36 Daftar Wisata Kudus Paling Populer dan Banyak Dikunjungi

Diposting pada
36 Daftar Wisata Kudus Paling Populer dan Banyak Dikunjungi 1

Apa yang terlintas di dalam benak anda saat mendengar wisata Kudus? Ya, mungkin julukan-julukan yang sudah terkenal seperti Kota Santri, Kota Kretek, dll.

Memang kota yang letaknya di jalur pantai timur laut Jateng ini menjadi kota penghasil rokok khususnya kretek terbesar di provinsi tersebut. Selain itu, kota ini dulunya menjadi pusat perkembangan agama Islam.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya adanya tiga makam sunan dan wali, yakni Sunan Muria, Kudus, dan Sunan Kedu.

Namun apakah anda menyangka jika kota Kudus juga sangat kaya akan potensi wisata lainnya? Nah, kali ini kita akan buktikan bahwa potensi wisata Kudus 2018 patut diperhitungkan.

Daftar Objek Wisata Kudus Terbaru 2018

Apabila anda masih mengira Kudus tidka memiliki wisata yang menarik dan inda, maka anda perlu membaca review ini hingga selesai. Mari kita jelajahi kota santri ini dan mengenal lebih dekat apa yang ada di dalamnya.

Masjid Menara Kudus Kauman

Bangunan masjid ini diketahui adalah peninggalan Sunan Kudus saat menyiarkan ajaran Islam di wilayah Jateng. Meskipun sudah berumur hampir 500 tahun, masjid ini masih lestari dan menjadi landmark Kudus.

Sekarang pun masjid ini menjadi salah satu destinasi wisata religi di Kudus.

Alamat: Jl. Menara, Pejaten, Kauman, Kota Kudus, Jawa Tengah 59315

Jika sebelumnya tentang menara masjid, sekarang kita berbicara mengenai menara yang sedang viral di Kudus. Menara Pisang namanya, merupakan salah satu wisata Kudus ngehits 2018.

Menara Pisang Dawe

Ya, inilah spot wisata yang sedang hits di Kota Kudus. Menara dengan bentuk unik ini bereda di kawasan Wisata Outbound & Perkemahan Taman Sardi.

Keunikan menara ini sesuai dengan namanya, yakni berwarna kuning dan berbentuk seperti pisang. Banyak pengunjung memanfaatkan menara ini untuk berfoto.

Alamat: Dukuh Watu Lumpang  Desa Kajar, Dawe, Kudus, Jawa Tengah

Menara yang bisa diakses 24 jam ini tidak memiliki biaya masuk khusus sehingga anda bebas masuk ke sini dan gratis. Sebagai Kota Santri, Kudus tentu memiliki spot wisata religi, salah satunya adalah makam sunan.

Makam Sunan Kudus Kauman

36 Daftar Wisata Kudus Paling Populer dan Banyak Dikunjungi 2

Salah satu spot wisata religi yang banyak dikunjungi adalah makam Sunan Kudus ini. Akan ada banyak peziarah datang ke sini terutama pada hari tertentu.

Alamat: Jl. Sunan Kudus No.188, Pejaten, Kauman, Kota Kudus, Jawa Tengah 59316

Letak makam ini berada tepat belakangnya Masjid al-Aqsa Menara Qudus. Untuk masuk kompleks makam ini gratis, sementara jam buka hanya sampai pukul 24.00 WIB.

Selain makam sunan Kudus, wisata religi berikutnya adalah makam Sunan Muria yang letaknya cukup jauh yaitu di area Gunung Muria.

Makam Sunan Muria Dawe

Kebanyakan orang yang berwisata religi  ke Kudus ini tak pernah ketinggalan untuk mengunjungi makam sunan Muria. Meski lokasinya cukup jauh yaitu di lereng Gunung Muria.

Namun anda tak perlu khawatir untuk menuju ke sana, akan ada banyak ojek pangkalan yang siap mengantar para peziarah.

Alamat: Area Gunung Muria, Colo, Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59353

Berikutnya tak boleh ketinggalan juga mengunjungi salah satu tokoh bersejarah. Perannya juga tak kalah penting dalam penyebaran Islam, yaitu Syekh Sadzali. Berikut seputar informasinya.

Makam Syekh Sadzali Dawe

Syekh Sazali ini adalah pendamping Sunan Muria dalam penyebaran agama Islam. Sehingga para peziarah biasanya juga akan mendatangi makamnya jika ke Kudus.

Alamat : Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus

Dengan berziarah ke makam-makam tersebut, kita diharapkan dapat selalu mengingat bahwa siapapun akan bertemu dengan kematian. Selain itu, anda juga bisa mengenang kisah serta jasanya dalam penyebaran Islam.

Nah, sudah lengkap wisata religi Kudus, sekarang kita bahas tentang spot bersantai yang ada di alun-alun Kudus. Seperti kota lain di Jawa tengah, Kudus juga memiliki sebuah alun-alun yang berada di pusat kota.

Alun-Alun Simpang Tujuh Demaan Kudus

36 Daftar Wisata Kudus Paling Populer dan Banyak Dikunjungi 3

Ada apa di Simpang Tujuh? Di area alun-alun ini ada banyak fasilitas umum. Diantaranya wifi corner, shelter, jogging track, shelter hingga tanaman bunga warna-warni.

Ada juga spot foto kece seperti tulisan Simpang 7 Kudus dengan sorotan lampu dan cukup besar. Terlebih suasana Simpang 7 Kudus malam hari, lampu-lampunya menambah cantik area wisata alun-alun gratis ini.

Alamat: Jl. Simpang Tujuh, Kudus, Demaan, Kudus, Jawa Tengah 59313

Tak hanya spot wisata religi dan rekreasi gratis, di Kudus juga ada spot wisata sejarah yang tak boleh anda lewatkan. Salah satunya di Museum Kretek ini.

Museum Kretek Getas Pejaten

Kudus memang terkenal sebagai penghasil kretek terbesar, tak heran jika di kota ini terdapat sebuah museum kretek. Museum yang didirikan sejak 3 Oktober 1986 ini mempunyai sekitar 1.195 koleksi sejarah kretek.

Alamat: Jl. Getas Pejaten No.155, Getas, Getas Pejaten, Jati, Kudus, Jawa Tengah 59343

Biaya masuk ke museum ini sangat murah lho, hanya Rp 1.500-Rp 2.000 saja. Sementara jam buka wisata pukul 07.30 hingga 16.00 WIB.

Masih tentang museum, selanjutnya ada Museum Patiayam yang bisa menjadi alternatif belajar tentang benda purbakala.

Museum Purbakala Patiayam Jekulo

Spot wisata museum yang satu ini bisa dibilang mirip dengan Museum Fosil Sangiran yang ada di wisata Sragen. Koleksinya berupa fosil manusia purba, dan juga fosil fauna vertebrata & invertebrata.

Alamat: Kancilan, Terban, Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59382

Biaya tiket masuk museum Pati Ayam ini dibandrol Rp 5.000 dengan jam operasional pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Tak jauh dari museum ini, ada sebuah situs untuk menambah wawasan mengenai jaman purbakala.

Situs Pati Ayam Jekulo

Spot wisata ini merupakan sebuah situs purbakala. Di dalam areanya tersimpan benda purbakala seperti fosil.

Tak hanya fosilnya, lokasi ini dipercaya sebagai pusat kota peradapan manusia purba di jaman dahulu. Karena di lokasi ini banyak ditemukan fosil manusia purba.

Alamat: Kancilan, Terban, Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59382

Biaya masuk situs ini sama dengan biaya masuk museumnya, yaitu Rp 5.000 dan jam buka pukul 08.00-16.00 WIB. Puas belajar tentang jaman purbakala, saatnya menjelajah spot taman cantik yang ada di Kudus.

Taman Pinka Ngembalrejo

Yang menjadikakn taman ini unik adalah adanya hiasan payung-payung yang digantung seperti atap di gerbang taman ini. Tak kalah menariknya, lantai taman ini dibentuk seperti mainan ular tangga dan berwarna-warni.

Ada juga gambar 3 dimensi dan banyak spot foto menarik untuk ajang selfie di sini. Untuk memasuki kawasan Taman Pinka Kudus ini perlu biaya sebesar Rp 2.000-Rp 3.000.

Alamat: Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Bae, Kudus, Jawa Tengah 59322

Jam operasional wisata Taman Pinka ini adalah mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Taman wisata Kudus hits berikutnya adalah di Taman Lampion Kudus berikut.

Taman Lampion Wergu Timur

Spot wisata taman ini sangat rekomended untuk dikunjungi pada malam hari. Yang menarik dari taman ini adalah berbagai bentuk lampion mulai dari tanaman sampai lampion karakter.

Alamat: Jl. Gor No.103, Wergu Timur, Kota Kudus, Kudus, Jawa Tengah 59318

Biaya tiket masuk yang diperlukan untuk berkunjung ke sini adalah Rp 3.000. Selanjutnya ada Taman Sardi yang dilengkapi area outbond dan menara pisang yang unik.

Taman Sardi Dawe

36 Daftar Wisata Kudus Paling Populer dan Banyak Dikunjungi 4

Keunikan sekaligus daya tarik taman ini terletak pada menara pisang yang sangat tinggi dan besar. Spot tersebut menjadi ikon taman ini dan sangat bagus untuk spot foto.

Selain itu, ada juga arena camping dan outbond untuk liburan seru anda. Tarif tiket masuk Taman Sardi Kudus ini adalah Rp 15.000 dan jam operasional pukul 08.00-18.00 WIB.

Alamat: Watulumpang, Kajar, Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59353

Selanjutnya ada objek wisata taman dengan fasilitas lebih lengkap, yaitu Taman Oasis Kudus. Tentunya taman ini bisa menjadi rekomendasi wisata keluarga yang tepat untuk liburan.

Taman Oasis Djarum Bae

Dari namanya mungkin anda sudah bisa menebak siapa pengelola taman ini? Ya, taman ini dimiliki sekaligus deikelola oleh perusahaan rokok terbesar yaitu PT. Djarum.

Di dalam area taman ini terdapat banyak fasilitas seru dan menarik. Beberapa diantaranya monumen, mall, ruang terbuka hijau dan kompleks pertokoan.

Alamat: Jl. Lkr. Utara No.7, Bacin, Bae, Kudus, Jawa Tengah 59325

Untuk memasuki taman yang buka 24 jam ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Jika anda ingin mencari tempat berkonsep wisata air, ada juga lho di Kudus.

The Peak View Waterboom Gondangmanis

Salah satu wisata keluarga Kudus ini adalah tempat yang cocok untuk menikmati wahana outbond dan Waterboom. Selain wahana yang menantang, tersedia juga sebuah resto dengan sajian kuliner lengkap.

Alamat: Jl. UMK Utara Gondang Manis, Gondangmanis, Bae, Kudus, Jawa Tengah 59327

Harga tiket masuk waterboom ini berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 30.000. Sementara jam operasional wsisata adalah pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Selain waterboom ini, ada juga alternatif lain untuk bermain air dengan wahana seru. Yaitu tepatnya di Waterboom Mulia Kudus.

Waterboom Mulia Dawe Kudus

Di dalam waterboom ini ada berbagai macam wahana air untuk segala usia. Ada wahana kolam berarus, ember tumpah, spot mancing dan ATV.

Biaya untuk tiket masuk Waterboom Mulia ini dibandrol seharga Rp 20.000 dengan jam buka pukul 06.30 hingga 17.30 WIB.

Alamat: Jl. Raya Kudus – Colo No.KM, Lau, Dawe, Kudus, Jawa Tengah 59353

Dari wisata air di Kudus, saatnya kita lanjutkan eksplorasi wisata di Kudus Jawa Tengah ini ke beberapa wana wisata. Yang menjadi daya tarik wisata ini adalah suasana dan view alam yang asri dan eksotis.

Wana Wisata Kajar Kudus

Jangan salah ya Kudus memiliki bumi perkemahan layaknya wisata Bogor maupun wisata wonsosobo. Di Kudus ini spot bumi perkemahannya terletak di Wana Wisata Kajar.

Daya tarik wisata ini adalah sebuah hutan pinus yang jaraknya hanya 3 km dari makam Sunan Muria. Lokasinya sangat sejuk dan asri karena berada di 600 mdpl, sehingga sangat cocok untuk perkemahan.

Tak hanya itu, di Taman Kajar Kudus ini juga terdapat banyak sekali spt foto yang instagenic dan unik. Biaya masuk wisata ini hanya Rp 7.000 dan jam buka pukul 08.00-15.00 WIB.

Alamat: Desoyo, Jl. Raya Kudus – Colo, Dersaya, Kajar, Dawe, Kudus, Jawa Tengah 59353

Selain Wana Wisata Kajar, ada juga spot wisata Kudus Ternadi. Apa ya uniknya wisata ini? Yuk kita jelajahi.

Wana Wisata Ternadi Kudus

Yang menjadikan Wana Wisata Ternadi unik adalah view pegunungan yang asri serta menenangkan. Tak hanya itu, terdapat Gardu Pandang unik dan menjadi spot fotografi terfavorit.

Selain itu, ada banyak spot foto lain seperti panggung I LOVE U, Bunga Matahari Raksasa dan Perahu Kayu.

Alamat: Ternadi, Dawe, Kudus, Jawa Tengah 59353

Biaya tiket masuk Wana Wisata Ternadi ini dihargai Rp 5.000 untuk per orangnya dengan jam operasional 24 jam.

Bagi anda yang percaya mitos, patut mencoba tempat yang penuh misteri ini sebagai alternatif eksplore wisata Kudus.

Air Tiga Rasa Muria Dawe Kudus

Tempat wisata ini berada tak jauh dari makam Syekh Sadzali. Seperti namanya, objek wiata ini menawarkan air dari kolam kecil dengan rasa berbeda-beda.

Tak hanya itu, air tersebut juga memiliki mitos. Konon air 3 rasa ini memiliki khasiat untuk kepercayaan diri bahkan sebagai obat berbagai macam penyakit.

Lebih dari itu, tak sedikit pula yang percaya bahwa sumber mata air ini bisa mengabulkan semua permintaan. Untuk berkunjung ke wisata 24 jam ini tidak ada tarif khusus alias gratis.

Alamat: Gunung Muria, Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59353

Masih di kawasan lereng Gunung Muria, ada spot wisata yang sangat cocok untuk menenangkan diri. Namanya adalah wisata alam Rejenu Kudus.

Wisata Alam Rejenu Dawe Kudus

Kawasan wisata ini berada di 1150 mdpl dan jaraknya sekitar 3 kilometer dari lokasi Makam Sunan Muria.

Di kawasan ini anda bisa melihat sekaligus menikmati kekayaan alam Kudus seperti berbagai flora dan pemandangan pegunungan.

Alamat: Gunung Muria, Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59353

Selain wisata alam Rejenu ini, ada juga spot wisata alam yang sedang hits di kalangan masyarakat. Yaitu di Wisata Colo Kudus.

Wisata Alam Colo Kudus

Kawasan wisata alam colo ini bisa dibilang memiliki kemiripan dengan wisata alam kopeng yang menjadi objek wisata Magelang.

Keunikan dari wisata ini adalah view khas pegunungan plus udara sejuk. Selain itu, anda juga bisa sekalian wisata religi ke makam Sunan Muria.

Alamat: Pegunungan Muria, Colo, Dawe, Kudus, Jawa Tengah

Di area ini juga terdapat beberapa desa wisata yang menyediakan wahana seru untuk liburan seperti Taman Ria Colo, outbond dan camping. Salah satunya Desa Wisata Rahtawu, berikut reviewnya.

Desa Wisata Rahtawu Gebog

Karena berada di kawasan Colo, wisata Rahtawu Kudus ini terletak di ketinggian. Dari desa ini, anda bisa menyaksikan hamparan beberapa wilayah di Kudus, Pati, Grobogan, Jepara dan sekitarnya.

Selain itu, banyak sekali spot wisata mulai dari alam hingga spot kekinian. Dijamin tidak cukup sehari untuk mengeksplorasi desa wisata yang unik satu ini.

Alamat: Desa Rahtawu, Gebog Utara, Kabupaten Kudus, Jawa tengah

Berikutnya jika anda mencari spot wisata Kudus rasa Arizona, mungkin yang anda maksud adalah Gray Canyon Kudus ini.

Gray Canyon Jekulo Kudus

Banyak yang bilang wisata Grey Canyon Kudus sangat mirip dengan Grand Canyon yang ada di Arizona. Di sini, anda akan lihat pemandangan gunung yang diihiasi tebing-tebing curam.

Namun sebetulnya tempat ini bukan terbentuk secara alami. Karena dulunya Gray Canyon adalah sebuah tambang batu dan pasir.

Karena sudah tak terpakai, maka disulap menjadi tempat wisata. Biaya tiket masuk Gray Canyon ini dipatok Rp 5.000 dengan jam buka 24 jam.

Alamat: Desa Tanjungrejo, Jekulo, Kudus, Jawa Tengah

Berikutnya mari mengeksplorasi wisata Kudus air terjun. Tahukah anda ada banyak air terjun tersebar di kawasan ini? Agar tidak makin penasaran, yuk simak ulasannya.

Air Terjun Kali Banteng Gebog

Yang membuat unik air terjun ini adalah terdapat 2 tingkatan. Masing-masing air terjun tersebut memiliki tinggi 20 meter dan kedalaman 1 meter.

Selain itu arus airnya tidak begitu deras sehingga tempat ini sangat ramah untuk anak-anak. Tertarik? Biaya tiket masuk air terjun ini yaitu Rp 5.000 per orang.

Alamat: Area Pegunungan, Rahtawu, Gebog, Kudus, Jawa Tengah 59333

Selain Air Terjun Kali Banteng, alternatif berikutnya untuk menemukan air terjun yang masiih asri adalah di Goa Kudus. Seperti apa ya air terjunnya?

Air Terjun Goa Kudus

Spot air terjun ini belakangan menjadi semakin tenar di kalangan traveller. Hal ini terbukti dari semakin banyaknya pengunjung yang datang ke lokasi ini.

Keunikan air terjun ini adalah adanya 2 sumber mata air yang mengalir di sini. Karena hal ini, Air Terjun Goa Kudus ini tidak kering meski saat musim kemarau.

Untuk dapat masuk ke lokasi wisata ini anda perlu membayar tiket sebesar Rp 5.000. Belum puas dengan air terjun, masih ada rekomendasi air terjun lainnya yaitu Air Terjun Gonggomino.

Air Terjun Gonggomino Colo Kudus

Yang menjadi daya tarik air terjun ini adalah track menantang yang harus dilalui untuk dapat ke lokasinya. Yakni anda harus menyusuri sepanjang aliran Sungai Rejenu disertai medan yang sulit.

Karena hal tersebut, disarankan selalu berhati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Biaya tiket masuk air terjun Gonggomino ini hanya sekitar Rp 5.000 saja.  

Alamat: Desa Japan, Dawe, Kudus, Provinsi Jawa Tengah

Selanjutnya ada air terjun Montel yang menjadi primadona para tarveller ketika ingin eksplor wisata alam Kudus. Berikut reviewnya.

Air Terjun Montel Kudus

36 Daftar Wisata Kudus Paling Populer dan Banyak Dikunjungi 5

Destinasi wisata Air Terjun Montel ini letaknya tak jauh dari Makam Sunan Muria, tepatya di sebelah utara makam. Air terjun ini berada di ketinggian ± 1.602 meter atua di Puncak 29.

Sementara tinggi air terjun sendiri mencapai 50 m. Suhu air dan udara di sekitarnya sangat dingin yaitu antara 18-20 derajat Celsius dan sangat sejuk.

Alamat: Kajar, Dawe, Area Hutan, Japan, Dawe, Kudus, Jawa Tengah 59353

Untuk dapat memasuki kawasan yang buka 24 jam ini dibutuhkan biaya sekitar Rp 7.500 saja. Murah bukan?

Masih di area Gunung Muria, spot air terjun yang bsia menjadi alternatif melepas penat adalah Air Terjun Kedung Gender.  

Air Terjun Kedung Gender Dawe

Daya tarik utama wisata ini adalah udara sejuk plus view. Selain menikmati indahnya air terjun dan kawasan lereng pegunungan. Anda juga bisa sekalian ikut memanen jeruk Pomelo lho.

Tarif tiket masuk Kedung Gender sendiri dibandrol sebesar Rp 5.000. Untuk jam operasional wisata mulai dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Alamat: Tengger, Dukuhwaringin, Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59353

Berikutnya masih ada satu lagi spot air terjun di kabupaten Kudus untuk anda. Air terjun ini sangat terkenal baik dengan view nya maupun mitos uniknya, yaitu di Air Terjun Pengantin Kudus.

Air Terjun Pengantin Dawe

Ini dia spot wisata air terjun terakhir yang bisa kami rekomendasikan untuk anda. Air terjun ini dinamai “pengantin” dua aliran air yang sejajar dan sama.

Oleh karena itu juga banyak wisatawan meneybutnya sebagai curug kembar. HTM air terjun ini sendiri diharga Rp 7.000 per orang dan jam buka pukul 08.00-17.00 WIB.

Alamat: Area Gunung, Puyoh, Dawe, Kudus, Jawa Tengah 59353

Jika tadi kita sudah berkeliling di lereng Gunung Muria, tak ada salahnya kita lanjutkan perjalanan menuju puncak gunung ini. Hiking sepertinya menjadi salah satu alternatif melepas penat dengan cara yang unik.

Gunung Muria Keling

Meski gunung ini tidak setinggi Gunung Merapi di Jogja, namun siapa sangka dari puncaknya pemandangan di sekitar sangat menakjubkan. Gunung setinggi 1.602 Mdpl ini bahkan memiliki lebih dari satu puncak.

Beberapa diantaranya adalah Puncak Songolikur atau Saptorenggo atau yang biasa disebut Puncak 29. Puncak 29 Kudus ini merupakan yang puncak tertinggi.

Berikutnya ada Puncak Candi Angin, Puncak Argo Jembangan, Puncak Argo Wiloso dan Puncak Abiyoso. Dari puncak-puncak tersebut, anda bisa menikmati view Kudus secara menyeluruh.

Terdapat dua jalur untuk mendaki gunung ini, yaitu via Rahtawu-Kudus, dan via Tempur-Jepara. Namun kami sarankan sebaiknya Anda melewati jalur Rahtawu karena sedikit lebih mudah.

Biaya tiket masuk untuk mendaki gunung pun sangat terjangkau, yakni sekitar Rp 2.000. jika anda tertarik, alamatnya ada di bawah ini.

Alamat: Kemirun, Tempur, Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Eksplor wisata selanjutnya kita akan membahas banyak hal mengenai wisata kuliner Kudus Jawa Tengah. Tak lengkap rasanya jika ke suatu tempat tanpa mencicipi kuliner khasnya.

Yuk, simak beberapa pilihan kuliner Kudus berikut ini.

Soto Kudus Pak Denuh

Sajian kuliner Soto Kudus ini terdiri dari nasi putih, tauge, daging ayam, dan irisan seledri. Semua bahan tersebut disiram dengan kuah bening serta taburan bawang goreng.

Cita rasa Soto kudus ini cukup unik, yakni lezat, gurih dan segar. Selain itu, bedanya dengan soto khas Jawa Timur lain adalah tidak memakai santan.

Slaah satu lokasi menyantap soto ini yang terkenal adalah di warung soto Pak Denuh. Lokasinya ada di Jl. Raya AKBP Agil Kusumadya.

Soto Kerbau

Mungkin sajian kali ini terdengar aneh, karena jarang sekali daging kerbau dijadikan menu soto. Namun jangan heran, soto kerbau ini emmang menjadi bahan utama soto yang dicampur kuah bening.

Salah satu tempat rekomendasi untuk menyantap hidangan ini adalah  di warung soto kerbau Bu Jatmi. Selain itu, anda juga bisa menemukan menu khas ini di warung soto kerbau Bu Dibyo.

Jika tadi ada soto kerbau, sekarang ada menu sate kerbau yang tak kalah dan juga lezat. Yuk, intip reviewnya berikut.

Sate Kerbau

Belum dibilang datang ke Kudus kalau belum mencoba menu serba kerbau, seperti sate kerbau ini. Tekstur daging sate ini sangat empuk seperti dendeng sapi.

Jika tertarik berburu sate kerbau ini anda bisa ke pusat kota Kudus yaitu di sekitar Jalan Gang I, Jalan Gang III, ataupun Jalan Pemuda.

Di area tersebut akan banyak anda jumpai penjual sate kerbau yang mangkal antara pukul 07.30 hingga 10.00. Berikutnya masih serba kuliner kerbau, mari kita ulas mengenai nasi pindang kerbau.

Nasi Pindang Kerbau

Makanan khas pindang kerbau ini adalah menu khas dari lereng Gunung Muria yaitu Desa Colo. Menu ini terdiri dari nasi plus irisan daging serta daun melinjo dan disiram dengan kuah santan.

Jika dilihat, nasi pindang ini hampir mirip dengan nasi rawon. Hanya saja kuahnya memang dicampur dengan kluwak dan melinjo sehingga rasanya lebih segar.

Opor Ayam Panggang/Opor Bakar Kudus

Yang unik dari kuliner ini adalah daging ayamnya disajikan dalam keadaaan sedikit gosong. Jika tertarik anda bisa datang ke Jl. Niti Semito no.9 untuk mencicipi seporsi menu lezat dan mengenyangkan ini.  

Lentog Tanjung

Kuliner yang satu ini hampir mirip dengan gudeg namun bahan dasarnya adalah nangka muda atau gori. Nangka muda tersebut kemudian dicacah lembut dan dimasak dengan santan, cabe dan bumbu dapur lainnya.

Sementara nasi putih yang biasa digunakan sebagai karbo diganti dengan lentog atau lontong. Lentog ini pun dilengkapi lauk lodeh tahu dan juga sambal.

Kuliner yang satu ini sangat cocok untuk sarapan. Sajian ini banyak dijumpai di Jalan R. Agil Kusumadya dan kompleks Tanjung Karang. Warung ini buka ejak pukukl 06.00 hingga pukul 10.00 pagi.

Apakah anda ingin rumah makan dengan menu khas Kudus yang lengkap dan harga terjangkau? Jangan lewatkan untuk wisata kuliner di Sari lembur Kuning ini ya.

RM. Sari Lembur Kuning Jatikulon

Di rumah makan ini ada banyak sajian yang lezat dan menggugah selera tentunya. Beberapa diantaranya adalah menu seafood, opor, ayam bakar, kripik ayam, opor, dll.

Tempat makannya sangat luas, murah dan buka setiap hari. Lokasinya ada di Jl. AKBP Agil Kusumadya.

Alamat: Jl. R. Agil Kusumadya No. 123 C, Jati Kulon, Jati, Jatikulon Krajan, , Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59347

Berikutnya ada Ulam sari resto yang sangat cocok untuk berkuliner bersama keluarga. Selain tempatnya kece, hidangannya sangat lengkap dan semuanya lezat.

Ulam Sari Resto Getas Pejaten

Rumah makan ini berada tak jauh dari Jl. Museum Kretek. Tempatnya sendiri sangat direkomendasikan untuk makan bersama keluarga.

Menu makananya sangat beragam tentunya dengan harga yang terjangkau. Bagaimana? Apakah penasaran? Berikut alamatnya.

Alamat: Jl. Museum Kretek No.10, Getas, Getas Pejaten, Jati, Kudus, Jawa Tengah 59343

Nah, itu tadi review kami mengenai 36 wisata Kudus yang sangat terkenal dan menjadi favorit para traveller di tahun 2018 ini. Apakah anda tertarik untuk bereksplorasi? Yuk, tunggu apalagi!

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.