24 Wisata Karanganyar Paling Favorit dan Ramai Dikunjungi

Diposting pada

Karanganyar adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan dengan Sragen, Ngawi, Magetan, Wonogiri dan juga Kota Surakarta. Wisata Karanganyar sendiri sangat identik dengan taman bunga, karena di sini ada banyak jenis bunga.

Kota ini menjadi pusat pembibitan tanaman hias seperti adenium, anthurium, gelombang cinta dan banyak lagi. Hal tersebut dikarenakan suhu dan cuaca di daerah Karanganyar yang sejuk cocok untuk tanaman.

Tak hanya itu, Karanganyar juga sangat terkenal dengan hasil jemani berkualitas super.  Sehingga kota ini juga dikenal sebagai kota jemani.

Terlepas dari berbagai hal tersebut di atas, lantas bagaimana dengan objek wisata Karangnyar? Jika anda penasaran yuk simak artikel wisata Karanganyar terbaru 2018 berikut ini.

Daftar Nama Wisata Karanganyar Terbaru 2018

Kita semua tahu kalau Karanganyar terkenal dengan berbagai spot taman bunga. Namun tahukah anda jika objek wisata di Kota Jemani ini juga sangat beragam?

Selain tempat wisata bertema taman, ada juga spot wisata alam, situs budaya, tempat rekreasi, dan lainnya. Biar tidak semakin penasaran, yuk ikuti penjelajahan di Karanganyar bersama kami.  

Alun-Alun Karanganyar Cangakan

Yang pertama kita akan sambangi salah satu wisata Karanganyar malam hari yaitu Alun-Alun Karanganyar. Selain lapangan yang luas, alun-alun ini juga dilengkapi sepeda hias, motor mini elektrik yang bisa dinaiki oleh anak-anak.

Tak hanya itu, yang sangat ikonik dari tempat ini adalah sebuah Taman Air Mancur yang berada di Taman Gajah. Air mancur ini memancarkan warna warni yang juga diiringi oleh musik campursari dengan sistem komputerisasi yang sangat canggih.

Alamat: Jl. Lawu, Badran Asri, Cangakan, Kec. Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57791

Penasaran bukan? Wisata yang buka  24 jam ini juga gratis lho untuk dikunjungi. Masih seputar tempat rekreasi di Karanganyar, ada Taman Ria Balekambang yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Taman Ria Balekambang Tawangmangu

Karena tempatnya yang nyaman, taman ini seringkali dijadikan tempat wisata keluarga favorit untuk menikmati liburan.

Fasilitas yang tersedia pun cukup lengkap, ada kolam renang, lapangan tenis, wahana permainaan dan edukasi, spot foto, sanggar lukis, dll.

Alamat: Jl. Balaikambang, Kalisoro, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

Harga tiket masuk Taman Ria Balekambang ini dipatok Rp 12.000 per orang dan jam operasional pukul 06.00 – 17.00 WIB.

Selain taman ini, ada juga lho spot rekreasi keluarga dengan konsep lain yang cukup unik, yaitu di Agrowisata Sondokoro.

Agrowisata Sondokoro Tasikmadu

Apa yang unik dari Agrowisata Sondokoro ini? Objek wisata keluarga ini berada tak jauh dari Parik Gula Tasikmadu. Di area ini ada banyak fasilitas menarik seperti waterboom, flying fox, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, di agrowisata ini juga menjadi tempat pemeliharaan bagi beberapa hewan langka dan dilindungi. Dan juga ada beberapa spot yang memiliki view alam yang sangat indah.

Alamat: Jl. Mangkunegara, Bojonegara, Nglande Wetan, Ngijo, Tasikmadu, Surakarta, Jawa Tengah 42454

Biaya tiket Agrowisata Sundokoro ini dibandrol Rp 5.000 saja dengan jam buka pukul 08.00 – 17.00 WIB. Wisata keluarga Karanganyar yang bisa menjadi alternatif anda berikutnya adalah di Agrowisata Amanah berikut.

Agrowisata Amanah Karangpandan

Salah satu wisata Karangpandan ini belakangan sangat digemari opeha keluarga untuk tempat berlibur. Hal tersebut karena fasilitas yang disediakan oleh tempat rekreasi seluas 9 Ha ini sangat lengkap.

Mulai dari outbound, tempat makan, bakery, wateboom, penginapan, dan masih banyak lagi. Untuk harga tiket Agrowisata Amanah ini cukup tinggi yaitu Rp 100.000 dan jam buka wisata pukul 08.00-17.00.

Alamat: Jl. Raya Solo – Tawangmangu KM. 34, 3, RT. 01/03, Karang, Karangpandan, Karang Wetan, Karang, Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57791

Puas berwisata di tempat rekreasi, yuk kita lanjutkan perjalanan menelusuri sisa sejarah yang ada di Karanganyar.

Astana Giribangun Matesih

Astana Giribangun merupakan makam dimana presiden ke-2 Indonesia, Presiden Soeharto, dimakamkan. Tak hanya beliau, kompleks pemakaman ini juga merupakan sebuah makam keluarga beliau.

Alamat: Jl. Astana Giribangun, Dengkeng, Girilayu, Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57781

Biaya tiket masuk Astana Giribangun 2018 ini sebetulnya masih gratis, tapi anda akan tetapt diminta untuk membayar sekihlasnya saat di lokasi. Jam buka wisata adalah 24 jam.

Jika sebelumnya anda berziarah ke makam Pak Soeharto, berikutnya akan kami ajak anda untuk singgah sejenak ke Museum Klaster Dayu atau Museum Purbakala Dayu.

Museum Purbakala Dayu Gondangrejo

Museum seluas 10.500 m2 ini bisa anda jadikan sebagai wahana untuk belajar tentang sejarah manusia purba. Selain juga menyediakan arena bermain anak-anak, lokasinya di perbukitan sehingga suasana museum ini sangat sejuk.

Alamat: Dayu, 57773, Dayu, Kec. Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57188

Pengunjung akan dikenai tarif tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk memasuki museum sementara jam buka pukul 08.00 – 16.00 WIB. Dari museum, kita beralih ke wisata candi yang ada di Karanganyar.

Candi Cetho Jenawi

Salah satu candi di Karanganyar dan juga sangat fenomenal adalah Candi Cetho. Candi Hindu peninggalan kerajaan Majapahit menawarkan kompleks candi yang bersih, indah dan suasana sangat sejuk.

Selain Candi Cetho sendiri, di dalam kompleks juga ada sebuah petilasan Ki Ageng Krincingwesi. Yang unik dari candi ini adalah patung menyerupai alat vital laki-laki  atau kalacakra serta disusun dari 11 pundak bangunan.

Alamat: Ceto, RT.01/RW.03, Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

Biaya masuk Candi Cetho ini cukup terjangkau, hanya Rp 7.000 dengan jam operasional pukul 07.00 – 17.00. Selain wisata Candi Cetho Sragen ini, ada juga Candi Sukuh yang memiliki keunikan tersendiri.

Candi Sukuh Ngargoyoso

Tak jauh dari lokasi Candi Cetho, ada sebuah candi yang lumayan unik. Dikatakan unik karena strukturnya mirip bangunan Suku Maya, Meksico ataupun Suku Inca Peru.

Di dalam candi ini juga terdapat banyak patung erotis yang dianggap sebagai lambang kesuburan. Harga tiket masuk Candi Sukuh ini Rp 7.000, sementara jam buka wisata mulai dari pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Alamat: Tambak, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793

Tak hanya Candi Sukuh sebagai salah satu wisata Ngargoyoso, ada juga wisata candi yang berada di dekat air terjun Tawangmangu. Namanya Candi Menggung.

Candi Menggung Tawangmangu

Lokasi Situs menggung ini berada tak jauh dari Grojoga Sewu Tawangmangu yaitu sekitar 2 km dari kawasan wisata tersebut.

Alamat: Nglurah, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

Tak cukup dengan wisata candi Karanganyar di atas, anda bisa mencoba spot wisata Karanganyar terbaru 2017 berikut. Tepatnya di wisata Karanganyar Bukit Sekipan.

Kampung Halloween Bukit Sekipan Tawangmangu

Seperti namanya, tempat ini menyajikan objek hantu-hantu jadi-jadian yang bisa diajak untuk berselfie ria. Selain hantu-hantuan tersebut, tempat ini juga menyediakan arena outbound, kolam renang, pemancingan, dll.

Alamat: Jl. Sekipan, Kramat, Kalisoro, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

Harga tiket masuk Bukit Sekipan Tawangmangu 2018 ini dibandrol mulai dari Rp 20.000 – Rp 25.000 dengan jam operasional pukul 08.00 – 18.00 WIB. Selanjutnya di Karanganyar anda juga bisa menikmati hamparan kebun teh yang hijau dan sejuk, yaitu di wisata Kemuning Karanganyar.

Perkebunan Teh Kemuning/Ndoro Dongker Ngargoyoso

Kebun teh Kemuning ini berlokasi di ketinggian sehingga udaranya terasa sejuk dan pemandangannya sangat indah. Tak hanya bisa menikmati suasana kebun teh, di sini anda juga bisa membeli teh hasil panen di sekitar kebun teh.

Tak jauh dari tempat ini anda juga bisa menemukan salah satu tempat hits di Karanganyar yaituRumah Teh Ndoro Donker. Bangunan unik yang bergaya Belanda ini menjadi tempat favorit untuk berburu foto instagramable.

Alamat: Jalan Kemuning, Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793

Wisata Kebun Teh Ndoro Donker ini free HTM dan jam operasional wisatanya 24 jam. Tak hanya kebun teh, Karanganyar juga memiliki kebun strawberry lho, berikut reviewnya.

Kebun Strobery Tawangmangu Karanganyar

Tak jauh dari Tawangmangu dan Gunung Lawu, terdapat sebuah kebun buah strobery. Letaknya ada di sepajang jalan tembus kawasan Tawangmangu.

Di sini anda bisa memetik langsung buah strobery yang segar dari kebunya. Untuk memasuki kawasan kebun ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Akan tetapi anda harus membayar jika ingin membawa buahnya, per 1 kg dihargai Rp 30.000 dan per bungkus Rp 10.000. Jam buka kebun buah ini dari pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Alamat: jalan tembus kebarat, Kramat, Kalisoro, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

Apakah anda ingin merasakan sensasi berelaksasi di sumber air alami di Karanganyar? Pemandian Sapta Tirta Pablengan bisa menjadi opsi terbaik bagi anda.

Pemandian Sapta Tirta Pablengan

Tempat ini adalah sebuah sumber air yang memiliki tujuh mata air yang memiliki rasa berbeda meski berada dalam satu area. Mata air pertama, Sumber Air Bleng digunakan sebagai bahan pembatan karak atau kerupuk.

Mata air kedua yaitu Sumber Air Kesakten yang dipercaya dapat mensucikan badan dan menambah kekuatan. Mata air ketiga bernama Sumber Air Mati yang jumlahnya selalu tetap dan tidak boleh digunakan untuk keperluan apapun.

Berikutnya Sumber Air Urus-Urus untuk memperlancar pencernaan atau buang air besar. Kelima ada Sumber Air Hangat yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal juga rematik.

Sumber air keenam, Sumber Air Hidup diyakini dapat membuat awet muda jika digunakan untuk membasuh wajah. Sumber Air Soda yaitu sumber ke-tujuh mengandung soda alami yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit organ dalam: ginjal, TBC, liver, dll.

Alamat: Jl. TP. Joko Songo, Bt. Argotiloso, Pablengan, Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57781

Harga tiket Sapta Tirta Pablengan ini dibandrol Rp 5.000 dan jam buka wisata pukul 08.00 – 18.00 WIB. Belum puas dengan sumber air yang unik ini, ada Telaga Madirda yang bisa menjadi alternatif relaksasi berikutnya.

Telaga Madirda Ngargoyoso

Yang menjadi daya tarik wisata ini adalah sebuah telaga yang dilengkapi pemandangan cantik yang hijau. Tak hanya itu, konon ad akisah di balik keberadaan sebuah batu di sini, batu tersebut dipercaya sebagai tempat Retno Anjani bertapa serta melahirkan Anoman.

Sampai saat ini pun batu tersebut dikeramatkan dan dijadikan lokasi untuk ritual kegamaan oleh para umat Hindu. Biaya tiket masuk Telaga Madirda ini sekitar Rp 5.000 dan jam buka wisata pukul 06.00 – 17.30 WIB.

Alamat: Area Sawah, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793

Selanjutnya ada Waduk Lalung yang memiliki suasana sangat asri. Penasaran seperti apa tempatnya? Yuk simak ulasannya berikut.

Waduk Lalung Karanganyar

Waduk ini adalah sebuah sumber mata air yang digunakan untuk irigasi. Tempat ini juga menjadi spot favorit untuk memancing di Kabupaten Karanganyar.

Alamat: Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar Kota, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Wisata waduk Karanganyar yang buka 24 jam ini bisa dimasuki dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 3000 saja. Murah kan?

Berikutnya ada wisata Ngargoyoso yang seru dan menyenangkan di Karanganyar. Berikut kami sajikan reviewnya.

Tubing Goasari Ngargoyoso

Tubing sendiri adalah permainan menelusuri sungai dengan memanfaatkan ban atau sekilas mungkin lebih mirip rafting. Nah, di Ngargoyoso ini anda akan dibawa menelusuri sungai dengan ban dengan pemandangan bebatuan pegunungan.

Alamat: 13, Jl. Ngranten Wetan No.Rt 04, Puntuk, Puntukrejo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793

Paket harga river tubing Goasari Ngargoyoso ini beragam, mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 30.000 dan jam operasional pukul 08.00 – 17.30 WIB. Berikutnya yuk kita mampir ke salah satu wisata Tawangmangu terbaru 2018 yaitu di air terjun Grojogan Sewu.

Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Air terjun setinggi 81 m ini berlokasi di  lereng Gunung Lawu. Untuk sampai ke air terjun yang cukup tinggi ini anda harus melewati tangga sejumlah 1.250 buah.

Uniknya lagi, anda akan menemukan banyak kera berkeliaran di kawasan hijau dan sejuk ini. Selain itu, Grojogan Sewu juga terkenal sebagai salah satu tempat paling angker di Karanganyar.

Di kawasan ini terdapat sebuah jembatan kayu yaitu Kretek Pegat yang bisa menjadi objek foto. Biaya tiket masuk Grojogan Sewu adalah Rp 17.000 dan jam buka pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Alamat: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

Air Terjun Jumog Ngargoyoso

Selain air terjun Grojogan Sewu di atas, ada juga Air terjun Jumog yang menjadi salah satu wisata Ngargoyoso. Air terjun bisa dibilang masih baru sehingga masih sangat asri dan alami.

Alamat: Gandu, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793

Biaya tiket masuk air terjun Jumog ini juga terpantau murah, yaitu Rp 7.000 dengan jam operasional pukul 08.00 – 17.00 wib. Maish ada satu lagi spot air terjun di Karanganyar, yaitu di Pringgodani.

Air Terjun Pringgodani Tawangmangu

Wisata Tawangmangu yang lain adalah Air Terjun Pringgodani yang berlokasi di kaki Gunung Lawu ini. Air terjun setinggi 100 meter ini memiliki dua tingkat sehingga terlihat sangat spektakuler.

Spot terbaik menikmati air terjun ini adalah di Sendang Pengantin tepatnya di atas air terjun yang memiliki tujuh kucuran air ini. HTM air terjun ini masih gratis karena masih sangat baru dan belum mendapatkan fasilitas yang lengkap.

Alamat: Area Hutan Lindung, Blumbang, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

Selanjutnya ada wisata Bukit Paralayang yang menawarkan pemandangan Karanganyar dari ketinggian.

Bukit Paralayang Ngargoyoso

Dari Bukit Paralayang, salah satu wisata Ngargoyoso Karanganyar inianda bisa menikmati keindahan matahari terbenam terbaik. kawasan ini berada di selatan komplek Candi Cetho dan tepat bersebelahan dengan Kebun Teh Kemuning.

Alamat: Segorogunung, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793

Harga tiket masuk Bukit Paralayang Karanganyar ini dibandrol sekitar Rp 3.000 dan jam buka wisata 24 jam. Selain spot wisata ini, ada Camping Lawu Resort yang tak kalah menarik.

Camping Lawu Resort Tawangmangu

Bumper ini berlokasi di kaki gunung Lawu yang digunakan sebagai spot camping sembari menikmati alam Lawu yang memukau. Selain itu, anda juga beraktivitas outbond dan glamping yang seru bersama komunitas anda.

Alamat: Jl. Ombang Ombang No.32, Blumbang, Tawangmangu, Ombang- Ombang, Blumbang, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

Tak hanya di sini saja, anda bisa melanjutkan perjalanan menikmati indahnya Gunung Lawu di wisata Cemoro Kandang Tawangmangu.

Cemoro Kandang Tawangmangu

Wisata baru di Karanganyar lainnya adalah Cemoro Kandang yang merupakan akses menuju Gunung Lawu. Di tempat ini anda bisa ngopi sambil menikmati segarnya udara dan indahnya pemandangan Gunung Lawu.

Alamat: Gondosuli Kidul, Gondosuli, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

Harga tiket masuk Cemoro Kandang Tawangmangu ini cukup murah, yaitu Rp 3.000 dan jam buka wisata 24 jam. Setelah bersantai di rest area Cemoro Kandang ini, sayang jika anda tidak melanjutkan perjalanan ke puncak Gunung Lawu.  

Puncak Gunung Lawu Karanganyar

Jalur pendakian gunung setinggi 3118 m ini berada di perbatasan Karanganyar dengan Magetan. Biasanya start awal pendakian dimulai dari spot Cemoro Sewu ketika malam hari serta berakhir di Cemoro Kandang.

Saat pagi hari, anda diharapkan sudah sampai di puncak gunung Lawu yaitu Lawu Hargo Dumilah untuk menikmati sunrise. Jangan lupa persiapkan semua hal dengan matang agar pendakian berjalan dengan lancar.

Sekian informasi mengenai 24 objek wisata Karanganyar yang wajib anda kunjungi saat berkunjung dan liburan ke kota jemani ini. Semoga bermanfaat.  

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.