22 Objek Wisata Dieng Terbaik yang Wajib Kamu Ekplorasi

Diposting pada
Wisata Dieng

Wisata Dieng adalah salah satu destinasi wisata alam yang ada di Jawa Tengah tepatnya di kawasan Wonosobo. Tak hanya karena menawarkan pesona dataran tinggi, masih ada banyak sekali keindahan tersembunyi lain yang ada di paket wisata Dieng.

Namun sayangnya, belum banyak wisatawan yang mengetahui pesona wisata alam tersebut kecuali setelah adanya fenomena dingin yang melanda Indonesia akhir-akhir ini.

Wisata Dieng 2019

Nah, bagi kamu yang penasaran ada apa saja sih sebenarnya di Dieng, artikel ini mungkin akan sangat membantu. Berikut akan kami sampaikan pesona wisata Dieng yang beragam dari alam, situs budaya, spot foto kekinian, situs bersejarah, hingga air terjun.

Bagi kamu yang penasaran, yuk simak daftarnya di bawah ini. Berikut gambaran wisata yang ada di kawasan Dieng.  

  • Wisata Candi meliputi Komplek candi Arjuna, Bima, Gatotkaca, dan Dwarawati.
  • Wisata Kawah seperti Kawah Sikidang, Kawah Sileri, Kawah Siekndang, dan Candradimuka.
  • Wisata Telaga yaitu Telaga Warna, Merdada, Pengilon, Balekambang, Cebong, Dringo, Swiwi, dan Menjer.
  • Wisata Gua meliputi Gua Jimat, Jaran, Semar, Sumur Jalatunda, dan Bimo Lukar.
  • Wisata Pemandian/Sumber air panas Sirawe dan Pemandian Air Panas Bitingan.
  • Wisata Air Terjun meliputi Sirawe, Seloka, dan Sikarim.
  • Agrowisata Tambi
  • Wisata lainnya yaitu Dieng Plateau Theater, Gardu Pandang Tieng, Museum Kailasa, Ondo Budho, Tuk Bimo Lukar, Gunung Sikunir, dan Watu Kelir. 

Lembah Sumurup

Hal utama dan yang paling menarik untuk dieskplorasi dari obyek wisata Dieng Banjarnegara, Jawa Tengah ini adalah lembah yang terletak di kawasan dataran tinggi. Di dataran setinggi 2.000 mdpl ini ada sebuah lembah bernama Lembah Sumurup.

Wisata Dieng

Jika divisualisasikan, lembah ini mirip dengan padang savana yang ada di wisata Gunung Semeru. Lembah savana di Dieng ini cukup luas dihiasi hamparan rumput hijau yang menyala, sehingga dinamai sumurup atau murup yang artinya menyala.

Kawah Sikidang

Tahukah kamu Dieng merupakan gunung api raksasa dan masih aktif, sehingga masih memiliki aktvitas vulkanik. Nah, hal ini dapat dilihat dari kawah yang ada di kawasan Dieng, salah satunya Kawah Sikidang.

Wisata Dieng

Di sekitar kawah seluas 200 m2 ini ada sebuah kawasan bertanah datar dimana pengunjung bisa dengan jelas melihat aktivitas kawah tersebut. Dari padang savana Dieng, akan terlihat gumpalan-gumpalan asap mengandung belerang keluar dari kawah Sikidang.

Karena mengandung belerang tinggi, sebaiknya kamu berhati-hati ya sobat dan jangan melampaui batas yang boleh dikunjungi. Kawah Sikidang ini lokasinya berada di Dieng Barat, Batur, Banjarnegara/ Wonosobo.

Kawah Sileri

Masih seputar wisata kawah Dieng, ada Kawah Sileri yang juga cukup menarik untuk dikunjungi. Daya tarik ini terletak pada warna airnya yang putih keabu-abuan dan bisa dilihat dari jarak yang paling dekat.

Wisata Dieng

Di dekat Kawah Sileri ini para wisatawan bisa berfoto dengan background warna kawahnya yang cantik. Tak hanya itu, pemandangan di sekitar kawah juga  sangat memikat berupa bukit hijau yang menjulang tinggi.

Kawah Sakidah

Karakteristik Gunung Dien yang berapi mengakibatkan banyak kawah yang indah di puncaknya. Selain Sileri, ada juga Kawah Sakidah yang cukup fenomenal dan terkenal.

22 Objek Wisata Dieng Terbaik yang Wajib Kamu Ekplorasi 1

Yang menarik dari kawah ini adalah karena menawarkan panorama yang sangat cantik terlebih jika dilihat dari puncak bukit. Meskipun area ini tidak berbahaya, tetap berhati-hati karena bau belerang yang menyengat.

Kawah Candradimuka

Kalau yang ini mungkin cukup familiar dari namanya karena mirip istilah yang kerap kali digunakan dalam Bahasa Indonesia. Yups, Kawah Candradimuka memang sebuah kawah di Dieng yang memiliki kisah unik.

22 Objek Wisata Dieng Terbaik yang Wajib Kamu Ekplorasi 2

Selain cantik, kawah ini memiliki mitos dimana Gatot Kaca konon pernah direbus hingga mendapatkan kesaktian yaitu berupa otot kawat dan balung besi. Terlepas dari mitis tersebut, pengunjung akan terkesima dengan view cantik kawah dari atas bukit.

Selain puncak Dieng yang memiliki beragam pesona kawah dan masih aktif, masih ada banyak hal di kawasan Dieng yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu yang sangat terkenal dari tempat wisata dieng adalah Bukit Sikunir.

Bukit Sikunir

Siapa yang tak tahu spot yang terkenal dengan “Bukit di atas awan” yaitu Bukit Sikunir. Salah satu objek wisata Dieng yang ramai dikunjungi ini adalah spot terbaik untuk menikmati Dieng dari atas.

22 Objek Wisata Dieng Terbaik yang Wajib Kamu Ekplorasi 3

Tak hanya itu, Bukit Sikunir juga menjadi spot terbaik untuk menyaksikan sunset dan sunrise. Bahkan, Sikunir juga menawarkan Golden Sunrise tercantik se-Asia dengan hanya melewati pendakian trek pendek.

Sehingga jangan heran kalau banyak wisatawan yang sengaja tracking naik ke puncak bukit untuk berburu sunrise dan sunset. Sikunir juga sangat cocok dijadikan objek wisata sore hari di dieng.

Gunung Prau

Selain di Gunung Dieng dan Bukit Sikunir, ada lagi satu spot pendakian yang juga sangat diminati oleh para pengunjung, yaitu Gunung Prau. Meski tidak sepopuler Gunung Sindoro atau Gunung Merapi, track menuju Prau cukup menantang dan memiliki view yang menakjubkan.

22 Objek Wisata Dieng Terbaik yang Wajib Kamu Ekplorasi 4

Pendaki juga bisa menikmati pesona sunrise dan sunset dari puncak Prau. Dari atas, pengunjung juga bisa menikmati keindahan lain berupa puncak seribu bukit dan bukit teletubies.

Selain itu, ada juga keindahan lain berupa hamparan bunga ceplikan yang rata menutupi tanah. Sangat dan mempesona!

Wisata Batu Ratapan Angin

Selain ketiga puncak di atas, wisata banjarnegara yang lagi hits yang ada di sekitar kawasan Dieng adalah batu pandang ratapan angin. Objek wisata ini berlokasi di antara Telaga Warna serta Dieng Planteau.

22 Objek Wisata Dieng Terbaik yang Wajib Kamu Ekplorasi 5

Apa sih uniknya destinasi wisata ini? Daya tarik utama wisata Batu Ratapan Angin adalah panorama Telaga Warna yang dihiasi alam perbukitan di sekitarnya.

Sumur Jalatunda

Objek wisata yang bisa dikunjungi selanjutnya adalah Sumur Jalatunda. Sumur ini adalah hasil bentukan aktivitas geologi yang membentuk lubangan berdiameter sekitar 90 m.

22 Objek Wisata Dieng Terbaik yang Wajib Kamu Ekplorasi 6

Selain keunikan berupa sumur, pengunjung juga bisa berburu foto instagenic karena ada banyak spot foto menarik di sini. Pemandangan berupa perbukitan yang hijau plus udara sejuka akan memanjakan siapapun yang datang ke sini.

Telaga Warna

Seperti yang disebutkan di atas, obyek wisata dieng banjarnegara, central java ini salah satunya adalah Telaga Warna. Selain Bukit Sikunir, Telaga Warna ini menjadi spot wisata favorit pengunjung.

22 Objek Wisata Dieng Terbaik yang Wajib Kamu Ekplorasi 7

Apa sih yang menarik dari destinasi wisata ini? Yang membuat Telaga Warna ini unik adalah warna ir telaga yang bisa berubah-ubah, dari warna hijau, merah, biru, putih, sampai warna lainnya.

Telaga Merdada

Selanjutnya ada Telaga Merdada yang merupakan telaga paling luas di kawasan pegunungan Dieng. Kalau kamu naik ke atas bukit, akakn terlihat bentuk telaga mirip kaldera bekas letusan vulkanik.

22 Objek Wisata Dieng Terbaik yang Wajib Kamu Ekplorasi 8

Telaga Cebong

Jika sebelumnya telaga di Dieng terletak di bawah kaki gunung, Telaga Cebong ini berada di desa tertinggi yang ada di kawasan wisata Dieng. Di telaga ini pengunjung juga dapat menyaksikan cantiknya sunrise saat pagi hari.

Akan terlihat air telaga yang hijau kebiruan dihiasi hamparan perbukitan nan hijau di sekelilingnya. Pasti penasaran kan bagaimana kan cantiknya!

Telaga Pangilon

Tak jauh dari Telaga Warna, ada telaga lain yang menawarkan keindahan yang menakjubkan bernama Telaga Pangilon. Daya tarik telaga ini cukup unik dan berbeda dengan Telaga Warna.

Telaga Pangilon ini memiliki air yang lebih jernih serta tidak menimbulkan bias cahaya seperti di Telaga Warna. Pemandangan di sekitarnya juga sangat cantik dan cocok untuk objek foto.

Candi Arjuna

Berikutnya adalah wisata situs budaya sekaligus wisata Dieng terbaru yang berlokasi di Candi Arjuna. Tak hanya memiliki panorama sekitar yang apik, Candi Arjuna juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang menarik untuk diulas. Perlu diketahui bahwa Candi Arjuna merupakan sebuah kompleks candi yang di dalamnya terdapat banyak candi lain. Beberapa diantaranya adalah Candi Semar,Puntadewa, Srikandi, dan Sembadra.

22 Objek Wisata Dieng Terbaik yang Wajib Kamu Ekplorasi 9

Karena ada banyak candi, lokasi ini juga terkenal sebagai kompleks percandian Arjuna. Konon, pernah ditemukan sebuah prasasti yang mengisahkan tentang kompleks candi ini. Dari prasasti tersebut disebutkan juga Candi arjuna dibangun sekitar awal abad IX M. Selanjjutnya ada Candi Bima yang berada tak jauh dari kompeks Candi Arjuna.

Candi Bima

Candi yang letaknya di ujung selatan di kompleks percandian Dieng ini juga menyimpan sejarah dan budaya zaman dulu yang penuh misteri. Tak heran, banyak pengynjung yang tertarik untuk datang ke sini.  

Plateau Theater Dieng

Selanjutnya ada sebuah wisata unik yang dibalut dengan teknologi yang selalu dinantikan oleh wisatawan yaitu disebut Plateau Theater Dieng. Kalau berwisata ke Dieng tidak lengkap rasanya jik atidak mampir ke tempat ini.

Wisata Dieng

Di tempat ini kamu bisa menyaksikan film dokumentasi yang tentang gunung berapi Dieng yang ditampilkan secara apik. Film berjudul Bumi Kahyangan dieng Plateau memiliki durasi 20 menit yang berisi wawasan mengenai gunung Dieng dari zaman dulu hingga sekarang.

Tak hanya berisi pengetahuan, bangunan Dieng Plateau Theater juga cukup megah berkapasitas k60 tempat duduk. Sehingga hal ini sangat menarik bagi wisatawan untuk mampir ke bangunan ini.

Museum Kailasa Dieng

Tak cukup menambah wawasan di Dieng Plateau Theater, kamu juga bisa  belajar banyak hal di Museum Kailasa Dieng. Di tempat ini kamu bisa menambah pengetahuan tentang sejarah.

Karena di dalamnya terdapat banyak peninggalan purbakala yang bisa dlihat secara langsung oleh pengunjung. Bagaimana? Apakah kamu tertarik?

Gardu Pandang Tieng

Sementara bagi kamu yang hobi fotografi, cobalah untuk mampir ke gardu pandang Tieng saat berwisata ke Dieng. Di gardu pandang ini, kamu akan dimanjakan dengan berbagai spot foto kekinian yang unik dan instageni.

Menariknya, gardu pandang ini berada di ketinggian 1.700 Mdpl. Sementara dari atas sini, kamu bisa melihat megahnya Gunung Kembang dan Gunung Sindoro sekaligus indahnya hamparan perbukitan yang hijau.

Gua Semar

Jangan salah, di wisata Dieng juga menawarkan wisata gua yaitu yang biasa disebut Gua Semar. Gua Semar merupakan salah satu objek wisata yang menyimpan banyak cerita mistis di dalamnya.

Namun demikian, banyak wisatawan yang penasaran dan ingin menarsakan aura mistis yang kental yang bisa dirasakan saat berada di gua ini. bagi kamu yang menyukai tantangan, boleh nih menguji adrenalin dan mengeksplor gua Semar ini.

Wisata Arum Jeram Dieng

Tak hanya gua yang penuh kisah mistis, ada juga spot yang menantang adrenalin lainnya, misalnya wisata arum jeram Dieng. Di kawasan pegunungan Dieng ini terdapat wisata arum jeram dimana kamu juga disuguhi  pemandangan yang sangat indah.

Mata Air Sungai Serayu

Ada juga wisata mata air yang bisa kamu jadikan spot relaksasi, misalnya di Mata air sungai Serayu ini. Mata airnya yang sangat jernih biasa digunakan oleh penduduk sekitar atau wisatawan untuk  minum atau membasuh muka.

Bagi kamu yang penasaran ingin melihat jernihnya amata air ini, datang saja ke perbatasan antara Wonosobo dan Banjarnegara.

Fenomena Frost/Embun Beku Dieng

Nah, ada satu lagi yang akhir-akhir ini sedang hits di Dieng, yaitu fenomena frost atau embun beku. Warga sekitar menyebut fenomena ini sebagai Bun Upas.

22 Objek Wisata Dieng Terbaik yang Wajib Kamu Ekplorasi 10

Fenomena unik yang belakangan terjadi di awal hingga pertengahan tahun (sampai akhir Agustus) ini menjadi daya tarik baru bagi wisata Dieng. Pasalnya,  fenomena embun es yang terjadi di sekitar lokasi Dieng membuat suasana dan pemandangannya berbeda seperti di Eropa saat salju.

Banyak yang terpesona dengan embun es yang menghias rerumputan berpadu dengan pemandangan pegunungan yang cantik. Udara pagi yang dingin dan sejuk semakin terasa syahdu saat dipadukan dengan suasana alam Dieng yang elok.

Wisatawan pun memanfaatkan momen tersebut untuk berfoto atau sekedar menikmati suasana yang berbeda dari biasanya. Sehingga jangan heran, saat bulan-bulan tersebut atau saat terjadi fenomena ini wisata Dieng penuh sesak dibanjiri pengunjung.

Harga Tiket Masuk Obyek Wisata Dieng

Bagi kamu yang penasaran dan ingin mengeksplorasi wisata Dieng Jawa Tengah, yuk cek dulu harga tiket objek wisata di Pegunungan Dieng berikut ini.

  • Kawasan Tpr Garung Rp 10.000
  • Candi Arjuna Rp 7.500    sampai Rp 15.000
  • Kawah Sikidang Rp 7.500 sampai Rp 15.000
  • Bukit Sikunir Rp 10.000 sampai Rp 10.000
  • Bukit scotter Rp 5.000 sampai Rp 5.000
  • Gunung Prau Rp 15.000 sampai Rp 15.000
  • Bukit Sidengkeng Rp 3.000 sampai Rp 20.000
  • Sumur Jalatunda Rp 5.000
  • Padang Savana  Rp 10.000
  • Museum Kailasa Rp 5.000            
  • Telaga Merdada Rp 5.000
  • Kawah Sileri Rp 5.000     
  • D-Qiano Water Park Rp 30.000  
  • Dieng Culture Festival 2019 Rp 350.0000
  • Gunung Pakuwojo Rp 10.000
  • Rekreasi Kalianget Rp 5.000
  • Bukit Saroja Rp 5.000
  • Telaga Dringo Rp 5.000
  • Kawah Candradimuka Rp 5.000
  • Candi Bima gratis
  • Telaga Warna dan Pengilon Rp 12.500 sampai Rp 15.000
  • Batu Pandang Ratapan Angin Rp 10.000 sampai Rp 20.000
  • Bukit Cinta Rp 5.000 Rp 5.000

Alamat Objek Wisata Dieng

Secara administrasi, kawasan Dieng merupakan masuk dalam dua lokasi. Yaitu antara Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dan Dieng (“Dieng Wetan”) di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Wisata Dieng

Wilayah Dieng merupakan salah satu wilayah yang paling terpencil di Jawa Tengah. Namun kamu tak perlu kawatir, meskipun terpencil akses menuju lokasi ini sangat mudah bagi kendaraan roda empat dan dua.

Nah, itulah tadi beberapa objek wisata Dieng yang paling populer di kalangan wisatawan. Memang sengaja tidak kami sebutkan semua objek wisata yang ada di Dieng.

Baca Juga : Daftar Travel Jogja Wonosobo Terlengkap

Mengapa demikian? Karena tentu lebih asyik jika kamu langsung datang dan melihatnya sendiri. Bagi kamu yang ingin mengeksplorasi tempat lain di wisata Dieng, yuk segera agendakan liburanmu tahun ini.

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.