18 Wisata Cilacap Indah Yang Menarik Perhatian Wisatawan

Wisata Cilacap Indah

Apakah terdapat objek wisata yang dapat dikunjungi di Kabupaten Cilacap? Cilacap tidak hanya terkenal sebagai lokasi penahanan para narapidana yang melakukan kejahatan berat namun juga memiliki berbagai macam objek wisata

Kabupaten Cilacap memiliki luas wilayah yang paling besar diantara kabupaten-kabupaten lain di Jawa Tengah. Itulah mengapa anda bisa menemukan banyak objek wisata yang dapat dikunjungi.

Banyak yang mengira bahwa Cilacap tidak memilik banyak objek wisata yang dapat dikunjungi ketika liburan tiba. Anda bisa memilih mau kemana anda menghabiskan akhir pekan atau liburan anda.

Daftar Objek Wisata Cilacap Yang Cantik Dan Menawan

Cilacap memang terkesan sebagai daerah yang menyeramkan karena kita mengenal Cilacap sebagai tempat hukuman terpidana mati dan seumur hidup. Siapa sangka kabupaten ini memilik objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Apakah penasaran dengan objek wisata yang dimiliki Cilacap? Simak terus artikel di bawah ini ya.

Benteng Pendem Cilacap

Benteng Pendem adalah sebuah benteng peninggalan jaman Belanda yang dibangun pada tahun 1861. Apakah anda tahu kenapa benteng ini dinamakan Benteng Pendem?

Benteng Pendem Cilacap

Pendem adalah kata bahasa Jawa yang berarti pendam. Benteng ini memang pernah terpendam oleh pasir pantai dan tidak terurus dan kemudian ditemukan kembali untuk dijadikan sebuah objek wisata.

Lokasi: Jalan Benteng, Cilacap, Cilacap Selatan, Cilacap, Jawa Tengah.

Untuk menikmati sejarah yang terletak didalamnya anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,00/ orang yang dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 18.00. Selain Benteng Pendem, Cilacap memiliki objek wisata yang berbentuj benteng yaitu Benteng Karang Bolong.

Benteng Karang Bolong Nusakambangan

Benteng Karang Bolong merupakan benteng peninggalan jaman Belanda yang berumur 146 tahun. Selain dijadikan sebagai wisata sejarah ternyata benteng ini cocok digunakan sebagai wisata mistis.

Benteng Karang Bolong

Kesan horor tersebut akan anda temukan pada lorong-lorong yang sunyi dan gelap. Walaupun terlihat menyeramkan namun bangunan dan lorong tersebur terlihat kokoh karena lorong ini digunakan sebagai sistem pertahanan pada jaman Belanda.

Lokasi: Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Untuk menikmati sensasi kemistisan Benteng Karang Bolong anda tidak perlu membayar tiket masuk dan bisa datang kapan saja. Selain benteng Anda pun bisa berkunjung ke museum untuk menikmati wisata sejarah di Kabupaten Cilacap.

Museum Susilo Soedarman Kroya

Museum Susilo Soedarman merupakan sebuah museum yang menyimpan peninggalan Jenderal TNI (Purn) Soesilo Soedarman. Museum ini menempati sebuah Pendopo Wisma Mbah Ageng.

Museum Susilo Soedarman Kroya

Anda bisa menemukan senjata, gamelan, wayang foto dan masih banyak koleksi lainya. Selain itu anda pun bisa menemukan kendaraan amfibi.

Lokasi: Tinggarjati Lor, Gentasari, Kroya, Cilacap, Jawa Tengah.

Untuk melihat koleksei Museum Susilo Soedarman anda bisa berkunjung setiap hari mukaiy pukul 09.00 sampai 16.00 dengan tiket masuk sebesar Rp 3.000,00/ orang. Jika anda ingin menikmati wisata yang lebih santai lagi anda bisa berjalan-jalan di alun-alun Cilacap.

Alun-Alun Kroya Cilacap

Alun-alun Kroya merupakan tempat nongkrong favorit warga Cilacap. Warga yang datang ke alun-alun biasanya berolah raga atau pun bersantai-santai.

Alun-Alun Kroya Cilacap

Selain bersantai-santai anda bisa menikmati wisata kuliner. Terdapat kereta mini yang tersedia untuk anak-anak bermain.

Lokasi: Kroya, Cilacap, Jawa Tengah.

Untuk bersantai di Alun-Alun Kroya anda bisa datang kapan saja tanpa membayar tiket masuk. Selain Alun-Alun Kroya Cilacap juga punya taman alun-alun lain yaitu Alun-Alun Majenang.

Alun-Alun Majenang Cilacap

Alun-alun Majenang Cilacap merupakan tempat favorit bagi anak muda untuk berkumpul dan bersantai. Selain itu alun-alun ini pun juga digunakan untuk wisata keluarga.

Alun-Alun Majenang Cilacap

Waktu yang pas untuk mengunjungi alun-alun adalah sore hari pada saat cuaca sudah tidak panas. Untuk melengkapi keseruan berkumpul anda bisa menyantap anake kuliner yang dijajakan di pinggir alun-alun.

Lokasi: Jalan Diponegoro, Jenang, Majenang, Cilacap.

Tidak ada harga tiket masuk untuk mengunjungi Alun-Alun Majenang selain itu anda bebas datang kapan saja. Rekomendasi wisata lain untuk berkumpul bersama teman atau keluarga adalah dengan berwisata ke Waterpark Tirta Mas Sidanegara.

Waterpark Tirta Mas Sidanegara

Waterpark Tirta Mas merupakan taman wisata air favorit keluarga untuk menikmati akhir pekan atau liburan. Waterpark ini memiliki tiga kolam renang yaitu untuk anak, remaja dan dewasa.

Waterpark Tirta Mas Sidanegara

Untuk menambah keseruan bermain air pengelola pun menyediakan beberapa perosotan. Kehadiran perosotan ini akan menambah keseruan anda bermain air.

Lokasi: Jl Rinjani, Perumahan Pertamina, Sidanegara, Cilacap Tengah.

Untuk menikmati keseruan berenang di Waterpark Tirta Mas anda bisa membayar tiket sebesar Rp 20.000,00/ orang dengan jam buka pukul 07.00 sampai 18.00. Selain bermain air dan perosotan di Waterpark Tirta Mas anda bisa merelaksasi diri dengan berendam air panas di Pemandian Air Panas Cipari Cilacap.

Pemandian Air Panas Cipari Cilacap

Selain bermain air di kolam renang anda bisa merasakan sensasi berendam di pemandian air panas yang tidak kalah seru. Anda bisa mencoba berenang di Pemandian Air Panas Cipari.

Pemandian Air Panas Cipari

Namun untuk mencapai pemandian air panas ini anda harus menempuh perjalanan yang lumayan jauh yaitu sekitar 2 jam dari kota Cilacap. Tapi jangan salah sesampainya di kolam pemandian anda akan disuguhi pemandangan yang indah dari sekitar lokasi pemandian.

Lokasi: Desa Cipari, Cipari, Cilacap, Jawa Tengah.

Untuk merasakan sensasi kehangat berendam di Pemandian Air Panas Cipari anda harus membayar sebesar Rp 5.000,00 pada jam 08.00 sampai 16.00 setiap hari. Jika anda ingin merasakan sensasi kesegaran mandi di alam bebas anda bisa mencoba berkunjung ke Curug Mandala.

Curug Mandala Jeruklegi

Curug Mandala adalah sebuah curug yang unik karena tidak terbentuk tidak sengaja. Curug ini terbentuk akibat letusan bom tentara Belanda yang mengenai sebuah mata air sehingga terbentuk sebuah curug.

Curug Mandala Jeruklegi

Selain itu curug ini dikelilingi oleh tebing-tebing yang lengkap dengan pepohonan hijau yang menambah kesan romantis. Itulah mengapa curug ini menjadi pilihan wisatawan walupun akses menuju curug ini agak aulitt dijangkau.

Lokasi: Mendala, Jeruklegi.

Untuk menikmati keindahan curug ini anda bisa datang setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 17.00 dengan membayar tiket sebesar Rp 5.000,00. Ternyata selain Curug Mandala, Cilacap memiliki banyak wisata air seperti Pantai Teluy Penyu.

Pantai Teluk Penyu Cilacap

Kenapa pantai ini dinamakan Pantai Teluk Penyu? Ya, karena memang anda bisa melihat penyu-penyu yang terletak di penangkaran pantai.

Pantai Teluk Penyu Cilacap

Selain melihat penyu-penyu dengan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000,00 anda bisa menikmati wahana air dan menaiki mercusuar yang terletak di bibir pantai. Fasilitas lain yang tersedia pun cukup lengkap seperti penjual souvenir dan kerajinan dari kerang.

Lokasi: Cilacap Selatan, Cilacap, Jawa Tengah.

Anda bisa datang ke Teluk Penyu setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 18.00. Jika anda menginginkan wisata ke pantai lain anda bisa mampir ke Pantai Kalipat yang masuk dalam kawasan Nusakambangan.

Pantai Kalipat Nusakambangan

Salah satu pantai pasir putih Cilacap adalah Pantai Kalipat. Pantai Kalipat adalah pantai yang terletak di kawasan Nusakambangan yang memberikan pemandangan yang mempesona.

Pantai Kalipat Nusakambangan

Namun anda harus menyeberang dengan perahu ke Pulau Nusakambangan dari Pantai Teluk Penyu dengan membayar sewa perahu sebesar Rp 15.000,00- Rp 20.000,00/ orang. Sesampainya di Pulau Nusakambangan anda harus menyusuri hutan dengan menggunakan jasa pemandu wisata yang mematok harga antara Rp 150.000,00-Rp 200.000,00/ rombongan.

Lokasi: Pulau Nusakambangan, Tambakreja, Cilacap Selatan, Cilacap, Jawa Tengah.

Ternyata Pulau Nusakambangan bukan tempat yang menyeramkan seperti yang anda bayangkan. Selain Pantai Kalipat anda juga bisa menemukan pantai perawan Pantai Permisan Nusakambangan.

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *