40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini

Diposting pada
40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 1

Wisata Cianjur – Menurut data statistik Kabupaten Cianjur memiliki luas 350.148 Ha. Kabupaten ini merupakan wilayah yang langsung berbatasan dengan Kabupaten Bogor, Purwakarta, dan Bandung.

Tahukah anda dari lahan seluas itu sebagian besarnya adalah wilayah pegunungan. Hal ini membuat Cianjur memiliki banyak sekali wisata alam.

Namun tidak hanya kaya akan potensi wisata alam, tempat wisata di Cianjur ini juga sangat beragam. Penasaran kan apa saja? Yuk baca review kami berikut.

Daftar Wisata Cianjur 2019

Berikut kami rangkum sejumlah objek wisata yang sangat rekomended untuk dikunjungi tahun ini.

Istana Presiden Cipanas Cianjur

Istana Presiden di Cipanas ini adalah salah satu dari total 6 Istana Kepresidenan Republik Indonesia. Letak istana sendiri ada di lereng kaki Gunung Gede pada ketinggian 1.100 mdpl.

Bangunan istananya berdiri di atas lahan seluas 26 Ha dan luasnya 7.760 m2. Meski tidak semegah Istana Bogor, istana satu ini juga kaya akan nilai sejarah.

Salah satu wisata Cianjur kota ini bisa dikunjungi gratis setiap ahri, kecuali hari Sabtu dan Minggu. Untuk jam operasionalnya adalah pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

Alamat: Jl. Raya Cipanas No.105, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat 43253

Wisata gratis di Cianjur lainnya bisa dilakukan di Masjid Agung Cianjur ini. Penasaran dengan keunikan masjidnya?

Masjid Agung Cianjur Pamoyanan

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 2

Merupakan salah satu masjid tertua yang telah berdiri ratusan tahun lalu. Diketahui telah dibangun sejak 1810 di atas tanah wakaf Ny. Raden Bodedar binti Kanjeng Dalem Sabiruddin.

Alamat: Jl. Siti Jenab, Pamoyanan, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43211

Berikutnya adalah salah satu wisata hits Cianjur yaitu di Kota Bunga. Kira-kira seperti apa ya wisata yang satu ini?

Kota Bunga Cianjur

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 3

Tahukah anda wisata Cianjur rasa Eropa ini menyuguhkan tempat cozy untuk rekreasi keluarga. Ada banyak wahana permainan yang seru dan menarik.

Satu dari wahananya membuat wisata ini terkenal dengan suasana Eropa, yaitu Kota Bunga yang merupakan cerminan Kota Venesia. Di Venesia mini anda bisa berkeliling dengan Kano.

Tertarik? Harga tiket masuk Kota Bunga Cianjur dibandrol Rp 40.000 sementara jam buka wisata adalah pukul 08.00-16.30 WIB.

Alamat: Jl. Kota Bunga, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253

Tak hanya di Kota Bunga, masih ada banyak aktivitas liburan seru menanti anda di Taman Bunga Nusantara. Bagi anda penyuka bunga, wajib untuk berkunjung ke sini.

Taman Bunga Nusantara Sukaresmi

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 4

Daya tarik utama wisata ini adalah pemandangan warna-warni bunga. Tak hanya itu,  ada banyak wahana hiburan yaitu kereta, super go cart, wahana outbond, dll.

Taman Bunga Nusantara sendiri memiliki 3 Taman: taman Jam, Labirin serta Perancis. Tarif masuknya Rp 40.000 sementara tarif wahana mulai dari Rp 1.000.

Alamat: Jalan Mariwati KM. 7, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Tertarik ke sini? Jangan lupa jam operasionalnya mulai pukul 08.00 hingga 17.30 ya. Berikutnya ada wisata Cianjur rasa Eropa lainnya yaitu di Little Venice.

The Little Venice Batulawang

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 5

Merupakan salah satu wahana di Kota Bunga. Wisata ini berupa danau buatan dan sungai yang didesain mirip dengan Kota Venice di Italia.

Tak hanya Kota Venice, di dalamnya juga terdapat beragam bagunan khas luar negri seperti di Asia, Australia, bahkan Amerika.

Alamat: Batulawang, Cipanas, Batulawang, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

HTM wisatanya adalah Rp 40.000 dan jam bukanya mulai pukul 09.00-16.30. Berikutnya, ada sebuah resort mewah dengan beragam fasilitas untuk kegiatan liburan seru lho.

The Jhon’s Aquatic Resort Panembong

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 6

Wisata Jhon Aquatic Cianjur ini berada di kawaan hutan dan menyediakan banyak permainan menarik. Diantaranya seperti ATV, Flying Fox, Waterball, Trampoline, Boat Lagoon, dll.

Tiket masuk the jhon’s cianjur 2019 adalah Rp 30.000. Sementara jam operasionalnya yaitu mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

Alamat: Kawasan Hutan Cianjur – Panembong, Jl. Desa Babakan Karet, Tangkil, Babakan Karet, Cianjur, Jawa Barat 43211

Apakah anda suka mengoleksi foto-foto unik dan instagenic? Nah, solusi terbaik untuk anda adalah mengunjungi Green Apple Garden di Cianjur ini.

Green Apple Garden Sindanglaya

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 7

Daya tarik utama lokasi wisata ini adalah terdapat banyak spot foto keren dengan latar instagramable. Seperti bus besar warna merah atau bahkan Big Ben London.

Tak hanya itu, lokasinya yang di ketinggian 1200 mdpl membuat kawasan ini sejuk. Bahkan,terlihat pula perbukitan hijau khas Gunung Kasur dari sini.

Hanya dengan HTM Rp75.000, anda sudah bisa puas menikmati view sekaligus berfoto dengan latar keren.

Lokasi: Jl. Mariwati, Sindanglaya, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Selain tempat rekreasi yang unik dan kekinian, ada juga wisata danau di Cianjur. Berikut beberapa opsinya.

Waduk Cirata Plered

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 8

Meskipun dinamai waduk, Waduk Cirata bukanlah hanya waduk kecil. Anda akan dapati sebuah waduk luas berfungsi untuk pusat pembangkit listrik.

Namun, anda bisa berwisata di sini dengan menyewa kapal untuk berkeliling atau memancing. Ditambah free entry, anda bisa bebas masuk waduk 24 jam tanpa membayar biaya kecuali parkir.

Alamat: Desa Tegal waru, Kec. Plered, Kab. Purwakarta, Jawa Barat

Maish di lokasi Waduk Cirata, ada sebuah spot cantik bernama Tirta Jangari. Apa ya keunikan psot wisata ini? Yuk kita cari tahu.

Tirta Jangari Mande

Tirta Jangari ini adalah genangan Waduk Cirata yang digunakan untuk budidaya bermacam-macam ikan. Daya tarik tempat ini adalah keramba terpaun untuk memancing ikan.

Tak hanya itu, karena lokasinya sejuk dan indah, banyak pengunjung memanfaatkan tempat ini untuk rekreasi. Tarif masuk wisata Tirta Jangari ini yaitu Rp 15.000 sementara jam bukanya adalah pukul 08.00-17.00

Alamat: Bobojong, Mande, Cianjur, Jawa Barat 43292

Selain itu, ada sebuah danau asri juga di Cianjur ini. Masyarakat sekitar menamainya Danau Leuwi Soro.  

Danau Leuwi Soro Cianjur

Keunikan danau satu ini terletak pada suasana asri dan air danau yang sangat jernih dan juga tenang. Pemandangan di sekitar danau juga tak kalah menyenangkan.

Dengan harga tiket cukup murah, hanya Rp 5.000 membuat banyak peminat danau ini. Jam operasional danau sendiri mulai pukul 06.00-18.00.

Alamat: Desa Cianjur, Kab. Cianjur, Provinsi jawa barat.

Di Cianjur terbilang ada cukup banyak danau berukuran kecil maupun besar. Selain Leuwi Soro, ada juga Danau Sejuta Pesona.

Danau Sejuta Pesona Cipanas

Seperti namanya, Danau Sejuta Pesona memiliki banyak pesona yang memukau siapa saja. Lokasinya ada di Kota Bunga dan dilengkapi banyak fasilitas menarik.

Fasilitasnya seperti bumper boat, gurita, mandi bola, magic ring, fantasy walk, dll. Sangat menyenangkan bukan?

Alamat: Desa cibodas, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Tak cukup sampai di situ, ada juga Telaga Biru yang siap menemani liburan anda dengan viewnya yang sangat cantik.

Telaga Biru Cipanas

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 9

Tahukah anda mengapa tempat ini dinamai Telaga Biru? Hal ini karena warna air di telaga berukuran 5 ha ini kerap berubah secara dramatis.

Perubahan warna tersebut akibat pertumbuhan alga yang hidup di telaga. Telaga yang terletak di 1.115 dpl ini kadang berwarna coklat, hijau, bahkan biru.

Alamat: Sindangjaya, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253

Tempat wisata talaga Cianjur gratis lho untuk dikunjungi. Jam buka wisatanya pukul 07.30 sampai 17.30.

Selanjutnya, di Cianjur juga ada spot liburan yang bisa dijadikan tempat selfie atau hanya sekedar bersantai. Salah satunya adalah Bravo Campground Citampele.

Bravo Campground Citampele Mande

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 10

Di Bravo Campground Citampele anda bisa bersantai dengan nyaman. Tempat ini menyuguhkan view perbukitan yang asri plus udara sejuk.

Lengkap pula dengan beberapa spot foto maupun selfie yang keren dengan tarif masuk sangat terjangkau. HTM nya hanya Rp 10.000  – Rp 20.000, sementara harga wahana mulai dari Rp50.000 hingga Rp250.000.

Alamat: Jl. Raya Jonggol, Citampele, Cikalongkulon, Cianjur, Mande, Jawa Barat.

Jam operasional wisata adalah mulai pukul 08.0017.00 WIB. Selain objek wisata tersebut, ada lagi wisata yang viral yaitu wisata wachi Cianjur.

Wisata Wachi Tanggeung Cianjur

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 11

Wachi maksudnya adalah wisata alam celak indah. Yaitu salah satu spot menyajikan view alami dari ketinggian.

Namun, setidaknya kamu perlu menuju puncak bukit untuk menikmati view tersebut.

Di atas puncak, selain view cantik lembah-lembah ada juga berbagai spot foto instagenic. Diantaranya gardu pandang berupa bunga matahari, love, papan bintang, dll.  

Alamat: Pagermaneuh, Tanggeung, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43267

Tiket masuk Wisata Wachi Cianjur dibandrol Rp 6.000 dan jam bukanya adalah pukul 08.00-18.00. Selanjutnya, ada rekomendasi wisata lain yaitu Tias Wisata Cianjur.

Tias Wisata Cianjur Sinargalih

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 12

Apa sih Tias Wisata Cianjur? Yaitu berupa tempat rekreasi yang menyediakan banyak fasilitas liburan lengkap.

Salah satunya adalah kolam renang yang dilengkapi dengan berbagai permainan. Tiket masuk Tias Wisata Cianjur adalah Rp 20.000, jam buka kolam renang Tias Wisata yaitu pukul 08.00-17.00.

Alamat: Jl. Rancagoong, Sirnagalih, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43285

Tahukah anda di Cianjur juga memiliki banyak situs bersejarah lho, mulai dari Gunung Padang hingga Situs Gunung Kasur. Berikut reviewnya.

Situs Gunung Padang Campaka

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 13

Kawasan seluas 900 m2 ini berada di ketinggian 885 mdpl. Di situs ini terdapat punden berundak membentuk piramida terbesar se-Asia Tenggara.

Alamat: Jl. Alternatif Cibubur, Karyamukti, Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43215

Tarif masuk situs ini sebesar Rp 10.000 sementara jam operasional situs Gunung Padang adalah pukul 09.00-17.00. Berikutnya, ada juga yang disebut dengan Situs Gunung Kasur.

Situs Gunung Kasur Cibodas

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 14

Salah satu daya tarik situs ini adalah panorama serta view kota Cianjur dari ketinggian. Anda akan melihat lanskap kota serta perbukitan hijau.

Tak hanya itu, anda juga akan melakukan kegiatan trekking di alam terbuka untuk mencapai puncaknya. Tarif masuk wisata 24 jam ini Rp 5.000.

Lokasi: Jl. Gadog 1 Ds. Gadog – Ds.Cibodas , Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Koordinat di sini.

Ada lagi nih alternatif wisata edukasi di Ciajur, namanya Kandang Badak. Apa memang kandang hewan badak atau bagaimana ya? Yuk simak terus.

Kandang Badak Cimacan

Ya, Kandang Badak ini memang sebuah kandang untuk hewan langka Badak. Uniknya, karena lokasinya berada di 2.220 mdpl.

Hal tersebut membuat suasana dan pemandangan di sini sangata menyenangkan. Di samping anda bisa melihat dan belajar banyak hal tentang hewan ini.

Alamat: Cimacan, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253

Hanya dengan membayar Rp 5.000 saja, anda sudah bisa memasuki kawasan ini dari jam 08.00-17.00. Jika ingin melihat flora dan fauna lebih lengkap anda bisa berkunjung ke Wana Wisata Mandalawangi Cianjur.

Wana Wisata Mandalawangi Cibodas

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 15

Tempat ini merupakan sebuah kawasan yang dilengkapi cagar alam, danau dan area outbond. Di daerah sejuk ini anda bisa berlibur bersama keluarga sambil bermain dan belajar banyak hal.  

Harga tiket masuknya sebesar Rp 13.500 sementara jam buka wisata adalah 24 jam.

Alamat: Komplek Pasar Lapang Mandalawangi, Jl. Raya Cibodas, Desa Cimacan, Cibodas, Cipanas, Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat 43253

Selain itu, ada juga sebuah kawasan yang memiliki fasilitas outbond yang seru dan menarik. Yaitu di Wana Wisata Pokland.

Wana Wisata Pokland Haurwangi

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 16

Di atas lahan seluas 30 hektar, Wana Wisata Pokland menyuguhkan pemandangan serta nuansa hutan yang teduh. Tersedia juga fasilitas wisata seperti trek motocross, bumi perkemahan, dan juga downhill.

Ada juga fasilitas glamping serta spot rumah pohon yang keren. Tiket masuk Pokland adalah Rp 6.000 sementara jam buka Pokland pukul 08.00 – 17.00.

Lokasi: Desa Haurwangi, Haurwangi, Cianjur, Jawa Barat. Koordinat di sini.

Tak hanya memiliki wana wisata, Cianjur juga menawarkan beberapa spot alam dengan view pemandangan kebun teh yang luas biasa cantik. Berikut beberapa alternatifnya.

Perkebunan Teh Panyairan Cianjur

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 17

Perkebunan teh ini berada cukup jauh dari pusat kota yaitu sekitar 35 km. Namun, view dan suasananya jangan diragukan lagi, hamparan hijau kebun teh akan memanjakan mata anda.

Alamat: Desa cianjur, Kec. Cianjur, Kab.Cianjur, Provinsi Jawa Barat

Hanya dengan tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja, anda bisa menikmati kawasan ini mulai dari pukul 08.00-17.00.

Selanjutnya, ada wisata Puncak Rindu Alam dengan pemandangan yang tak kalah memesona. Berikut ulasannya.

Puncak Rindu Alam Cisarua

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 18

Lokasi wisata Puncak Rindu Alam ada di Jalan Raya Puncak km 83. Dari lokasi ini anda bisa menikmati indahnya alam pengunungan.

Tak hanya itu, banyak tersedia fasilitas yang cukup lengkap yang akan memanjakan waktu liburan anda di sini. Tiket masuk Puncak Rindu Alam sebesar Rp 5.000 sementara jam bukanya pukul 09.00-17.00.

Alamat: Jalan Raya Puncak, Km. 89, Tugu Selatan, Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750

Berikutnya ada wisata kebun Teh Gedeh di Jalan Raya Cipanas-Cianjur. Di bawah ini informasinya.

Perkebunan Teh Gedeh Cugeneng

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 19

Perkebunan Teh Gedeh ini juga menawarkan pemandangan pohon teh yang tak kalah menakjubkan. Selain luas banyak hal menarik untuk dinikmati di sini.

Sebagai informasi Perkebunan Teh Gedeh ini merupakan kebun teh tertua di Pulau Jawa lho. Hanya Rp 5.000 saja tiket masuknya, sementara jam buka pukul 09.00-17.00.

Alamat: Desa Cugenang, Kec. cianjur, Kab. cianjur, Prov Jawa Barat.

Ada juga spot wiata alam yang wajib anda kunjungi yaitu Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Ada banyak hal yang bisa anda lihat di sana!

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Cipanas

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 20

Kawasan ini sangat kaya akan keanekaragaman ekosistem. Diantaranya seperti ekosistem sub-alpin, montana, savana, danau sampai rawa.

Untuk memasuki kawasan ini, anda bisa mulai dari Gunung Putri, Hotel Selabintana, Bogor, Cibodas, Situgunung camping ground, atau Bodogol. Biaya masuk wisata sebesar Rp 29.000.

Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat 43253

Mau mencoba wisata kekinian di Cianjur? Ada yang baru nih yaitu Canopy Trail TNGGP di Cibodas. Apa ya keunikannya?

Canopy Trail TNGGP Cimacan

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 21

Yang menjadi objek wisata ini unik adalah sebuah Canopy Trail sepanjang 130 m. Canopy ini dibentangkan empat pohon Rasamala untuk tiang penyangganya.

Nah, menariknya lagi anda akan adrenalin dengan berjalan di atas jembatan gantung setinggi 45 m tersebut. Berani? Silakan siapkan budget sebesar Rp 31.000 untuk menguji adrenalin anda di sini.

Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat 43253

Tak hanya Taman Nasional, anda juga bisa menjajal wisata gunung di Gunung Gede. Berikut informasinya untuk anda.

Gunung Gede Pangrango Cipanas

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 22

Gunung ini memiliki tinggi sekitar 3000 mdpl. Tahukah anda banyak pendaki yang menjadikan gunung ini spot favorit untuk hiking.

Hal tersebut dikarenakan keindahan puncaknya memiliki daya tarik tersendiri. Tarif masuk wisatanya sama dengan wisata Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Alamat: Cibodas, Cimacan, Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat 43253

Berikutnya ada wisata alun-alun di Cianjur, tetapi jangan salah karena buka alun-alun pada umumnya. Alun-alun ini terletak di ketinggian.

Penasaran kan? Langsung saja baca reviewnya.

Alun-Alun Suryakencana Kadudampit

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 23

Alun-alun Suryakencana ini merupakan hamparan bunga edelweis, bukan sebuah lapangan luas. Sehingga alun-alun ini menjadi spot favorit selfie pengunjung.

Musim terbaik untuk mengunjungi Lembah Mandalawangi ini adalah bulan Juni hingga September. Gratis tanpa biaya masuk, anda juga bisa mengakses alun-alun ini kapan saja.

Alamat: Jl. Gunung Jati 1, Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat 43153

Sudah puas dengan pemandangan alam yang cantik? Nah, kali ini akan kami ajak untuk bereksplorasi di wisata air dan wisata air terjun di Cianjur.

Arum Jeram di Sungai Cikundul Cianjur

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 24

Yang wajib anda coba ketika ke Cianjur adalah arum jeram Sungai Cikundul. Adrenalin anda akan ditantang di jalur sepanjang 7 km.

Selain itu, pemandangan alam yang sangat memukau, aktivitas rafting akan semakin menyenangkan.

Tiket masuk wisata arum jeram Cikundul ini dibandrol seharga Rp 80.000. Jam buka wisata sendiri yaitu mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

Alamat: Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat

Selanjutnya adalah wisata air terjun, anda wajib mengunjungi curug di Cianjur. Memang ada banyak sekali spot curug di sini, beberapa akan kami rekomendasikan untuk anda.

Curug Citambur Pasirkuda

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 25

Merupakan salah satu curug terbaik dengan panorama alam memesona. Dengan ketinggian lebih dari 130 m, curug ini memiliki banyak keunikan.

Keunikannya yaitu debitnya airnya sangat deras dan banyak. Sampai menimbulkan uap air yang berbentuk seperti kabut tipis sehingga biasa dinamai Curug Ngebul.

Alamat: Desa Karang Jaya, Kecamatan. Pasirkuda, Cianjur Selatan

Hanya dengan Rp 3.000 saja, anda sudah bisa mengakses wisata ini sepuasnya selama 24 jam. Alternatif curug berikutnya adalah Curug Cikondang.

Curug Cikondang Campaka

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 26

Curug Cikondang letaknya sangat strategis yaitu diantara hamparan kebun teh dan terasering sawah. Hal tersebut menambah keindahan air terjun setinggi 50 meter ini.

Sebetulnya, Curug Cikondang bukan bentukan air mata asli, tetapi tumpahan sungai dari tebing besar. Namun jangan diragukan keindahannya!

Alamat: Wangunjaya, Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43263

Tarif masuk Curug Cikondang hanya Rp 5.000 dengan jam buka mulai pukul 07.00-17.00. Selain Cikondang, ada lagi Curug Cibereum.

Curug Cibeureum Cipanas

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 27

Di Curug Cibereum ini terdapat dua air terjun lain berukuran lebih kecil. Yaitu Curug Cidendeng dan Cikundul.

Curug Cibeureum adalah air terjun terbesar namun terpendek di Cianjur. Letaknya dekat shelter dan terbuka sehingga banyak diminati pengunjung.

Alamat: Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Indonesia

HTM Curug Cibereum adalah Rp 18.500, jam buka Curug Cibereum mulai dari pukul 08.00 hingga 15.00.

Mau tahu curug keren yang masih sangat asri? Coba deh Curug Cibule.

Curug Cibule Mekarsari

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 28

Tahukah anda curug ini sempat hits sejak tahun 90an, namun belakangan tak banyak yang berminat ke sini.

Padahal viewnya sangat cantik. Karena tak banyak yang datang ke sini suasana sekitar lokasi menjadi sangat bersih dan asri.

Alamat: Kampung Sirnasari, Desa Mekarsari, Kecamatan Cikalongkulon – Cianjur

Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau hanya Rp 5.000 dan jam buka wisata 24 jam. Ada juga Curug Dadali dengan view nya yang sangat instagenic.

Curug Dadali Kadupandak

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 29

Keunikan dari curug ini adalah aliran airnya cukup deras. Di sekitar kubangan terdapat bebatuan yang ditumbuhi tumbuhan lumut.

Ada beberapa spot keren dan Instagenic untuk koleksi foto instagram anda. Ditambah free entry dan 24 jam, siapa yang tak ingin berkunjung ke sini?

Alamat: Kampung Lebaksaat, Wargaasih, Kadupandak, Cianjur Selatan, Jawa Barat.

Rekomendasi berikutnya sekaligus yang terakhir tentang curug yaitu Curug Luhur. Apa ya pesonanya? Simak kelanjutan artikel ini.

Curug Luhur Batulawang

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 30

Sudah tahu belum Curug Luhur menjadi hot tourism spot terbaru di Cianjur? Hal tersebut dikarenakan tempatnya keren serta air terjunnya sangat Instagrammable.

Tentu ada banyak spot keren untuk berfoto dan panorama alamnya masih asri. Sementara harga tiket masuk curug luhur ini relatif atau sukarela saja.

Alamat: Pamoyanan, Cibinong, Batulawang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kalau sudah puas dengan wisata air terjun, silakan mencoba wisata desa yang biasa dijuluki Kota Langit Sarongge ini.

Desa Sarongge

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 31

Ada banyak spot wisata menarik di Desa Sarongge yang mengedepankan konsep hijau ini. Banyak aktivitas seru untuk dilakukan juga seperti bercocok tanam hingga budidaya lebah madu.

Anda juga bisa membeli sekeranjang sayuran organik hanya dengan Rp50.000 di sini.

Alamat: Desa Ciputri, RT.03 RW.06, Kecamatan Pacet, Ciputri, Cianjur, Cianjur, Jawa Barat.

Selain desa, di Cianjur juga ada pantai lho. Berikut beberapa objek wisata pantai di Cianjur.  

Pantai Lugina Agrabinta

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 32

Pantai ini berhadapan langsung dengan Pantai Laut Selatan sehingga memiliki ombak yang kuat. Pasir pantai ini berwarna hitam namun masih ramah untuk para pengunjung.

Di sini anda bisa mencoba olahraga ekstrim yaitu selancar juga selancar angin. Tiket masuk pantai ini gratis sehingga anda bebas berkunjung ke sini.

Alamat: Jl. Pantai Lugina, Desa Wanasari, Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Alternatif pantai lainnya yaitu di pantai Jayanti ini. Apa ya keunikan pantainya?

Pantai Jayanti Cidaun

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 33

Pantai ini masih sangat asri karena jauh dari kegiatan industri.

Selain itu, ada banyak daya tarik lain, salah satunya sunset di pantai ini sangat indah sehingga rekomended bagi pemburu sunset.  

Wisata pantai Jayanti Cianjur ini bisa diakses dengan biaya Rp 5.000-Rp15.000. Sementara jam buka pantai adalah 24 jam.  

Alamat: Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43275

Berikutnya rekomendasi terakhir pantai di Cianjur, yaitu Pantai Arfa. Pesona pantai ini tak kalah dengan pantai sebelumnya lho.

Pantai Apra Sindangbarang

40 Wisata Cianjur Paling Rekomended Dikunjungi Tahun Ini 34

Ada beberapa keunikan di pantai ini yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa diantaranya adalah musim impun, spot selancar dan juga kisah sejarah pantai ini.

Pantai Apra juga tempat romantis untuk berburu sunset lho. Hanya dengan Rp 2.000 – Rp 5.000 saja, anda sudah bisa memasuki kawasan pantai yang buka 24 jam ini.

Tertarik? Kunjungi pantainya di alamat yang tertera di bawah ini.  

Alamat: Saganten, Sindangbarang, Kab.Cianjur, Jawa Barat 43272

Itu tadi 40 daftar wisata Cianjur yang tak boleh anda lewatkan. Nah, setuju kan kalau potensi wisata di Cianjur ini tak kalah dengan kota lain seperti Bandung ataupun wisata Purwakarta?

Yuk, kita semarakkan tempat wisata di Cianjur Kota Bunga dengan bereksplorasi sekaligus menjaga kecantikan objek wisatanya.

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *