26 Objek Wisata Brebes Instgramable dan Paling Terjangkau

Diposting pada
26 Objek Wisata Brebes Instgramable dan Paling Terjangkau 1

Wisata Brebes – Brebes merupakan sebuah kabupaten di Jaw tengah dengan luas sekitar 1.902,37 km². Brebes menjadi kabupaten terluas ke-dua setelah Cilacap dengan jumlah penduduk terbanyak di Jawa Tengah.

Lantas, apakah yang terlintas dalam benak anda jika berbicara tentang Brebes? Ya, kota ini sangat terkenal dengan telur asin sekaligus komoditi bawang merahnya. Namun, tahukah anda wisata Brebes juga tidak kalah menariknya!

Potensi wisata Brebes 2019 ini tidak kalah istimewa dengan wisata Tegal yang terkenal dengan obyek wisata alam nya. Penasaran ada wisata apa saja di Kota Brebes? Yuk simak terus review kami.

Objek Wisata Brebes Tegal Terbaru 2019

Brebes dan Tegal merupakan dua kabupaten yang bersebelahan di kawasan Pantai Utara Jawa. Sehingga jangan heran jika keduanya memiliki karakteristik wilayah yang sama.

Meski begitu, objek wisata di Brebes cukup unik dan berbeda dengan Tegal. Untuk dapat membutikannya, mari kita simak sejenak daftar wisata di Brebes berikut ini.

Ciblon Waterboom Batang Brebes

Objek wisata ini adalah salah satu tempat rekreasi keluarga yang paling sering dikunjungi warga Brebes. Di lokasi seluas 1,5 H ini ada banyak wahana dan fasilitas yang sangat mendukung.

Beberapa wahana yang bisa anda temukan adalah kolam renang, lintasan kolam, dan slider. Ada juga permainan ember tumpah, sauna, tempat senam aerobik bahkan tempat fitnes.  

Percaya atau tidak tarif masuknya sangat murah yaitu hanya Rp 13.000 per orang. Tertarik? perlu diingat jam buka wisata ini sejak pukul 08.00 hingga 18.00 WIB saja.

Alamat: Jl. Yos Sudarso, Ps. Batang, Kec. Brebes, Kab. Brebes, Jawa Tengah, 52212

Tempat rekreasi lain yang bertemakan wisata air lainnya adalah Agrowisata Besaran Brebes. Namun di area wisata Jatibarang Brebes ini tidak hanya tersedia permainan air saja, lebih lengkapnya kita lihat review di bawah ini.

Agrowisata Besaran Jatibarang Brebes

Sebetulnya, Agrowisata Besaran adalah perluasan usaha di bawah manajemen PG Jatibarang. Untuk fasilitas yang tersedia sangat lengkap.

Tidak hanya kolam renang dan permainan air saja. Ada perahu ontel, terapi ikan, dan juga kereta wisata.

Alamat: Jatibarang Lor, Jatibarang, Brebes, Jawa Tengah, 52261

Mengenai tiket masuknya dibandrol dengan harga sangat murah yaitu Rp 3.000 saja dengan jam buka pukul 08.00-14.00 WIB. Selain tempat ini, masih ada wisata ciblon Brebes lainnya yaiut di Kayla Waterpark Tonjong.

Kayla Waterpark Tonjong

Waterpark ini sangat cocok dijadikan tempat wisata untuk anda sekeluarga. Wahana yang tersedia cukup lengkap seperti perosotan dan kolam renang untuk segala usia.

Alamat: Jalan Balapusuh No.10, Balapusuh, Tanggeran, Tonjong, Brebes, Jawa Tengah, 52271

Tak hanya waterpark, anda juga bisa berwisata asyik dan sehat di salah satu objek wisata Paguyanagn Brebes. Tepatnya di pemandian air panas Tirta Husada.

Pemandian Air Panas Tirta Husada Paguyangan

26 Objek Wisata Brebes Instgramable dan Paling Terjangkau 2

Tahukah anda pemandian air panas ini menjadi destinasi favorit dan memiliki keunikan tersendiri. Uniknya selain menyegarkan badan, anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan lainnya di sini.

Kandungan belerang di pemandian ini bisa membantu menyembuhkan sejumlah macam penyakit seperti kulit ataupun rematik. Fasilitas lain seperti cafe, tempat karaoke dan kolam renang pun tersedia.

Alamat: Hutan,Sawah,Gunung,Ladang, Kedungoleng, Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah, 52276

Harga tiket masuk Tirta Husada mulai dari Rp 2.000 – Rp 3.000 dengan jam operasional pukul 06.30-19.00 WIB. Selain di Tirta Husada, salah satu spot wisata murah Brebes.

Anda juga perlu mencoba wisata Brebes yang wajib dikunjungi ini yaitu Desa Wisata Ciseureuh.

Desa Wisata Ciseureuh Ketanggungan

Ada apa di desa Ciseureuh? Desa Wisata Ciseureuh ini menawarkan pesona keindahan alam dengan kearifan lokal warga sekitarnya.  

Lebih menariknya lagi, dari sini anda bisa menikmati view Gunung Kumbang yang sangat megah. Untuk dapat memasuki desa ini bisa kapan saja dan bahkan tidak dipungut biaya apapun atau gratis.

Alamat: Jalan Dukuh Jalawastu, Ciseureuh, Ketanggungan, Jalawatu, Ciseureuh, Brebes, Jawa Tengah, 52263

Berikutnya jangan lewatkan pula salah satu objek wisata budaya di salah satu wisata Paguyangan Brebes. Jangan dikira di Brebes tidak bisa berwisata candi ya, ada Candi Pangkuan di wilayah Paguyangan. Berikut informasinya.

Candi Pangkuan Paguyangan

26 Objek Wisata Brebes Instgramable dan Paling Terjangkau 3

Menurut cerita, Candi Pangkuan ditemukan tahun 1965 dan dulunya konon digunakan sebagai pemujaan. Dari segi fisik, bentuk candi ini lonjong dengan tinggi 50 cm.

Selain candi unik tersebut, di kawasan candi juga bisa anda temui ratusan kera liar namun sudah jinak dan terbiasa dengan manusia. Tarif masuk Candi Pangkuan seharga Rp 5.000-Rp 8.000.

Alamat: Hutan, Cilibur, Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah 52276

Jika Candi Pangkuan diperkirakan berumur ratusan tahun, ada PG Jatibarang yang usianya mencapai 175 tahun lebih. Tentu, anda bisa menjadikan bangunan tersebut sebagai wisata Brebes instagramable.

PG Jatibarang Penumbukan

Ya, PG Jatibarang kini sangat populer sebagai salah satu spot instagenic. Kawasan wisata yang gratis untuk didatangi ini belakangan digunakan untuk berfoto ala vintage.

Infrastruktur bangunan berusia 175 tahun lebih ini dianggap unik. Mulai dari rel kereta hingga lori pengangkut tebu, semuanya memberi kesan yang menarik untuk wisata sejarah.

Alamat: Jl. Raya Tim. No.1, Penumbukan, Jatibarang Kidul, Jatibarang, Brebes, Jawa Tengah, 52261

Selain PG Jatibarang, wisata Brebes yang lagi hits berikutnya adalah Waduk Penjalin. Apa yang membuat waduk ini terkenal? Yuk kita cari tahu informasinya di bawah ini.

Waduk Penjalin Winduaji

26 Objek Wisata Brebes Instgramable dan Paling Terjangkau 4

Yang menjadi daya tarik waduk ini adalah pemandangan asri di sekitar waduk. Tak hanya itu, ada juga beberapa spot foto selfie yang instagenic dan kece.  

Karena hal tersebut tak heran waduk seluas 1,5 km2 yang dibangun tahun 1930 ini menjadi hits belakangan. Harga tiket Waduk Penjalin cukup terjangkau yaitu Rp 3.000 dengan jam operasional 24 jam.

Alamat: Jalan Raya Waduk Penjalin 41, RT 03/ 01, Waduk Penjalin, Winduaji, Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, 52276

Selain Waduk Penjalin Bumiayu Brebes ini, masih ada alternatif waduk lain yang tak kalah menarik. Yaitu waduk Malahayu, berikut informasinya.

Waduk Malahayu Banjarharjo

Kabarnya, Waduk Malahayu adalah peninggalan Belanda dan masih eksis sampai sekarang. Fungsi utama waduk ini adalah sebagai irigasi persawahan sekaligus pengendali banjir.

Karena memiliki pemandangan alam yang cantik disekitarnya, waduk ini sering dijadikan  sebagai lokasi bumi perkemahan. Tarif masuk waduk Malahayu ini dibandrol Rp 5.000 dengan jam buka 24 jam. 

Alamat: Desa Malahayu, Banjarharjo, Brebes, Jawa Tengah

Sama dengan Tegal, Kota Brebes memiliki banyak lokasi curug atau air terjun. Beberapa diantaranya angat indah seperti Curu Putri, salah satu wisata alam Brebes Jateng.

Curug Putri Bumijawa

Beberapa waktu lalu Curug Putri memiliki dua sumber air terjun sehingga dikenal dengan nama Curug Kembar. Namun, sekarang hanya tersisa satu.

Ketinggian curug ini mencapai 35 meter dengan panorama eksotik pepohonan rimbun dan tebing bebatuan. Tarif masuk Curug Putri yang buka 24 jam ini hanya sekitar Rp 5.000 saja.

Alamat: Sawah&Ladang, Dukuh Benda, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah, 52466

Selain eksotisme Curug Putri ini, ada alternatif wisata air terjun lain di Brebes yaitu Curug Bentar. Penasaran dengan daya tarik curug Bentar? Simak pembahasan berikut.

Curug Bentar Salem

Pesona keindahan Curug Bentar Brebes ini tidak kalah memukau dengan Curug Putri. Panorama sekitar air terjun dan air terjunnya sendiri tentu sangat memukau siapa saja.

Alamat: Citimbang, Salem, Brebes, Jawa Tengah, 52275

Biaya tiket masuk Curug Bentar sama dengan Curug Putri yaitu Rp 5.000 sementara jam bukanya mulai dari pukul 07.00-18.00. Masih tentang air terjun, ada Curug Rambukasang yang bisa menjadi alternatif ciblon anda berikrutnya.

Curug Rambukasang Ciseureuh

Air terjun satu ini memiliki ketinggian mencapai 10 meter. Jangan ditanya pesona alamnya, curug ini menyimpan eksotisme kawasan hutan yang masih sangat asri.

Curug yang berada di lereng Gunung Kumbang ini udaranya masih sejuk dan jauh dari polusi. Namun anda perlu berhati-hati karena dalamnya mencapai 4 meter.

Alamat: Dukuh Grogol Desa Ciseureuh, Ketanggungan, Brebes

Biaya yang dibutuhkan untuk masuk ke curug yang buka 24 jam ini hanya Rp 5.000 saja. Murah bukan? Selanjutnya ada objek wisata alam Brebes yang tak boleh anda lewatkan yaitu Telaga Ranjeng.

Telaga Ranjeng Bantar Kawung

Telaga Ranjeng letaknya berada di kaki Gunung Slamet. Hal ini membuat kawasannya dikelilingi pemandangan alam yang indah dan asri.

Namun yang menjadi daya tarik utama Telaga Ranjeng habitat lele dan nilai raksasa. Di kawasan ini anda bisa memancing, berfoto serta bersantai.

Alamat: Desa Pangebatan, Bantar Kawung, Brebes, Provinsi Jawa Tengah.

Tertarik? Anda cukup membayar biaya masuk sebesar Rp 5.000 saja. Sementara jam buka Telaga Ranjeng ini adalah 24 jam.

Apakah anda penyuka liburan yang menantang? Di Brebes ada lho! Coba saja kunjungi wisata alam Ranto Canyon yang ada di Brebes ini.

Ranto Canyon Windusari

Yang menarik dari Ranto Canyon ini adalah anda harus menyusuri aliran sungai yang panjangnya 769 meter. Selama perjalanan, anda akan disuguhi pemandangan eksotis dengan tebing-tebing besar di kanan kiri sungai.

Selain tracking dan berenang, terdapat aktivitas menarik lain yaitu cliff jumping dan body rafting. Menikmati seluruh aktivitas seru tersebut bisa dilakukan antara jam 07.00-18.00 dengan biaya Rp 5.000 saja. Sangat terjangkau ya sobat!

Alamat: Gunungtajem, Winduasri, Salem, Brebes, Jawa Tengah, 52275

Selanjutnya masih tentang wisata alam eksotis di Kabupaten Brebes. Kali ini anda akan dibawa ke dalam suasana sejuk dan indah di wisata Brebes Kaligua.

Wisata Alam Kaligua Pandansari

Tahukah anda, meskipun bernama Kaligua, wisata alam ini bukanlah sebuah kakli atua sungai maupun gua. Melainkan sebuah Kebun teh dengan ketinggian 1.500 – 2.050 mdpl .

Suhu kawasan kebun teh ini berkisar antara 8 – 28 Celcius sehingga udaranya sangat seju dan menyegarkan. Biaya tiket masuk wisata alam Kaligua ini adlaha Rp 5.000, jam buka wisata Kaligua adalah setiap hari dan 24 jam.

Alamat: Desa Pandansarin, Kec. Paguyanga, Kaliguwa, Pandansari, Brebes, Jawa Tengah, 52276

Jika sebelumnya ada Kaligua, kini ada objek wisata Kalibaya Park, kira-kira ada apa saja ya di tempat ini?

Kalibaya Park Banjarharjo

Objek wisata ini adalah sebuah taman dengan lanskap bukit dan hutan yang sangat istimewa dari ketinggian. Dari tempat ini anda bisa menikmati hamparan alam berwarna kehijauan plus spot foto seperti gardu pandang.

Tarif tiket masuk Kalibaya Park ini dibandrol dengan harga Rp 5.000 saja. Sedangkan untuk jam buka Kalibaya Park adalah setiap hari pukul 08.000-17.00 WIB.

Alamat: Pasir Panjang, Salem, Area Hutan, Bandungsari, Banjarharjo, Brebes, Jawa Tengah, 52275

Tahukah anda kini Brebes sedang galak-galaknya mengembangkan potensi wisata di daerahnya? Sehingga ada banyak bermunculan wisata Brebes terbaru, salah satunya adalah Panenjoan Salem.

Panenjoan Salem Wanoja

Sama seperti Kalibaya Park, Panenjoan Salem menawarkan pemandangan alam Wanoja dibalut dengan kreatifitas seni.

Tak hanya itu, banyak spot foto dan beberapa gardu pandang yang bisa digunakan untuk berfoto. Hal tersebut membuat banyak pengunjung datang ke sini untuk berburu foto instagramable.

Alamat: Dukuh Babakan, Wanoja, Salem, Wanoja, Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, 52275

Penasaran? Harga tiket Panenjoan Salem dibandrol seharga Rp 5.000 saja lho, untuk jam buka Panenjoan Salem dari pukul 08.00-19.00. Di Brebes masih ada lokasi berburu foto instagenic lho, yaitu Bukit AADT berikut ini.

Bukit AADT Sirampog

AADT merupakan singkatan dari Ada Apa Dengan Tukung (AADT). Bukit di Brebes ini dinamai demikian sejak mulai viral karena menyajikan pesona alam kota Brebes dengan cara yang unik.

Uniknya adalah adanya beberapa gardu pandang yang sangat instagrammable. Selain bisa menikmati view cantik di sekitarnya, anda juga wajib berfoto dengan spot uniknya.

Alamat: Sawah,Ladang, Batursari, Sirampog, Brebes, Jawa Tengah 52272

Tarif tiket masuk Bukit AADT diketahui senilai Rp 5.000, sementara jam bukanya 24 jam. Selain Bukit AADT, ada lagi spot wisata bukit yang sedang viral di Brebes yaitu Bukit Baper.

Bukit Baper Batursari

Seperti namanya, saat anda berkunjung ke sini anda akan dibuat baper. Ya, perpaduan nuansa perbukitan dan view pemukiman, aliran sungai, serta hutan pinus berbaur di sini.

Dari atas bukit ini anda disuguhi sebuah karya seni Tuhan yang tiada duanya. Kabut tebal, sunset bahkan city light saat malam hari siap memanjakan mata anda.

Alamat: Sawah,Ladang, Batursari, Sirampog, Brebes, Jawa Tengah 52272

Untuk harga tiket masuk Baukit Baper Brebes ini adalah Rp 6.000 dengan jam buka pukul 07.00 hingga 17.30. Masih ada spot bukit yang tak kalah menyajikan pemandangan cantik yaitu di Bukit Bintang Capar.

Bukit Bintang Capar

26 Objek Wisata Brebes Instgramable dan Paling Terjangkau 5

Objek wisata ini merupakan salah satu spot wisata Brebes 2019. Yang menjadi daya tarik wisata adalah view alam Brebes saat tertutup oleh kabut.

Hal tersebut memberi kesan seolah anda berada di negeri di atas awan. Daya tarik lainnya adalah sejumlah spot foto menantang dan juga instagenic untuk koleksi feeds IG anda.

Bagaimana? Apakah tertarik? Nah, untuk biaya tiket masuk Bukit Bintang Capar ini hanya sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000. Jam operasional wisata adalah 24 jam.

Alamat: Capar, Salem, Brebes, Jawa Tengah 52275

Berikutnya kita beralih ke daerah Brebes bagian utara yakni skeitar 7 km. Ada apa ya di sana? Tepat di kawasan Pantura ada sebuah objek wisata Brebes pantai bernama Randusanga.

Jangan dikira di Brebes tidak ada pantai cantik ya. Simak dulu review pantainya berikut ini.  

Pantai Randusanga

Di Pantai Randusanga ini anda bisa menikmati pemandangan sunset yang sangat indah. Selain itu, daya tarik lain pantai ini terletak pada perkebunan bawang, budidaya rumput laut dan ikan bandeng.

Bukan hanya itu saja, ada camping ground, mainan anak, arena balap Motor, serta rumah makan. Dengan fasilitas lengkap di atas, anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 7.000-Rp 10.000.

Alamat: Pantai Indah Randusanga, Randusanga Wetan, Brebes, Krajan, Randusanga Wetan, Brebes, Jawa Tengah 52219

Selain Randusanga, objek wisata yang bisa anda temukan di sisi utara Brebes adalah wisata Brebes bakau. Tepatnya di Taman Mangrove Pandansari ini.

Taman Mangrove Pandansari

Berbeda dengan sisi selatan Brebes, objek wisata di kawasan utara ini identik dengan pantai dan laut. Salah satunya di hutan mangrove yang ini sedang viral ini, Taman Mangrove Pandansari.

Di kawasan hutan mangrove ini anda bisa menjelajah hutan lewat jalan papan. Tak hanya itu, ada sewaan perahu kecil untuk berkeliling hutan sekaligus sejumlah spot selfie menarik.

Untuk dapat memasuki kawasan ini, biaya tiket nya sebesar Rp 20.000 dan jam buka Taman Mangrove Pandansari adalah pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Alamat: Dukuh Pandansari, Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Brebes, Jawa Tengah 52219

Apabila sudah puas jalan-jalan, ada baiknya anda melanjutkan liburan dengan berwisata kuliner di kabupaten Brebes ini. berikut kami sajikan beberapa rekomendasi kuliner di Brebes.

Telur Asin Alun-alun Brebes

Brebes memang sangat terkenal dengan telur asinnya. Tak heran kuliner ini menjadi oleh-oleh wajib saat berkunjung ke Brebes.

Sebetulnya ada banyak sekali warung dan toko oleh-oleh yang menjual kuliner khas ini. Namun, ada satu yang sangat terkenal dan sudah ada sejak 1960-an yaitu Telor Asin Tjoa.

Menariknya, varian telur asin di toko ini sangat beragam. Yakni mulai dari telur rebus asin super, telur asin panggang, telur rebus asin angon dan telur asin bakar.

Untuk apat berbelanja ke toko Telor Asin Tjoa ini bisa dilakukan di antara jam 08.00 hingga 18.00 WIB.

Alamat: Jl. Pangeran Diponegoro No.268, Brebes Tengah, Brebes, Jawa Tengah 52212

Berikutnya ada sate blengong khas Brebes yang sangat nikmat dan tidak bisa anda temukan di tempat lain. Makanan apa ya ini?

Pondok Kupat Sate Blengong Bpk. Kasturi Rajak Batang

Blengong sendiri adalah hewan hasil persilangan antara entok dan bebek. Jika penasaran untuk mencicipi kelezatan kuliner ini bisa mendatangi Pondok Kupat Sate Blengong Bpk. Katsuri Rajak.

Jam operasional warung makan ini hanya dari pukul 15.00-19.00. Jadi jangan sampai telat dan kehabisan ya!

Alamat: Jl. Kh. Hasyim Ashari, Ps. Batang, Kec. Brebes, Brebes, Jawa Tengah 52211

Berikutnya ada warung makan Miraos yang konsepnya mirip seperti warung Tegal atua warteg. Bedanya, beberapa menu di warung makan ini lebih beragam.

Warung Makan Miraos Tegal

Sama seperti warteg, Miraos merupakan warung makan yang buka selama 24 jam. Menu yang etrsedia diantaranya nasi lengko, sauto, opor ayam, mendoan sampai sega ponggol.

Tertarik untuk mencoba? Warung makan Miraos ini berada di Jalan Jenderal Sudirman No. 5, Randugunting Tegal Selatan.

Selain Miraos, ada lagi warung makan yang terkenal dengan sate kambing muda nya yaitu RM. Sate Mendo Wendi’s. Berikut reviewnya.

RM. Sate Mendo Wendi’s Kraton

Tahukah anda Tegal dan Brebes sangat terkenal dengan sajian sate kambing muda? Salah satunya adalah di warung makan ini.

Tak hanya sate kambing muda, ada banyak menu lain yang tak kalah lezat lho. Seperti gule, garang asem bahkan sop kambing.

Alamat: Jl. Letjen. Suprapto, Kraton, Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah 52112

Jika ingin datang ke warung makan ini bisa dilakukan antara jam 08.00 hingga 21.00 WIB. Selanjutnya ada Kupat Glabed yang sangat cocok untuk sarapan anda saat liburan ke sini.

Kupat Glabed Masjid Agung Brebes

Sajian kupat glabed berupa potongan ketupat disajikan dengan sayur pepaya muda yang bersantan dan ditambah potongan daging sapi.

Kupat Glabed sangat cocok dihidangkan dengan sajian Sate Blengong. Untuk mencoba kuliner lezat ini bisa dengan mendatangi kawasan Masjid Agung Brebes.

Nah, di atas tadi kami sudah sampaikan ke-26 objek wisata Brebes sekaligus spot kuliner yanga da di kabupaten ini. Ada banyak obje wisata mulai dari cagar alam, pemandian air panas, bukit, air terjun hingga wisata kuliner.

Semuanya sangat indah dan bagus serta sayang untuk dilewatkan. Makanya yuk jangan ragu-ragu mengeksplor wisata Brebes yang di dalamnya tersimpan sejuta pesona.

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.