34 Wisata Cirebon Instagramable yang Cocok untuk Plesiran

Diposting pada

Taman Sari Goa Sunyaragi Kesambi

Selain Siwalk, ada lagi spot yang bisa dikunjungi untuk sekedar bersantai di alam. Namanya adalah Taman Sari Goa Sunyaragi yang memiliki luas 15 Ha.

34 Wisata Cirebon Instagramable yang Cocok untuk Plesiran 1

Dulunya, tempat ini adalah tempat pertapaan dan tempat pelatihan tentara Sultan Cirebon. Tak hanya sejuk, tempat ini juga penuh misteri dan bernilai seni tinggi sehingga cocok untuk berfoto.

Alamat:  Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat, 45132

Tarif masuk wisata ini sangat terjangkau hanya dengan Rp 10.000 dan jam buka wisata pukul 08.00 hingga 17.30 WB.

Tak jauh dari sini, ada lokasi dimana anda bisa berinterkasi dengan kura-kura lho! Simak terus ya kelanjutan review kami.

Wisata Kura-kura Belawa Lemahabang

Di wisata Kura-Kura Belawa Cirebon Jawa Barat ini anda akan menemukan pusat Observasi Kura-kura Belawa namanya Cikuya. Tahukah anda kura-kura ini habitatnya di air tawar pegunungan dan bisa berumur 150 tahun.

34 Wisata Cirebon Instagramable yang Cocok untuk Plesiran 2

Kura-kura langka dan unik ini lebar cangkangnya bisa sampai 1 meter dan berat hingga 80 kg. Penasaran kan? Datang saja antara pukul 08.00-17.00 dan jangan lupa HTM nya murah saja yaitu Rp 3.000.

Alamat: Belawa, Lemahabang, Cirebon, Jawa Barat 45183

Selain melihat kura-kura, di Cirebon anda juga bisa berkesempatan untuk berinterkasi dengan kera. Yaitu di Plangon.

Wisata Kera Plangon Sumber Cirebon

Objek wisata ini terletak di daerah perbukitan dan hutan-hutan sehingga sangat sejuk. Tak hanya itu, kawasan seluas 48 Ha ini dijaga kera-kera liar sehingga anda bisa bertemu mereka dengan leluasa.

34 Wisata Cirebon Instagramable yang Cocok untuk Plesiran 3

Konon, ada cerita mistis di balik banyaknya kera di kawasan ini? Penasaran untuk menguaknya? Datang langsung saja ke lokasi berikut.

Alamat: Babakan, kecamatan Sumber, Cirebon, Jawa Barat 45612

HTM nya cukup murah saja yaitu Rp 3.000 dan jam operasional wisatanya 24 jam. Selain Plangon ini, masih ada alternatif wisata alam Cirebon yang wajib anda kunjungi lho, yaitu Bukit Gronggong.

Bukit Gronggong Beber

Yaitu salah satu wisata romantis Cirebon dengan view lampu-lampu kota Cirebon dari atas bukit. Tak heran banyak muda mudi menjadikan bukit ini tempat favorit untuk nongkrong.

34 Wisata Cirebon Instagramable yang Cocok untuk Plesiran 4

Bukit Gronggong sendiri sangat cocok dijadikan tongkrongan sore menjelang malam. Untuk dapat nongkrong di wisata 24 jam ini tak perlu biaya mahal hanya Rp 5.000 saja.

Alamat: Patapan, Beber, Cirebon, Jawa Barat 45172.

Kalau ini wisata bukit, selanjutnya ada rekomendasi wisata berupa gua di Cirebon. Namanya adalah Gua Sunyaragi, pernah dengar?

Gua Sunyaragi Kesambi

Gua yang adalah semacam lorong yang memiliki 18 bangunan kuno. Gaya desain di dalamnya merupakan paduan antara Indonesia klasik serta Tiongkok.

34 Wisata Cirebon Instagramable yang Cocok untuk Plesiran 5

Gua ini terdiri dari dua bagian, bagian pertama merupakan area pesanggrahan/ruang tidur dan rias. Bagian keduanya terdiri dari banyak lorong yang berbentuk labirin.

Tiket masuk wisata ini sangat terjangkau yaitu Rp10.000-Rp 15.000. Sementara jam operasionalnya pukul 08.00 – 17.00.

Alamat: Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132

Jangan bilang di Ciebon tidak ada tempat relaksasi alam, buktinya ada Banyu Panas Palimanan. Anda bisa puas berendam di kolam air hangatnya sambil relaksasi.

Banyu Panas Palimanan Cirebon

Wisata Banyu Panas ini adalah pemandian air panas yang alami. Kolamnya terbentuk dari pengeboran sebuah perusahaan semen di Cirebon.

34 Wisata Cirebon Instagramable yang Cocok untuk Plesiran 6

Selain untuk berwisata, tempat ini juga sangat baik untuk edukasi geologi. Tak perlu biaya mahal, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10.000 untuk wisata antara pukul 06.00 – 18.00.

Alamat: Raya Cirebon-Paliman, Palimanan Barat, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, 45161.

Selain kolam pemandian air panas alamai, di Cirebon juga terdapat waduk untuk tempat rekreasi. Namanya Situ Sedong, berikut informasinya.

Situ Sedong Cirebon

Merupakan sebuah waduk peninggalan masa penjajahan Belanda sejak tahun 1918. Di tahun 1921, waduk ini digunakan sebagai area untuk irigasi.

34 Wisata Cirebon Instagramable yang Cocok untuk Plesiran 7

Di tempat wisata ini anda bisa melakukan banyak aktivitas seru. Diantaranya adalah bersantai, jogging, bermain bebek air bahkan memancing.

Alamat: Desa Sedong Lor, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Hanya membayar biaya masuk Rp 3.000, anda sudah bia puas menikmati lokasi wisata 24 jam ini. Ada satu lagi lokasi strategis untuk memancing lho, yaitu di Desa Wisata Cikalahang.

Desa Wisata Cikalahang Dukupantang

Yaitu sebuah desa wisata yang memiliki kolam pemancingan ikan air tawar berbagai jenis. Di sini anda bisa memancing ikan sepuasnya.

34 Wisata Cirebon Instagramable yang Cocok untuk Plesiran 8

Ikan-ikan yang anda pancing dihargai dengan tarif tertentu. Selain itu, anda juga bisa meminta untuk dimasak langsung.  

Alamat: Desa Cikalahang, Kecamatan Dukupuntang, Cirebon, Jawa Barat.

Setelah puas memancing, alangkah baiknya jika anda mengujungi beberapa wisata alam Cirebon berupa telaga. Salah satunya Telaga Nilam Cirebon.

Telaga Nilam Pesawahan Cirebon

Yang menjadi keunikan wisata ini adalah telaga alami dengan pepohonan besar di sekitarnya. ditambah lagi, di dalam telaga ini hidup ikan mas dengan ukuran besar.

34 Wisata Cirebon Instagramable yang Cocok untuk Plesiran 9

Biaya masuk yang murah yaitu Rp 5.000 saja, membuat banyak wisatawan tertarik untuk berburu foto cantik di sini. Jam buka wisata sendiri yaitu setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

Alamat: Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Cirebon, Jawa Barat.

Selain Telaga Nilam, masih ada satu lagi wisata telaga yang tak klaah cantik. Telaga cantik ini lebih dikenal dengan nama Telaga Remis Cirebon.

Telaga Remis Kuningan

Karena sangat cantik dan masih asri, banyak muda mudi berburu foto instagenic di telaga ini. Di sekitarnya, tumbuh kerang air tawar yang semakin menambah kecantikan.

34 Wisata Cirebon Instagramable yang Cocok untuk Plesiran 10

Untuk memasuki objek wisata ini hanya dibutuhkan biaya sekitar Rp 10.000. Sedangkan jam operasional sendiri adalah setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.25.

Alamat: Desa Kaduela, Kuningan, Cirebon, Jawa Barat, 45559.

Selain telaga, di Cirebon juga ada wisata pantai lho. Jika anda penasaran silakan datang saja ke Pantai Kejawahan di daerah Lemahwungkuk.

Pantai Kejawanan Lemahwungkuk

Yang menjadi daya tarik pantai ini adalah latar Gunung Ciremai dan spot terbaik berburu sunset eksotis. Selain itu, ada air ajaib dan sewa kapal untuk berkeliling di sekitar pantai.

34 Wisata Cirebon Instagramable yang Cocok untuk Plesiran 11

Biaya masuk pantai ini sangat murah, yaitu hanya Rp 1.000 dan biaya sewa kapal hanya Rp 5.000. Pantai Kejawahan dibuka untuk umum dari pukul 08.00 hingga 16.00.

Alamat: Pegambiran, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Dari wisata air, kita beralih ke tempat wisata yang lagi hits di Cirebon. Salah satunya Batu Lawang Cirebon di bawah ini.

Batu Lawang Gempol

Tempat wisata ini merupakan sebuah tebing dengan ketinggian beragam. Ada yang setinggi 30 m,  100 m bahkan samapi 200 m.

34 Wisata Cirebon Instagramable yang Cocok untuk Plesiran 12

Dengan karakteristik tersebut, Batu Lawang sangat cocok untuk penyuka olahraga panjat tebing. Formasi unik bebatua ini juga didukung suasana alam yang asri serta eksotis.

Alamat: Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon 45161

Objek wisata 24 jam ini bisa dinikmati dengan biaya sekitar Rp5.000. Kurang puas dengan Batu Lawang, anda bisa mencoba wisata hutan dengan pesona danau di dalamnya.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *