30 Alternatif Wisata Jambi Paling Murah untuk Liburan

Diposting pada
Danau Biru Muara Tembesi

Wisata Jambi – Jambi merupakan salah satu provinsi di Indonesia. Letaknya ada di Pulau Sumatra, tepatnya di kawasan pesisir timur dan bagian tengah pulau ini.

Kisaran Harga TiketRp Gratis – 50000
No Telepon(0741) 63197
Jam Buka24 Jam
WilayahJambi

Sejak dahulu, Jambi sangat terkenal di berbagai kitab literatur kuno. Nama kawasan ini sering disebut di dalam prasasti-prasasti serta berita-berita yang berasal dari negeri Tiongkok.

Tak hanya itu, Jambi juga terkenal sebagai Kota Melayu. Hal ini disebabkan karena mayoritas penduduk di sini merupakan keturunan melayu.

Namun, di balik fakta tersebut, Jambi juga memiliki banyak sekali tempat wisata dengan pesona yang patut dipertimbangkan. Mulai dari wisata alam, bahari, budaya hingga wisata hotel Jambi semua tersedia.

Bahkan berdasarkan data dari BPS, hingga tahun 2014 Jambi memiliki sekitar 264 objek wisata yang layak untuk dikunjungi. Objek wisata tersebut terbagi ke dalam 3 kategori: wisata alam, wisata buatan, sejarah.

Rangkuman Daftar Info Wisata Jambi

Apakah anda penasaran tentang apa saja objek wisata di daerah barat pulau Sumatra ini? Berikut kami rangkum sekitar 30 nama tempat wisata di Jambi Indonesia.

Tugu Juang Sipin Telanaipura

Apa anda mencari lokasi wisata gratis jambi? Tugu Juang Sipin bisa menjadi alternatif terbaik bagi anda.

Tugu Juang Sipin Telanaipura

Objek wisata ini merupakan salah satu ikon provinsi Jambi yang harus anda kunjungi. Tugu Juang adalah sebuah monumen untuk mengenang dan memperingati perjuangan masyarakat Jambi.

Simbol tersebut merupakan gambaran perjuangan rakyat kala itu. Terlihat juga relief cerita perjuangan rakyat melawan Belanda pada masa agresi militer.

Untuk dapat memasuki kawasan tugu ini tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Sementara kawasan ini dibuka setiap hari dan 24 jam.

Alamat : Jalan HOS. Cokroaminoto, Selamat, Telanaipura, Kota Jambi

Tugu Pers Lb. Bandung

Selain Tugu Juang, ada juga monumen lain yang dibangun pada Februari 2012 yaitu Tugu Pers. Bedanya, monumen ini digunakan untuk memperingati kebebasan pers di Jambi.

Tugu Pers Lb. Bandung

Karena unik dan menarik, banyak pengunjung memanfaatkan kawasan ini untuk berburu foto instagenic. Selain itu, pengunjung juga biasanya berburu kuliner sambil melihat pemandangan kota Jambi dari lokasi ini.

Lokasi wisata di sini juga tidak dikenakan biaya apapun, namun anda perlu mempersiapkan uang untuk berwisata kuliner. Jam buka lokasi ini adalah setiap hari 24 jam.

Lokasi : Jl. Sultan Agung, Lb. Bandung, Ps. Jambi, Kota Jambi.

Gentala Arasy Pelayangan

Gentala Arasy merupakan museum budaya yang sangat populer. Museum ini dikenal sebagai salah satu simbol Islam di Jambi.

Di dalamnya anda bisa temukan ratusan koleksi benda bersejarah. Benda bersejarah tersebut sebagai bukti perjalanan Islam di negeri Jambi kala itu.

Museum ini juga memiliki sebuah jembatan yang sangat terkenal dengan keindahan lampunya di malam hari. Bahkan, diketahui biaya untuk pembuatan wisata jembatan Jambi ini mencapai miliyaran.

Perlu diingat, jam operasional Gentala Arasy ini dari hari Senin-Jumat  pukul 08.00-16.00 dan Sabtu-Minggu pukul 08.00-13.00. Harga tiketnya dipatok untuk anak-anak Rp 1.500 dan dewasa Rp 2.000.

Alamat : Arab Melayu, Pelayangan, Kota Jambi.

Museum Siginjei Telanaipura

Selain museum Gentala, ada museum lain yaitu Siginjei yang dibangun tahun 1981. Menurut informasi, museum ini didirikan oleh Masjchun Syofwan, yaitu gubernur yang menjabat kala itu.

Museum Siginjei Telanaipura

Terdapat banyak koleksi di Museum Siginjei ini. Beberapa diantaranya adalah berbagai benda geologi Jambi sampai benda-benda arkeologinya

Tertarik? Anda bisa berkunjung di hari Senin hingga Jumat pukul 07.30 – 16.00 atau Sabtu-Minggu pukul 07.30 – 12.00. Harga tiketnya pun cukup terjangkau, hanya Rp 5.000/org.

Alamat: Jl. Jenderal Urip Sumoharjo, Sungai Putri, Telanaipura, Kota Jambi.

Jambi Paradise Sungai Gelam

Kali ini anda perlu kunjungi salah satu wisata baru dan wisata hits jambi. Namanya adalah Jambi Paradise.

Jambi Paradise Sungai Gelam

Uniknya dari wisata ini adalah suguhan sebuah taman dengan konsep taman air. Tak hanya berbagai wahana air keren dan menarik tersedia di sini.

Di sekeliling, anda juga bisa menikmati view yang sejuk dan asri. Sehingga lokasi ini sangat cocok digunakan sebagai taman hiburan serta tempat bersantai bersama keluarga.

Untuk berkunjung, anda bisa mengestimasi dengan mudah karena tempat ini buka setipa hari sejak pukul 10.00 – 18.00. Tentang harga tiketnya, pada Weekday dibandrol Rp 20.000 dan Weekend Rp. 30.000.

Alamat : Talang Belido Kebon IX, Simpang Acai, Sungai Gelam, Mekar Jaya, Kota Jambi.

Wisata Kuliner Tanggo Rajo Kasang

Di Jambi, anda juga bisa menjajal wisata kuliner yaitu di Tanggo Rajo. Jika dilihat kawasan ini seperti tangga untuk naik dan turun singgasana yang digunakan oleh para raja.

Wisata Kuliner Tanggo Rajo Kasang

Tak heran, Tanggo Rajo selalu ada di bagian depan kerajaan. Atau, di masa sekarang anda bisa temukan tangga ini  di depan Rumah Gubernur Jambi.

Seiring berjalannya waktu,tempat ini digunakan sebagai kawasan untuk menikmati suasana sore serta beberapa acara atau festival. Tak hanya itu, banyak juga kedai makanan yang menjadi ajang berkuliner di Jambi.

Wisata di Tanggo Rajo ini buka setiap hari mulai 24 jam. Mengenai harga tiketnya, dikenakan biaya Rp2.000 untuk anak-anak; Rp3.000 untuk dewasa.

Alamat : Jl. Sultan Thaha No. 15, Kasang, Jambi.

Pasar Keramik Sitimang Jambi

Apakah anda hobi berbelanja? Anda harus datang ke Pasar keramik Sitimang ini. Di pasar Sitimang yang buka 24 jam ini tersdia berbagai kerajinan keramik seperti kendi, vas, maupun hiasan lainnya.

wisata kota jambi

Anda bisa melihat-lihat atau berbelanja keramik dengan beragam pola dan ukiran unik dan indah. Yang harus anda tahu, keramik-keramik tersebut merupakan hasil dari tangan pengrajin lokal Jambi.

Lokasi  : Jl. Doktor Wahidin, Pasar Jambi, Kota Jambi.

Danau Sipin Legok Telanaipura

Jika anda mencari wisata air kito Jambi, ada banyak danau di kota ini untuk dikunjungi. Salah satunya adalah danau Sipin.

Danau Sipin Legok Telanaipura

Danau Sipin merupakan wisata alam yang dipadukan dengan budaya khas Jambi. Tak heran anda bisa menyaksikan wisata air dengan kearifan lokal sekaligus.

Dengan luas mencapai 89,2, danau ini siap memanjakan anda dengan berbagai fasilitas menarik. Tak hanya itu, jaraknya juga cukup dekat yakni sekitar 4 km dari pusat kota.

Anda perlu menyiapkan biaya sebesar Rp.3000 untuk dapat memasuki kawasan ini. Ditambah biaya parkir Rp 2000 dan fasilitas lainnya sekitar Rp 5000 saja.

Alamat: Legok, Telanaipura, Jambi.

Danau Kaco Gunung Raya

Selain Danau Sipin, anda juga bisa menemukan danau cantik dan masih sangat asri di kawasan Gunung Kerinci.

Danau Kaco Gunung Raya

Seperti diketahui, Kerinci menyimpan sejuta pesona alam memukau. Salah satunya bisa dilihat di Danau Kaco.

Tak hanya pemandangan alam yang masih asri dan indah. Air danau di sini juga sangat jernih seperti kaca sehingga dinamai Danau Kaco.

Yang menjadi daya tarik lain wisata ini adalah, harga tiketnya masih gratis. Juga, lokasi wisata ini buka setiap hari 24 jam.

Alamat : Dusun Baru Lempur, Gunung Raya, Kawasan Kerinci, Jambi.

Danau Belibis Kayu Aro

Danau ini merupakan salah satu danau yang sangat populer di Jambi. Daya tariknya adalah adanya Burung Belibis yang menghuni tempat ini, kemudian dijadikan nama danau ini.

Danau Belibis Kayu Aro

Jadi jangan heran kalau anda akan melihat banyak sekali burung belibis di sekitar danau. Karena danau ini memang menjadi habitat Burung Belibis.

Anda bisa menikmati keindahan di danau ini setiap hari dan 24 jam. Untuk dapat masuk ke lokasi wisata, biaya yang dikenakan adalah Rp5,000.00.

Alamat : Giri Mulyo, Kayu Aro, Kerinci, Jambi.

Danau Lingkat Gunung Raya

Wisata danau berikutnya di Jambi adalah Danau Lingkat. Sama dengan beberapa danau yang lain, danau ini berada di kawasan Kerinci.

Danau Lingkat Gunung Raya

Faktanya, Kerinci merupakan gunung berapi yang masih aktif. Jadi wajar ada banyak danau mengelilingi kawasan ini dan bisa dijadikan objek wisata.

Pemandangan wisata Danau Lingkat tak kalah menarik dengan beberapa danau lainnya. Suasana yang sejuk dan masih sangat menjadi daya tarik utama pengunjung.

Bahkan dengan biaya gratis, anda bisa menikmati jernih dan segarnya air danau ini. Lokasi danau ini juga selalu buka setiap hari 24 jam.

Alamat : Lempur Hilir, Gunung Raya, Kerinci, Jambi.

Danau Kumbang Merangin

Selain Kerinci, ada satu lagi gunung yang masuk di kawasan Jambi yaitu Gunung Masurai. Di kawasan gunung ini anda bisa menemukan sebuah lokasi danau di ketinggian, namanya Danau Kumbang.

Danau Kumbang Merangin

Jadi bagi anda yang hobi mendaki, jangan lewatkan mampir  di danau ini. Keeksotisannya tak kalah menarik dengan Ranu Kumbolo di Puncak Semeru.

Dengan HTM gratis, anda bisa mampir ke sini kapanpun anda mau. Karena danau ini tidak dibatasi jam operasional.

Alamat : Gunung Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi

Danau Biru Muara Tembesi

Berikutnya adalah destinasi wisata danau yang wajib anda kunjungi di Jambi, yaitu Danau Muara Tembesi. Danau cantik yang terbentuk oleh aktivitas galian tanah ini sangat populer di kalangan wisatawan.

danau di jambi

Hal tersebut dikarenakan karakteristiknya unik dan berbeda dari danau lainnya. Seperti namanya, danau ini memiliki warna air biru dan kehijauan yang indah.

Yuk, jangan lewatkan datang ke danau yang masih gratis dikunjungi ini. Anda bisa datang kapan saja karena lokasinya buka 24 jam.

Alamat : Kebun Baru, Muara Tembesi, Batanghari, Jambi.

Danau Gunung Tujuh Kayu Aro

Nah, berikutnya ada wisata Jambi terbaru di danau Gunung Tujuh. Tak hanya panorama danau, di sini anda bisa melakukan banyak hal seru dan menarik.

Danau Gunung Tujuh Kayu Aro

Beberapa diantaranya adalah arum jeram dan juga wisata air terjun. Disebut gunung tujuh karena selain berair jernih, terdapat hamparan tujuh gunung berbaris mengelilingi danau.

Untuk masuk ke lokasi danau, belum terdapat HTM atau biaya retribusi apapun. Danau ini buka setiap hari 24 jam.

Alamat: Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi. 

Air Terjun Talang Jaya Merangin

Lokasi wisata alam Jambi berikutnya adalah air terjun Talang Jaya. Objek wisata ini lebih populer dengan julukan air terjun tujuh tingkat.

Air Terjun Talang Jaya Merangin

Nama tersebut menggambarkan tujuh kontur ketinggian dari air terjun sendiri. Jika dilihat, ketujuh kontur tersebut membuat gerakan air yang sangat cantik dan bagus.

Anda tertarik? Siapkan kocek sebesar Rp 10.000 untuk dapat berkunjung ke sini. Tentang jam operasional, air terjun Talang Jaya buka setiap hari 24 jam.

Alamat: Desa Telentam, Tabir Ulu, Merangin, Jambi.

Air Terjun Tegan Kiri Bungo

Objek wisata air terjun berikutnya ini berada di Bungo Jambi, namanya adalah Tegan Kiri. Kawasan sekeliling air terjun masih sangat asri dengan panorama memukau.

Air Terjun Tegan Kiri Bungo

Ketinggian air terjunnya sekitar 10 meter. Sementara sumber airnya berasal dari perbukitan dengan ketinggian 26 meter.

Fasilitas yang tersedia di sini cukup lengkap seperti parkir, kamar mandi, toilet, tempat sampah, mushola, dll. Hanya dengan membayar Rp. 10.000/orang anda sudah bisa menikmati air terjun indah ini.

Alamat : Rantau Pandan, Bungo, Jambi.

Air Terjun Arai Indah Siulak

Pesona wisata alam Jambi berikutnya bisa dilihat dari indahnya air terjun Arai Indah. Air terjun satu ini sangat terkenal dengan pemandangannya yang asri.

air terjun arai indah siluak jambi

Disarankan untuk datang kemari saat musim hujan. Karena saat hujan debit airnya akan lebih deras dan lebih banyak dari biasanya.

Untuk menikmati pesona air terjun tersembunyi ini tidak ada biaya khusus alias gratis. Anda pun bisa datang kemari kapanpun anda mau.

Alamat: Mukai Pintu, Siulak, Kerinci, Jambi.

Air Terjun Sungai Medang Kerinci

Jika anda ingin sensasi air terjun lain, anda bisa kunjungi air terjun Sungai Medang ini. Di kawasan sungai Medang anda bisa dapati sebuah titik air terjun yang cantik.

Air Terjun Sungai Medang Kerinci

Di titik tersebut anda bisa merasakan relaksasi diirinigi suasana asri dan gemercik air terjun. Sangat menyenangkan bukan?

Anda pun tak perlu membayar biaya apapun untuk menikmati keindahan air terjunnya. Lokadi wisatanya jug buka setiap hari 24 jam.

Alamat: Sungai Medang, Air Hangat Timur, Kerinci, Jambi.

Air Terjun Kolam Jodoh Merangin

Dilihat dari namanya tentu anda bisa menebak ada apa di balik air terjun ini? Ya, terdapat sebuah mitos dibalik nama tempat wisata ini. Konon, jika mandi di air terjun Kolam Jodoh anda bisa mendapatkan jodoh lebih cepat.

Air Terjun Kolam Jodoh Merangin

Bagaimana? Apa anda percaya? Lepas dari benar atau salah, hal tersebut hanyalah mitos. Yang jelas, di sini anda bisa menikmati segarnya air terjun dengan panorama menarik.

Tidak ada pungutan biaya apapun untuk dapat mandi di air terjun Kolam Jodoh. Selain itu, lokasi wisatanya buka setiap ahri 24 jam.

Alamat : Geopark Jambi, Merangin.

Geopark Merangin

Tak jauh dari lokasi air terjun sebelumnya, ada sebuah tempat wisata yang tak kalah menarik yaitu Geopark Merangin, wisata Geopark Jambi.

Geopark Merangin

Di lokasi ini anda bisa menikmati serunya bermain arum jeram. Tak hanya itu, anda juga bisa mengenal berbagai keunikan fosil flora yang usianya mencapai 350 tahun.

Jika tertarik, anda perlu siapkan biaya sekitar Rp10,000.00 untuk datang ke lokasi wisata Jambi ini. Mengenai jam operasional, Geopark Merangin buka setiap hari 24 jam .

Alamat: Dusun Tuo, Air Batu, Renah Pemberap, Tuo, Lembah Masurai, Merangin, Jambi.

Taman Telun Berasap Kayu Aro

Taman ini masih berada di kawasan Taman Nasional Kerinci. Jadi, taman ini berada di sekitar Gunung Kerinci.

Taman Telun Berasap Kayu Aro

Objek wisata ini begitu populer terutama dengan air terjun setinggi hampir 50 meter. Tingginya air terjun ini mengakibatkan percikan air yang jatuh menimbulkan asap di sekitarnya.

Bagaimana? Ingin berkunjung? Jam buka wisatanya adalah setiap hari pukul 08.00 – 17.00. Untuk harga tiketnya Rp 10.000/orang.

Alamat  : Desa Telun Berasap, Kecamatan Kayu Aro, Kerinci, Jambi.

Hesti’s Garden Merangin

Hesti’s Garden merupakan salah satu destinasi wisata Jambi yang sedang naik daun di Kabupaten Merangin. Taman ini terkenal indah sehingga sangat cocok bagi pecinta fotografi dan selfie.

Hesti’s Garden Merangin

Jangan heran jika banyak pengunjung yang memanfaatkan kawasan ini sebagai lokasi hunting foto, ada banyak bunga dan spot cantik di sini. Apa anda menjadi salah satu yang menambah koleksi foto di sini?

Anda tak perlu repot-repot merogoh kocek, karena berkunjung ke taman ini gratis. Perlu diingat, taman ini buka setiap hari hanya dari pukul 07.00 – 18.00

Alamat : Muara Manderas, Jangkat, Merangin, Jambi.

Wisata Sungai Batanghari

Sungai Batanghari letaknya tak jauh Gentala Arasy. Di sungai ini anda juga bisa sambil berwisata yaitu dengan menaiki “Ketek” atau sebuah perahu.

Wisata Sungai Batanghari

Dengan perahu tersebut anda akan diajak berkeliling menyusuri Sungai Batanghari. Selain itu, anda juga bisa sembari melihat view Kota Jambi dari sudut yang berbeda.

Tertarik? Siapkan dana sebesar Rp 50.000 untuk dapat berkeliling dengan satu perahu per 1 jam. Wisata Jambi ini buka setiap hari 24 jam.

Alamat: Sungai Batanghari, Kota Jambi.

Jembatan Beatrix Sarolangun

Jembatan ini memiliki kemiripan dengan wisata Gentala Arasy Jambi. Dari jembatan ini anda juga bisa menikmati pemandangan kota pada malam hari.

Jembatan Beatrix Sarolangun

Untuk dapat menikmati suasana kota dari jembatan ini tidak dibebani biaya sepeserpun. Jembatan ini jug buka setiap hari 24 jam.

Alamat: Sungai Bemban, Batang Asai, Sarolangun, Jambi.

Hiking Wisata Gunung Kerinci

Apakah anda suka naik gunung? Gunung Kerinci mungkin bisa menjadi alternatif pendakian anda. Obejk wisata jambi ini merupakan salah satu gunung favorit banyak pendaki.

Hiking Wisata Gunung Kerinci

Gunung Kerinci merupakan gunung berapi terkenal. Kerinci juga menyandang predikat gunung tertinggi kedua setelah Jaya Wijaya di Papua.

Pasti akan menyenangkan dan menantang hiking ke gunung ini. Pastikan juga anda melakukan summit attack agar tak ketinggalan momen seru saat hiking.

Alamat  : Perbatasan Jambi dengan Sumatera Barat.

Pantai Pasir Putih Angsa Duo Pariaman

Adakah objek wisata bahari Jambi? Tentunya ada, salah satu rekomendasi pantai cantik di Jambi adalah Pantai Angsa Duo ini.

Pantai Pasir Putih Angsa Duo Pariaman

Pantai dengan luas 3,5 Ha ini masih asri sehingga sangat bersih. Pasirnya pun putih dan terasa lembut di kaki.

Selain itu,  air lautnya sangat jernih diiringi ombak kecil yang tenang. Dijamin, anda akan betah berlama-lama di pantai ini.

Biaya masuk ke pantai ini dibandrol dari harga Rp 5000 hingga Rp 10000 per orang. Jam operasionalnya adalah setiap ahri 24 jam.

Alamat: perbatasan Jambi dan Kota Pariaman, Padang.

Hutan Mangrove Tanjung Jabung

Alternatif wisata pantai selanjutnya adalah adalah Hutan Mangrove Tanjung Jabung. Banyak hal menarik untuk dilihat di sini.

Hutan Mangrove Tanjung Jabung

Diantaranya adalah pesona lautan dan juga beberapa spot konservasi hutan mangrove. Di sini anda juga bisa menyaksikan proses perawatan serta pengelolaan pohon mangrove.

Untuk dapat menikmati hutan bakau di kawasan Tanjung Jabung ini biaya yang diperlukan adalah Rp10,000. Jam bukanya mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

Alamat: kecamatan Sadu, Nipah Panjang dan Muara Sabak, Kab. Tanjung jabung timur, prov. Jambi

Candi Muaro Jambi Maro Sebo

Selain beberapa lokasi wisata di atas, ada juga alternatif untuk menikmati wisata budaya Jambi. Jambi memiliki beberapa lokasi wisata candi yang patut dikunjungi untuk menambah wawasan budaya.

Candi Muaro Jambi Maro Sebo

Salah satunya adalah Candi Muaro Jambi. Di candi ini anda bisa menyaksikan benda purbakala dari ratusan tahun silam.

Harga Tiket wisata Jambi ini dibandrol untuk dewasa Rp 5.000 dan anak-anak Rp 3.000. Sedangkan jam operasionalnya yaitu setiap hari pukul 08.00 – 18.00

Alamat: Desa Muara Jambi, Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi.

Candi Tinggi Muaro Jambi

Nama candi ini sebetulnya bukan merupakan ciri khas candi itu sendiri. Karena Candi Tinggi ini hanya memiliki ketinggian sekitar 7,6 meter.Candi Tinggi Muaro Jambi

Candi Tinggi Muaro Jambi

Candi ini merupakan objek wisata Jambi favorit warga karena keunikannya. Lokasinya berada tak jauh dari kawasan percandian Muaro Jambi.

Harga tiket wisata candi ini adalah Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak. Jam buka lokasinya adalah setiap hari pukul 08.00 – 18.00.

Alamat : Desa Muara Jambi, Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi.

Lubuk Penyengat Muaro Jambi

Jika berkunjung ke Jambi, pastikan anda tidak melewatkan wisata Jambi Lubuk Penyengat ini. Objek wisata baru ini sedang hits lantaran tempatnya masih asri dan bisa dijadikan spot selfie terbaik.

Lubuk Penyengat Muaro Jambi

Hanya dengan Rp 5.000 saja, anda sudah bisa menambah koleksi foto instagenic di akun IG anda. Ingat ya, lokasi wisatanya buka setiap hari pukul 08.00 hingga 18.00 saja.

Alamat: Desa Baru, Kecamatan Muara Sebo, Kabupaten Muaro Jambi.

Taman Rimba Talang Bakung

Taman Rimba adalah objek wisata taman fauna satu-satunya di daerah Jambi. Jadi, di sini anda akan diajak untuk melihat berbagai macam hewan.

Taman Rimba Talang Bakung

Koleksi hewan di taman rimba ini cukup banyak. Sehingga sangat cocok dijadikan tempat edukasi anak-anak untuk lebih mengenal berbagai jenis hewan.

Cukup dengan membayar biaya masuk sebesar Rp 10.000, anda sudah bisa berwisata dan mengenal fauna bersama keluarga. Mengenai jam bukanya adalah setiap hari pukul 08.45 – 04.30.

Alamat: Talang Bakung, Jambi Selatan, Kota Jambi.

Itu tadi sekilas info mengenai 30 daftar wisata Jambi terbaru. Jadi jangan khawatir jika berkunjung ke Jambi, ada banyak tempat wisata asyik di sini.

Jangan pula lewatkan untuk datang ke beberapa objek wisata Jambi rekomendasi kami. Selamat bereksplorasi!

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *