36 Wisata Jakarta Unik dan Kekinian yang Wajib Diketahui

Diposting pada
Wisata Jakarta

Wisata Jakarta – Kota Jakarta menyandang predikat sebagai ibu kota negara sekaligus kota terbesar di Indonesia. Tentunya, di kota seluas 661,5 km² ini menjadi pusat segala aktivitas kenegaraan hingga industri.

Tak heran, Jakarta kini terkenal dengan kemacetan dan kepenatan karena menjadi pusat kota negara kita. Namun siapa sangka di balik padatnya kegiatan tersebut jika ada ribuan destinasi wisata.

Lantas adakah tempat wisata di Jakarta yang unik, murah sekaligus bagus dan instagramable? Untuk membuktikannya, mari simak lanjutan artikel berikut.

Daftar Wisata Jakarta Paling Populer 2019

Selain sebagai pusat berbagai kegiatan vital,  kota berstatus setingkat provinsi ini juga memiliki banyak objek wisata bagi semua kalangan. Berikut kami rangkum 36 tempat wisata Jakarta mulai dari yang bertema keluarga hingga alam.

Monumen Nasional (Monas) Gambir

Jika berkunjung ke Jakarta, jangan lewatkan salah satu ikon DKI ini. Bangunan setinggi 32 meter tersebut dibangun oleh Presiden Soekarno pada 17 Agustus tahun 1961.

Monumen Nasional (Monas) Gambir

Selain ciri khas emas yang ada di puncaknya, Monas juga dikelilingi taman luas yang asri. Di dalam bangunannya juga terdapat diorama yang menggambarkan perjuangan bangsa Indonesia.

Untuk berkunjung ke Monas bisa dilakukan setiap hari dari pukul 08:00 hingga 22:00 dengan membayar biaya masuk Rp 30.000. Perlu diingat, khusus hari Senin kawasan Monas tutup dalam rangka perawatan.

Alamat: Gambir, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Apakah hanya Monas saja yang menjadi ikon kota Jakarta? Tidak hanya itu, masih ada sejumlah landmark yang menjadi ciri khas kota ini, Masjid Istiqlal salah satunya.

Masjid Istiqlal Sawah Besar

Tidak jauh dari Monas, anda bisa melanjutkan eksplorasi Jakarta hanya dengan jalan kaki ke Masjid Istiqlal. Selain itu, anda juga bisa sekedar mampir shalat atau berfoto di latar nya yang luas.

Masjid Istiqlal Sawah Besar

Alamat: Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10710.

Masih di area sekitarnya, anda juga bisa melihat sebuah bangunan unik khas Eropa. Ya, itu adalah Gereja Katedral yang letaknya bersebrangan dari masjid ini.

Gereja Katedral Sawah Besar

Gereja Katedral adalah salah satu bangunan peninggalan masa kolonial Belanda. Hingga sekarang, gereja ini  masih tetap digunakan dan dilestarikan.

Gereja Katedral Sawah Besar

Keunikan gereja ini adalah karena kemegahan dan keindahannya. Selain itu konsepnya yang berbau klasik khas bangunan Eropa memberi kesan unik.

Alamat: Jl. Katedral No.7B, Ps. Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10710

Selain gereja dengan arsitektur unik, ada juga sebuah kelenteng konon katanya merupakan yang tertua di Jakarta. Namanya adalah Kelenteng Jin De Yuan, berikut reviewnya.

Kelenteng Jin De Yuan Pinangsia

Tempat ibadah bagi penganut agama Budha ini terletak di daerah Pecinan Lama, Glodok. Menurut informasi, kelenteng ini didirikan oleh seorang letnan bernama Kwee Hoen di tahun 1650.

Kelenteng Jin De Yuan Pinangsia

Hingga sekarang, kelenteng ini masih digunakan untuk tempat ibadah sekaligus perayaan warga Tionghoa. Tak hanya itu, para wisatawan juga sering memanfaatkan momen kunjungan untuk berfoto.

Alamat: Jl. Petak Sembilan, RT.1/RW.6, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11230.

Kembali lagi ke pusat Kota Jakarta, ada sebuah kawasan wisata unik dan sangat terkenal namanya Kota Tua Jakarta. Penasaran apa saja di dalamnya? Yuk lanjutkan bacaan anda.

