37 Objek Wisata Bogor Ramah di Kantong dan Instagenic

Diposting pada
Wisata Bogor

Anda pasti setuju jika Bogor menjadi surga wisata alam di Indonesia. Namun tahukah anda potensi wisata Bogor tidak hanya berupa air terjun atau curug saja.

Di kota hujan ini ada berbagai wisata lengkap lainnya. Untuk lebih jelas, simak daftar tempat wisata bogor yang mudah dijangkau berikut.

Daftar Wisata Bogor

Jarak dari kota dengan suasana sejuk dan view indah ke kota lain seperti Jakarta hanya ‘selemparan batu’ saja. Hal tersebut menjadi salah satu faktor kenapa Bogor banyak diincar wisatawan.

Tak hanya itu, spot wisata yang semakin banyak dan menarik juga menjadi faktor pendukung lainnya. Seperti daya tarik beberapa objek pilihan kami berikut.

Istana Bogor Paledang

Lokasi yang sebetulnya sebuah tempat tinggal presiden ini menjadi ikon kota Bogor. Bangunanya didirikan tahun 1744 di lokasi seluas 28 hektar.

 Istana Bogor Paledang

Di dalamnya terdapat koleksi karya seni berupa lukisan, keramik, patung, keramik, bahkan perabot kayu khas Jepara. Untuk masuk ke lokasi sebetulnya gratis namun Istana Bogor hanya sibuka saat momen tertentu.

Alamat: Ir. H. Juanda No. 1, Paledang, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat.

Tak jauh dari Istana Bogor, ada sebuah taman luas yang menarik untuk dikunjungi. Namanya Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Bogor Paledang

Meski berada dalam satu kawasan, anda akan merasakan sensasi berbeda ketika masuk Kebun Raya Bogor. Bedanya, di kebun raya ini terdapat sekitar 15.000 pohon dari dalam dan luar negeri.

Kebun Raya Bogor Paledang

Ada juga sebuah museum zoologi yang isinya koleksi kerangka hewan dan hewan yang sudah diawetkan. Jika ke sini, jangan lupa siapkan uang tiket masuk sebesar Rp 16.000 dan berfoto di jembatan Gantung merah.

Alamat: Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat

Perlu diingat juga, kebun raya ini buka setiap hari pukul 8.00-16.00. Nah, jika anda ingin menambah wawasan tentang tanaman, bisa ke Kebun Raya Cibodas.

Kebun Raya Cibodas Cianjur

Di taman Kebun Raya Cibodas LIPI ini ada sekitar 435 bunga sakura. Selain itu, anda juga bisa menikmati banyak spot alam lain seperti gunung, sungai, air terjun, dan rumah kaca.

Kebun Raya Cibodas Cianjur

Jangan lupa, jam operasional taman Sakura ini hanya dari pukul 08.00-17.00. Siapkan pula biaya masuk tiketnya seharga Rp9.500.

Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253.

Belum puas bermain di taman seperti di negara Jepang, anda bisa beralih ke Taman Bunga Nusantara. Ada lebih banyak jenis bunga di taman tersebut lho.

Taman Bunga Nusantara Sukaresmi

Merupakan taman wisata Bogor terbaru yang konsep bergaya Bali namun mirip di berbagai belahan dunia lain seperti Jepang. Daya tariknya berupa Secret Labyrinth atau Taman Rahasia.

 Taman Bunga Nusantara Sukaresmi

Tertarik? Anda bisa kunjungi taman ini setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 (Senin – Jumat) dan 08.00 – 17.30 (Sabtu, Minggu dan hari libur).

Alamat: Jl. Mariwati No.KM, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43254

Sementara untuk tiket masuknya sebesar Rp30.000. Puas dengan bunga, yuk beralih ke Taman Buah Mekarsari. Kira-kira apakah tentang bunga lagi? Langsung baca saja detailnya sebagai berikut.

Taman Buah Mekarsari Cileungsi

Objek wisata ini adalah tempat konservasi buah-buahan dengan 1.470 varietas buah dan 100.000 pohon beragam. Selain itu, di dalamnya juga ada wahana permainan air seperti sepeda air, kano, dll.

Taman Buah Mekarsari Cileungsi

Tarif untuk masuknya seharga Rp 15.000 plus gelang RFID seharga Rp 10.000. Jam operasionalnya adalah setiap hari jam 09.00-16.30 WIB.

Alamat: Jalan Raya Cileungsi -Jonggol KM.3, Mekarsari, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat 16820.

Selain bunga dan buah, di Bogor anda juga bisa bertemu dengan berbagia jenis hewan langsung di habitat aslinya lho. Buktikan saja dan datang ke Taman Safari indonesia.

Taman Safari Indonesia Cisarua

Di lahan seluas 168 Ha ini, ada sekitar 2.500 satwa berbagai jenis. Anda bisa melihat dan berinteraksi dengan hewan, ada juga wahana edukasinya lho.

 Taman Safari Indonesia Cisarua

Penasaran? Jam operasional Taman Safari Indonesia Bogor setiap hari pukul 07.00 – 17.00. tiket masuknya Rp140.000 (1-5 tahun) dan Rp150.000 (5 tahun ke atas).

Alamat: Jalan Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, 16750

Masih ada satu lagi rekomendasi taman unik di Bogor, namanya Taman Ade Suryani. Kira-kira apa ya uniknya taman ini?

Taman Ade Irma Suryani Paledang

Jika di taman Safari ada satwa beragam, di taman ini yang anda lihat adalah sebuah pusat hiburan rakyat. Taman yang kini berubah nama menjadi Taman Topi ini memiliki 20 wahana keren.

Taman Ade Irma Suryani Paledang

Berapa tarif masuknya? Hanya Rp10.000,00 (weekdays) dan Rp12.000,00 (weekend). Untuk jam operasionalnya adalah mulai pukul 08.00 – 17.00.

Alamat: Jalan Kapten Muslihat No.16, Paledang, Bogor Tengah, Cibogor, Jawa Barat 16122

Lain tempat lain pula keunikannya, seperti di Wana Wisata Giri Jaya ini. Yuk, simak keunikan lokasi wisata berikutnya.

Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya Tanjungsari

Areal seluas 5 Ha ini merupakan pusat penangkaran beberapa jenis rusa. Mulai dari Cheetal, Rusa Jawa, sampai Rusa Bawean.

Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya Tanjungsari

Di sini anda bisa berineraksi dengan rusa-rusa lucu hanya dengan tarif Rp2.500 dan Rp3.000 (outbond/camping). Sementara jam operasionalnya adalah pukul 07.00 – 17.00.

Alamat: Buanajaya, Tanjungsari, Buanajaya, Bogor, Jabar, 16840

Selanjutnya, ada juga beberapa alternatif taman wisata Bogor terbaru. Berikut beberapa nama yang wajib anda tahu.

Jungleland Adventure Theme Park Babakan Madang

Pertama, ada wisata theme park Jungle Land Adventure. Di lahan seluas 35 Ha ini ada 37 wahana permainan yang terbagi dalam 4 zona.

Jungleland Adventure Theme Park Babakan Madang

Keempat zona tersebut adalah Mysteria, Tropicalia, Carnivallia, dan Explora.

Theme park ini buka setiap hari pukul 10.00-17.00. Tarif masuknya cukup terjangkau, yakni mulai dari 150.000 rupiah per orang.

Alamat: Sentul Nirwana, Jl. Jungle Land No.1, Krg. Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jabar 16810

Tak hanya ini, ada lagi lho lokasi yang serupa yang bisa anda temukan, yaitu di The Jungle Water Adventure. Penasaran? Ini dia ulasannya.

The Jungle Water Adventure Mulyaharja

Selain ada 12 wahana permainan air, di lahan seluas 3,8 Ha ini anda bisa nikmati view Gunung Salak dan Pangrango. Ada juga bird park dan wahana Snow World dengan sensasi salju yang seru.  

The Jungle Water Adventure Mulyaharja

Untuk memasuki objek wisata ini dibutuhkan biaya mulai dari Rp 80.000 – Rp 100.000. sementara jam operasional wisata adalah setiap hari pukul 10.00-18.00 WIB.

Alamat: Jl. Bogor Nirwana Boulevard, Bogor Nirwana Residence, Mulyaharja, Bogor Selatan, Kota Bogor, Jabar 16132

Bosan dengan air? Anda bisa ajak buah hati tercinta dengan mencoba wahana klasik di The Jungle Fest.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.