15 Wisata Indramayu Yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Diposting pada
Wisata Indramayu

Indramayu adalah sebuah kabupaten atau kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Kota ini memang terkenal dengan kota mangga.

Namun jangan salah selain kebun mangga kota ini juga memiliki objek wisata alam yang indah dan menawan. Tapi malangnya belum banyak orang mengetahui atau mengeksplor objek wisata yang terdapat di Indramayu.

Sama seperti kota-kota lain di Indonesia, pariwisata Indramayu mukai digalakkan mulai dari wisata alam, wisata buatan, wisata sejarah ataupun wisata foto. Apakah anda tidak ingin mengetahui potensi wisata Indramayu?

Referensi Wisata Indramayu Yang Bisa Anda Sambangi

Indramayu tentunya mempunyai wisata unggulan yang harus anda kunjungi ketika berada di kota mangga ini. Berbagai wisata baik alam ataupun sejarah dan buatan sedang menjamur di kota ini.

Kami akan mengulas beberapa objek wisata Indramayu yang memiliki pesona yang menawan. Objek wisata apasajakah itu?

Pantai Tirtamaya Indramayu

Pantai Tirtamaya adalah salah satu pantai favorit masyarakat Indramayu yang letaknya tidak jauh dari pusat kota Indramayu. Apalagi pemandangan sekitar pantai ini sangat menawan.

Pantai Tirtamaya Indramayu

Selain keindahan pantainya anda bisa mendapatkan bonus pemandangan yang cantik dari matahari terbit dan terbenam. Selain memilik pemandangan yang eksotis, pantai ini cocok digunakan sebagai tempat bermain air dan berenang karena kedangkalanya.

Lokasi: Juntikedokan, Juntinyuat, Indramayu, Jawa Barat.

Harga tiket masuk pantai se eksotis ini cukup terjangkau yaitu sebesar Rp 3.000,00 yang dapat anda kunjungi setiap hari mulai pukul 07.30 sampai 18.00. Jika anda sedang berada di Pantai Tirtamaya ada baiknya anda mampir ke Pantai Glayem karena masih terletak dengan satu kawasan yang sama.

Pantai Glayem Indramayu

Pantai Glayem ini letaknya tidak jauh dari Pantai Tirtamaya karena masih berada di Jantinyuat. Pantai ini tidak kalah cantik dengan pantai-pantai lain di Indramayu karena memiliki view yang luas.

Pantai Glayem Indramayu

Selain itu anda bisa menemukan pemecah ombak di beberapa sudutnya. Hal itulah yang semakin menarik perhatian wisatawan karena bisa digunakan sebagai latar belakang foto selfi.

Lokasi: Jantinyuat, Indramayu, Jawa Barat.

Untuk menikmati hamparan pantai yang meluas anda cukup membayar tiket sebesar Rp 3.000,00. Selain kawasan Jantinyuat, anda bisa mengunjungi beberapa pantai di kawasan Eretan seperti Pantai Tanah Merah.

Pantai Tanah Merah Eretan

Objek wista Pantai Eretan memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lain. Keunikan tersebut dapat amda temukan pada warna pasir atau tanahnya.

Pantai Tanah Merah Eretan

Pasir pantai di Pantan Tanah Merah Eretan ini berwarna agak kemerahn berbeda dengan pantai lain yang biasanya memiliki pasir berwarna hitam atau putih. Namun keuinikan inilah yang mampu menarik perhatian wisatawan.

Lokasi: Eretan , Kadanghaur, Indramayu, Jawa Barat.

Anda bebas mengunjungi pantai ini kapan pun anda mau secara gratis. Jika anda kurang puas bermain di Pantai Tanah Merah Eretan anda bisa mampir ke Pantai Eretan Wetan yang terletak dalam satu kawasan.

Pantai Eretan Wetan Kadanghaur

Pantai Eretan Wetan memang memiliki keindahan dan keuinikan tersendiri. Selain pemandangan pantai anda bisa melihat beberapa nelayan sedang melakukan aktivitas menangkap ikan yang mungkin jarang ansa saksikan.

Pantai Eretan Wetan Kadanghaur

Apalagi anda bisa melihat beberapa empang-empang yang berjejer rapi di tengah pantai. Selain itu terdapat pohon bakau yang sekaligus memberikan kesan asri dan teduh kala berlibur di pantai.

Lokasi: Eretan Wetan, Kadanghaur, Indramayu, Jawa Barat.

Harga tiket masuk Pantai Eretan Wetan sebesar Rp 5.000,00 dan bisa dikunjungi kapan saja anda mau. Selain Pantai Eretan Wetan dan Pantai Tanah Merah anda bisa berwisata ke Pantai Cibugel yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Pantai Cibugel Sukahaji

Pantai Cibugel memiliki pasir tang terhampar luas inilah alasan para wisatawan datang ke pantai ini karena mereka bisa bermain di pinggir pantai dengan leluasa. Selain itu ombak pantai yang berwarna biru menambah keindahan pantai ini.

Pantai Cibugel Sukahaji

Selain itu pemandangan yang tidak kalah menarik bisa anda dapatkan ketika sore hari menjelang. Anda bisa melihat matahari terbenam dari pantai ini.

Lokasi: Sukahaji, Patrol, Sukahaji, Indramayu, Jawa Barat.

Harga tiket masuk Pantai Cibugel sebesar Rp 5.000,00 dengan jam kunjung selama 24 jam. Selain pesona Pantai Cibugel anda bisa menikmati suasan romantisme dari Pantai Karang Song.

Pantai Karang Song Indramayu

Ada hal yang menarik untuk anda coba ketika berlibur ke Pantai Karang Song Indramayu yaitu keberadaan hutan bakau yang tumbuh di pesisir pantai ini. Tidak banyak pantai yang memiliki dua objek wisata sekaligus dalam satu lokasi seperti Pantai Karang Song yang menyeguhkan wisata pantai dan wisata hutan.

Pantai Karang Song Indramayu

Selain itu anda bisa memancing ikan di pantai ini karena pantai ini memang terkenal sebagai Pantai Nelayan. Bahkan anda bisa menyaksikan kegiatan yang dilakukan oleh pedagang dan nelayan di TPI.

Lokasi: Karang asong, Indramayu, Indramayu, Jawa Barat.

Untuk menikmati keindahan Pantai Karang Song anda bisa membayar tiket per rombongan yaitu Rp 10.000,00/ motor, Rp 20.000,00/ mobil dan Rp 30.000,00/bus. Jika anda bosan dengan suasana pantai namun ingin berwisata air anda bisa mengunjungi Waduk Cipancuh yang tidak kalah menarik.

Waduk Cipancuh Situraja

Fungsi utama Waduk Cipancuh adalah untuk tempat penampungan air hujan pada saat musim kemarau lalu dialirkan ke sungai yang berada di sekitar waduk. Waduk ini dapat menampung air sebangak jutaan meter kubik.

Waduk Cipancuh Situraja

Walaupun fungsi utama waduk ini adalah sebagai tempat penampungan air, anda bisa menjadikan waduk ini sebagai destinasi wisata. Waduk ini dikelilingi oleh area persawahan yang menghampar hijau dan pemandangan Gunung Tampomas dan gugusan pegununy Tangkuban Perahu.

Lokasi: Situraja, Gantar, Indramayu.

Harga tiket masuk untuk menikmati pemandangan waduk adalah sebesar Rp 3.000,00. Anda hanya bisa melihat pemandangan di Waduk Cipancuh namun jika anda berkunjung ke Situ Bolang anda tidak hanya bisa melihat pemandangan danau atau waduk tapi juga berbagai macam aktivitas seru lainya.

Situ Bolang Cikedung

Wisata air yang tidaka kalah menarik di Indramayu adalah Situ Bolang yang menyediakan beberapa fasilitas seru yang layak di coba. Selain melihat pemandangan situ anda bisa memancing karena situ atau danau ini dihuni oleh beberapa macam ikan.

Situ Bolang Cikedung

Jika anda bosan memancing dan ingin lebih dekat dengan alam anda bisa mencoba bermalam di Situ Bolang dengan mendirikan tenda di pinggir danau. Apalagi di pinggir aitu ini terdapat hutan jati dan hamparan pepohonan akasia yang memberikan anda keteduhan.

Lokasi: Jatisura, Cikedung, Indramayu, Jawa Barat.

Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000,00 jika berkunjung pada hari Sabtu, Minggu atau hari libur, selain hari tersebut anda bisa datang kapan saja tanpa membayar tiket masuk. Jika anda merasa masih kurang dang ingin berwisata ke tempat yang bisa digunakan untuk bermain air anda bisa berkunjung ke Waterboom Bojongsari Indramayu.

Waterboom Bojongsari Indramayu

Waterboom Bojongsari Indramayu atau yang lebih dikenal sebagai Waterboom BSI merupakan taman rekresai air yang memiliki fasilitas dan wahana yang cukup lengkap. Anda bisa menemukan berbagai wahana air seperti kolam arus, Kolam slider, ember tumpah bahkan permainan outdoor seperti ATV racing.

Waterboom Bojongsari Indramayu

Selain itu terdapat badut-badut penghibur yang bisa anda ajak untuk berfoto. Jika anda lelah anda bksa menaiki mini car untuk berkeliling Waterboom menikmati pemandangan.

Lokasi: Jalan Bojongsari, Indramayu, Bojongsari, Indramayu, Jawa Barat.

Untuk menikmati segala wahana yang tersedia anda bisa membayar tiket sebesar Rp 15. 000,00 untuk pengunjung dewasa dan Rp 10.000,00 untuk anak yang dapat anda nikmati setiap hari mulai pukul 08.00-17.00. Tapi ada pilihan waterboom lain jika anda sedang berada di Jatimulya yaitu Waterboom Tiga Bintang Firdaus Jatimulya.

Waterboom Bintang Tiga Firdaus Jatimulya

Sebelum anda memasuki area kolam renang anda akan disuguhkan oleh berbagai macam spot foto yang menarik seperti Candi Borobudur, Patung Merlion Singapura, Air Terjun Niagara atau Taman Bunga Sakura. Setelah puas berselfi dengan latar belakang berbagai kota anda bisa menikmati pemandangan taman dan juga berfoto karena tersedia banyak spot foto seperti rumah hobit, sepeda hias, taman labirin dan kolam bunga teratai.

Waterboom Bintang Tiga Firdaus Jatimulya

Menuju area kolam renang anda akan disuguhi kolam yang dilengkapi dengan wahana air seperti perosotan dengan beberapa ukuran yang berbeda. Selaim itu terdapat sebuah taman bermain yang memiliki fasilitas dan wahana yang cukup lengkap dibelakang kolam renang.

Lokasi: Jatimulya, Terisi, Indramayu, Jawa Barat.

Untuk menikmati wahana dan fasilitas Waterboom Bintang Tiga Firdaus anda cukup membayar tiket sebesar Rp 15.000,00 untuk dewasa dan Rp 10.000,00 untuk anak-anak. Nah bagi anda yang ingin bermain di taman yang lebih seru dari taman yang dimiliki Waterboom Bintang Tiga Firdaus anda bisa mencoba Taman Cimanuk Indramayu.

Taman Cimanuk Indramayu

Taman ini dibangun di pinggir Sungai Cimanuk yang membelah kota Indramayu dan sekaligus bermuara di Indramayu. Namun jangan slah sungai tersebut sangatlah bersih dan indah berbeda dengan sungai-sungai yang ada di Indonesia pada umumnya.

Taman Cimanuk Indramayu

Selain melihat pemandangan segarnya sungai anda busa bermain dengan anak-anak anda di taman ini. Selain bermain anda bisa mencoba spot foto yang terletak di pinggir suangai yaitu menaiki sebuah perahu yang sedang bersandar.

Lokasi: Cimanuk, Penganjung, Sindang, Indramayu.

Beruntungnya anda yang bisa berwisata ke Taman Cimanuk karena anda tidak dipungut biaya apalagi anda bisa berkunjung setiap saat. Nah selain Taman Cimanuk Indramayu punya sebuah taman lagi yaitu Taman Rusa Bumi Patra yang agak sedikit berbeda dari taman sebelumnya.

Taman Rusa Bumi Patra

Taman Rusa merupakan taman wisata sekaligus taman edukasi dimana anda dapat menemukan Rusa Jawa yang langka. Rusa-rusa Jawa tersebut dilestarikan dan dikembangbiakan di taman ini.

Taman Rusa Bumi Patra

Walaupun hanya terdapat 10 ekor rusa yaitu 5 ekor rusan jantan dan 5 ekor rusa betina namun wisatawan menjadikan taman ini sebagai salah satu wisata edukasi Indramayu. Selain melihat rusa anda pun bisa bermain di area taman yang luas ini.

Lokasi: Perumahan Bumi Patra Indramayu, Jalan Bumi Patra Raya, Pekandanngan, Indramayu, Jawa Barat.

Untik melihat kesepuluh ekor rusa ini anda bisa menikmati secara gratis dan berkunjung kapan pun anda mau. Nah Jika anda masih ingin berwisata ke taman yang lebih alami anda bisa berkunjung ke sebuah taman dengan pohon yang fenomenal anda bisa datang ke objek wisata Pohon Randu Gede.

Pohon Randu Gede Margadadi

Objek wisata Pohon Randu Gede adalah sebuah kebun yang terdapat sebuah pohon randu besar dengan diamater 2 meter dengan tinggi lebih dari 10 meter. Pohon ini memiliki ranting-ranting yang besar dan kuat namun anehnya ranting yang gugur tidak pernah menimpa rumah warga.

Pohon Randu Gede Margadadi

Warga setempat pun percaya bahwa pohon randu ini adalah pohon randu mistis. Walupun terlihat menyeramkan dan aneh banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi objek wisata ini untuk sekedar berfoto.

Lokasi: Margadadi, Indramayu, Indramayu, Jawa Barat.

Untuk bisa berfoto dengan Pohon Randu Gede anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,00 dengan jam kunjung sekitar jam 08.00 sampai 17.00. Apakah anda sudah puas atau kurang puas dengan wisata di Randu Gede? Jika belum anda bisa mencoba berwisata unik ke Jembatan Terusan Indramayu.

Jembatan Terusan Indramayu

Jembatan Terusan Indramayu merupakan sebuah ikon wisata baru di Kota Indramayu. Jembatan ini memilik panjang sekitar 153 m dengan lebar 7 meter.

Jembatan Terusan Indramayu

Walupun jembatan ini baru saja dibangun, jembatan ini mampu menarik perhatian wisatawan ataupun warga. Kebanyakan dari mereka mampir ke jembatan ini untuk sekedar berselfie.

Lokasi: Terusan, Sindang, Indramayu, Jawa Barat.

Untuk bisa berselfie dari jembatan ini anda tidak dipungut biaya apalagi anda bisa datang kapan saja namun anda harus berhati-hati terhadap lalu lalang kendaraan bermotor. Selain Jembatan Terusan, Indramayu juga punya ikon wisata khas yaitu Alun-Alun Indramayu.

Alun-Alun Indramayu

Alun-alun Indramayu adalah salah satu ikon wisata kota Indramayu. Alun-alun ini terletak di pusat kota yang menjadi pusat kepemerintahan daerah kota Indramayu.

Alun-Alun Indramayu

Namun banyak warga Indramayu yang sering mengunjungi alun-alun untuk menghabiskan waktu atau sekedar berkumpul. Lama kelamaan banyak warga yang menjadikan alun-alun sebagai wisata.

Lokasi: Jalan Pajajaran III ,Nomer 8, Margadadi, Indramayu, Indramayu, Jawa Barat.

Anda tidak akan dipungut biaya jika berkunjung ke alun-alun. Apalagi anda bisa datang kapan saja namun waktu yang paling tepat adalah sore dan malam hari.

Nah ternyata anda bisa menemukan banyak objek wisata yang terletak di Indramayu. Tidak hanya objek wisata alam namun juga objek wisata buatan, wisata keluarga dan wisata sejarah.

Rekomendasi untuk anda, Wisata Cirebon Hits dan Sedang Populer

Memang kebanyakan objek wisata tersebut terletak agak tersembunyi. Namun untuk pesonanya jangan diragukan lagi.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *