100 Wisata Jogja Terlengkap yang Paling Sering Dikunjungi

Diposting pada

Wisata Jogja Bagian Timur

Destinasi wisata yang berada di bagian timur Jogja ini identik dengan pantai berpasir putih dan sejumlah wisata alam lainnya.

Hal ini tidak mengherankan karena kawasan ini berada di daerah Gunung Kidul, yakni deretan pantai selatan Pulau Jawa.

Galaxy Water Park Banguntapan

Berawal dari Jalan Wonosari, ada sebuah tempat rekreasi dengan tema wisata air yaitu Galaxy Waterpark. Salah satu wisata anak Jogja terbaru 2018 ini berada di dekat museum wayang Kekayon.

Wahana yang tersedia cukup lengkpa seperti kolam renang dan wahana lainnya baik untuk anak maupun dewasa. Harga tiket masuk Galaxy Waterpark yaitu Rp 20.000 – Rp 30.000 dan buka mulai pukul 08.00-18.00.

Alamat: Jalan Wonosari KM. 6, Potorono, Banguntapan, Baturetno, Kalangan, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55196

Agak naik sedikit ke arah Wonosari, anda akan temukan sebuah tempat wisata favorit malam hari di Jogja, yaitu Bukit Bintang Hargodumilah.

Bukit Bintang Hargodumilah Patuk Gunung Kidul

Bukit Bintang adalah tempat romantis di Jogja malam hari. Dari sini anda akan melihat pemandangan gemerlapnya lampu Kota Jogja.

Selain menikmati pemandangan, anda juga sambil menikmati jagung bakar manis serta juga wedang ronde, dll. Wisata 24 jam ini juga gratis untuk dimasuki, anda hanya perlu membayar biaya parkir sekitar Rp 2.000-Rp 5.000.

Alamat: Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Jika di Bukit Bintang ini anda bisa menikmati view Jogja malam hari, beda lagi dengan Puncak Kosakora. Dari atas ini anda bisa menikmati view Gunungkidul yang menawan saat siang hari.

Puncak Kosakora Tanjungsari Gunung Kidul

Daya tarik wisata ini adalah pemandangan perbukitan hijau ditambah view pantai di sepanjang garis pantai selatan yang berwarna biru. HTM Puncak Kosakora sendiri hanya Rp 2.000 dengan jam operasional 24 jam.

Alamat: Banjarejo, Tanjungsari, Ngestirejo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881

Belum puas dengan view Kosakora, anda bisa mampir juga di Wisata Watu Lumbung. Di sini anda bisa mendapatkan view yang lebih menakjubkan.

Watu Lumbung Kretek

Wisata yang satu berada tak jauh dari pantai yang bernama Watu Lumbung. Dari tempat tersebut anda bisa menyaksikan indahnya pemandangan pantai selatan dari ketinggian.

Alamat:  Jalan Panglima Sudirman, Parangtritis, Kretek, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772

Harga tiket masuk Watu Lumbung ini gratis, namun anda perlu membayar biaya parkir untuk Rp 2.000 (motor) dan Rp 5.000 (mobil).

Berikutnya kami ajak anda mampir ke wisata air populer di Kota Gudeg, yaitu air terjun Sri Gethuk Jogja.

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Selain memang terkenal, Air Terjun Sri Gethuk memiliki debit air yang tidak akan surut meski di musim kemarau. Pemandangan sekitar air terjun yang asri dan sejuk sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga.

Alamat: Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Yogyakarta

Tiket masuk air terjun mulai dari Rp 15.000 – Rp 35.000 dan wisata buka mulai 08.00-16.00 WIB.

Selain Sri Gethuk, masih ada alternatif lain menikmati spot air terjun Gunung Kidul terbaru yaitu di Kedung Kandang.

Air Terjun Kedung Kandang Gunung Kidul

Wisata air terjun yang satu ini menawarkan keindahan air terjun plus pemandangan sekitar yang sangat indah. Air terjun ini berbentuk tangga dan dikelilingi sawah terasering layaknya di Ubud Bali.

Alamat: Nglanggeran Kulon, Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862

HTM wisata air terjun ini juga murah, hanya Rp 7.000 dan jam buka 24 jam. Selanjutnya ada wisata air yang tak kalah keren di Gunung Kidul, yakni Tegalarum Park.

Tegalarum Adventure Park Gunung Kidul

Daya tarik wisata ini adalah adanya banyak fasilitas seru dan menguji adrenalin yang tersedia. Diantaranya plyaground, duckriver, outbound, river tubing, super flying fox, body rafting, fun trail serta ATV.

Alamat: DesaWisataSidorejo, Gunungkidul,, Sidorejo, Karangtengah, Wonosari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55851

Tarif tiket masuk wisata ini sekitar Rp 25.000 dan jam buka 08.00-17.00 WIB. Selanjutnya ada yang unik lho di Wonosari, yaitu wisata Gunung Ireng.

Gunung Ireng Patuk Gunung Kidul

Apa yang unik dengan wisata ini? Gunung Ireng menawarkan view alam dari ketinggian plus syahdunya suasana sunrise dan sunset.  

Alamat: Ngrancahan, Pengkok, Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55862

Biaya tiket masuk wisata ini adalah Rp 3.000 dengan jam buka wisata 24 jam. Selain Gunung Ireng, ada lagi spot puncak yang juga tak kalah menarik yaitu Gunung Api Purba Nglanggeran.

Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul

Gunung Api Purba menjadi tempat favorit untuk menikmati Jogja dari atas Puncak. Dari sini anda juga bisa menikmati sunrise serta sunset yang sangat mempesona.

Alamat: Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862

Harga tiket masuk Gunung Api Purba ini sekitar Rp 15.000 hingga Rp 20.000 malam dna jam buka wisata 24 jam. Selain ada spot untuk hiking, di kawasan ini juga terdapat embung cantik bernama Embung Nglanggeran.

Embung Nglanggeran Gunung Kidul

Yang menjadi pesona wisata ini adalah view Gunung Api Purba serta pemandangan alam hijau yang begitu cantik.  Tarif masuk Embung Nglanggeran adalah Rp 15.000 dan jam buka wisata

Alamat: Nglanggeran Timur, Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862

Selain embung ini, ada lagi spot embung di Gunung Kidul dengan view yang sangat mengagumkan. Yakni Embung Batara Sriten.

Embung Batara Sriten Gunung Kidul

Berada di ketinggian 900 mdpl, Embung Batara Sriten berada di puncak tertinggi di Gunung kidul. Dengan begitu, tak heran jika pemandangannya sangat mengagumkan.

Anda bisa melihat dua gunung dari sini. Di tempat ini juga banyak terdapat pendopo besar dan pondokan kecil untuk berteduh dan beristirahat.

Alamat: Padukuhan Sriten, Desa Pilangrejo, Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, D.I Yogyakarta.

Tiket masuk Embung Batara Sriten ini dibandrol Rp 5.000 dan jam buka wisata pukul 08.00-18.00 WIB. Tak kalah eksotik, Telaga Biru Semin berikut ini juga menyajikan pemandangan alam yang cantik.

Telaga Biru Semin Gunung Kidul

Daya tarik wisata ini adanya bukit kapur yang dikelilingi oleh telaga berwarna hijau kebiruan. Tak heran orang menyebut tempat ini mirip dengan Blue Lagoon.

Alamat: Karangwuni, Weru, Candi Rejo, Sukoharjo, Geneng, Candi Rejo, Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Jawa Tengah 57562

Selain indah dan sangat cocok untuk berburu foto cantik, tiket masuk wisata yang buka pukul 06.00-18.00 ini juga gratis.

Selain wisata air terjun dan telaga, Gunung Kidul juga kaya akan wisata goa lho, berikut beberapa alternatifnya.

Goa Jomblang Semanu Gunung Kidul

Di daerah Semanu, ada Goa Jomblang yang menawarkan wisata susur goa yang sangat menantang. Di sini ada sebuah spot bernama “ Cahaya Surga” yang menjadi daya tarik utama wisata Gunung Kidul yang tersembunyi ini.

Alamat: Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893

Biaya tiket masuk sekaligus berpetualang di gua ini sekitar Rp 450.000 dan jam buka pukul 08.00-14.00 WIB. Selain Goa Jomblang, ada juga Gua Pindul yang memiliki keunikan tersendiri.

Gua Pindul Karangmojo Gunung Kidul

Yang menarik dari wisata Gua Pindul ini adalah anda bisa menyusuri gua yang di dalamnya terdapat sungai ini dengan ban karet. Dijamin wisata cave tubing di gua ini sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga.

Alamat: Gelaran2, RT.03/RW.16, Gunungbang, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891

Harga tiket masuk yang harus dikeluarkan untuk wisata ini adalah Rp 45.000 dengan jam operasional wisata pukul 06.30-18.00 WIB. Berikutnya, masih ada satu gua yang sayang untuk dilewatkan, namanya Goa Kalisuci.

Goa Kalisuci Gunung Kidul

Sama seperti cave tubing Gua Pindul, di tempat ini anda akan diajak berwisata jelajah sungai serta gua. Secara berkelompok, anda akan dibawa menikmati serunya rafting dan cave tubing.

Alamat: Jetis, Jonge, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893

Tarif tiket masuknya agak lebih mahal yakni Rp 75.000 dan jam buka wisata pukul 08.00-16.00 WIB. Puas dengan wisata gua Gunung Kidul, mari kita luangkan waktu untuk eksplor wisata pantai Gunung Kidul.

Pantai Baron Gunung Kidul

Adalah salah satu pantai yang populer di Gunung Kidul, yaitu Pantai Baron. Selain cantik dan menjadi pusat kuliner seafood, kini terdapat Mercusuar Baron setinggi 40 m untuk menikmati view samudra luas.

Alamat: Pantai Baron, Rejosari, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

Tiket masuk Pantai Baron ini adalah Rp 10.000 dan jam operasionalnya 24 jam. Agak bergeser sedikit, anda akan menemukan sebuah pantai dengan karakteristik unik yaitu di Pantai Ngobaran.

Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Keunikan pantai ini adalah karena adanya beberapa patung dan pura yang dulunya digunakan sebagai tempat pemujaan. Dari situ terlihat suasana pantai yang indah bercampur dengan budaya yang sangat sakral.  

Alamat: Jalan Ngobaran, Ngrenehan, Sapto Sari, Gebang, Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871, Indonesia

Biaya yang dibutuhkan untuk membayar tiket masuk Pantai Ngobaran ini sekitar Rp 10.000 dan itu termasuk biaya tiket pantai lain di sekitarnya. Selanjutnya ada Pantai Kukup yang sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga.

Pantai Kukup Gunung Kidul

Pantai ini berada satu area dengan beberapa pantai lainnya di Gunung kidul. Yang unik dari pantai ini adalah anda bisa berburu ikan-ikan kecil yang terjebak di karang saat air laut surut.

Alamat: Pantai kukup, Ngepung, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881

Tiket masuknya menjadi satu dengan tiket masuk pantai Gunung Kidul 2018 lainnya seperti Krakal, Indarayanti, dll. Selanjutnya ada Pantai Krakal dengan batu karangnya yang ikonik.

Pantai Krakal Gunung Kidul

Ya, daya tarik pantai ini terletak pada batu karang yang sangat cantik. Di pantai ini anda bisa surfing, snorkeling, menyusuri pantai, menikmati sunset atau berburu foto instagenic.

Alamat: Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55000

Biaya tiket masuknya Rp 10.000. Namun sebetulnya sudah menjadi satu dengan beberapa pantai lain, karena untuk memasuki kawasan pantai di Gunung Kidul ini anda akan melewati gerbang wisata.

Pantai Indrayanti/Pantai Pulang Syawal Gunung Kidul

Meskipun buka wisata baru di Jogja, pesona Pantai Indrayanti Jogja 2018 semakin memikat. Tak heran pantai ini menjadi primadona bagi para pecinta pantai.

Kondisi pantainya yang sangat bersih dan sangat terjaga dan terawat membuat siapa saja betah berlama-lama di sini. Tiket masuk Pantai Indrayanti ini Rp 10.000 dan jam buka 24 jam.

Alamat  Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, D.I Yogyakarta

Selanjutnya ada Pantai Drini yang pesonanya tak kalah dengan pantai lainnya di Gunung Kidul. Ada apa saja ya di pantai ini? Berikut ulasannya.

Pantai Drini Gunung Kidul

Keunikan pantai ini adalah memiliki garis tepi pantai yang panjang. Pantai ini juga memiliki pulau di sebrangnya namun tidak terlalu jauh.

Alamat: Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, D.I Yogyakarta.

Tiket masuk Pantai Drini ini hanya Rp 10.000 dan jam buka wisata 24 jam. Masih dengan pantai dengan garis pantai yang cukup panjang, ada juga Pantai Sepanjang.

Pantai Sepanjang Gunung Kidul

Sama seperti namanya, Pantai Sepanjang ini mempunyai garis pantai yang luas. Sehingga wisatawan akan puas untuk bermain dan menyusuri pantai berpasir putih yang cantik ini.

Alamat: Jl. Sepanjang, Ngalos, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia

Biaya masuk pantai ini dibandrol dengan harga Rp 10.000 dan jam buka 24 jam. Masih dengan pesona pantai di wisata Gunung Kidul Wonosari, ada Pantai Sundak dengan keunikan dan daya tariknya tersendiri.

Pantai Sundak Gunung Kidul

Keunikan Pantai Sundak ini adalah sebuah gua yang bentuknya seperti landak. Menariknya lagi, nama pantai ini sendiri merupakan gabungan dari nama hewan anjing “asu” dan landak.

Alamat: Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia

Biaya tiket masuk Pantai Sundak ini yaitu Rp 5.000 dan jam buka wisata 24 jam. Nah, kalau anda mencari spot terbaik untuk snorkeling, silakan kunjungi Pantai Nglambor berikut.

Pantai Nglambor Gunung Kidul

Tak dipungkirin Pantai Nglambor menjadi spot untuk snorkeling di Jogja. Salah satu pantai Gunung Kidul yang hits ini menawarkan panorama bawah laut yang sangat indah.

Alamat: Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

Tiket masuk Pantai Nglambor ini sekitar Rp 5.000 – Rp 6.000 dan jam buka wisata 24 jam. Setelah Nglambor, spot snorkeling yang juga menarik adalah di Pantai Sadranan.

Pantai Sadranan Gunung Kidul

Memiliki bibir pantai yang landai, Pantai Sadranan sangat cocok untuk tempat bermain pasir, bermain air bahkan snorkeling lho. Hal ini karena panorama bawah lautnya juga sangat cantik.

Alamat: Pulegundes II, Sidoharjo, Tepus, Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tiket masuk Pantai Sadranan ini sekitar Rp 10.000 dan jam buka wisata 24 jam. Bagi anda yang suka camping, pantai di Gunung Kidul memiliki beberapa spot asyik lho. Simak kelanjutannya sebagai berikut.

Pantai Kesirat Gunung Kidul

Pantai Kesirat adalah pantai baru yang sedang viral karena merupakan tempat terbaik berburu sunset. Karena masih baru, berada di pantai ini anda akan merasa seperti sedang di pantai sendiri lho.

Alamat: Karang, Girikarto, Panggang, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872

Tiket masuk Pantai Kesirat ini sekitar Rp 5.000 saja dan jam bukanya 24 jam. Selain Pantai Kesirat, Pantai Wohkudu juga rekomended untuk dijadikan spot camping bagi anda.

Pantai Wohkudu Gunung Kidul

Spot terbaik untuk camping berikutnya adalah Wohkudu. Karena letaknya yang cukup tersembunyi, anda pun perlu tracking sekitar 15 menit.

Alamat: Desa Girikarto, Panggang, Gunungkidul, D.I Yogyakarta

Tarif tiket masuk Pantai Wohkudu ini juga sangat murah lho, hanya sekitar Rp 5.000 dan jam buka wisata 24 jam. Nah, kalau anda ingin menjumpai pantai yang unik, ada rekomendasi air terjun Pantai Jogan berikut ini.

Pantai Jogan Jogja Gunung Kidul

Daya tarik utama pantai ini terletak pada air terjun setinggi 12 meter diantara karang-karang yang eksotis. Disarankan untuk datang ke sini saat musim penhujan karena debit air terjun akan semakin tampak.

Tak hanya itu, di sini anda juga bisa mencoba olahraga river hiking serta cliff jumping. Asyik kan? Biaya masuk pantai ini hanya Rp 3.000 lho.

Alamat: Jalan Pantai Siung, Purwodadi, Tepus, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881

Mau berlibur ke pantai sekaligus menantang adrenalin? Yuk kunjungi wisata Pantai Timang Gunungkidul ini, dijamin liburan anda sangat berkesan.  

Pantai Timang Gunung Kidul

Bagaimana tidak menantang jika anda akan diajak menyebrangi laut hanya dengan menggunakan jembatan gantung serta gondola? Ya, untuk menuju ke Pulau Timang anda akan ditantang menyenbrang laut dengan ombak besar yang menemani anda.

Alamat: Jl. Pantai Sel. Jawa, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tiket masuk Pantai Timang ini hanya Rp 10.000, namun untuk menikmati fasilitasnya diperlukan biaya sekitar Rp 70.000. Selanjutnya ada Pantai Pok Tunggal yang berada agak di ujung deretan pantai selatan di Gunung Kidul.

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Di pantai ini, anda bisa bebas menikmati suasana pantai bahkan anda bisa bebas berenang ataupun camping. Suasananya yang masih sepi membuat anda merasa seperti di pantai sendiri lho.

Alamat: Desa Tepus, Tepus, Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia

Tiket masuk Pantai Pok Tunggal ini yaitu Rp 10.000 dan jam buka wisata 24 jam. Belakangan, ada yang lagi hits di deretan pantai di Gunung Kidul, yaitu adanya pantai teras kaca.

Teras Kaca Pantai Nguluran Gunung Kidul

Wisata yang sedang hits ini baru di buka tahun 2018 lalu dan menjadi viral di kalangan wisatawan. Daya tariknya berupa teras kaca yang menjorok ke pantai dan beberapa spot foto yang instagramable.

Alamat: Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, D.I Yogyakarta

Biaya tiket masuk Pantai Teras Kaca ini cukup mahal sih, yaitu Rp 50.000 dan biaya foto akan diberi tambahan sekitar Rp10.000 – Rp20.000.

Masih di sekitar pantai yang berada di ujung selatan Jogja, ada Pantai Siung sebagai tempat rekreasi keluarga yang cukup rekomended.

Pantai Siung Gunung Kidul

Ciri khas Pantai siung ini adalah adanya gugusan karang yang membentang cukup luas. Gugusan tersebut terlihat sangat eksotis terlebih saat sunset.

Alamat: Pantai Siung, Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

Harga tiket Pantai Siung ini sebesar Rp 10.000 dan sebetulnya sudah menjadi satu paket dengan Pantai Nglambor dan Pantai Jogan.

Berikutnya ada Pantai Sadeng yang berada di paling pinggir pantai selatan, berbatasan dengan pantai di Cilacap.

Pantai Sadeng Gunung Kidul

Daya tarik pantai ini adalah adanya dermaga tempat kapal-kapal nelayan bersandar. Tak hanya itu, terdapat jejak bekas sungai purba bengawan solo yang menyuguhkan pemandangan yang memukau.

Alamat: Songbanyu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883

Tiket masuk Pantai Sadeng adalah Rp 5.000 dan jam buka wisata 24 jam. Nah, itulah tadi sekilas info mengenai explore Jogja terutama wisata di Gunung Kidul berupa pantai di jogja dan harga tiket.

Berikutnya kami akan berikan sekilas informasi tentang desa wisata Jogja 2019. Berikut reviewnya.

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.