Kota Tua Pinangsia Tamansari

Yaitu merupakan salah satu destinasi wisata malam Jakarta 24 jam yang terkenal. Tempat yang sarat akan sejarah ini biasa dijadikan tempat nongkrong dan berfoto.

Kota Tua Pinangsia Tamansari

Ada banyak spot instagenic yang sangat bagus untuk berfoto di kawasan seluas 1,3 km persegi ini. Menariknya lagi, anda tidak dipungut biaya apapun untuk masuk ke dalam wisata 24 jam tersebut.

Alamat Jl. Pintu Besar Utara No.27, RT.7/RW.7, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, DKI 11110.

Selain belajar sejarah dari Kota Tua, ada banyak alternatif wisata sejarah di Jakarta. Salah satunya adalah Museum Nasional Indonesia Jakarta.

Museum Nasional Indonesia Gambir

Salah satu museum di Jakarta Pusat dengan banyak koleksi. Seeprti arca, prasasti, tekstil, hingga manuskrip dan benda kuno dari seluruh Nusantara.

Museum Nasional Indonesia Gambir

Di halaman depan museum ini terdapat sebuah patung gajah sehingga banyak orang menamainya sebagai Museum Gajah. Menurut informasi, museum ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara.

Tertarik? Anda bisa kunjungi museum ini setipa hari kecuali Senin dari pukul 08:30 hingga 16:00. Biaya masuknya adalah mulai dari Rp 2.000 (anak-anak), Rp 3.000 (rombongan) hingga Rp 5.000 (dewasa).

Alamat: Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10110.

Alternatif wisata budaya selanjutnya adalah Museum Wayang. Berikut informasinya untuk anda.

Museum Wayang Tamansari

Jika di Museum Nasional anda bisa mendapat benda-benda kuno. Di museum ini yang anda temukan adalah koleksi wayang dari daerah di Indonesia.

Museum Wayang Tamansari

Misalnya adalah wayang golek dari Jawa Barat, wayang kulit dari Jawa Tengah dan Yogyakarta serta boneka. Tak hanya dari Indonesia, koleksi wayangnya juga berasal dari Malaysia, Vietnam, China, hingga Kamboja.

Alamat Jl. Pintu Besar Utara No.27, RT.7/RW.6, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, DKI Jakarta

Kunjungan ke Museum Wayang dapat dilakukan setiap hari kecuali hari Senin, mulai pukul 09:00-22:00 dengan biaya Rp 5.000 saja. Untuk semakin menambah wawasan budaya, anda bisa kunjungi juga Museum Tekstil di Jakarta.

Museum Tekstil Palmerah

Sesuai namanya, museum yang didirikan oleh Ibu Tien Suharto memiliki kolekasi berupa kain tradisional khas daerah di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah batik dari berbagai kota dan kain songket.

Museum Tekstil Palmerah

Alamat Jl. Aipda Ks. Tubun Raya No.2-4, RT.4/RW.2, Kota Bambu Sel., Palmerah, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11420

Museum yang buka setiap hari dari pukul 08.00-15.00 ini biaya tiket masuknya adalah Rp 5.000. Murah bukan?

Selanjutnya, tak ada salahnya anda belajar sejarah yang berkaitan dengan maritim di Jakarta. Dimana ya? Ya, and abisa kunjungi Museum Bahari Jakarta.

Museum Bahari Penjaringan

Beda nama beda pula isinya, di Museum Bahari ini anda akan dapati berbagai koleksi yang berkaitan dengan kelautan. Jangan heran, karena dulunya adalah gedung yang dipakai Belanda untuk urusan pelayaran.

Museum Bahari Penjaringan

Alamat: Jl. Ps. Ikan No.1, RT.11, Penjaringan, Kota Jkt Utara, DKI Jakarta 14440.

Biaya tiket masuk museum mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 5.000. Sementara jam bukanya adalah setiap hari pukul 09.00-16.00.

Selain Museum Bahari, masih ada beberapa lagi lokasi museum di Jakarta yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu yang terkenal dalah Museum Fatahillah.

Museum Fatahillah Tamansari

Museum ini letaknya di Jalan Pinangsia, Jakarta Barat. Dulunya, museum ini menjadi kantor gubernur Jenderal Batavia.

Museum Fatahillah Tamansari

Di dalamnya anda bisa melihat banyak benda peninggalan sejarah serta replika prasasti. Ad ajuga benda seni yang berasal dari masa kerajaan jaman dahulu hingga modern.

Alamat: Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Tamansari, Jkt Barat, DKI Jakarta 11110

Jam buka wisata museum ini yaitu Selasa – Minggu dari pukul 09.00 hingga 15.00 dengan HTM Rp 2.000 hingga Rp 5.000. Alternatif wisata museum Jakarta lain dapat dilakukan ke Museum Satria Mandala.

Museum Satria Mandala Mampang

Ada apa saja di dalam museum Satria Mandala? Pertama, anda bisa melihat koleksi barang dan perlengkapan TNI (Tentara Nasional Indonesia).

Museum Satria Mandala Mampang

Menarik kan? Anda bia kunjungi museum ini setiap hari pukul 09.00-14.30 dengan biaya sekitar Rp 2.000 saja.

Alamat: Jl. Gatot Subroto No.14, RT.6/RW.1, Kuningan Bar., Mampang Prpt., Jaksel, DKI Jakarta.

Selain banyak koleksi museum seperti yang disebutkan di atas, ada juga alternatif wisata keluarga Jakarta. Kira-kira apa saja lokasi wisata yang cocok bagi liburan anda bersama keluarga? Simak terus penjelasan kami. 

Taman Mini Indonesia indah (TMII) Jakarta Timur

TMII dibangun di era Presiden Soeharto, letaknya di Cipayung, Jakarta Timur. Di dalam area taman seluas 150 Ha ini terdapat berbagai wahana permainan menarik untuk liburan keluarga.

Taman Mini Indonesia ind

Daya tarik lain wisata ini adalah sebuah gedung teater IMAX berbentuk seperti keong. Di gedung tersebut biasanya sebuah film yang berjudul Keong Mas dan Tanah Airku diputar.

Harga tiket masuk ke sini adalah Rp 60.000, namun untuk menikmati berbagai wahananya perlu tambahan sekitar Rp 10.000 hingga Rp 30.000. Jam buka lokasinya adalah setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 22.00.

Alamat: Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Selain TMII, ada alternatif wisata keluarga lainnya yaitu kebun binatang. Di Jakarta, terdapat kebun binatang dengan banyak koleksi hewan, namanya Ragunan.

Kebun Binatang Ragunan Pasar Minggu

Di Jakarta, anda tak hanya bisa belajar sejarah dan budaya tetapi juga mengenal fauna Indonesia. Seperti di Ragunan, anda bisa melihat lebih dari 290 spesies hewan yang dibalut dengan wisata hiburan dan edukasi.

Kebun Binatang Ragunan Pasar Minggu

Kebun Binatang Ragunan memiliki Dunia Orang Utan dan Pusat Primata Schmutzer. Kedua fasilitas tersebut merupakan edukasi tentang primata.

Hanya dengan membayar biaya masuk mulai dari Rp 3.000- rp 4.000, anda sudah bisa berkunjung ke kebun binatang ini mulai pukul 09:00 hingga 16:00.

Alamat: Jl. Harsono No.1, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Apabila sudah bisan berkeliling di kebun binatang ini, anda bisa jalan-jalan sambil shopping di berbagai opsi berbelanja di Jakarta. Jika ingin shopping dengan harga miring, Pasar Tanah Abang selalu menjadi daftar nomor satu.

Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat

Pasar Tanah Abang adalah salah satu wisata belanja murah Jakarta. Di pusat perbelanjaan grosir ini dijual berbagai pakaian dengan harga sangat murah.

Pasar Tanah Abang

Di pasar dengan 12 lantai ini, anda bisa berbelanja berbagai kebutuhan sandang sepuasnya mulai dari pukul 08:00 hingga 16:00.

Alamat: Jl. Ps. Tanah AbangKp. Bali, Tanahabang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10250.

Selain Pasar grosir pakaian, ada juga opsi lain untuk berbelanja aneka benda seni dan bersejarah. Letaknya di Pasar Seni Ancol.

Pasar Seni Ancol Pademangan

Pasar Seni Ancol merupakan pusat wisata seni, budaya, sekaligus belanja yang dikemas dalam sebuah taman hiburan keluarga. Lokasinya sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur sambil shopping.

Pasar Seni Ancol Pademangan

Di sini anda juga bisa mengunjungi sejumlah studio seni serta melihat proses pembuatan karya seni secara langsung. Ada juga pertunjukan seni seperti malam Jazz, yang diadakan setiap Jumat malam.

Alamat: Taman Impian Jaya, Jalan Lodan Timur No.1/7, RW.10, Ancol, Pademangan, Jkt Utara, DKI Jakarta 14430.

Lain Pasar Seni dan Pasar Tanah Abang, berbeda pula dengan Pasar Glodok. Pasar ini dikhususkan bagi anda yang ingin mencari barang eletronik dengan harga miring.

Pasar Glodok Tamansari

Di pasar khas pecinan ini, anda bisa menemukan berbagai barang elektronik mulai dari blender hingga mesin cusi. Pilihan barang yang dijual di pasar ini sangat lengkap dan tentunya dijual sangat murah.

Pasar Glodok Tamansari

Alamat: Jl. Pancoran, RT.2/RW.1, Glodok, Tamansari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11120.

Tak hanya itu, masih ada beberapa nama lokasi shopping yang perlu anda tahu. Berikutnya adalah Thamrin City.

Thamrin City Tanah Abang

Apakah anda pernah mendengar Thamrin City? Tempat ini merupakan sebuah mall baru yang lokasinya ada di komplek Bundaran HI.

Thamrin City Tanah Abang

Berbeda dengan mall kebanyakan, Thamrin City menawarkan beragam barang dengan range harga sangat terjangkau.

Alamat: Jl. K.H. Mas Mansyur, Kb. Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10230.

Apakah anda ingin berbelanja barang branded dan mewah? Jangan salah, tentunya di Jakarta juga ada tempat belanja semacam itu, salah satunya Plaza Indonesia.

Plaza Indonesia Menteng

Pusat perbelanjaan satu ini berisi tenant-tenant yang mewah dan lengkap. Berbagai produk mulai dari lokal hingga internasional tersedia dengan harga bervariasi.

Plaza Indonesia Menteng

Tak hanya tenant shopping, di dalamnya juga terdapat area untuk kuliner di dalam mall. Di plaza yang buka dari pukul 10.00-22.00 ini anda bisa menikmati hidangan khas Indonesia dan internasional.

Alamat: Jl. M.H. Thamrin No.Kav. 28-30, RT.9/RW.5, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10350

Jika sudah puas berbelanja, mungkin anda sebaiknya beralih untuk berwisata kuliner. Untuk dapat menikmati wisata kuliner Jakarta murah, simak beberapa spot kuliner di bawah ini.

Kuliner Malam Pecenongan Gambir

Di Jalan Pecenongan, terapat sebuah area kuliner malam hari Jakarta yang buka setiap pukul 18.00 hingga 02.00 dini hari. Area yang membentang sepanjang 600 meter dipenuhi berbagai kedai hidangan murah.

Kuliner Malam Pecenongan Gambir

Mulai dari warung kaki lima hingga restoran legendaris tersedia. Berbagai menu yang bisa anda nikmati diantaranya makanan padang, kuliner daerah, hidangan laut hingga menu khas restiran china.

Alamat: Jl. Pecenongan No.80, Kb. Klp., Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10120.

Selain spot kuliner ini, ada satu lagi yang berada tak jauh dari Bundaran HI. Namanya Kawasan Kuliner BSM. Berikut ulasannya.

Kawasan Kuliner BSM Tamrin Menteng

Jika Pecenongan adalah wisata kuliner malam, Kawasan Kuliner BSM ini merupakan wisata kuliner pagi-siang karena buka dari pukul 09:00 – 18:00. Lokasi kuliner ini menjadi favorit warga karena menunya ditawarkan dengan harga terjangkau.

Alamat: Kawasan Kuliner BSM, Jl. MH. Thamrin, RT.2/RW.1, RT.2/RW.1, Kb. Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10340.

Tahukah anda Jakarta buka hanya sekedar surga museum dan shopping? Di kota ini terdapat banyak tempat hiburan yang sangat cocok untuk anda bersama buah hati seperti di Dufan ini.

Dufan Ancol Pademangan

Dufan Jakarta atau Dunia Fantasi merupakan sebuah theme park dengan aneka wahana menarik. Ada wahana yang memicu adrenalin seperti Tornado, Halilintar serta Hysteria.

Dufan Ancol Pademangan

Wahana yang cukup ramah bagi semua umur seperti Rumah Miring, Poci-Poci, dan Pontang-Pontang pun ada. Ada pula taman bertema seperti Ice Age Arctic Adventure, Treasureland, dan Dufan Glow.

Bagaimana? Penasaran bukan untuk datang ke sini. Siapkan biaya minimal Rp 200.000 untuk berkunjung ke sini antara pukul 10:00 hingga 18:00.

Alamat: Jalan Lodan Timur No.7 RW.10, RW.10, Ancol, Pademangan, Jkt Utara, DKI Jakarta 14430.

Selain Dufan Jakarta Pusat, ada taman wisata air yang sangat sayang untuk dilewatkan. Namanya Waterbom PIK.

Waterbom Pantai Indah Kapuk Penjaringan

Bagi anda pecinta wisata air, Waterbom ini pasti menjadi alternatif terbaik.

Waterbom Pantai Indah Kapuk Penjaringan

Bagaimana tidak? Ada berbagai wahana air seru tersedia di sini. Mulai dari kolam renang semua umur, Twizter, Speedslide, hingga seluncuran raksasa sepanjang 118 meter.

Penasaran? Datang saja antara pukul 06:00 hingga 18:00. Jangan lupa siapkan uang untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 170.000-Rp 270.000 ya.

Alamat: Jl. Pantai Indah Barat No.1, RT.7/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan, Kota Jkt Utara, DKI Jakarta 14470

Atlantis Water Adventure Pademangan

Jika anda datang ke Ancol, sebetulnya ada banyak sekali spot wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Ada pasar, ada theme park, dan ada taman air yaitu Atlantis Water Adventure.

Atlantis Water Adventure Pademangan

Taman ini mengusung konsep theme park. Di dalamnya ada 8 kolam renang utama yang terdiri dari Poseidon, hingga Kiddy Pool.

Ada juga berbagai wahana permainan di tiap kolam renang dan wahana seluncur dari ketinggian.

Alamat: Taman Impian Jaya, Jalan Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Pademangan, Jkt Utara, DKI Jakarta 14430.

Untuk berkunjung ke taman ini anda perlu menyiapkan kocek mulai dari Rp 95.000 hingga Rp 200.000 untuk tiket masuknya. Jam buka wisata adalah setiap hari pukul 08.00-18.00 (weekday) dan 07.00-22.00 (weekend).

Sea World Ancol Pademangan

Selain Atlantis Water Adventure, ada lokasi lain yang patut dikunjungi di Ancol, yaitu Sea World. Seperti namanya, Sea World adalah semacam akuarium raksasa dengan 126 jenis ikan berjumlah 22.000 ekor.

Sea World Ancol Pademangan

Untuk dapat masuk ke sini anda harus membayar biaya sebesar Rp 80.000 (Senin-Jumat) dan Rp 90.000 (weekend). Jam buka wisata adalah setiap hari mulai pukul 09.00-18.00.

Alamat: Jalan Lodan Timur No.7 RW.10, Ancol, Pademangan, DKI JKT 14430.

Masih tentang ancol dan samudra, berikutnya anda bisa menonton pertunjukan seru dan menegangkan di Ocean Dream Samudra. Apa saja keseruannya? Simak kelanjutan review wisatanya di bawah. 

Ocean Dream Samudra Pademangan

Di Gelanggang Samudra ini terdapat atraksi hewan laut seperti lumba-lumba dan singa laut. Ada juga Taman Surga Burung serta berbagai pertunjukan seperti Scorpion Rides, hingga Ubur-Ubur dan Boto-Boto.

Ocean Dream Samudra Pademangan

Dengan membayar Rp 95.000-Rp 135.000, anda sudah bisa bebas menikmati keseruan berbagai wahana dan pertunjukan di sini. Penasaran? Yuk dicoba.

Alamat: Jalan Lodan Timur No.7 RW.10, Ancol, Pademangan, Jkt Utara, DKI Jakarta 14430

Jika di Ocean Dream anda bereksplorasi dengan kehidupan bawah laut, di Planetarium Jakarta anda bisa belajar tentang langit. Simak penjelasan tentang wisatanya berikut.

Planetarium Menteng Jakarta

Ada apa saja di Planetarium? Objek wisata ini menawarkan wahana simulasi langit. Selain dapat menambah pengetahuan, harga tiket masuknya pun murah sekali.

Planetarium Menteng Jakarta

Untuk dapat masuk ke sini, harga tiket masuknya cukup murah yaitu Rp 7.000 (dewasa) dan Rp 3.500 (anak-anak). Sedangkan jam operasional planetarium adalah 09.00 WIB hingga 13.00 WIB.

Alamat: Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10330

Pernah terpikir untuk beraktivitas outbond di hiruk pikuknya Kota Jakarta? Kenapa tidak.

Yuk intip sekilas info tentang Allianz Ecopark. Di sini anda bisa dapatkan liburan yang anda mau.

Allianz Ecopark Pademangan

Pernah dengar tentang Allianz Ecopark Jakarta? Sebetulnya objek wisata ini lokasinya ada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Allianz Ecopark

Di lokasi wisatanya terdapat area untuk berolahraga, taman bermain, serta danau wisata. Jangan salah anda juga bisa menemui kebun binatang mini, gazebo, serta kano, perahu kayuh, Faunaland, serta Rumah Energi.

Lengkap kan fasilitasnya buta para Outbondholic! Hanya dengan Rp 25.000 anda sudah bisa masuk di lokasi ini antara pukul 06.00-18.00.

Alamat: Taman Impian Jaya Ancol Jl. Lodan Timur No. 7 RW.10, RW.10, Ancol, Pademangan, Jkt Utara, DKI Jakarta 13820.

Tak hanya area outbond, Jakarta juga memiliki beberapa kawasan terbuka hijau yang berupa taman-taman. Salah satu tempat wisata terdekat di Jakarta dengan konsep taman adalah Taman Wisata Alam Angke Kapuk.

Taman Wisata Alam Angke Kapuk Penjaringan

Lokasinya berada di Pantai Indah Kapuk. Meski terkenal sebagai lokasi rumah mewah, ada sebuah kawasan hutan bakau dengan berbagai fauna yang hidup di habitat aslinya.

Angke Kapuk Penjaringan

Hanya dengan Rp 25.000 saja, anda sudah bisa puas bereksplorasi di hutan bakau asri dengan deretan rumah unik. Sementara jam buka wisata adalah mulai pukul 07.00 – 18.00.

Alamat: Jl. Garden House, RT.4/RW.3, Kamal Muara, Penjaringan, Jkt Utara, DKI Jakarta 14470

Objek wisata taman di Jakarta lainnya adalah Taman Spatodhea. Penasaran ada apa saja di sini?

Taman Spatodhea Jagakarsa

Taman seluas 1,5 hektar ini merupakan tempat wisata gratis Jakarta Selatan. Jadi, di sini anda tak

Taman Spatodhea Jagakarsa

Di Taman Spatodhea ada sebuah jalur joging yang panjangnya 100 meter. Spatodhea atau Taman Miring ini bisa diakses siapa saja mulai pukul 05.00 hingga 18.00.

Alamat: Gg. Kriep, RT.13/RW.5, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12620

Tahukah anda di pusat kota Jakarta juga ada sebuah taman luas dan hijau. Silakan buktikan sendiri dan kunjungi Taman Situ lembang.

Taman Situ Lembang Menteng

Situ Lembang adalah sebuah danau buatan yang ada di Kota Jakarta Pusat. Di taman ini anda bisa temukan jogging track yang dikelilingi bunga-bunga indah.

Taman Situ Lembang Menteng

Setiap pengunjung juga diperbolehkan memancing ikan di dalam danau dengan bebas dan tentunya gratis. Tertarik? Silakan kunjungi di alamat berikut.

Alamat: Jl. Lembang Terusan No.D-59, RT.6/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 12910

Kurang puas dengan Situ Lembang, anda bisa mencoba bersantai bersama keluarga di Setu Babakan. Ada apa ya kira-kira di tempat tersebut?

Setu Babakan Jagakarsa

Di area ini terdapat sebuah daerah resapan air yang berupa danau. Tak hanya itu, di situ yang buka dari jam 07.30 hingga 23.00 ini merupakan wilayah kehidupan asli budaya Betawi.

Setu Babakan Jagakarsa

Hanya dengan biaya sebesar Rp 5.000 saja anda sudah bisa bereksplorasi di Setu Babakan.

Alamat: Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Bagaimana? Menyenangkan bukan? Jika masih ingin seru-seruan di Jakarta, kami ada beberapa opsi objek wisata Jakarta keren dan kekinian? Salah satunya di Alive museum.

Alive Museum Pademangan

Alive Museum merupakan jaringan museum visual unik berasal dari Korea. Di museum ini terdapat berbagai patung lilin tokoh terkenal, seperti di Museum Madam Tussaud Hong Kong.

Alive Museum Pademangan

Di sini anda bisa berfoto dengan tokoh dunia hiburan mulai dari penyanyi pop Korea hingga bintang Hollywood. Hanya dengan membayar Rp 100.000 anda sudah bisa puas berpose mulai pukul 10.00 hingga 21.00.

Alamat: Ancol Beach City Mall, 3rd Floor, Jalan Ancol Beach City, Ancol, Pademangan, Ancol, Pademangan, Jkt Utara, DKI Jakarta 14430

Kalau ingin liburan unik, anda pun bisa menjajal wahana seru di Escape Hunt. Di sini anda bisa melakukan apa saja ya?

The Escape Hunt Mampang

Liburan di sini menawarkan anda sensasi bermain layaknya detektif sungguhan. Menarik bukan? Anda hanya diberi 90 menit saja untuk memecahkan sebuah masalah.

The Escape Hunt Mampang

Tentu sangat asyik dengan liburan anti-mainstream ini. Tertarik? Siapkan Rp 210.000 hingga Rp 300.000 untuk mencoba wahana menariknya di jam 10.00 hingga 23.00.

Alamat: Jl. Kemang Raya No.15, RT.1/RW.7, Bangka, Mampang Prpt., Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12730

Nah, setelah puas dengan wisata kekinian Jakarta, anda bisa menjauh sediti ke kawasan Jakarta Utara. Ada apa di sana? Deretan pantai berpasir putih dan cantik sedang menunggu anda, salah satunya Pantai Ancol.

Pantai Ancol Jakarta Utara

Ini adalah salah satu pantai paling terkenal di Jakarta yang lokasinya ada di kawasan TIJA (Taman Impian Jaya Ancol). Tak jauh dari pantai ini, anda bisa dapati objek wisata terkenal lain seperti Seaworld, Dufan, dan Ocean Dream.

Pantai Ancol Jakarta Utara

Pantai indah ini memiliki daya tarik lain yaitu fasilitasnya yang sangat lengkap. Mulai dari track jogging, dermaga hingga restoran. Di sepanjang garis pantai ini, ada sekitar 5 pantai yang tak kalah cantik seperti Pantai Karnaval, Pantai Festival Ancol, dll.

Menariknya lagi, biaya masuk pantai ini terjangkau hanya Rp 25.000 saja.

Alamat: Ancol, Jakarta Utara.

Selain pantai, ada objek wisata berupa pulau cantik yang masih masuk dalam daftar wisata Jakarta. Beberapa diantaranya adalah Kepulauan Seribu dan Pulau Bidadari.

Kepulauan Seribu Selat Sunda

Kepulauan Seribu merupakan gugusan pulau di kawasan Selat Sunda. Pulau tersebut ada yang berpenghuni ada juga yang tidak.

Kepulauan Seribu Selat Sunda

Terdapat 5 pulau besar sebagai tempat favorit wisata yaitu Pulau Kelor, Pulau Onrust, Pulau Cipir, Pulau Rambut serta Pulau Untung Jawa.

Beberapa pulau lain di Kepulauan Seribu juga tak kalah cantik untuk dikunjungi. Salah satunya di Pulau Biadadari ini.

Pulau Bidadari Kepulauan Seribu

Pulau Bidadari adalah sebuah pulau kecil di Kepulauan Seribu. Bidadari terkenal sebagai wilayah konservasi alam.

Pulau Bidadari Kepulauan Seribu

Di pulau ini terdapat hutan bakau dan sejumlah pohon langka lain seperti santigi dan kepuh. Tak hanya tumbuhan, ada juga beberapa jenis hewan seperti rusa totol, lumba-lumba, serta elang.

Keunikan pulau ini terletak pada area resort apungnya. Resort tersebut juga kabin-kabin kayu dengan design tradisional.

Selain Pulau Bidadari, masih ada beberapa nama pulau cantik di Kepulauan Seribu seperti Pulau Tidung, Pulau Semak Daun dan Pulau Harapan. Semua pulau tersebut sangat indah dan memiliki keunikan tersendiri.

Nah, sudah terbukti kan ada banyak lokasi wisata di Jakarta. Diantaranya, ada sekitar 36 tempat  yang berupa monumen, taman, hingga tempat kekinian dan bahkan wisata alam seperti pantai.

Jangan bilang Jakarta hanya penuh dengan kemacetan dan kebisingan kota yang padat. Ada ratusan objek wisata Jakarta yang menarik menanti anda di kota ini.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *