17 Tempat Wisata Di Jogja Malam Hari Aman dan Instagramable

Diposting pada

Yogyakarta memang memiliki pesona tiada habisnya, semua orang bahkan ingin kembali lagi. Kenapa tidak mencoba beberapa tempat wisata di jogja malam hari yang terbilang cukup aman dan pastinya instagramable.

Bahkan cocok membawa serta keluarga dan anak-anak. Lokasinya cukup strategis, harga tiket masuk murah bahkan gratis. Selain itu bisa mencoba kuliner khas jogja yaitu gudeg yang melegeda.

Listing Tempat Wisata di Jogja Malam Hari

Bukan hanya kuliner, ada beberapa tempat di jogja yang patut di kunjungi pada malam hari untuk mendapatkan suasana berbeda. Bahkan terasa lebih nyaman dan memiliki banyak spot foto menarik.

Kawasan Wisata Malioboro

Malioboro sudah jadi ikon bahkan landmark kota Yogyakarta. Wisata malam jogja yang tidak pernah sepi, biasanya mulai ramai pada pukul empat sore.

Ada banyak pedagang kaki lima, mulai dari oleh-oleh khas Jogja, penjualan makanan lesehan hingga rombongan pengamen jalanan. Siapa yang akan melewatkan suasana malioboro di malam hari, apalagi di akhir pekan.

Kini Malioboro tidak terlalu ramai kendaraan karena hanya menetapkan satu arah (one way) bahkan sering kali jadi tempat car free day di event tertentu, seperti tahun baruan kemarin.

Alamat Jl. Margo Mulyo Jl. Jend. Ahmad Yani No.106, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
Jam BukaMinggu – Sabtu : 24 jam
Lebih ramai di sore hingga malam hari
HTMgratis (hanya parkir)
FasilitasBanyak penjual makanan (lesehan), pusat oleh-oleh, hiburan pengamen jalanan di sore hingga malam hari dan kini sudah banyak kantong parkir untuk mobil dan motor hingga tengah malam
Review TempatJalan Malioboro

Alun Alun Kidul (Alkid) Yogyakarta

Menikmati kota jogja kurang lengkap rasanya kalau tidak datang ke alun-alun kidul Yogyakarta atau lebih dikenal dengan alkid. Hiburan rakyat yang tidak pernah sepi dan mulai ramai di sore hari.

Alun Alun Yogyakarta malam hari yang paling ramai, banyak hiburan malam seperti odong-odong dengan berbagai bentuk dan menyala. Bahkan bisa dinaiki 5 hingga 10 orang.

Selain itu banyak pedangan makanan dan minuman khas jogja, seperti kucingan hingga gudeg. Harganya cukup terjangkau dan jadi pilihan kuliner di malam hari.

Alamat Jl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133
Jam Buka24 Jam
Ramai saat sore hingga tengah malam
HTMgratis (hanya parkir)
FasilitasAlun-alun dengan dua beringin besar (ada mitos), pedagang kaki lima (makanan, minuman dan peralatan), mobil odong-odong
Review Tempat Alun Alun Kidul (Alkid) Yogyakarta

Sindu Kusuma Edupark (SKE)

Taman hiburan malam yang cocok untuk keluarga, Sindu kusuma edupark buka setiap hari hingga hampir tengah malam. Cocok untuk balita, anak-anak hingga dewasa.

Tiketnya di jual beragam, bahkan untuk masuk hanya perlu merogoh kantong Rp. 20.000 saja. Ini sudah termasuk wahana seperti omah batik, omah musik dan teraphy ikan.

Kurang lengkap rasanya jika datang ke SDE tanpa mencoba cakra manggilingan  yang memiliki ketinggian hingga 48 meter. Saat berada di puncak hampir seluruh kota Jogja akan terlihat dari ketinggian. 

Alamat Jl. Jambon Jl. Kragilan, Kragilan, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284
Jam BukaMinggu – Sabtu : 08.00 – 23.00
Water park : 08.00 – 20.00
Hari besar jam buka beda
Kontak Reservasi (0274) 6429660
Fasilitas17 wahana wisata, water park (terpisah), play ground, spot foto, mushala dan toilet, pusat oleh-oleh SDE dan parkiran luas
HTMTiket masuk (umum) Rp. 20.000
Water park Rp. 25.000 (weekday) dan Rp. 35.000 (weekend, liburan dan hari besar)
Tiket masuk tiap wahana mulai Rp. 10.000 – 50.000
Entrance Plus Rp. 50.000
Terusan anak-anak Rp. 120.000 (tinggi max 120 cm)
Terusan dewasa Rp. 140.000
Review Tempat Sindu Kusuma Edupark (SKE)

Bukit Bintang

Bukit bintang malam hari jadi rekomendasi tempat nongkrong, baik anak muda hingga keluarga. Banyak tempat makan, rata-rata memang lesehan dengan menu nasi goreng hingga seafood.

Tempatnya unik di ketinggian dan setiap pengunjung pasti memilih view pemandangan kota. Tempatnya cukup ramah anak, sekalipun kalau malam jadi smooking area.

Wisata sekitar bukit bintang jogja terbilang banyak, mulai dari gunung api purba hingga pemandian air panas. Kalau ingin nostalgia masa pacaran, bisa kok makan jagung rebus dengan segelas teh hangat berdua

AlamatArea Kebun, Srimulyo, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792
Jam BukaMinggu – Sabtu : 24 Jam
HTMgratis (hanya parkir)
Fasilitastempat makan lesehan dengan menu jagung bakar, kelapa muda hingga nasi goreng, ada toilet dan mushala, parkir luas
Review TempatBukit Bintang

Alun Alun Utara Yogyakarta

Alun alun jogja malam hari yang tidak pernah sepi. Tempat wisata keluarga murah meriah, wisata kuliner dan selalu ramai di malam hari.

Memang buka 24 jam, namun sering kali sepi di siang hari karena panas. Paling cocok datang di sore hari, area yang aman dan nyaman bermain anak, sekalipun banyak perokok.

Sayang belum banyak fasilitas umum seperti toilet atau wifi, hanya ada parkiran dan sering kali penuh di malam hari. Mobil biasanya akan parkir di pinggir jalan.

Alamat Jl. Alun-Alun Utara, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
Jam BukaMinggu – Sabtu : 24 Jam
HTMgratis (hanya parkir)
Fasilitaslapangan luas, area bermain anak, banyak penjual makanan dan minuman, area parkir luas

Candi Prambanan

Candi prambanan malam hari sangat menarik dan sering kali dilewatkan wisatawan lokal, namun ini dimanfaatkan dengan baik oleh turis asing. Terbukti, banyak yang memilih datang ke Prambanan di malam hari.

Sebenarnya candi hindu terbesar di Indonesia ini buka 24 jam, namun untuk masuk ke pelataran candi hanya sampai ukul 19.00 WIB saja. Tapi wisatawan masih boleh berada di area halaman.

Pastikan tidak foto di atas candi atau stupa karena ini larangan saat kunjungan, selain itu jangan corat coret sembarangan ya. Karena wisata edukasi ini masuk warisan dunia loh.

Alamat Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571
Jam BukaMinggu – Sabtu : 24 Jam
Kontak Reservasi(0274) 496401
Fasilitasarea parkir luas untuk mobil, motor dan bus pariwisata, ada toilet dan tempat ibadah, taman bermain dan playground untuk anak-anak, penyewaan sepeda, ada panggung hiburan (hanya di event khusus saja ada penampilan), ada wahana tematik, berkuda, kebun binatang dan ayunan langit de geyong
HTMWisatawan lokal Rp. 40.000 (dewasa) dan Rp. 30.000 (anak-anak)
Wisatawan mancanegara $18 untuk dewasa dan $9 untuk anak-anak usia di bawah 6 tahun
Review Candi Prambanan

Tebing Breksi

Tepat sekali jika datang ke tebing breksi di malam hari karena lebih adem dan banyak spot foto menarik. Tenang, sekalipun bangunan terlihat besar tapi tidak menyeramkan atau gelap.

Spot foto andalan tebing breksi malam ada di bagian atas, tenang kok ada jasa tukang foto jika kurag handal, tapi ada cash tambahan. Selain itu ada juga fasilitas umum seperti toilet dan mushala.

Jika lapar ada stand jual makanan, mulai dari jajanan ringan sampai berat. Masih ada kok yang jualan minuman seperti kopi dan teh hingga tengah malam sebelum tutup.

Alamat Unnamed Road, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572
Jam BukaMinggu – Sabtu : 04.00 – 00.00
Hari besar jam buka beda
Kontak Reservasi 0813-2863-4788
FasilitasSpot foto menarik, ada toilet dan mushala, panggung terbuka (pertunjukkan hanya saat ada event), jeep wisata (harga sewa di tempat), banyak stand jual makanan, area parkir luas untuk mobil, motor dan bus wisata
HTMRp. 5.000 / orang
Review Tempat Tebing Breksi

Plengkung Nirbaya Gading

Wisata jogja indoor yang banyak digunakan untuk spot foto menarik, bahkan banyak pasangan pengantin yang melakukan prewedding disini tanpa dipunggut biaya.

Pengunjung bebas datang dan naik hingga atas, sering ramai di malam hari dan akhir pekan. Sekitaran Plengkung Nirbaya juga banyak penjual makan, sayangnya parkiran tidak terlalu luas, mobil harus di pinggir jalan.

Banyak plengkung serupa di Kraton Jogja, namun rata-rata sedang renovasi. Bahkan Sultan yang masih gesang (hidup) tidak diperbolehkan lewat, ini akses untuk mengantarkan Sultas ke pemakaman terakhir di Imogiri.

Alamat Jl. Patehan Kidul No.4, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133
Jam BukaMinggu – Sabtu : 24 Jam
FasilitasSpot foto, banyak penjualan makanan dan minuman, area parkir sempit motor masih bisa, mobil di pinggir jalan
HTMgratis (hanya parkir)

Tugu Jogja

Belum lengkap rasanya jika datang ke Yogyakarta tanpa melihat bahkan selfie di tugu jogja. Salah satu landmark paling terkenal yang berada strategis di jantung kota jogja.

Foto di tugu jogja malam hari lebih instagramable, apalagi dengan lalu lalang kendaraan yang tidak terlalu penuh. Tenang saja, tidak akan ada yang melarang, asalkan tidak menutup jalan saat foto.

Sampai sekarang belum ada tiket masuk tugu jogja alias masih gratis. Hanya perlu membayar parkir yang ada di pinggir jalan, selain itu banyak wisata kuliner lesehan di sekitar tugu ikonik ini.

Alamat Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233
Jam BukaMinggu – Sabtu : 24 Jam
Fasilitasspot foto, landmark kota Yogyakarta
HTMgratis (hanya parkir)
Review Tempat Tugu Jogja

Titik Nol Kilometer Jogja

Nol kilometer jogja jadi titik point yang tidak pernah sepi, berada di jantung kota dan di tengah kawasan malioboro. Ini jadi tempat nongkrong malam jogja yang jadi rekomendasi utama.

Sekalipun hanya persimpangan jalan, namun ini sangat populer karena menghubungkan setiap sudut kota Jogja. Tempatnya strategis dan sering kali ada pertunjukkan besar.

Titik point utama jika ada penutupan jalan. Disarankan tidak foto di tengah jalan, sekalipun dalam kondisi sepi, karena merupakan jalan utama sekalipun mobil tidak berkendara dengan kecepatan tinggi.

Alamat Jl. Pangurakan No.1, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
Jam BukaMinggu – Sabtu : 24 Jam
FasilitasSpot foto persimpangan jalan, banyak penjual makanan, titik tengah kawasan malioboro
HTMgratis (hanya parkir)
Review Tempat Titik Nol Kilometer Jogja

Pintoe Langit Dahromo

Pintu langit dahromo jadi destinasi wisata malam di jogja yang menyuguhkan pemandangan kota. Bahkan banyak spot instagramable yang sayang dilewatkan.

Direkomendasikan datang saat malam hari karena lebih adem, spot foto lebih menarik dan tidak terlalu lelah. Pasalnya untuk sampai di puncak cukup jauh dari lokasi parkir.

Ada penjual makanan dan minuman kok, jika haus atau lapar saat di perjalanan, bahkan buka hingga waktu tutup. Fasilitas umum kurang memadai, rasanya kurang ramah untuk membawa anak-anak dan keluarga.

Gambar Sunset di Pintoe Langit Dahromo via google by
Alamat Jl. Dahromo, Karang Asem, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
Jam BukaSenin – Jumat : 08.00 – 23.00
Sabtu – Minggu : 08.00 – 00.00
Hari besar jam buka beda
Kontak Reservasi0852-2773-9912
Fasilitasspot foto, ada toilet, penjual makanan, parkiran luas untuk mobil dan motor
HTMRp. 5.000 / orang

Hutan Pinus Sendangsari

Lebih banyak dikenal dengan Hutan Pinus Pengger yang jadi wisata malam bantul. Bahkan sedang hits di kalangan anak muda, keluarga dan ramah untuk anak-anak. 

Buka hingga nyaris tengah malam, aksesnya muda bisa dijangkau dengan motor dan mobil. Paling rekomended datang di sore hingga malam hari, karena lebih adem, spot foto lebih menarik.

Tenang saja, sekarang fasilitas umum sudah cukup bagus. Ada toilet dan mushala, bahkan semakin banyak penjual makanan dan minuman di puncak.

Alamat Jl. Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
Jam BukaMinggu – Sabtu : 07.30 – 23.00
Hari besar jam buka beda
Kontak Reservasi0821-3575-3988
FasilitasSpot foto, toilet dan mushala, ada area camping dan penyewaan alat, ayunan dan gazebo, area parkir luas untuk motor, mobil hingga bus wisata, banyak warung makanan dan minuman
HTMRp. 3.000 / orang

Taman Pelangi Jogja

Tempat wisata paling rekomended untuk keluarga di malam hari, ada banyak spot foto menarik dengan lampion lampu yang menyala sepanjang malam. Bahkan di akhir pekan buka hingga tengah malam.

Selain itu harga tiket taman pelangi tergolong murah, hanya saja anak-anak di bawah 3 tahun akan dikenakan tiket penuh. Banyak penjual makanan, minuman dan oleh-oleh, bahkan hingga tengah malam.

Aksesnya mudah, lokasi strategis dan bisa dijangkau dengan transportasi umum sekalipun. Ini bahkan jadi tujuan wisatawan lokal dari daerah lain untuk melihat lampion.

Alamat Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284
Jam BukaSenin – Kamis : 16.30 – 22.000
Jumat – Minggu : 17.00 – 23.00
Hari besar jam buka beda
FasilitasLampion menyala banyak karakter, lampu hias instagramable, rumah hantu, wahana bermain, toilet dan mushala, food court, area parkir luas untuk motor, mobil dan bus pariwisata
HTMSenin – Jumat (weekday) Rp. 10.000
Sabtu – Minggu (weekend) Rp. 15.000
Anak-anak usia di atas 3 tahun bayar tiket penuh
Review Tempat Taman Pelangi Jogja

Puncak Pinus Becici

Puncak Becici jadi wisata malam jogja terhits saat ini, bukan hanya anak muda yang menikmati pemandangan alamnya. Melainkan sudah jadi wisata keluarga yang nyaman untuk anak-anak hingga malam hari.

Wisata alam keluarga yang nyaman dan aman, banyak wahana menantang yang bisa dicoba, seperti flying fox dan gardu pandang. Bahkan bisa juga camping dengan perlengkapan yang sudah tersedia.

Selain itu harganya relatif murah, hanya ada tiket masuk. Memang ada biaya tambahan untuk camping dan flying fox, namun worth it untuk liburan keluarga seharian.

Alamat Gunungcilik, RT.07/RW.02, Gn. Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
Jam BukaMinggu – Sabtu : 06.00 – 19.00
Hari besar jam buka beda
Kontak Reservasi 0823-2907-7770
FasilitasWisata alam keluarga, spot foto termasuk selfie, gardu pandang, area camping, gazebo, flying fox, toilet dan mushala, warung makanan dan minuman, area parkir luas untuk motor dan mobil
HTMTiket Rp. 3.000 / orang
Camping Rp. 5.000 / orang (belum termasuk perlengkapan)
Flying Fox Rp. 15.000 / orang
Review Tempat Puncak Pinus Becici

Bukit Paralayang Watugupit

Datang di sore hari bisa melihat sunset di parangtritis, pasalnya lokasinya sangat dekat dan berada di atas bukit dengan pemandangan pantai paling populer di jogja.

Banyak anak muda hingga keluarga kemari untuk mencoba paralayang, tenang saja bisa tandem dengan atlet atau pelati profesional dengan jam terbang tinggi dan perlengkapan safety lengkap.

Kalau memang ingin datang di malam hari, pastikan izin dahulu dengan pengelola lokal. Tidak ada tambahan biaya, hanya perlu membayar tiket masuk saja, setelah itu bebas eksplore hingga hutan pinus di sekitar.

Alamat Area Hutan, Giricahyo, Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872
Jam BukaMinggu – Sabtu : 05.00 – 18.30
Hari besar jam buka beda
Kontak Reservasi 0877-3791-0679
Fasilitashutan pinus, pantai selatan jogja, cocok untuk menyaksikan sunset dan sunrice, bisa main paralayang tandem dengan profesional, banyak warung makanan, parkiran luas untuk motor, mobil hingga bus pariwisata (ukuran kecil)
HTMTiket Rp. 5.000 / orang
Paralayang mulai Rp. 300.000 – Rp. 350.000 (tandem profesional)
Review Tempat Bukit Paralayang Watugupit

Rumah Makan Gudeg Pawon

Wisata kuliner malam jogja yang khas, hanya buka di malam hari hingga tengah malam. Selalu penuh dan semua pengunjung rela antre, bahkan sebelum di buka.

Rasanya yang khas dan tempat makan seperti rumah sendiri, maklum saja semua pengunjung mengambil makanan sendiri dari pawon (dapur). Tidak menerima reservasi tempat namun bisa melakukan pemesanan bawa pulang.

Tempatnya cukup terpencil dan harus ekstra sabar, sekalipun ramai porsinya tidak akan ditambah. Biasanya akan habis setelah satu jam di buka, ada baiknya datang lebih awal sebelum jam buka.

Alamat Jalan Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164
Jam BukaMinggu – Sabtu : 21.30 – 00.00
Hari besar jam buka beda
Kontak Reservasi (0274) 7002020
MenuMenu makanan nasi gudeg lengkap dengan lauk seperti krecek, ayam goreng, telur bacem, tempe dan tahu
Menu minuman teh hangat, es teh dan jeruk
Range HargaHarga makanan mulai Rp. 11.000 – Rp. 24.000
Harga minuman mulai Rp. 2.000 – Rp. 5.000

Sendratari Ramayana Purawisata

Pertunjukkan Sendratari Ramayana jadi hiburan malam seni di jogja yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya akan menampilkan cerita Ramayana dengan lakon wayang orang.

Ini akan jadi pembelajaran seni yang menarik dan atraktif, bahkan peminatnya bukan wisatawan lokal saja. Terbukti banyak turis asing yang turun menyaksikan pertunjukkan yang selalu ada di malam hari tersebut.

Lokasinya strategis, masih berada di satu kompleks dengan Candi Prambanan. Selain itu ada juga tiket untuk makan malam dengan semua kru pertunjukkan, ini akan jadi malam di jogja yang tak terlupakan.

AlamatPurawisata, Kawasan Mandira Baruga, Jl. Brigjen Katamso, Keparakan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55152
Jam BukaMinggu – Senin : 18.00 – 22.00
Hari besar jam buka beda
Kontak Reservasi 0857-0117-2777
FasilitasAda mushala dan toilet, tempat pertunjukkan indoor dan outdoor (sesuai tiket), ada wifi, area parkir luas untuk mobil, motor dan bus pariwisata
HTMPaket wisatawan lokal :
Pelajar Rp. 110.000 (hanya ramayana ballet)
Ramayana Ballet Rp. 110.000
Makan malam Rp. 200.000
Full paket (ramayanan ballet dan makan malam) Rp. 255.000
Paket wisatawan mancanegara :
Pelajar Rp. 300.000 (hanya ramayanan ballet)
Ramayana Ballet Rp. 300.000
Makan malam Rp. 200.000
Full paket (ramayanan ballet dan makan malam) Rp. 450.000
NB. anak-anak usia 1 – 4 tahun bebas tiket
anak-anak usia 5 – 10 tahun hanya 50 persen tiket
anak usia 10 tahun ke atas full tiket

Nah siapa yang tidak rindu datang ke Yogyakarta, jika ada banyak wisata malam di jogja yang bukan hanya menghibur melainkan bisa memberikan pembelajaran akan seni.

Selain itu, hampir semua tempat tidak membutuhkan tiket masuk, jika ada harganya relatif terjangkau dan cocok membawa serta keluarga. Inilah Yogyakarta dengan semua magnetnya.

Gambar Gravatar
Dreamer, Chocolate Lover, Travel Buff, Family Women, Movie Freak, and can't stand a day without Music.