempat ini ada di dalam sebuah café y bernama Glen Café atau Glen Futsal Coffee & Resto.

Tapi banyak wisatawan lebih mengenal Rumah Kurcaci yang ada di belakang cafe tersebut. Terdapat empat bangunan rumah kurcaci warna-warn bermotif unik yang cerah, taman, bebatuan, kolam, dan tempat bermain anak.

Alamat: Jalan Untung Suropati No. 44, Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi 68466

Tiket masuknya gratis apabila anda masuk ke restonya, sementara jam buka pukul Jam Operasional 14.00 – 22.00 WIB. Pernahkah anda mendengar wisata Osing Banyuwangi? Berikut ini informasinya.

Desa Wisata Osing Kemiren Glagah

Konon, asal usul desa Kemiren ini dulunya wilayahnya berupa hutan yang banyak pohon kemiri dan duren. Yang unik dari desa wisata ini adalah rumah-rumahnya yang didesign kuno khas Suku Osing dan usianya sudah mencapai ratusan tahun.

Selain itu ada rumah besar yang digunakan sebagai tempat penyelenggaraan pertunjukan kesenian. Biaya tiket masuk Desa Osing ini cukup murah lho hanya Rp 5.000 dan jam operasional pukul 08.00 – 20.00 WIB.

Alamat: Dusun Krajan, Kemiren, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68432

Selain desa Osing yang kental dengan adat khas suku Osing, ada wisata Kampung Primitif di Banyuwangi tepatnya di Kampung Primitif Jajag Banyuwangi.

Kampoeng Primitif Purwodadi

Apa sihi yang unik dari kampung ini? Seperti namanya, kampung ini identik dengan hal-hal kuno, baik dari segi penataan kampung maupun penduduk yang tinggal di dalamnya.

Di sini anda akan temukan penduduk dengan pakaian, riasan wajah, senjata, hingga tempat tinggal dan cara hidup yang masih primitif. Namun anda jangan khawatir, mereka sebetulnya hanya orang biasa yang justru sangat ramah dengan pendatang.

Alamat: Purwodadi, Gambiran, Dusun Krajan, Purwodadi, Gambiran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68486

Tiket masuk Kampung Primitif ini hanya dibandrol Rp 5.000 dan jam operasional wisata pukukl 07.00 – 17.00 WIB. Berikutnya ada wisata Glenmore Banuwangi yang tak boleh anda lewatkan yaitu di Waduk Sidodadi.

Waduk Sidodadi Glenmore

Waduk Sidodadi awalnya berupa sarana pengairan perkebunan tebu yang dimiliki oleh PTPN XIII. Namun, kini dikembangkan menjadi tempat wisata terpadu yang menawarkan sejumlah fasilitas menarik.

Diantaranya adalah ATV, bebek air, mini trail, flying fox, go cart. Selain itu, ada juga taman bunga warna-warni, kebun buah naga dan kakao, arena camping ground, kolam renang, kolam pemancingan, bahkan penginapan.

Alamat: Karangharjo, Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68466

Sangat lengkap bukan? Tiket masuknya cukup murah yaitu Rp 5.000 – Rp 20.000 dengan jam operasional 24 jam.

Selain waduk dengan banyak fasilitas seru ini, ada juga spot waduk lain yang menawarkan pesona alam khas Raja Ampat di Bnayuwangi yakni di Waduk Bajulmuti.

Waduk Bajulmati Wongsorejo

Yang menarik dari waduk yang dibuka tahun 2016 ini adalah pesona alamnya serta berbagai fasilitas seru seperti ATV, outbond, dan speet boat. Selain itu terlihat pula gundukan-gundukan kecil yang ada di tengah waduk yang mirip dengan pulau-pulau kecil di pulau Raja Ampat.

Alamat: Area Hutan, Watukebo, Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68374

Tarif tiket masuk Waduk Bajulmati ini adalah Rp 5.000 – Rp 10.000 dan jam operasional pukul 07.00 -17.00 WIB. Selanjutnya kami ajak anda berkunjung ke salah satu wisata terbagus di Banyuwangi yaitu Umbul Bening Waterpark.

Umbul Bening Waterpark Glenmore

Meski sebuah waterpark, air yang digunakan untuk kolam renang ini berasal dari sumber mata air alami yang begitu jernih dan menyegarkan. Tak hanya itu, pemandangannya masih sangat asri karena masih menjadi satu area dengan Umbul Pule.

Alamat: Salamrejo, Sumbergondo, Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68466

Biaya tiket masuk Umbul Bening ini sekitar Rp 10.000 – Rp 15.000 dna jam buka wisata pukul 08.00 -17.00 WIB. Masih belum puas bermain air? Ada Mirah Fantasia yang bisa menjadi alternatif berikutnya.

Mirah Fantasia Lateng

Tak hanya kolam renang, Mirah Fantasia juga menyediakan berbagai wahana seperti koleksi satwa dan rekreasi di pantai. Tempat ini menjadi taman rekreasi yang tepat untuk liburan bersama keluarga.

Alamat: Jalan Karimun Jawa No.81, Lateng, Kecamatan Banyuwangi, Lateng, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68413

Biaya tiket masuk Mirah Fantasia ini cukup terjangkau, hanya Rp 15.000 dengan jam operasional pukul 08.00 – 17.00 WIB. Berikutnya kami rekomendasikan wisata Banyuwangi Songgon yangs edang hits di kalangan anak muda.

Rumah Pohon Songgon

Wisata yang satu ini kini sedang naik daun, kenapa? Ada banyak hal menarik di sini, mulai dari suasana alam yang sejuk bahkan berbagai spot selfie berkonsep unik dan dekorasi lampion warna warni.

Tak heran jika Rumah Pohon ini banyak diminati dan dijadikan tempat hunting di Banyuwangi. Harga tiket masuk Rumah Pohon Songgon ini sangat terjangkau yaitu Rp 5.000 dan jam buka pukul 08.00-17.00 WIB.

Alamat: Sumberagung, Sumberbulu, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68463

Green Gumuk Candi Songgon

Wisata Songgon terbaru Banyuwangi yang belakangan juga sedang viral adalah Green Gumuk Candi ini. Keunikan wisatanya adalah sebuah kolam melengkung yang dilengkapi air mancur dan pemandangan cantik.

Tak hanya area infinity pool, hal unik lainyya bisa dilihat dari rumah pohon multifungsi.  Bagian atasnya bia digunakan untuk selfie dan bawahnya untuk nongkrong. Terdapat juga platform-platform terbuat dari kayu dengan berbagai bentuk yang keren dan instagenik.  

Alamat:  Desa Gumuk Candi, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi 68463.

Tiket masuk wisata ini adalah Rp5.000 dan jam operasional pukul 08.00 – 17.00 WIB. Wisata Banyuwangi terbaru 2018 berikutnya adalah Jawatan Benculuk, kira-kira apa ya keunikannya?

Jawatan Perhutani Benculuk

Wisata unik yang satu ini menawarkan pemandangan hutan yang terkesan misterius dengan deretan pepohonan trembesi yang sangat eksotik. Sinar matahari yang terpancar melalui celah pohon semakin membuat tempat ini mirip tempat di film fantasi ala Lord of the Rings.

Banyak yang memanfaatkan tempat ini unutk foto prewed. Selain itu, masih ada aktivitas seru lain yang bisa anda lakukan seperti memancing dan juga arung jeram.

Alamat: Purwosari, Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68482

Untuk memasuki kawasan De Djawatan Benculuk Banyuwangi ini tidak dipungut biaya lho alias gratis. Sedangkan jam buka wisata pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Apakah anda ingin mendapatkan rekomendasi salah satu tempat romantis di Banyuwangi? Berikut kami akan review Samudra Selfie dan Resto yang bisa menjadi pilihan terbaik anda.

Samudra Selfie dan Resto Pakis

Tempat ini dulunya adlaah sebuah tambak yang disulap menjadi destinasi wisata yang dibagi menjadi dua area: restoran dan “samudra selfie”. Di area “samudra selfie” ini anda bisa puas berfoto dengan banyak spot instagramable.

Diantaranya jembatan warna-warni, donat raksasa, ayunan, gambar tiga dimensi, sarang burung raksasa, gembok cinta, kursi unik, dan banyak lainnya. Tiket masuk wisata ini dibanrol Rp5.000 dengan jam buka pukul 09.00 – 22.00 WIB.

Alamat:  Jalan Pantai Rejo, Desa Pakis, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi 68419. Koordinat di sini

Sudah puas berswafoto? Yuk kita lanjutkan eksplorasi wisata air terjun Banyuwangi. Berikut ada beberapa alternatif yang bisa anda kunjungi.

Air Terjun Kembar Arum Songgon

Keunikan air terjun ini adalah banyaknya tanaman merambat yang menghiasi lereng air terjun. Tak hanya itu, pesona bebatuan yang membelah aliran air terjun ini menjadi delapan delapan aliran juga sangat memukau.

Alamat: Dusun Sumberasih, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi

Tiket masuk wisata air terjun ini pun gratis, anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan. Jam buka wisata ini pukul 07.00-17.00 WIB.

Air Terjun Lider Songgon

Selanjutnya ada air terjun Lider yang memiliki ketinggian mencapai 60 meter dan menjadi air terjun tertinggi di di Banyuwangi. Lokasinya berada di lereng Gunung Raung sehingga suasana alamnya sangat sejuk dan masih asri.  

Alamat: Lider, Sumberarum, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68463

Biaya tiket masuk air terjun Lider juga sangat murah hanya Rp 3.000 dan jam buka wisata pukul 07.00-17.00 WIB.

Berikutnya kita akan membahas tentang slaah satu ikon wisata Banyuwangi yaitu Kawah Ijen yang dianggap sebagai tempat terbagus di Banyuwangi.

Kawah Ijen Banyuwangi

Yang unik dari Kawah Ijen dengan ketinggian 2799 m ini yaitu fenomena blue fire yang katanya hanya ada dua di dunia. Bagi anda yang ingin menyaksikannya, bisa memulai pendakian sekitar pukul 1 dini hari melewati pos Paltuding.

Cahaya blue fire akan tampak hingga pukul 5 pagi tepat sebelum cahaya matahari terbit. Untuk dapat memasuki kawasan wisata ini, anda akan diminta membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 – Rp 10.000.

Alamat: Perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur.

Dari wisata Kawah Ijen ini, kita teruskan eksplorasi wisata Banyuwangi ke deretan pantai dan teluknya. Dijamin anda akan serasa di Bali saat menelusuri keindahan alamnya.

Teluk Biru Muncar

Tempat ini menjadi wisata bawah laut Banyuwangi terbaik yang wajib anda kunjungi. Teluk Biru menawarkan spot diving dengan pemandangan bawah laut yang mempesona.

Selain itu, Teluk Biru memiliki warna air jernih kebiruan yang akan memanjakan mata dan pikiran anda. Teluk yang terletak di Taman Nasional Alas Purwo ini bisa dimasuki gratis dan jam operasional wisata 24 jam.

Alamat: Sengrong, Purworejo Alas Purwo National Park Purworejo Purworejo, Purworejo, Kalipait, Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68484

Selain Teluk Biru, ada juga Teluk Hijau yang tak kalah mempesona. Berikut ulasannya.

Teluk Hijau Muncar

Yang menjadi daya tarik wisata ini adalah sebuah teluk dengan air sangat jernih berwarna biru ke hijau-hijauan. Warna tersebut merupakan efek dari alga yang tumbuh secara bergerombolan di dasar nya.

Selain itu, keindahannya teluk ini juga dilengkapi oleh adanya batu karang raksasa yang terletak di pinggir pantai. Tertarik? Siapkan budget tiket masuk sebesar Rp 7.500 per orang.

Alamat: Sengrong, Purworejo Alas Purwo National Park Purworejo Purworejo, Purworejo, Kalipait, Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68484

Dari teluk yang jernih dan beraneka warna di atas, yuk kita jelajah wisata pantai Banyuwangi. Berikut kami berikan beberapa alternatifnya.

Pantai Boom Kampungmanda

Yang menarik dari pantai ini adalah pasir hitam dengan suguhan keindahan pantai yang mirip dengan view Pulau Bali.

Tak hanya itu, di sini anda juga bisa melakukan banhak hal seru seperti berkeliling menunggang kuda atau menyaksikan pertunjukan Sewu Gandrung.

Pertunjukan Sewu Gandrung sendiri adalah sebuah tari kolosal yang dilakukan 1000 penari. Selain itu, ada juga pertunjukan lain seperti Jazz Festival.

Alamat: Desa Kampungmandar, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68419

Biaya tiket masuk Pantai Boom adalah Rp 2.000 dan jam operasional pukul 05.00 – 21.00 WIB.

Selain pantai ini, ada juga spot pantai pasir putih Banyuwangi dengan pesona ombak yang mendunia yakni di G-Land atau Pantai Plengkung.

G-land (Pantai Plengkung) Tegaldlimo

Dijuluki sebagai “The Seven Giant Waves Wonder”, Pantai Plengkung menyuguhkan 7 gulungan ombak setinggi 6 meter yang menjadi incaran para peselancar.

Banyak yang setuju juga kalau ombak di pantai ini adalah yang terbaik kedua di dunia setelah yang ada di Hawaii. Untuk dapat mendapati ombak yang demikian, anda hanya bisa mendapati di antara bulan April-Agustus.

Alamat: Purworejo, Kalipait, Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia

Biaya tiket masuk Pantai Plengkung ini sebesar Rp 5.000 dan jam buka wisata 24 jam. Selain pantai pasir hitam dan pasir putih, ada juga pantai yang memiliki pasir berwarna merah. Berikut reviewnya.

Pantai Pulau Merah Pesanggaran

Yang menarik dari pantai ini selain pemandangan alam yang sangat mirip Pulau Dewata adalah warna pasir yang terkadang agak pink kemerahan. Di pantai ini juga terdapat sebuah pura yang biasa digunakan untuk beribadah umat Hindu.

Alamat: Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68488

Biaya tiket masuk pantai cukup terjangkau, yaitu Rp 8.000 dan jam buka wisata pukul 07.00-17.00 WIB.

Bagaimana? Masih belum puas? Masih ada satu lagi wisata pantai yang akan membawa anda serasa di Bali, yaitu Pulau Tabuhan.

Pulau Tabuhan Wongsorejo

Dengan pesona ir yang sangat jernih dan pemandangan alam yang menawan, anda akan sangat dimanjakan saat berada di sini. Tak hanya itu, anda juga bisa mencoba olahraga ekstrem seperti wind surfing dan kite surfing yang menantang.

Tertarik bukan? Yuk jangan lewatkan berkunjung ke Hidden Paradise yang satu ini. Biaya tiket masuk wisata Pulau Tabuhan 2018 ini gratis dengan jam buka wisata 24 jam.

Alamat: Bengkak, Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Itu tadi ke-26 wisata Banyuwangi unggulan yang kami rekomendasikan. Bagaimana? Apakah anda sudah tidak sabar untuk eksplorasi wisata Banyuwangi?

Jangan lupa siapkan stamina dan budget anda agar perjalanan wisata anda aman, nyaman dan semakin menyenangkan. Selamat berlibur.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.