100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi

Wisata Jogja Terlengkap Terbaru Terhits

Wisata Jogja – Siapa yang tak kenal Jogja? Kota kecil yang berada di kawasan selatan Jawa ini sangat ramai oleh turis baik lokal maupun mancanegara.  

Yogyakarta merupakan destinasi wisata utama dan populer setelah Bali. Seperti namanya, Daerah Istimewa Yogyakarta, kota ini sangat istimewa dimana tradisi, budaya sampai dinamika modern berbaur menjadi satu.

Di dalamnya, ada masyarakat yang memegang budaya lokal bahkan sebuah kompleks kesultanan yang sarat dengan tradisi Jawa. Ada juga pelajar dari Sabang sampai Merauke yang menuntut ilmu.

Kota yang memiliki julukan Kota Gudeg dan Kota Pelajar ini mungkin lebih identik dengan Malioboro, Candi Prambanan, atau Keraton. Namun jangan salah, ada banyak sekali spot  wisata Jogja 2019 yang hits dan viral di media sosial.

Penasaran bukan? Yuk, sejenak kita telusuri wisata apa saja yang ada di Kota istimewa ini. Berikut kami sajikan pembahasan peta wisata Jogja mulai dari pusat Kota Jogja hingga Jogja bagian timur yaitu kawasan Pantai Selatan.

Wisata Pusat Kota Jogja

Objek wisata di kawasan pusat kota Jogja ini meliputi beberapa kawasan di sekitar keraton hingga ke daerah Kotagede.

Berikut beberapa alternatif pilihan wisata mulai dari tempat rekreasi, wisata edukasi hingga wisata belanja.

Jalan Malioboro Gedong Tengen

Salah satu ikon kota Jogja ini memang sangat terkenal di kalangan wisatawan. Di sepanjang jalan ini anda akan temukan mall, toko-toko serta pedagang kaki lima.

Pedagang tersebut menjual berbagai macam barang mulai dari pakaian, kerajinan tangan hingga makanan. Saat sore hari, suasana di jalan ini juga sangat khas dan romantis diwarnai lampu-lampu jalanan.

Ada juga beberapa group pemusik jalanan siap menghibur para pelancong dengan alat musik unik tradisional yang dibawakan secara modern.

Saat malam hari, ada Tugu Jogja serta angkringan legendaris Lik Man yang berada tepat di belakang jalan ini. Di angkirngan tersebut anda bisa mencicipi segelas Kopis Jos yang nikmat dan berfoto dengan backgroud Tugu Jogja.

Alamat: Jl. Malioboro, Gedong Tengen, Yogyakarta, DI. Yogyakarta.

Benteng Vredeburg Ngupasan

Berada di ujung selatan Jalan Malioboro, terdapat sebuah benteng sekaligus museum. Di dalamnya ada diorama tentang sejarah Indonesia dan kafe bernama Indische Koffie yang menyediakan makanan khas Belanda.

Di halaman benteng ini juga biasa digunakan untuk penyelenggaran beragam festival kebudayaan.

Tepat di titik Nol Kilometer di depan benteng ini juga merupakan spot terbaik untuk berfoto dengan latar bangunan unik di tengah kota Jogja.

Alamat: Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta, D.I Yogyakarta 55122

Tertarik? Biaya masuk benteng Vredeburg ini dihargai sebesar Rp 3.000 dengan jam buka pukul 07.30 – 16.00 WIB. Tak jauh dari kedua spot wisata di atas, anda bisa hanya dengan jalan kaki menuju ke Keraton Yogyakarta.

Keraton Panembahan Yogyakarta

Selain sebagai tempat tinggal Sultan, kawasan wisata Keraton ini bisa dijadikan museum untuk mengenal budaya Jawa. Terdapat peninggalan bersejarah seperti kereta kencana, gamelan, dll.

Alamat: Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk masuk Keraton ini dibutuhkan biaya sebesar Rp7.000 ( Wisatawan Lokal ) hingga Rp 12.500 (Wisatawan Mancanegara). Jam buka wisata pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

Masih tentang budaya Jawa di Yogyakarta, ada sebuah peninggalan keraton lainnya yaitu berada di kawasan Taman Sari.

Taman Sari Patehan

Taman sari merupakan salah satu wisata sejarah serta budaya Yogyakarta. Di dalamnya ada tiga kolam pemandian: Umbul Panguras (untuk Raja), Umbul Pamuncar (selir) dan juga Umbul Kawitan (untuk putra-puti Raja).

Ada juga Gerbang Agung serta area Pesanggrahan untuk bersemedi raja dulunya. Banyak wisatawan memanfaatkan area tersebut untuk berfoto karena bangunannya sangat unik dan etnik.

Alamat: Jl. Tamanan, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, D.I Yogyakarta 55133

Tarif masuk Taman Sari ini sebesar Rp 7.000 (lokal) dan Rp 12.000 (asing) dengan jam buka wisata pukul 08.00-14.00 WIB. Selanjutnya ada salah satu tempat wisata Jogja malam hari yaitu Alun-Alun Kidul.

Alun-Alun Kidul Patehan

Sebetulnya keraton memiliki dua lokasi alun-alun, yaitu Alun-alun Lor atau utara yang berada tepat di halaman keraton dan Alun-alun Kidul atau selatan yang letaknya di belakang Keraton.

Khusus Alun-alun Kidul ini dijadikan destinasi favorit para wisatawan terutama untuk wisata malam. Di sini anda bisa mencoba sensasi berjalan diantara dua pohon beringin atau tradisi “Masangin”.

Selain itu anda juga bisa berkuliner atau berkeliling dengan becak cantik warna warni saat malam hari. Sementara di alun-alun lor setiap setahun sekali terdapat event Sekaten terutama menjelang Maulid Nabi Muhammad SAW.

Alamat: Jl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, D.I Yogyakarta 55133

Masih ada spot wisata edukasi sekaligus tempat rekreasi berada tak jauh dari pusat Kota Jogja. Yaitu berada di kawasan Taman Pintar Yogyakarta.

Taman Pintar Ngupasan

Di tempat ini anda bisa mendapatkan paket wisata Jogja dengan muatan edukasi yang lengkap. Di dalamnya terdapat banyak permainan seru dan bermanfaat untuk anak-anak.

Ada Parabola berbisik serta Pipa Bercerita, Cakram Spektrum Menari, dll. Semua wahana yang tersedia sarat dengan sains dan juga teknologi.

Karena lengkap dengan wahana, Taman Pintar sangat cocok sebagai tempat wisata di Jogja untuk anak paud. HTM Taman Pintar ini mulai dari Rp 10.000-Rp 15.000 dan jam operasional pukul 05.00-14.00 WIB.

Alamat: Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, D.I Yogyakarta 55122

Selain wisata edukasi, Jogja juga termasuk salah satu surga wisata belanja terutama batik dan kerajinan tangan yang unik dan menarik. Salah satu spot belanja yang berada di pusat kota adalah Pasar Beringharjo.

Pasar Beringharjo Ngupasan

Sebagai pasar tertua di Yogyakarta, Beringharjo adalah pusat aneka kerajinan dan souvenir seperti batik, kerajinan dari kayu, tembikar, makanan, dll.

Menariknya lagi, barang-barang yang dijual di sini jauh lebih murah. Kurang lengkap rasanya ke Jogja jika belum berkunjung ke pasar ini.

Alamat: Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, D.I Yogyakarta 55122

Jam operasional Pasar Beringharjo adalah setiap hari mulai pukul 08.30 hingga 21.00 WIB. Puas berbelanja, anda bisa eksplor wisata dengan nuansa berbeda yang lebih religius yakni di Kampung Kauman.

Kampung Kauman Ngupasan

Kampung Kauman adalah salah satu pusat wisata religi yang ada di Yogyakarta. Yang unik dari kawasan ini adalah bangunan masjid yang sangat khas adat jawa.

Alamat  Jl. Kauman, Alun-Alun Keraton, Ngupasan, Yogyakarta, Kota Yogyakarta, D.I Yogyakarta

Selain unik dan sangat religius, kampung ini bisa menjai rekomendasi wisata gratis di Jogja. Berikutnya ada spot foto yang keren tak jauh dari pusat kota, yaitu Museum De Mata.  

De Mata Trick Eye Museum Pandeyan

Museum kekinian ini menawarkan spot 3 dimensi yang sangat cocok untuk berfoto. Tak hanya itu, ada juga wahana baru bernama D’walik yang menawarkan spot foto berkonsep terbalik.

Untuk harga tiket De Mata ini dibandrol mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 80.000. Jam operasional wisata sendiri sejak pukul 08.00-22.00 WIB.

Alamat: XT Square, Jl. Veteran No.150-151, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, D.I  Yogyakarta 55161

Masih dalam satu lokasi dengan De Mata, ada satu lagi spot unik yang sayang untuk dilewatkan. Yaitu De Arca Statue Museum.

De Arca Statue Museum Pandeyan

Yang membedakan De Mata dengan De Arca adalah konsep yang dibawakan meski sama-sama bagus untuk spot foto.

De Arca menampilkan patung tokoh-tokoh ternama baik nasional maupun dunia mirip dengan yang ada di Madam Thussaud.

Bedanya patung di Museum De Arca ini dibuat dari resin yaitu getah tumbuhan tertentu yang dapat mengeras. Tarif masuk museum dihargai Rp 50.000 hingga Rp 80.000 dan jam buka mulai pukul 10.00-22.00 WIB.

Alamat: XT Square, Jl. Veteran No.150-151, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, D.I Yogyakarta 55161

Masih di pusat kota, meski agak berjalan jauh ke bagian Timur, ada sebuah kebun binatang yang luas dengan aneka satwa yang lucu. Dimana lagi kalau bukan di Gembira Loka Zoo.

Kebun Binatang Gembira Loka

Gembira Loka bisa menjadi alternatif tempat rekreasi bersama keluarga. Koleksi satwanya cukup lengkap mulai dari hewan darat, unggas, ikan, bahkan ada unta dari gurun pasir.

Tak hanya itu, Gembira Loka Zoo juga dilengkapi berbagai wahan menarik seperti kapal, labirin, dll.  Tiket masuk ke Gembira Loka ini pun cukup murah yaitu Rp 25.000 dan jam buka wisata 07.30-17.30 WIB.

Alamat: Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, Da.I Yogyakarta 55171

Wisata Kota Gede Yogyakarta

Apakah anda ingin merasakan sensasi liburan dengan suasana tempo dulu? Nah, wisata Kotagede ini mungkin cocok untuk dikunjungi.

Di tempat ini anda akan temukan pemandangan bangunan-bangunan kuno khas arsitektur Jawa. Menelusuri kawasan ini anda bisa menambah wawasan anda tentang Kerajaan Matarm kuno dan silsilahnya.

Alamat: Jl. Karanglo, Jagalan, Kotagede, Kota Yogyakarta, D.I Yogyakarta 55173

Jika sebelumnya kita membahas tentang wisata terdekat di pusat Kota Jogja, kali ini kita akan lanjtkan penelusuran ke bagian utara Kota Jogja. Berikut penjelasannya.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.