40 Wisata Jepara Otentik yang Terfavorit dan Terjangkau 2019

Diposting pada
40 Wisata Jepara Otentik yang Terfavorit dan Terjangkau 2019 1

Karimunjawa merupakan salah satu spot andalan wisata Jepara yang sukses mencuri perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun tahukah anda Jepara tidak hanya memiliki Karimunjawa, masih ada banyak surga tersembunyi lainnya di Kota ini.

Salah satu yang terkenal dari Kota Jepara adalah sebagai kota kelahiran RA Kartini, pejuang emansipasi wanita di Indonesia. Tak hanya itu, Jepara juga tersohor dengan pesona ukiran mebel terutama kayu jati.

Namun lebih dari itu semua, Jepara juga memiliki banyak spot wisata keren dan menarik. Mulai dari situs sejarah, spot foto kekinian, hingga wisata Jepara nuansa Bali juga ada.

Daftar Wisata Jepara 2018 Terbaru

Pasti penasaran kan ada apa saja di Kota Jepara selain Karimunjawa? Yuk, langsung saja simak rangkuman wisata dari Ngetrip Kemana kali ini.

Benteng VOC Ujungbatu

Nama resminya adalah Fort Japara XVI, merupakan salah satu bangunan peninggalan Belanda di Jepara. Masyarakat sekitar juga sering menyebut bangunan ini dengan nama Lodji Gunung.

Daya tarik Benteng VOC adalah adanya sebuah makam tua Belanda. Wisata yang buka 24 jam ini bisa dimasuki tanpa membayar HTM ataupun retribusi alias gratis.

Alamat: Jl. Pahlawan, Ujungbatu V, Ujungbatu, Kec. Jepara, Jepara, Jawa Tengah 59416

Selain VOC atau Fort Japara XVI, di Jepara juga terdapat benteng peninggalan lain di jaman penjajahan Portugis. Namanya adalah Benteng Portugis.

Benteng Portugis Donorejo

Daya tarik utama benteng ini selain menjadi saksi bisu penjajahan adalah letaknya yang ada di atas bukit dan tepat di pinggir pantai. Sehingga suasananya sangat sejuk ditambah view yang sangat menakjubkan.

HTM Benteng Portugis ini dibandrol Rp 3.500 saja. Sementara jam bukanya setiap pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Alamat: Jl. Benteng Portugis – Tayu Km. 48, Donorejo, Banyumanis, Donorojo, Jepara, Jawa Tengah 59454

Apakah anda ingin wisata murah di Jepara? Nah, alternatif wisata di Jepara yang murah bisa dengan mengunjungi Museum RA. Kartini ini.

Museum RA. Kartini Panggang

Di museum ini anda bisa berwisata murah sekaligus mengenang jasa salah satu pahlawan bagi kaum perempuan di Indonesia ini. Letaknya tak jauh dari alun-alun kota Jepara yaitu di sebelah utaranya.

Di dalamnya terdapat benda-benda sejarah perjuangan Kartini. Selain itu ada juga kerangka ikan raksasa bernama ‘Joko Tuo’ sepanjang 16 m, lebar 2 m, dan berat mencapai 6 ton.

Alamat: Jl. Alun-Alun No.1, Panggang I, Panggang, Kec. Jepara, Jepara, Jawa Tengah 59411

Harga tiket masuk museum hanya Rp 2.000 saja dengan jam buka nya pukul 08.00-16.00 WIB. Dari wisata sejarah, anda bisa mencoba wisata religi Jepara di Masjid Mantingan.

Masjid Mantingan Tahunan

Daya tarik masjid ini tak hanya sebagai tempat ibadah. Namun arsitekturnya yang bergaya Tiongkok dan bahan bangunan yang berasal dari Makao.

Buktikan saja sendiri bagaimana megah dan uniknya masjid yang sudah dibuka dari tahun 1559 ini. Lokasinya masjidnya sebagai berikut.

Alamat: Mantingan, Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59421

Puas dengan wisata sejarah dan religi, tak lengkap rasanya jika tak mengajak keluarga seru-seruan di Jepara. Tak perlu khawatir, ada wisata Jepara Ocean Park di kota ini.

Jepara Ocean Park Bandengan

40 Wisata Jepara Otentik yang Terfavorit dan Terjangkau 2019 2

Tahukah anda jika Jepara Ocean Park ini adalah waterpark terlengkap dan terbesar di Jateng dengan konsep istana Mediterania dan Rusia. Ada sekitar 36 wahana permainan air untuk segala usia terletak di lokasi Pantai Mororejo.

Tarif masuk jepara Ocean Park ini pun cukup terjangkau yakni mulai Rp 60.000 – Rp 75.000. jam buka waterpark adalah setiap hari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Alamat: Pantai Mororejo, RT. 4 / RW. 2, Mlonggo, Rw. I, Bandengan, Jepara, Jawa Tengah 59452

Selain jepara Ocean Park ini, alternatif waterpark yang juga tak kalah keren adalah Tiara Park Waterboom. Berikut reviewnya.

Tiara Park Waterboom Purwogondo

Meski tak semegah Ocean Park, waterpark ini bisa menjadi rekomendasi liburan keluarga dengan budget yang lebih murah. Wahana yang dimiliki juga cukup beragam mulai dari Spray Ground, Kolam Arus hingga Outbond.

Harga tiket masuk Tiara Park ini hanya berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000 saja. Jam operasional wisata sendiri adalah dari pukul 07.30 – 17.30 WIB.

Alamat: Jl. Kenari, Purwogondo IV, Kalinyamatan, Jepara, Jawa Tengah 59462

Jika anda berpikir di Jepara tidak ada situs peninggalan budaya anda salah. Nyatanya ada Candi Bubrah dimana anda bisa mencoba mengungkap misterinya.

Candi Bubrah Keling

Yang cukup menarik perhatian dari candi ini adalah asal usulnya yang masih mennjadi misteri. Tak hanya itu, bentuknya yang masih setengah dan belum jadi ini juga menjadi tanda tanya besar bagi banyak peneliti.

Alamat: Desa Tempur, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Tarif masuk candi ini masih gratis sementara jam bukanya adalah 24 jam. Berikutnya, ada wisata Sreni Jepara yang menawarkan pesona hutan pinus asri.

Hutan Wono Sreni Indah Nalumsari

Daya tarik lokasi ini adalah karena terletak di wilayah kaki pegunungan Gunung Muria. Ada banyak bentang alam indah termasuk sungai, peswahan, hingga hutan pinus yang hijau dan menakjubkan.

Alamat: Bategede, Nalumsari, Jepara

Tarif masuk wisata hutan wisata ini gratis sementara jam operasionalnya 24 jam. Dari hutan wisata, kita beralih ke wisata Jepara yang lagi hits berikut.

Gardu Pandang Puncak Jehan Kunir

40 Wisata Jepara Otentik yang Terfavorit dan Terjangkau 2019 3

Yang menjadi daya tarik spot ini adalah sebuah wisata alam dengan pemandangan hutan pinus. Terdapat pula garis pantai utara sampai Gunung Muria yang gagah.

Selain itu, tersedia banyak spot foto dan selfie seperti deck view dan spot instagenic lainnya.

Alamat: Kunir, Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59454

Tiket masuk wisata gardu pandang ini dibandrol Rp 5.000 dan jam buka wisata pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Tak hanya itu, ada juga spot foto unik dan keren dengan background alam yaitu di Akar Seribu Plajan.

Akar Seribu Plajan

Asal usul nama akar seribu bulan ini berasal dari pohon karet raksasa dengan akar menjalar ke sekeliling lokasi membentuk hutan akar. Di sekitarnya juga terdapat Tebing kepodang dan Tebing Cowok Macan.

Kedua tebing tersebut menambah canti pemandangan sekitar lokasi Akar Seribu Plajan. Sehingga banyak pengunjung memanfaatkan tempat ini untuk berfoto.

Alamat: Rw. 4, Plajan, Pakis Aji, Jepara, Jawa Tengah 59452

Tarif masuk wisata murah meriah ini hanya Rp 3.000, sementara jam buka pukul 06.00-17.00 WIB. Selanjutnya wisata Jepara terbaru 2019 yang kini tengah hits adalah Bukit Bejagan.

Bukit Bejagan Keling

Salah satu wisata kekinian di Jepara ini menawarkan panorama alam lembah dan hutan ditambah spot cantik untuk berfoto. Ada gardu pandang, beberapa spot unik untuk koleksi foto IG anda juga tersedia.

Tak jauh dari lokasi juga bisa anda temukan Candi Angin dan juga Candi Bubrah. Jangan ketinggalan juga mampir di kedai kopi terkenal di area Bukit Bejagan ini.

Alamat: Duplak, Tempur, Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59454

Tarif masuknya cukup terjangkau, hanya Rp 5.000 dengan jam buka 24 jam. Agak jauh ke Pulau Krimunjawa, ada sebuah spot bukit cantik lainnya yaitu Bukit Love.

Bukit Love Karimunjawa

40 Wisata Jepara Otentik yang Terfavorit dan Terjangkau 2019 4

Sesuai namanya, Bukit Love menyuguhkan suasana romantis dengan view eksotis surga kecil di utara Jawa yaitu Karimunjawa. Tak heran tempat ini menjadi lokasi favorit untuk menikmati indahnya pemandangan alam Jepara.

Alamat: Desa Jatikerep, Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah

Perlu diingat tarif masuk wisata Bukit Love ini adalah Rp 10.00 dan jam bukanya pukul 06.00 hingga 21.00 WIB. Nah, setelah puas berfoto dan selfie di bukit di atas, ada alternatif liburan seru bagi anda pendaki gunung.

Gunung Muria Jepara

Salah satu spot hiking yang bisa menjadi piliha terbaik anda adalah Gunung Muria. Tentu anda tertantang bukan untuk menaklukan gunung tertinggi di Jepara ini.

Ketinggiannya mencapai 1.602 m dengan medan yang cukup menantang. Mau mencoba? Kunjungi saja alamatnya berikut.

Alamat: Kemirun, Tempur, Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Tak jauh dari lokasi Gunung Muria, terdapat alternatif mendaki gunung yang lebih pendek yaitu di Gunung Genuk.

Gunung Genuk Jepara

Gunung Genuk terletak tidak jauh dari semenanjung Gunung Muria. Daya tarik hiking di sini adalah anda bisa menikmati sisi lain kota Jepara dari ketinggian.

Alamat: Guwo, Blingoh, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59454

Tak hanya sampai di situ, referensi spot hiking anda berikutnya ada di kawasan pulau eksotis Karimunjawa. Namanya Gunung Maming.

Gunung Maming Karimunjawa

Untuk menuju ke Gunung Maming ini anda perlu mencapai Pulau Karimunjawa terlebih dahulu. Meski agak jauh, tetapi view ya sangat menakjubkan.

Dari puncaknya anda bisa menikmati indahnya kepulauan Karimunjawa. Bagaimana? Pasti tertarik bukan?

Alamat: Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Selain panorama kota Jepara dari ketinggian, alternatif wisata di Jepara yang terkenal adalah wisata air terjun. Ada beberapa rekomendasi air terjun cantik di Kota Jepara, berikut ulasannya.

Air Terjun Songgolangit Kembang

40 Wisata Jepara Otentik yang Terfavorit dan Terjangkau 2019 5

Songgolangit adalah air terjun dengan ketinggian 80 m serta lebar 2 m. Nama Songgolangit sendiri merupakan gambaran air terjun yang seolah-olah menyangga langit.

Dari bawah air terjun akan tampak seperti sedang menyangga horizon langit. Daya tarik lain wisata ini adalah kupu-kupu warna-warni yang bertebaran di sekitar air terjun.

Alamat: Rw. 5, Bucu, Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59453

Anda penasaran? Tiket masuknya pun sangat murah lho, hanya sekitar Rp 1.500 hingga Rp 2.000 dan jam operasional 24 jam. Selain Songgolangit, ada juga air terjun Jurang Nganten yang tak kalah eksotis.

Air Terjun Jurang Nganten Pakis Haji

Daya tarik utama air terjun ini selain pesona alamnya adalah kisah misteri air terjun ini sendiri. Ditambah medan menuju ke air terjun masih cukup ekstrim sehingga perlu tracking yang cukup menantang.

Alamat: Rw. 05, Tanjung, Pakis Aji, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59452

Untuk tiket masuk air terjun Jurang Nganten ini dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 dan jam buka 24 jam. Maish tentang air terjun, alternatif berikutnya adalah air terjun Sumenep.

Air Terjun Sumenep Pakis Aji

Pesona air terjun ini adalah 3 mata air dimana ketiganya memiliki debit air yang cukup besar. Air terjun tersebut juga terbilang tinggi sekitar 15 meter dari dasar sungai.

Alamat: Rw. 05, Tanjung, Pakis Aji, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59452

Apabila anda tertarik, bisa mengunjungi air terjun ini kapan saja selama 24 jam dengan menyiapkan biaya masuk tiket sebesar Rp 3.000 saja.

Selanjutnya setelah puas bermain di air terjun, kita menuju ke wisata Jepara hits berikutnya yaitu Danau Blingoh. Ada apa di danau ini? Yuk cari tahu.

Danau Blingoh Donorejo

Nama Danau Blingoh disesuaikan dengan nama daerah dimana danau ini berada, yaitu di Dukuh Lembah Desa Blingoh, Donorojo. Danau ini sendiri terbentuk akibat genangan air bekas tambang batu putih.

Meski hanya sekedar genangan air, view di sekitar danau sangat cantik dan cocok untuk berfoto-foto. Wisata Danau Blingoh ini buka pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

Alamat: Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Puas berfoto-foto? Anda bia melanjutkan eksplorasi ke wisata Jepara nuansa Bali? Dimana lagi kalau bukan di Pulau Karimunjawa dan pantai sekitarnya. Yuk kita berkeliling di kawasan eksotis ini.

Pantai Kartini Bulu

Tak jauh dari pusat kota Jepara sebetulnya ada beberapa pantai dengan pesona sangat memikat. Salah satunya Pantai Kartini ini.

Pantai Kartini ini merupakan salah satu pantai terpopuler di Jepara selain view yang cantik. Daya tarik lainnya nya adalah adanya wahana permainan seperti komedi putar, perahu arus, dll.

Tiket masuk Pantai Kartini Jepara 2018 murah meriah hanya sekitar Rp 2.000-Rp 10.000. Jam operasional wisata adalah pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Alamat: Rw. IV, Bulu, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59418

Pantai Tirto Samudro (Pantai Bandengan) Jepara

Pantai di Jepara yang tak klaah unik dan menarik adalah Pantai Bandengan atau Tirto Samudro ini. Pasalnya, Bandengan kerap kali digunakan sebagai ajang permainan moto cross dan festival layang-layang.

Tak hanya itu, pantai ini juga sangat cocok untuk mengisi liburan keluarga dengan aktivitas seru dna bermanfaat. Contohnya berkemah, bermain volley bahkan sepeda santai.

Alamat: Jl. Jepara – Bangsri, Rw. III, Bandengan, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59431

Tiket masuk Pantai Bandengan dibandrol seharga Rp 7.000 sampai Rp 10.000 dengan jam buka 24 jam. Berikutnya ada Pantai Pungkruk yang cocok untuk wisata kuliner terutama seafood.

Pantai Pungkruk Mlongo

Daya tarik utama Pantai Pungkruk selain panorama alamnya adalah spot kuliner seafood. Ada banyak warung makan yang menyajikan aneka menu seafood.

Keunikan lainnya adalah tersedianya fasilitas karaoke yang ada di rumah-rumah makan seafood tersebut. Tentu akan sangat menyenangkan bukan jika berkunjung ke sini!

Alamat: Rw. 01, Mororejo, Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah Perlu anda tahu biaya masuk Pantai Pungkruk ini gratis dan jam operasional 24 jam.

Belum puas? Anda bisa kunjungi alternatif pantai lainnya yaitu di Pantai Empu Rancak.

Pantai Empu Rancak Karanggondang

Ciri khas pantai ini adalah sebuah nama yang kokoh berdiri di bibir pantai. Spot ini kerap digunakan pengunjung untuk berfoto selfie.

Sama seperti Pungkruk, di Pantai Empuk Rancak ini anda juga bisa berkuliner seafood lezat lho. Biaya masuknya pun gratis dan jam operasionalnya 24 jam.

Alamat: Karanggondang, Mlonggo, Rw. 8, Karanggondang, Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59452

Bisa dibilang Jepara memang surganya pantai ya. Selain beberapa nama di atas, masih ada sederet pantai dengan keunikan masing-masing. Berikutnya kami rekomendasikan Pantai Tegalsambi.

Pantai Tegalsambi Tahunan

Keunikan pantai ini adalah sebuah pelabuhan kecil untuk berlabuh perahu-perahu yang berlayar ke negri sebrang. Tahukah anda ada mitos muncul yang katanya air laut di pantai ini bisa menyembuhkan penyakit.

Penasaran? Kunjungi saja langsung, biaya masuk pantai ini juga gratis dengan jam buka 24 jam.

Alamat: Tegalsambi, Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Berikutnya ada yang disebut Pantai Lemah Abang. Apakah dinamai lemah abang karena warna tanahnya merah? Berikut ulasannya.

Pantai Lemah Abang Kembang

Ya, pantai yang juga disebut Pantai Punuk Sapi ini memang memiliki warna pasir yang merah bercampur hitam. Tak hanya itu, di pinggir pantai ini juga tumbuh pohon kelapa berjejer sepanjang bibir pantai.

Alamat: Sawah, Balong, Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59453

Tiket masuk Pantai Lemah Abang ini dibandrol seharga Rp 5.000 saja dengan jam buka 24 jam. Masih belum puas dengan deretan pantai di Jepara, ada Pantai Ketepeng yang mirip di Nusa Dua Bali.

Pantai Ketepeng Kembang

Daya tarik utama pantai ini yaitu banyaknya pohon kelapa di bibir pantai yang berpasir putih. Bisa dibilang pantai ini seperti wisata Bali di Jepara.

Alamat: Sawah, Balong, Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59453

Biaya masuk pantai ini juga masih gratis dan jam buka 24 jam. Selanjutnya ada Pantai Teluk Awur.

Pantai Teluk Awur Tahunan

Nah, ini juga salah satu spot wisata gratis di jepara yang berupa pantai. Jaraknya pun dekat dengan pusat kota, hanya 5 km.

Alamat: Jl. Tlk. Awur, Telukawur, Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Anda bisa berenang, bermain air dan bermain pasir tanpa mengeluarkan biaya apapun di pantai 24 jam ini. Apabila anda ingin pantai yang masih sangat asri ada Pantai Gua Manik sebagai alternatif.

Pantai Gua Manik Donorejo

Karena masih sepi pengunjung, pantai ini sangat asri dan masih bersih. Anda juga bisa menikmati panorama pantai dengan lebih tenang.

Alamat:  Desa Banyumanis, Kecamatan Donorejo, Jepara

Tiket masuknya juga gratis karena belum ada pintu gerbang wisata atu semacamnya. Jepara juga memiliki beberapa pantai unik lain seperti di Pantai Ombak Mati ini. 

Pantai Ombak Mati Bangsri

Pantai Bondo atau Pantai Ombak Mati dinamakan seperti itu karena ombaknya sangat kecil. Bahkan hampir tidak ada ombak di sini.

Alamat: Pantai Bondo, Rw. I, Bondo, Bangsri, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59453

Pantai Bondo ini juga merupakan wisata Jepara mirip Bali yang gratis dikunjungi. Berikutnya ada pantai unik dengan kura-kura raksasa yaitu di Pantai Pelayaran.

Pantai Pelayaran Demaan

Di pantai ini anda bisa melihat kura-kura raksasa lho. Tetapi jangan salah karena kura-kura tersebut hanya sebuah patung raksasa di bibir pantai.

Alamat: Jl. Pesajen, Karangkebagusan IV, Demaan, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59419

Biaya masuk ke pantai yang buka 24 jam ini juga gratis lho. Nah, berikutnya kami akan berikan sekilas info wisata di Jepara Karimunjawa yang menjadi andalan kota ini.

Taman Nasional Karimun Jawa Jepara

40 Wisata Jepara Otentik yang Terfavorit dan Terjangkau 2019 6

Lokasi objek wisata ini berada 83 km dari pusat kota. Taman Nasional ini memiliki keindahan alam yang sangat eksotis.

Area seluas 107.225 Ha meliputi cagar alam laut, padang lamun, algae, hutan pantai, sampai terumbu karang. Lokasi ini menjadi tempat ekosistem biota laut yang sangat dilindungi.

Alamat: Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Meskipun sangat indah, tak ada tarif masuk khusus ke wilayah ini. Hanya tarif untuk fasilitas berlibur seperti snorkeling, dll. Fasilitas tersebut dibandrol mulai dari Rp 5.000-Rp 25.000.

Berikutnya ada Pulau Mandalika sebagai spot memancing terbaik. Jika penasaran berikut kami berikan sedikit ulasannya.

Pulau Mandalika Jepara

Selain cantik dan eksotis, pulau ini memang terkenal dengan banyaknya beragam jenis ikan seperti pari, kerapu, sembilang, dan kakap putih. Sehingga pulau ini dijadikan spot favorit memancing.

Alamat‎: ‎Sunda Besar, ‎Jepara, ‎Jawa Tengah          

Pulau Panjang Jepara

Tak kalah eksotisnya dengan Pulau Mandalika, pulau yang masih dalam satu gugus dengan Karimunjawa ini khas dengan laut dangkal di sekelilingnya.

Akan terlihat pula dasar terumbu karang serta pasir putih terhampar di sepanjang pantai. Pulau ini pun menjadi spot terbaik untuk berenang, snorkeling, begitu juga kano.

Biaya tiket Pulau Panjang Jepara 2018 ini dibandrol Rp 5.000 untuk retribusi wisata dan Rp 10.000- Rp 20.000 untuk biaya penyebrangan. Sangat murah bukan?

Alamat: ‎Sunda Besar, ‎Jepara, ‎Jawa Tengah          

Lelah dan lapar setelah eksplore wisata Jepara? Nah, saatnya berwisata kuliner khas kota ini. ada menu lezat apa saja ya? Yuk simak terus.

Pindang Serani Kauman

Kawasan Jepara berada di dekat laut sehingga hasil lautnya melimpah. Hal ini berdampak pada kulinernya sehingga banyak makanan berbahan dasar seafood atau olahan hasil laut.

Salah satunya adalah Pindang Serani. Bahan dasar makanan ini berupa ikan laut dicampur dengan bumbu kuah khusus.

Salah satu spot untuk mencoba makanan ini adalah warung yang ada di Jl. Dr. Sutomo 9-A, Kauman, Jepara, Jawa Tengah. Alternatif kuliner selanjutnya adalah Lontong Krubyuk.

Lontong Krubyuk

Lontong Krubyuk berupa menu lontong yang disajikan dengan kuah segar yang banyak. Menu makanan khas ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu makan siang.

Menu lain berbahan dasar seafood adalah bakso. Ya, salah satu menu bakso di Jepara diolah dari ikan ekor kuning.

Bakso Ikan Ekor Kuning

Bakso berbahan dasar ikan ekor kuning ini memiliki rasa gurih dan enak. Sementara teksturnya agak sedikit kasar dan warnanya sedikit putih.

Ingin mencoba? Anda bisa meluncur ke daerah Alun-Alun Kecil di daerah Karimunjawa. Berikutnya ada menu gudeg juga lho di Jepara.

Gudeg Suyek Jepara

Gudeg memang identik dengan Jogja. Namun jangan salah Jepara juga ada menu gudeg yang khas, yaitu gudeg Suyeg.  

Ingin tahu bedanya? Buktikan sendiri ya, silakan datang ke kawasan Pasar Baru Jepara. Wisata kuliner Jepara ini buka setiap pukul 07.00 hingga 11.00.

Ayam Kremes Pak Pono HOS. Cokroaminoto

Seperti namanya, menu andalan kuliner satu ini yaitu ayam kremes. Jangan lewatkan menyantap ayam kremes yang lezat dengan sambel ijo pedasnya ya.

Alamat warung makan ini ada di Jl. HOS Cokroaminoto. Tepatnya di bagian depan Perpustakaan Daerah.

Jepara juga memiliki satu restoran unik dengan sajian lengkap dan lezat yaitu di La Marina Family Resto. Sajian utama restoran ini adalah menu seafood.

La Marina Family Resto and Café Bulu

Restoran yang juga sekaligus kafé ini terkenal dengan menu yang seafood, terutama gurame bumbu rujak. Selain itu, restoran ini juga menarik karena langsung menghadap pantai.

Bagi anda yang ingin berkunjung bisa datang ke Jl, A. E. Suryani No. 69-70. Lokasinya berada tak jauh dari kawasan Pantai Kartini, kabupaten Jepara.

J and J Café Jepara

Alternatif kafe unik yang lain adalah di J & J Cafe ini. Yang menarik dari kafe ini adalah desain kafe dan adanya kebun yang asri di lokasinya.

Menu andalan kafe ini yaitu steak yang lezat. Tertarik? Kunjungi saja alamatnya di Jl. HOS Cokroaminoto, Jepara.

Nah, itu tadi rangkuman ke-40 wisata di Jepara 2019. Terbukti kan kalau Jepara tak hanya memiliki Karimunjawa.

Deretan pantai lain yang cantik dan asri juga ada. Bahkan Jepara juga memiliki situs budaya, situs bersejarah, air terjun, sampai spot foto kekinian.

Tunggu apalagi? Ada banyak sekali spot wisata Jepara yang sangat menarik untuk dieksplor. Yuk siapkan waktu luang dan jangan ragu berkunjung ke kota kecil nan unik ini.

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.