100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi

Diposting pada

Wisata Jogja Bagian Utara

Objek wisata di bagian utara Jogja ini adalah kabupaten Sleman. Kawasannya meliputi Kaliurang atau lereng Gunung Merapi, hingga ke daeeah Kalasan yang berbatasan dengan Klaten, Jawa Tengah.

Bukit Klangon Cangkringan

Berawal dari kawasan Merapi, ada Bukit Klangon yang menjadi spot wisata alam yang sedang viral akhir-akhir ini. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang asri plus spot selfie yang instagenic.

100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi 1

Selain itu, dari sini anda juga bisa menikmati pemandangan sekaligus mengabadikan momen indahnya merapi dari gardu pandang. Biaya masuk wisata ini dibandrol Rp 2.000-Rp 3.000 dan jam buka 24 jam.

Alamat: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, D.I Yogyakarta 55583

Selain Bukit Klangon, ada spot unik lain yang bisa digunakan untuk menikmati gagahnya Gunung Merapi dari dekat. Yaitu di Bunker Kaliadem. Apa ya uniknya tempat ini?

Bunker Kaliadem Pakem

Tempat ini sebetulnya sebuah bunker untuk berlindung dari letusa gunung Merapi. Namun sekarang dijadikan spot melihat pemandangan Merapi dari dekat sekaligus berfoto.

100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi 2

Untuk dapat melihat jejak ganasnya letusan gunung merapi pada tahun 2006 lalu anda bisa datang ke bunker ini. Biaya masuk wisata dipatok Rp 10.000 dengan jam buka 24 jam.

Alamat: Kinarejo, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, D.I Yogyakarta 55582

Apakah anda mendengar ada benteng Takeshi buatan di Jogja? Yup, ini yang akan kita bahas selanjutnya.

The Lost World Castle Cangkringan

Spot unik satu ini dulunya memang disebut sebagai Benteng Takeshi. Lokasi benteng buatan ini ada di Kaliurang tepatnya di kaki Gunung Merapi.

100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi 3

Seperti julukannya, benteng ini dibuat sangat unik bergaya campuran Cina dan Jepang. Selain itu banyak spot foto menarik seperti sayap emas, replika dinosaurus dan perkemahan suku Indian. 

Alamat: Kepuharjo Cangkringan, Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, D.I Yogyakarta 55583

Tarif masuk The Lost World Castle ini sebesar Rp 25.000 dan jam buka wisata pukul 07.00-18.00 WIB. Tak jauh dari The Lost World Castle, ada sebuah spot unik yang menawarkan stonehege seperti di luar negri.

Stonehenge Cangkringan

Salah satu wisata Jogja terhits 2019 ini menawarkan benda peninggalan jaman prasejarah yaitu Stonehenge. Meskipun buatan tangan, tampilan unik dan berada di lereng Merapi menjadi daya tarik wisata tersendiri.

100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi 4

Alamat: Unnamed Road, Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta 55583

Tarif tiket masuk Stonehenge Cangkringan ini cukup terjangkau yaitu Rp 10.000 dan jam buka pukul 08.00-18.00 WIB.

Tak puas dengan spot foto ini, ada lagi wisata Jogja terbaru 2019 yang menawarkan miniatru landmark dunia yakni Merapi Park.

Merapi Park Pakem

Wisata dengan konsep taman ini adalah wisata unik di Jogja. Di kawasan ini terdapat miniatur landmark seluruh dunia seperti Menara Eiffel, Big Ben London, dll.

100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi 5

Sehingga taman ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga dan berfoto-foto. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 anda bisa puas berfoto dengan landmark dunia.

Alamat: Jl. Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Jam buka Merapi Park ini sejak pukul 08.00-18.00 WIB. Masih di sekitar kawasan Kaliurang, ada museum yang patut untuk dieksplorasi lho, namanya Ullen Sentalu.

Museum Ullen Sentalu Hargobinangun

Di museum ini anda bisa banyak belajar mengenai sejarah dan budaya kerajaan Jawa khususnya Mataram. Selain arsitektur museum yang sangat unik, barang koleksi museum ini juga menjadi daya tarik tersendiri.

100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi 6

Alamat: Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, D.I Yogyakarta 55582

Harga tiket museum ini dibandrol mulai dari Rp 15.000 (anak-anak) hingga Rp 30.000 (dewasa). Jam buka museum adalah sejak pukul 08.30 hingga 17.00 WIB.

Selain Museum Ullen Sentalu ini, ada juga museum lain yang bisa anda kunjungi di daerah Kaliurang. Yaitu Museum Gunung Merapi, berikut ulasannya.

Museum Gunung Merapi Hargobinangun

Museum yang diresmikan pada tahun 2009 ini berada sekitar 5 Km dari Kaliurang. Museum ini dijadikan sebagai sarana belajar sekaligus informasi mengenai kegunungapian serta bencana geologi.

100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi 7

Tak hanya itu, terdapat pameran karya seni yang melukiskan kisah asal muasal Merapi. Tiket masuk museum merapi cukup murah yaitu Rp 5.000 dan jam buka pukul 08.00-15.30 WIB.

Alamat: Jl. Kaliurang No.Km, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Setelah puas dengan objek wisata di Kaliurang, mari kita lanjutkan eksplorasi wisata Sleman 2018 lainyya. Tepatnya di kawasan Kalasan yang langsung berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah.

Candi Sambisari Kalasan

Di Kalasan ini cukup terkenal dengan beberapa spot candi dan peninggalan bersejarah, salah satunya adalah Sambi Sari ini. Keunikan candi ini karena letaknya berada lebih rendah dari daerah sekitarnya.

100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi 8

Kawasan candi juga mempunyai pelataran yang luas dan ditumbuhi rumput hijau. Selain itu, tiket masuk Candi Sambi Sari sangat murah hanya Rp 3.000 dan jam buka pukul 08.00-17.00 WIB.

Alamat: Jalan Candi Sambisari, Purwomartani, Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

Selain candi di atas, ada juga candi unik yang berada di ketinggian. Hal ini membuat anda juga bisa berburu sunset dan berwisata budaya, yaitu di Candi Ijo.

Candi Ijo Sambirejo

Daya tarik wisata ini tidak hanya terletak pada situs peninggalan budaya. Tetapi karena kawasannya yang ada di ketinggian sehingga anda bisa melihat view Kota Jogja.

100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi 9

Kawasan sekitar candi juga ditumbuhi rumput yang hijau sehingga membuat suasana semakin eksotis.

Tak hanya itu, salah satu wisata candi di Sleman ini juga menjadi spot terbaik untuk wisata sunrise dan sunset cantik di Jogja.

Alamat: Kikis, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572

Tiket masuk Candi Ijo ini dibandrol seharga Rp 5.000 saja dengan jam operasional pukul 07.00-17.00 WIB. Tak jauh dari lokasi Candi Ijo, anda akan menemukan wisata Jogja terhits 2019 dan murah, yaitu Tebing Breksi.

Tebing Breksi Sambirejo

Objek wisata ini awalnya hanya sebuah bekas tambang kapur yang disulap menjadi tujuan wisata di Jogja yang populer tahun ini.

100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi 10

Daya tariknya adalah banyak spot unik dan cantik untuk berfoto. Sangat direkomendasikan untuk berkunjung ke sini saat pagi, sore dan malam hari.

Alamat: Unnamed Road, Gn. Sari, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572

Tiket masuk Tebing Breksi yang buka 24 jam ini gratis, anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000. Kita lanjutkan ekslorasi candi di Sleman berikutnya, yaitu di Candi Ratu Boko.

Candi Ratu Boko Prambanan

Ratu Boko adalah candi berikutnya yang menawarkan pesona sunset yang sangat indah. Candi ini juga dianggap sebagai tempat romantis di Jogja terutama untuk berfoto.

100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi 11

Alamat: Jl. Raya Piyungan – Prambanan No.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tarif tiket Candi Ratu Boko ini adalah Rp 20.000-Rp 40.000 dan jam operasional wisata pukul 06.00-17.00 WIB. Berikutnya ada candi yang sangat terkenal dan ikonik dari Yogyakarta, yaitu Candi Prambanan.

Candi Prambanan Bokoharjo

Siapa yang tak tahu pesona wisata Candi Prambanan yang populer di nusantara ini. Saking terkenalnya, banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara datang ke sini.

100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi 12

Alamat: Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, D.I Yogyakarta 55571

Jam buka Candi Prambanan sendiri yaitu setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB dan tiket masuknya dibandrol mulai dari Rp 12.500 sampai Rp 30.000. Masih di sekitar kompleks candi ini terdapat sebuah candi unik yang dinamai Candi Sewu.

Candi Sewu Bugisan

Keunikan Candi Sewu ini terletak pada keindahan reliefnya yang bisa dilihat di dinding candi. Dengan begitu anda bisa menyaksikan betapa megahnya budaya Indonesia di masa lampau.

100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi 13

Alamat: Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.KM.16, Bugisan, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tarif tiket masuk candi ini bisa dibayar di muka dengan tiket terusan dari Candi Prambanan. Namun tarif ke candi ini dibandrol sebesar Rp 10.000 dan jam buka pukul 07.00-17.00 WIB.

Masih ada satu candi lagi di daerah Sleman ini yang bisa anda eksplorasi, yaitu candi Plaosan yang berada di daerah Bugisan.

Candi Plaosan Bugisan

Secara fisik, kawasan candi ini dibagi dua yaitu Plaosan Kidul dan Plaosan Loran. Dari kedua sisi candi itu anda juga bisa melihat indahnya sunset berwarna merah.

100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi 14

Candi Loran sendiri mempunyai 116 stupa perwara serta 50 buah candi perwara. Biaya tiket masuk Candi Plaosan ini adalah Rp.10.000 sementara jam buka pukul 07.00-17.00 WIB.

Alamat: Jl. Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kec. Prambanan, Klaten, Jawa Tengah 57454

Puas berwisata candi di Sleman, selanjutnya anda akan kami ajak bereksplorasi wisata air Jogja. Salah satunya adalah pemandian Tirta Budi yang ada di Sleman ini.

Pemandian Tirta Budi Ngemplak

Di pemandian ini anda bisa merasakan sensasi mandi dan bermain air dengan alam pedesaan. Tentunya suasanyanya sangat sejuk dan juga alami.

100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi 15

Tak hanya itu, daya tarik pemandian ini adalah airnya yang sangat jernih dan berwarna kebiruan. Hal ini membuatnya terkenal dengan sebutan Blue Lagoon Jogja.

Alamat: Area Sawah, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55584

Harga tiket Blue Lagoon Jogja ini senilai Rp 3.000 dan jam buka wisata pukul 08.00-17.00 WIB. Masih tentang wisata air yang juga cocok sebagai wisata anak di Jogja 2019.  

Jogja Bay Water Park Maguwoharjjo

Nah, di wisata air kali ini anda akan dimanjakan dengan wahana air yang lebih modern. Waterpark seluas 7,7 hektare ini menyajikan banyak wahana menarik untuk bermain air.

100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi 16

Ada Kula Playpool untuk berenang, ada Hip Playground sebagai spot terbaik untuk anak-anak. Selain itu ada 7 slider untuk dewasa yang memicu adrenalin.

Alamat: Jalan Utara Stadion, Maguwoharjo, Depok, Jenengan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Kisaran harga tiket Jogja Bay ini yaitu antara Rp 60.000-Rp 100.000 dan jam buka wisata pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Berikutnya ada alternatif bermain wahana air dengan tarif lebih murah yaitu di Mutiara Waterpark.

Citra Grand Mutiara Waterpark Sedayu

Waterpark yang satu ini bisa menjadi pilihan berlibur keluarga. Wahana yang tersedia cukup lengkap, ada outbond serta olahraga air.

100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi 17

Harga tiket masuk Citra Grand Mutiara Waterpark antara Rp 35.000,00 – Rp50.000,00. Jam buka wisata ini mulai pukul 10.00-17.00 WIB.

Alamat: Perumahan Citra Grand Mutiara, Jl. Wates KM. 9, Balecatur, Gamping, Argomulyo, Plawonan, Sedayu, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55295

Puas bermain air, sekarang saatnya anda perlu mencoba salah satu tempat wisata Jogja malam hari, yaitu di Taman Pelangi.

Taman Pelangi Sariharjo

Daya tarik wisata satu ini adalah kelap kelip lampu lampion dengan bentuk beraneka ragam. Objek wisata ini sangat cocok untuk rekreasi keluarga dan berburu foto cantik dengan background lampion.  

100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi 18

Alamat: Monumen Yogya Kembali, Jl. Ring Road Utara, Sari Harjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tiket Masuk Taman Pelangi ini yaitu sekitar Rp 15.000 – Rp 20.000 dengan jam buka wisata pukul 17.00-23.00 WIB.

Berbicara tentang tempat rekreasi di Jogja, ada spot wisata anak Jogja terbaru 2018. Tepatnya di SKE atau Sindu Kusuma Edupark.

Sindu Kusuma Edupark Mlati

SKE ini merupakan tempat wisata keluarga dengan wahan paling komplit di Yogyakarta. Ada banyak sekali wahana permainan untuk dewasa maupun anak-anak, salah satunya bianglala raksasa.

100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi 19

Alamat: Jl. Jambon, Sinduadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tiket masuk Sindu Kusuma Edupark ini dibandrol mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 50.000. Sementara jam operasional wisata pukul 10.00-23.00 wib.

Jika anda ingin tempat wisata unik di Jogja, anda perlu berkunjung ke Upside Down World di Sleman ini. Mengapa? Yuk simak infonya.

Upside Down World Maguwoharjo

Yang menjadikan tempat ini unik adalah setting ruangan yang dibuat terbalik. Sehingga anda bisa  berfoto dengan pose-pose yang unik yang seolah-olah terbalik.

100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi 20

Upside Down ini merupakan cabang objek wisata yang ada di Bandung. Objek wisata ini memang menjadi primadona wisata Jogja jaman now.  

Alamat: Jl. Ringroad Utara No. 18 Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta.

Tarif tiket masuk wisata ini adalah Rp 80.000 dan jam buka wisata mulai pukul 10.00-19 WIB.

Dari Jogja bagian utara, kita lanjutkan eksplorasi wisata Jogja ke bagian selatan yang penuh pesona alam. Yuk simak terus ulasan kami.

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.