100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi

Diposting pada

Wisata Jogja Bagian Barat

Kawasan bagian barat Kota Jogja adalah kawasan yang berada di Kabupaten Kulonprogo. Wisata di kawasan ini didominasi oleh wisata alam Kulonprogo dan juga wisata pantai Kulonprogo dan wisata air terjun. Berikut pembahasannya.  

Waduk Sermo Kulonprogo

Jika di beberapa kabupaten lain hanya terdapat sebuah embung, di Kulonprogo ini ada sebuah waduk dengan view perbukitan yang sangat indah. Di sini anda bisa berkeliling dengan perahu dan melihat sunset yang romantis.

Alamat: Sermo Lor, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga tiket Waduk Sermo ini cukup murah hanya Rp 2.000 dan jam buka pukul 08.00-17.00 WIB. Tak jauh dari lokasi wisata Waduk Sermo, ada spot wisata di ketinggian yang harus dicoba, yaitu Kalibiru.

Kalibiru Hargowilis Kulonprogo

Wisata Kulon Progo Kalibiru ini menyuguhkan pemandangan alam dari atas bukit yang sangat indah. Di sini juga ada beberapa spot foto di atas pohon untuk kolekso foto IG anda.

Alamat: Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Biaya tiket masuk Kalibiru sebesar Rp 10.000 dengan jam operasional pukul 06.30 sampai 17.00 WIB. Tahukah anda kalau di Kulonprogo ini ada sejumlah spot air terjun cantik dan masih asri? Yuk simak terus.

Air Terjun Kedung Pedut Kulonprogo

Salah satu wisata air terjun Kulonprogo yang menjadi favorit adalah Kedung Pedut. Kewitimewaannya terletak pada dua warna airnya, yaitu putih jernih dan hijau tosca.

Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674

Harga tiket masuk Kedung Pedut ini cukup terjangkau hanya Rp 6.000 – Rp 10.000 dan jam operasional 24 jam. Selain Kedung Pedut, ada alternatif mandi di air terjun yang jernih lainnya yaitu di Kembang Soka.

Air Terjun Kembang Soka Kulonprogo

Sama seperti sebelumnya, air terjun yang satu ini sangat unik karena selain jernih, memiliki beberapa warna yang sangat cantik. Di lokasinya juga terdapat kolam yang berasal dari dua sumber air terjun.

Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674

Biaya untuk masuk ke air terjun ini dibandrol seharga Rp 6.000 dengan jam buka pukul 07.00-17.00 WIB. Puas bermain air di air terjun, yuk kita lanjutkan eksplorasi ke kawasan menoreh.

Bukit Isis Nglinggo Samigaluh Kulonprogo

Yang unik dari objek wisata ini adalah view alam khas pegunungan dengan hamparan kebun teh yang berundak-undak. Di tempat ini anda juga bisa berburu sunrise dan sunset serta berfoto di beberapa spot unik.

Alamat: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Special Region of Yogyakarta

Harga tiket masuk Bukit Isis Nglinggo ini sebesar Rp 3.000 dan jam buka 24 jam. Mau wisata yang lebih memacu adrenalin? Nah, anda perlu mencoba objek wisata Kulon Progo terbaru 2018 yang satu ini.

Ayunan Langit Watujaran Kulonprogo

Keunikan wisata Watujaran ini adalah adanya sebuah ayunan yang berada di ketinggian sekitar 600 Mdpl. Selain itu, ada beberapa spot menantang lain seperti sapu nenek sihir dan spot pohon.

Alamat: Sabrangkidul RT.10/RW.05, Coco Leal, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674

Harga tiket yang perlu dibayar untuk masuk lokasi wisata ini sebesar Rp 10.000 dan jam operasional pukul 08.00-17.00 WIB.  

Ekowisata Sungai Mudal Kulonprogo

Sungai Mudal ini berada di perbukitan Gunung Menoreh. Di tempat ini anda bisa bersantai dengan wahana menarik yang disediakan.

Tak hanya itu, anda juga bisa mencoba kegiatan yang lebih seru seperti river tubing. HTM wisata Sungai Mudal ini terjangkau yakni Rp 6.000 saja, sementara jam buka pukul 08.00-17.00 WIB.

Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674

Selanjutnya kita akan lanjutkan penelusuran di wisata pantai Kulonprogo. Apakah di Kulonprogo ada pantai? Jangan salah, ada beberapa spot pantai berpasir hitam yang sayang untuk dilewatkan.

Pantai Glagah Kulonprogo

Salah satu pantai unik di Kulonprogo adalah Pantai Glagah. Mengapa unik? Di pantai ini terdapat gugusan tetrapod serta pasir besi hitam yang menghiasi pantainya.

Tetrapod atau pemecah ombak tersebut berfungsi untuk mencegah abrasi. Selain itu, ada banyak spot foto di sini, bahkan pantai ini juga berbatasan langsung dengan bandara baru Jogja yaitu NYIA.  

Alamat: Glagah, Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55654, Indonesia

HTM Pantai Glagah ini sekitar Rp 5.000 dan jam operasional 24 jam. Selain pantai ini, anda juga bisa mengunjungi Hutan Mangrove Kulonprogo.

Hutan Mangrove Pasir Mendit Kulonprogo

Objek wisata Hutan Mangrove Kulon Progo ini menjadi wisata alam Kulonprpogo yang cukup terkenal. Selain sebagai tempat wisata, kawasan ini memang dijadikan sebagai area konservasi alam.

Alamat: Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55654

Biaya masuk Hutan Mangrove Kulonprogo ini dibandrol Rp 3.000 dengan jam buka 24 jam. Selain di Pasir Mendit ini, ada satu lagi spot wisata hutan mangrove yang lebih unik yaitu di Kadilangu.

Hutan Mangrove Pasir Kadilangu Kulonprogo

Yang unik dari wisata ini adalah adanya spot cantik berupa Menara Eifel yang terbuat dari bambu. Tak hanya itu, ada juga spot foto seperti pura serta lorong Hexagonal yang instagenik dan unik.

Alamat: Pasir Kadilango, Jangkaran, Temon, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55654, Indonesia

Untuk biaya tiket masuk wisata ini dihargai sebesar Rp 4.000 dan jam buka 24 jam.

Itu tadi sekilas info mengenai wisata alam Kulonprogo, selanjutnya kita akan bereksplorasi ke beberapa objek wisata yang ada di sisi timur Kota Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul.

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.