100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi

Diposting pada

Wisata Jogja Bagian Selatan

Kawasan Jogja bagian selatan ini sebetulnya merupakan wilayah yang berada di kabupaten Bantul. Di kawasan ini anda akakn menemukan banyak spot wisata alam yang instagramable dan sayang untuk dilewatkan.

Makam Raja Imogiri Wukirsari

Tempat ini adalah salah satu wisata religi di Jogja yang sudah dibangun sejak tahun 1632. , yaitu pada masa pemerintahan Sultan Agung Mataram III, Sultan Prabu Hanyokrokusumo.

Di sisi sebelah baratnya merupakan pemakaman raja-raja Kasunanan Surakarta. Sedangkan  sisi sebelah timur digunakan sebagai pemakaman raja-raja Kasultanan Yogyakarta.

Alamat: Makam Raja-Raja Yogyakarta & Surakarta Pajimatan, Karang Kulon, Wukirsari, Imogiri, Bantul, D.I Yogyakarta 55782

Dari makam raja-raja, kita lanjutkan perjalanan menuju wisata Bantul Dlingo yang sedang hits di selatan Jogja, dimana lagi kalau bukan di daerah Mangunan.

Kebun Buah Mangunan Dlingo

Keunikan wisata ini adalah anda akan berasa sedang berada di negeri di atas awan Jogja. Hal ini dikarenakan adanya pemandangan kabut yang tebal terutama saat musim hujan.

Tiket masuk Kebun Buah Mangunan ini dibandrol Rp 5.000 dan jam buka wisata pukul 04.00-19.00 WIB.

Alamat: Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul. DI. Yogyakarta.

Selain kebun buah Mangunan yang kaya akan tanaman buah, ada juga Hutan Pinus Mangunan. Di hutan ini anda akan dapati deretan pohon pinus yang rindang.

Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Salah satu spot wisata alam Bantul ini sedang hangat di media sosial. Hal tersebut karena hutan ini menawarkan keindahan alam berupa ribuan pohon pinus yang hijau.

Biaya tiket masuk wisata ini dipatok Rp 3.000 dengan jam buka 24 jam.

Alamat: Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, DI. Yogyakarta

Masih di sekitar hutan pinus dan kebun buah di Mangunan, ada sebuah tempat yang menawarkan spot foto instagramable yaitu di Jurang Tembelan.

Jurang Tembelan Dlingo

Yang menjadi daya tarik wisata ini adalah adanya gardu pandang berbetuk kapal dengan latar view pegunungan dan ngarai sungai yang sangat cantik. Hal ini membuat tempat ini banyak diminati terutama bagi pecinta fotografi.

Alamat: Mangunan, Dlingo, Bantul, D.I  Yogyakarta 55783

Biaya tiket masuk Jurang Tembelan ini masih gratis atau seikhlasnya. Sementara jam buka wisata adalah 24 jam.

Selain Hutan Pinus Mangunan, masih ada spot menikmati jejeran pohon pinus di wisata Bantul Dlingo, tepatnya di Hutan Pinus Pengger.

Hutan Pinus Pengger Dlingo

Spot wisata ini merupakan salah satu wisata malam hari Jogja. Di sini anda bisa menikmati pemandangan keindahan Kota Jogja khususnya pada malam hari.

Selain view yang cantik, di lokasi ini juga terdapat spot foto menarik yakni tangan raksasa terbuat dari akar pohon. Harga tiket masuk wisata ini adalah Rp 2.500 dan jam buka 24 jam.

Alamat: Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Bantul, D.I. Yogyakarta

Masih di kawasan Dlingo, anda akan dapati sebuah wisata air terjun di sini. Wisata air terjun di Bantul ini bernama Air Terjun Lepo.

Air Terjun Lepo Dlingo

Lepo atau disebut juga Ledok Pokoh menawarkan 3 curug indah dengan 4 kolam pemandian yang masih alami. Airnya sangat jernih dan warnanya hijau kebiruan.

Untuk harga tiketnya gratis, anda hanya perlu membayar biaya parkir sekitar Rp 2.000 sampai Rp 10.000. Sementara jam operasionalnya pukul 06.00-18.00 WIB.

Alamat: Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Dlingo, Pokoh I, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

Selanjutnya ke arah Muntuk, di kawasan ini anda bisa dapati spot wisata Bantul selain pantai yang juga menawarkan spot foto yang instagenic. Lokasinya bernama Puncak Becici.

Puncak Becici Muntuk

Spot ini termasuk salah satu wisata Jogja terbaru 2018. Puncak Becici ini menawarkan pemandangan alam dihiasi hamparan pohon pinus. Background tersebut bisa anda jadikan spot foto selfie yang bertemakan alam.

Alamat: Gunungcilik, RT.07/RW.02, Gn. Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul, D.I Yogyakarta 55783

Tiket masuk Puncak Becici ini hanya Rp 2.000 dan jam buka pukul 06.00-19.00 WIB. Masih seputar puncak yang ada di Bantul, ada juga spot wisata instagramable yang menawarkan banyak spot foto selfie.

Bukit Panguk Kediwung

Daya tarik wisata ini mirip seperti Kebun Buah Mangunan saat pagi. Yaitu sunrise yang diikuti kabut tebal yang menyelimuti seperti sedang di negeri atas awan.

Tak hanya itu, banyak terdapat spot foto cantik untuk menambah koleksi foto di IG anda. Tiket masuk wisatanya cukup murah yaitu Rp 2.500 dan jam buka 24 jam.

Alamat: Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, D.I Yogyakarta 55783

Jika sebelumnya banyak spot foto yang sarat dengan fenomena alam, di wisata Bantul photos ini menawarkan keunikan rumah hobbit. Dimana lagi kalau buka di Seribu Batu Songgo Langit.

Seribu Batu Songgo Langit

Spot wisata yang unik ini menawarkan rumah-rumah kecil ala rumah Hobbit. Selain itu, ada juga spot menarik lainnya seperti jembatan kayu, gardu pandang sampai wahana flying fox.

Alamat: Jl. Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, D.I Yogyakarta 55783

Harga tiket objek wisata ini sangat terjangkau yaitu hanya Rp 2.500 dengan jam buka 24 jam.

Jika di wisata ini anda menemukan rumah hobbit, di wisata berikutnya menawarkan spot foto berupa helikopter dan sebuah batu besar.

Watu Goyang Mangunan Griloyo

Yup, di Watu Goyang Mangunan ini anda bisa berpose di atas miniatur helikopter yang lucu berwarna hijau army ala militer. Spot menarik lain yang sayang dilewatkan adalah sebuah batu besar tepat di tepi jurang.

Alamat: Cempluk Jalan Watu Goyang No.1 Cempluk, Griloyo, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

Meski masih baru, banyak kalangan muda yang berkunjung ke tempat ini. Karena selain masih gratis, banyak spot foto instagenic dengan pemandangan alam yang sangat memukau.

Berikutnya masih tentang wisata alam Jogja 2018. Sama dengan Watu Goyang, spot wisata berikutnya ini menawarkan spot foto dan view pemandangan alam kawasan Dlingo yang hijau.  

Bukit Mojo Gumelem Mangunan

Spot unik dan instagramable ini menyuguhkan pemandangan alam yang bisa dilihat dari gardu pandang berbentuk sarang burung. Ada juga spot bunga matahari sebagai background cantik foto anda.

Setiap 4 bulan sekali, wisata ini juga akan mengganti spot fotonya sehingga anda tidak akan pernah bosan datang ke sini.

Alamat: Kanigoro, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55783

Biaya tiket masuk di Bukit Mojo Gumelem ini gratis. Anda hanya perlu membayar parkir sekitar Rp 2.000 – Rp 5.000 dan biaya spot selfie sekitar Rp 3.000 saja.

Nah, berikutnya ada spot baru nih di dekat Pantai Parangtritis, namanya Bukit Paralayang Watugupit.

Bukit Paralayang Watugupit Giricahyo

Objek wisata ini menawarkan wahana paralayanag dan pesona sunset plus view kawasan Bantul dan sepanjang garis pantai Parangtritis. Spot wisata jogja terbaru 2018 ini kini menjadi tempat favorit untuk berburu sunset.

Alamat: Area Hutan, Giricahyo, Purwosari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872

Hanya dengan membayar Rp 5.000 anda sudah bisa bersantai menikmati indahnya sunset dari pukul 05.00-18.30 WIB.

Puas dengan view pemandangan alam dari ketinggian? Yuk saatnya bermain ke salah satu gua di Bantul yaitu Goa Cerme.

Goa Cerme Imogiri

Keunikan dari gua ini adalah adanya stalaktit dan stalakmit di dalamnya. Tak hanya itu, gua ini juga ternyata sarat akan nilai sejarah.

Konon, dulunya gua ini menjadi tempat bertemu para wali. Di gua ini anda bisa menyusuri terowongan gua yang lembab sepanjang 1,5 km. Pasti sangat menantang bukan!

Alamat: Jl. Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Srunggo 2, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55782

HTM Goa Cerme ini dibandrol hanya Rp 3.000 dan jam buka wisata pukul 07.00-18.00 WIB.

Nah, kalau ke daerah selatan Jogja tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi pantainya. Berikut kami sajikan beberapa alternatif pantai yang bisa anda kunjungi.

Pantai Parangtritis Bantul

Siapa yang tak kenal Pantai Parangtritis? Pantai ini merupakan salah satu pantai di Jogja 2018 yang terkenal dan wajib dikunjungi.

Di pantai ini anda bisa mendapatkan pemandangan sunset. Dan juga, anda bisa menelusuri pantai romantis yang memiliki panjang garis pantai mencapai 500 Meter ini.

Alamat: Jalan Parangtritis, Km.28, Parangtritis, D.I Yogyakarta

Jika ingin berkunjung ke pantai ini, biaya tiket masuknya hanya Rp 5.000 dengan jam buka 24 jam.

Di sekitar pantai ini ada sebuah tempat pemandian yang bisa dijadikan tempat refresh anda berikutnya lho. Yaitu di Pemandian Air Panas Parangwedang.

Pemandian Air Panas Parangwedang Bantul

Tahukah anda pemandian air panas ini muncul secara alami akibat pertemuan dua buah lempeng. Kandungan mineral air panas di sini cukup tinggi, namun sebetulnya tidak ada unsur belerangnya.

Banyak pengunjung yang memanfaatkan tempat ini untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti reumatik, penyakit kulit, dan juga stroke.

Biaya tiket masuk wisata ini cukup murah hanya Rp 5.000 saja dan jam buka wisata mulai dari pukul 07.00-18.00 WIB.

Alamat: Jl. Parangtritis, Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772

Selanjutnya ada spot wisata Jogja hits yang tak pernah sepi pengunjung. Letaknya berada di antara deretan pantai di daerah Bantul, yaitu Gumuk Pasir.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Uniknya wisata ini adalah sensasi berada di kawasan padang pasir berwarna hitam. Sungguh unik dan tak biasa, sehingga tak heran banyak memanfaatkannya sebagai lokasi foto pre wedding.

Tak hanya berfoto, anda juga bisa berselancar lho di Gumuk Pasir ini. biaya tiket masuk nya murah yaitu Rp 3.000 dengan jam operasional 24 jam.

Alamat: Jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kretek, Bantul, D.I Yogyakarta

Selengkapnya tentang Gumuk Pasir Parangkususmo

Tak jauh dari Gumuk Pasir ini, anda bisa menemukan sebuah pantai cantik yang diselimuti deretan pohon cemara yang rimbun, yaitu di pantai Goa Cemara.

Pantai Goa Cemara Sanden

Rimbunnya pohon cemara di kawasan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tak hanya itu, adanya sebuah Mercu Suar yang bisa dinaiki juga menjadi tempat favorit para pengunjung.

Alamat: Jl. Lintas Sel., Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55763

Pantai di Bantul yang bisa diakses 24 jam ini bida dimasuki dengan biaya tiket sebesar Rp 3.000 saja. Sangat murah kan? Ada lagi nih pantai lain yang tak kalah menarik untuk dieksplor keindahannya, yakni di Pantai Samas.

Pantai Samas Sanden

Keunikan Pantai Samas ini karena pantai tersebut dijadikan lokasi perlindungan penyu. Selain itu, di sekitar pantai ini banyak spot kebun bunga matahari yang bisa dijadikan spot foto yang cantik dan instagenic.

Alamat: Sogo Sanden, Srigading, Sanden, Bantul, D.I Yogyakarta 55763

Harga tiket masuk Pantai Samas ini sekitar Rp 4.000 dan jam buka pukul 09.00-05.00 WIB. Apakah anda penggemar seafood? Nah, di Jogja ada juga lho surga untuk kuliner seafood yaitu di Pantai Depok.

Pantai Depok Bantul

Selain spot indah dan deburan ombak pantainya, yang menjadi daya tarik pantai ini adalah adanya pasar ikan sekaligus resto untuk makan seafood. Tertarik bukan? Yuk kunjungi dan nikmati aneka menu seafood di sini.

Alamat: Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga tiket masuk Pantai Depok ini dibandrol Rp 10.000 dan jam buka pantai adalah 24 jam. Nah, itu tadi beberapa alternatif wisata di selatan Jogja. Selanjutnya akan kita lanjutkan eksplor wisata Jogja di bagian barat.

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.