22 Daftar Wisata Batam Populer yang Cocok untuk Liburan Anda

Diposting pada
Wisata Batam

Batam terkenal sebagai Kota Industri, meski begitu anda juga eprlu tahu ada banyak wisata Batam yang harus anda kunjungi. Banyak tempat wisata mulai dari yang bernuansa alam, hingga shopping bahkan Kuliner.

Hal ini membuktikan bahwa kota yang menjadi akses pintu masuk negara Indonesia ini potensi wisatanya tak kalah dengan daerah eksotis lain. Apakah anda penasaran? Berikut kami rangkum beberapa tempat wisata di batam yang terkenal dan menarik.

Daftar Nama Objek Wisata Batam

Kota Batam merupakan sebuah pulau kecil berpenghuni sekitar 1,1 jiwa yang terpisah dari Pulau Sumatra. Pulau ini berada di antara selat Singapura dan selat Malaka.

Karakteristik geografi tersebut membuat banyak objek wisata alam terutama pantai yang indah di kota ini. Namun tidak hanya itu, ada banyak objek wsiata lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Yuk, simak apa saja objek wisatanya!

Alun-Alun Engku Putri Batam

Wisata Batam 2019 pertama yang wajib dikunjungi adalah Alun-Alun yang letaknya di dataran Engku Putri Batam. Tempat ini dijadikan pusat tongkrongan kamu segala usia, mulai dari anak kecil, kawula muda hingga dewasa.

Alun-Alun Engku Putri Batam

Alun-alun ini menyediakan outdoor space untuk berbagai kegiatan seru seperti bermain, olahraga, hingga sekedar nongkrong. Di sini juga ada banyak spot instagramable yang bisa dijadikan tempat berswafoto.  

Alamat: Jalan Engku Putri, Teluk Tering, Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau, 29444.

Nagoya Citywalk Batam

Selain alun-alun, ada juga spot unik yang bsia dijadikan tempat berbelanja sekaligus bermain, namanya Nagoya Citywalk. Konsep objek wisata ini adalah dan dilengkapi fasilitas untuk aktivitas indoor maupun outdoor.

Nagoya Citywalk Batam

Di sini anda bisa menemukan beragam permainan anak. Diantaranya adalah Fun World, Allegro KTV, dan Arcade Games Arena.

Selain itu, tempat ini sekaligus menjadi China Town-nya Batam. Ada banyak toko untuk berbelanja barang branded seperti tas, bahkan gadget dengan harga terjangkau.

Jangan lupa siapkan budget yang banyak terutama bagi anda penggila shopping, pasti anda akan kalap jika datang kesini. Untuk dapat puas menikmati shopping, anda bisa datang dari pukul 10.00 hingga 22.00.

Alamat: Jalan Kompleks Nagoya Citywalk, Lubuk Baja Kota, Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau, 29444.

Barelang Bridge Bulang

Jembatan Barelang merupakan ikon kota Batam yang pembangunannya diprakarsai oleh B.J. Habibie pada tahun 1991. Menariknya, jembatan ini memiliki enam buah jembatan dengan arsitektur berbeda-beda.

Barelang Bridge Bulang

Barelang sendiri merupakan jembatan yang menghubungkan Pulau Batam dengan beberapa pulau lain. Diantaranya seperti Pulau Galang, Rempang, Tonton, Nipah, dan Pulau Galang Baru.

Alamat: Jl. Trans Barelang, Jembatan I, Bulang, Kota Batam, Kepri, 29472

Batam City Square Lubuk Baja

Berikutnya ada wisata belanja Batam yang juga terkenal yaitu Batam City Square. Tempat belanja ini berkonsep modern dan menyediakan aneka produk mulai dari yang lokal maupun internasional.

Batam City Square Lubuk Baja

Selain itu, di dalam lokasi ini juga terdapat sejumlah wahana hiburan anak-anak. Gedung dengan 6 lantai yang dapat menampung sekitar seribu mobil ini dapat anda kunjungi dari pukul 09.00-22.00.

Alamat: Jl. Bunga Raya, Batu Selicin, Lubuk Baja, Kota Batam, Kepri, 29442.

Harbour Bay Batam Batu Ampar

Objek wisata adalah salah satu kompleks bisnis di Kota Batam dengan berbagai aktivitas dalam satu area.  Di dalam objek wisata terpadu ini tersedia mall, penginapan, dan berbagai fasilitas wisata lainnya.

Harbour Bay Batam Batu Ampar

Di kawasan ini kebanyakan pengunjung tidak pernah melewatkan untuk berkuliner seafood sambil menikmati view kota Singapura dari kejauhan. Tertarik? Tempat wisata buka 24 jam dan biaya masuknya gratis.

Alamat: Jl. Harbour Bay,Sungai Jodoh, Batu Ampar, Kota Batam, Kepri.

Golden Prawn Bengkong

Mau tahu salah wisata kuliner Batam Center yang terkenal? Ini dia Golden Prawn, sebuah pusat kuliner yang menyediakan hidangan khas Batam.

Golden Prawn Bengkong

Menu andalan wisata kuliner di sini adalah seafood dengan berbagai sajian. Golden Prawn letaknya di Bengkong Laut, kawasan Bengkong.

Dengan pemandangan laut yang indah fasilitas lengkap anda dijamin puas berkunjung ke sini. Mudahnya lagi, jam buka wisata kuliner Golden Prawn ini 24 jam.

Alamat: Jalan Golden Prawn, Tj. Buntung, Bengkong, Kota Batam, Kepri.

Mata Kucing Sekupang

Konsep wisata ini adalah sebuah kebun binatang yang berada di dalam hutan. Letaknya ada di Taman Bukit Golf, kawasan Sekupang.

Mata Kucing Sekupang

Selain dapat melihat dan berinteraksi dengan berbagai koleksi fauna dan flora, anda juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya. Diantaranya bermain flying fox, menjelajah, dan juga berfoto-foto.

Untuk dapat memasuki kawasan ini anda perlu membayra biaya sebesar Rp 15.000. sementara jam buka wisata adalah mulai pukul 08.30 hingga 18.00.

Alamat: Jl. Taman Bukit Golf, Tj. Riau, Sekupang, Kibing, Batu Aji, Kota Batam, Kepri, 29424

Kampung Vietnam Pulau Balang

Mau mencoba salah satu objek wisata sejarah Batam yang terkenal angker ini? Silakan datang ke Kampung Vietnam yang berada di ujung selatan Kota Batam.

Kampung Vietnam Pulau Balang

Kawasan ini didominasi oleh masyarakat Vietnam, mereka dulunya merupakan pengungsi dari negara tersebut saat terjadi perang di Vietnam.

Keunikan tempat ini adalah adanya Momumen Perahu, dulunya perahu ini dipakai sebagai alat transportasi menuju ke Indonesia. Ada juga beberapa spot lain yang merupakan simbol sejarah zaman dahulu.

Alamat: Pulau Balang, Kepulauan Riau, ujung selatan Kota Batam.

Taman Habibie Tangga 1000 Sekupang

Pernah dengar tentang wisata tangga 1000 Batam? Ya, inilah yang dimaksud dengan Taman Habibie yang berada di kawasan Sekupang.

Taman Habibie Tangga 1000 Sekupang

Tempat ini dulunya adalah kawasan kediaman B.J. Habibie kala menjadi pemimpin Otorita Batam. Daya tarik tempat ini selain untuk mengenang jasa pahlawan, juga tempatnya rindang sehingga sangat sejuk.

Ditambah lokasinya berada di atas bukit sehingga anda harus menaiki tangga agar sampai ke sana. Dari atas, anda bsia menikmati panorama laut dan gedung-gedung pencakar langit dari Singapura.  

Jika ingin datang ke sini, anda diperbolehkan masuk lokasi wisata mulai pukul 09.00 hingga 20.00 saja. Sementara uang masuknya hanya sekitar  Rp 5.000 per orang.

Alamat: Tj. Pinggir, Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau, 29425.

Ocarina Park Bengkong

Objek wisata ini menyuguhkan sebuah taman bermain seluas 40 hektar dengan fasilitas lengkap. Di dalamnya ada kolam renang, kolam bangau, kiddy land, flying fox, dan masih banyak lagi.

Ocarina Park Bengkong

Tak lupa pula taman ini dilengkapi dengan 3D movie theatre, trampoline dan water feature spot khusus untuk spot fotografi. Wahana favorit tempat ini adalah kolam mandi busa dan kincir angin berukuran sangat besar.

Untuk dapat berkunjung ke tempat ini biaya tiket masuknya hanya Rp 10.000 dan biaya wahana rata-rata Rp 15.000-Rp 30.000. Sementara jam bukanya mulai dari pukul 10.00 hingga 22.00.

Alamat: Jl. Bunga raya, Sadai, Bengkong, Kota Batam.

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *