31 Daftar Terbaru Wisata Kuningan High Class Low Budget

Diposting pada
31 Daftar Terbaru Wisata Kuningan High Class Low Budget 1

Belakangan wisata Kuningan menjadi sorotan masyarakat dan juga pemerintah setempat. Hal ini dikarenakan  potensi wisata di kabupaten ini sangat beragam dan patut dipertimbangkan.

Kuningan adalah sebuah kabupaten di Jabar yang memiliki luas 1.178,58 km2. Tahukah anda bahwa kawasan ini masih asri dan memiliki sejuta pesona alam yang sangat menakjubkan.

Ada banyak objek wisata menarik yang masih tersembunyi mulai dari alam hingga kuliner. Tentunya anda penasaran untuk mengeksplorasi kawasan ini. Yuk ikuti jejak Ngetrip Kemana kali ini.

Daftar Wisata Kuningan Terbaru 2019

Apakah anda ingin menghabiskan liburan di Kuningan? Berikut kami berikan rangkuman berikut peta wisata kuningan dalam bentuk narasi untuk anda.

Pemandian Air Panas Sangkanhurip Cigandamekar

31 Daftar Terbaru Wisata Kuningan High Class Low Budget 2

Pertama, ada wisata Kuningan air panas berupa pemandian air panas alami. Air panas di pemandian ini mengandung iodium dengan suhu 36 derajat celsius dan sangat kaya mineral.

Selain untuk relaksasi, berendam di kolam ini diyakini dapat mengatasi penyakit kulit serta reumatik.

Fasilitas yang tersedia sangat lengkap seperti spa, penginapan, dan restoran. Harga tiket masuk nya mulai dari Rp 7.000 hingga Rp 20.000 dengan jam buka pukul 07.30 – 19.00 wib.

Alamat: Desa Sangkanhurip, Panawuan, Cigandamekar, Kab. Kuningan, Jawa Barat 45556

Selain di Kolam Pemandian Sangkanhurip, alternatif berikutnya untuk relaksasi berendam air panas adalah di Pemandian Air Panas Subang.

Pemandian Air Panas Ciater Subang

Objek wisata yang juga disebut Sari Ater Subang ini terbilang masih sangat asri. Sehingga sangat rekomended untuk dikunjungi.

Kolam pemandian air pansanya masih bersih dan alami. Tentu akan sangat cocok untuk tempat relaksasi anda ketika liburan.

Alamat: Jl. Raya Ciater, Nagrak, Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat 40154

Apakah anda tertarik? Harga tiket wisata Ciater Subang yang buka 24 jam ini dibandrol Rp 22.000 – Rp 88.000.

Berikutnya, anda bisa refresh kembali badan dan pikiran anda di Objek Wisata Cibulan. Ada apa ya di sana? Yuk cari tahu.

Objek Wisata Cibulan Jalaksana

Keunikan objek wisata ini terletak pada sebuah kolam dengan ikan Dewa yang hidup d dalamnya. Tahukah anda ikan dewa? Ikan ini adalah jenis ikan yang dikeramatkan warga sekitar.

Ikan tersebut sudah jinak dan terbiasa untuk berinteraksi dengan manusia. Penasaran berendam dengan ikan keramat ini bukan?

Jangan lupa siapkan uang untuk tiket masuk Cibulan Kuningan 2019 sekitar Rp 12.000 – Rp 15.000. Untuk jam buka wisatanya adlaah pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

 Alamat: Maniskidul, Jalaksana, Kab. Kuningan, Jawa Barat 45554

Tak hanya di Cibulan saja anda bisa menikmati keseruan melihat ikan yang unik dan keramat. Di Balong Kramat Cigugur anda bisa bertemu ikan Kancra Bodas dan Nilem Mangut.

Balong Cigugur Jalaksana

Objek wisata ini menawarkan sensasi berendam dan bermain air ditemani dengan ikan Kancra Bodas dan Nilem Mangut. Kedua jenis ikan tersebut sangat cocok untuk “terapi pijat” dan terapi kulit.

Penasaran? Siapkan biaya sekitar Rp 10.000-Rp 13.000 untuk tiket masuk wisata kKuningan ikan dewa ini. Jam operasional Balong Cigugur adalah pukul 08.00 hingga 07.00 WIB.

Alamat: Desa Cigugur, Babakanmulya, Jalaksana, Sadamantra, Kuningan Jawa Barat.

Masih dengan wisata Kuningan keluarga, jika sebelumnya hanya sebuah kolam pemandian kini kami beri alternatif wisata dengan wahana lebih lengkap. Apa saja kira-kira? Tetap simak artikel kami ya.

Balong Dalem Jalaksana Babakanmulya

Objek wisata ini memiliki wahana seperti kolam renang, outbound, flying fox, jalur tracking, camping ground, tempat makan bahkan penginapan. Ada juga area untuk edukasi berupa konservasi alam.

Alamat: Jl. Babakan Mulya, Babakanmulya, Jalaksana, Kab. Kuningan, Jawa Barat 45554

Tarif wisata Balong Dalem Jalaksana sangat murah hanya Rp 7.000 dan jam operasional pukul 08.00-18.00 WIB.

Selain objek wisata Kuningan favorit di atas, Kuningan juga memiliki beberapa tempat rekreasi keluarga berupa taman wisata air yang modern. Seperti The Mountain Recreation Kuningan berikut.

The Mountain Recreation Cigugur

31 Daftar Terbaru Wisata Kuningan High Class Low Budget 3

Daya tarik utama wisata ini adalah area waterboom plus theater 3 dimensi yang pastinya menarik bagi anak-anak. Fasilitas pendukung yang tersedia juga sangat lengkap seperti mushola, food court, dan tempat makan.

Harga tiket masuk The Mountain Recreation mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 30.000 dan harga wahana mulai Rp 7.500. Jam operasional wisata yaitu setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB.

Alamat: Jl. Raya Cirendang-Cigugur, Cipari, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat 45518

Masih tentang waterboom, selain The Mountain Recreation ada lagi spot wisata Kuningan kekinian. Berikut informasinya.

Sangkan Resort Aqua Park Cilimus

Memiliki luas 10 hektare, Sangkan Resort Aqua Park memiliki wahana menarik seperti Octopus slide, kolam ombak dan Kiddy pool. Selain itu, fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap sehingga sagat mendukung keseruan liburan anda.

Harga tiket masuk Sangkan Park Kuningan 2019 yaitu Rp 45.000-Rp 65.000. Jam buka Sangkan Park sendiri adalah setiap hari pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Alamat: Jl. Raya Bandorasa No.KM. 12, Bandorasa Wetan, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat 45556

Tak hanya kolam pemandian dan waterpark. Di kota ini anda juga bisa bersantai dan menambah pengetahuan di spot wisata taman nasional Kuningan.

Taman Kuning Kebun Raya Pasawahan

Sebetulnya taman ini pernah ditutup tahun 2016 tetapi dibuka kembali pada April 2017. Yang menjadi daya tarik taman ini adalah berbagai koleksi tanaman plus fasilitas liburan yang menarik.

Selain itu, objek wisata yang terbilang baru ini menjadi lokasi wisata Kuningan spot foto. Harga tiket masuk nya yaitu Rp 15.000 dan jam operasional pukul 08.00 – 16.30 WIB.

Alamat: Kantor UPTD Kebun Raya, Kuningan, Padabeunghar, Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat 45559.

Belum puas dengan Taman Kuning, anda bisa mencoba taman lain yang tak kalah menarik. Yaitu Taman Wisata Alam Linggarjati.

Taman Wisata Alam Linggarjati Linggasana

Tak jauh dari bumi perkemahan Sidomba terdapat taman seluas 11,5 Ha. Di dalamnya terdapat area taman yang tertata cantik ditambah spot-spot bermain seperti kolam renang, dll.

Harga tiket masuk Taman Wisata Alam Linggarjati dibandrol senilai Rp 9.000 – Rp 10.000. Sementara jam buka wisata adlaah pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Alamat: Linggasana, Cilimus, Linggasana, Kuningan, Jawa Barat 45556

Tidak hanya bermain dan bersenang-senang, anda juga bisa belajar tentang sejarah dan budaya di Kuningan. Tepatnya di Taman Purbakala Cipari.

Taman Purbakala Cipari

31 Daftar Terbaru Wisata Kuningan High Class Low Budget 4

Taman ini adalah salah satu lokasi bersejarah di kabupaten Kuningan. Menurut informasi, dahulunya kawasan ini menjadi permukiman manusia purba yaitu masa neolitikum.

Hal tersebut dapat dilihat dari temuan benda-benda purbakala. Diantaranya peti kubur batu, perkakas dapur, gerabah, perunggu, serta bekas fondasi bangunan.

Apakah anda tertarik untuk mempelajari temuan tersebut? Harga tiket Taman Purbakala Cipari ini sangat murah yaitu Rp 5.000 saja dengan jam buka pukul 08.00-18.00 WIB.  

Alamat: Jl. Museum Purbakala, Cipari, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat 45552

Selanjutnya kita masih membahas tentang taman, bedanya taman ini menjadi salah satu wisata Kuningan yang instagramable. Namanya adalah Taman Cisantana atau Sukageuri Cisantana.

Taman Sukageuri Cisantana

Cisantana adalah tempat ya g tepat untuk berburu keindahan alam plus spot foto cantik dan instagramable. Di sini anda bisa mendapati view alami batu besar dan kokoh di sekeliling anda.

Alamat: Cisantana, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat.

Tarif tiket masuk Taman Cisantana 2018 dipatok sangat murah hanya Rp 5.000 saja di jam 07.00 sampai 18.00 WIB. Berikutnya anda bisa juga belajar sejarah di wisata Kuningan Linggarjati berikut.

Gedung Perundingan Linggarjati Cilimus

Siapa yang tak tahu Perundingan Linggarjati. Ya, momen ini menjadi bagian penting sejarah perjuangan Indonesia.

Nah, lokasinya berada di Gedung Perundingan Linggarjati di Kuningan ini. Di tempat bersejarah ini anda bisa mengenang masa-masa perjuangan bangsa kita dulu.

Alamat: Linggarjati, Cilimus, Linggarjati, Kuningan, Jawa Barat 45556

Hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 anda bisa masuk lokasi gedung ini pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Apakah anda tahu kalau Kuningan memiliki banyak sekali telaga dan air terjun. Nah, berikut kami rangkum wisata alam Kuningan hits.

Telaga Nilem Pesawahan

Keunikan telaga ini adalah warna airnya yang sangat jernih bak kaca. And abisa berenang dan menambah koleksi foto keren di bawah telaga yang jernih.

Alamat: Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat

Hanya dengan tiket masuk Rp 15.000, anda bisa menikmati indahnya alam Kuningan ini. Jam buka Telaga Nilem ini adalah pukul 08.00-17.00.

Tak ketinggalan, ada Telaga Remis yang kecantikannya sangat memukau. Penasaran? Yuk simak pembahasan kami.

Telaga Remis Mandiranca

Meski tak secantik Nilem, Telaga Remis ini juga menyuguhkan keindahan alam asri serta udara yang sejuk. Fasilitas umumnya pun sangat lengkap seperti saung, sepeda air, mushola, toilet, dll.

Harga tiket Telaga Remis juga lebih murah yaitu Rp 7.500. Sedangkan jam operasional wisata adlaah pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

Alamat: Kaduela, Pasawahan, Mandiranca, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45559

Ada lagi alternatif wisata telaga yang sangat unik di Kuningan. Orang sekitar menyebutnya Situ Cicerem atau Talaga Biru Cicerem.

Talaga Biru Cicerem Pasawahan

Telaga dengan kedalaman sekitar 5 meter ini menyuguhkan view bawah air yang sangat memesona karena saking jernihnya. Uniknya lagi, saat terpapar sinar matahari air telaga akan berubah jadi biru atau kehijauan.

Harga tiket Situ Cicerem atau Talag Biru Cicerem ini sangat murah yaitu Rp 5.000 saja. Sementara jam operasionalnya pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Alamat: Jl. Kaduela, Kaduela, Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat 45559

Selain telaga, Kuningan juga memiliki waduk. Salah satunya di  wisata Kuningan Waduk Darma ini.

Waduk Darma Jagara

31 Daftar Terbaru Wisata Kuningan High Class Low Budget 5

Luas area waduk ini mencapai 425 hektare. Waduk Darma menawarkan banyak aktivitas menarik seperti berkemah, berenang, hingga berkeliling dengan perahu motor.

Alamat: Desa Jagara, Kecamatan Darma, kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45562.

Di area yang buka selama 24 jam ini, anda diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 7.000. Dan apabila anda belum puas bermain air masih ada beberapa rekomendasi lainnya. Berikut reviewnya.

Curug Ciputri Cisantanan

Tak kalah dengan Bogor dan Cianjur, Kuningan juga meruakan surga bagi curug atau air terjun. Salah satu curug yang wajib anda kunjungi di kota ini adalah Curug Ciputri ini.

Wisata alam Curug Ciputri menyajikan eksotisem air terjun setinggi 20 meter. Airnya sangat jernih dan segar yang bersumber dari mata air di kawasan hutan Gunung Ciremai.

Alamat: Cisantana RT.07 / RW.03, Cisantana, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat 45552

HTM Curug Ciputri ini seharga Rp 20.000 dengan jam buka pukul 08.00-17.30. Berikutnya ada juga Curug Bangkong yang memiliki semburan air yang cukup tinggi.

Curug Bangkong Nusaherang

Curug Bangkong ini memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter. Di area sekitar curug memang sengaja dibangun tanggul untuk pengaman dari ancaman proses abrasi sungai.

Asyiknya lagi, curug yang buka 24 jam ini dibuka secara gratis. Sehingga pengunjung tak perlu membayra biaya apapun.

Alamat: Cikadu, Nusaherang, Kuningan, Jawa Barat 45563

Selain Curug Bangkong, ada juga curug Sidomba. Curug ini menyuguhkan panorama air terjun khas pegunungan.

Curug Sidomba Peusing

Letak curug setinggi 3 m ini berada di kaki gunung Ciremai. Tak heran panorama serta suasananya sangat asri.

Ditambah dengan fasilitas dan wahana yang lengkap. Seperti gazebo, flying fox, kolam renang, karaoke box, kereta mini, motor ATV, bahkan karaoke outdoor.

Untuk dapat memasuki kawasannya, anda harus membayar tiket masuk Cuurg Sidomba sebesar Rp 10.000 – Rp 12.000. Jam operasional Curug Sidomba ini mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Alamat: Peusing, Jalaksana, Peusing, Kuningan, Jawa Barat 45554

Lembah Cilengkrang Kramatmulya

Selain curug, potensi wisata alam Kuningan lainnya yang patut untuk dieksplorasi adalah Lembah Cilengkrang.  Di tempat ini anda bisa mendapatkan banyak hal menarik tentang alam

Mulai dari ngarai yang hijau, habitat elang jawa, bumi perkemahan, air terjun sampai sumber air panas. Anda juga bisa menikmati indahnya Curug Sawer dan Curug Sabuk.

Hanya dengan biaya tiket masuk sebesar Rp 8.000-Rp 12.500 anda sudah bisa menikmati wisata lengkap Kuningan. Untuk jam operasionalnya adalah dari pukul 08.00-18.00 WIB.

Alamat: Pajambon, Kramatmulya, Kuningan, Jawa Barat 45553

Berikutnya Kuningan menawarkan sebuah paket wisata seru bagi anda sekeluarga. Tepatnya di wisata Kuningan Palutungan.

Palutungan Cigugur

31 Daftar Terbaru Wisata Kuningan High Class Low Budget 6

Tahukah anda apa itu Palutungan? Tempat ini merupakan sebuah destinasi untuk berbagai kegiatan outdoor.

Di sini anda bisa melakukan camping di alam terbuka, trekking, hiking, dll. Masih di kawasan yang sama pula terdapat Curug Ciputri serta Curug Landung yang eksotis.

Alamat: Jl. Palutungan Cisantana, Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45552

HTM wisata Palutungan hanya sebesar Rp 20.000 dan jam buka wisata pukul 08.00 hingga 17.30. Selanjutnya ada bukit Panembongan yang tak kalah cantik dengan Kalibiru di wisata Jogja.

Bukit Panembongan Garawangi

Tempat ini merupakan sebuah spot kece untuk menikmati keindahan alam dari ketinggian. Suasananya tentu sangat sejuk dengan view yang menakjubkan.

Bukit Panembongan adalah tempat yang tepat untuk outbound, camping sampai foto prewedding. HTM wisatanya hanya Rp 15.000 dengan jam buka pukul 06.30 hingga 18.00 WIB.

Alamat: Tembong, Garawangi, Kadatuan, Garawangi, Kuningan, Jawa Barat 45571

Selain Panembongan, ada juga sebuah wisata unik Kuningan berkonsep bukit. Namanya adalah Bukit Sukageuri, penasaran kan?

Bukit Sukageuri Cigugur

Daya tarik bukit ini adlaah banyaknya spot cantik dna instagenic dengan sajian view seperti Puncak Becici di Jogja. Selain spot foto berupa gardu pandang, ada juga spot rumah hobbit di Bukit Sukageuri.

Untuk dapat masuk ke surganya pemburu foto kece ini, dibutuhkan biaya Rp 5.000 saja. Jam buka wisata adlaah pukul 07.00 hingga 00.00 WIB.

Alamat: Jl. Palutungan, Cisantana, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat 45552

Selain menikmati view alam seperti di beberapa objek wisata Kuningan di atas, ada juga spot untuk lebih dekat dengan flora dan fauna. Yaitu dengan berwisata hutan di Desa Setianegara.

Desa Setianegara Cilimus

Wisata Setia Negara Kuningan ini menawarkan sejuknya hawa pegunungan dan lingkungan yang masih asri. Tak hanya itu, di kawasan hutan ini terdapat flora dan fauna Kuningan yang cukup kaya.

Ada banyak sekali aktivitas menarik dan bermanfaat kamu bisa lakukan di sini. Diantaranya adalah belajar bertani, berkemah serta mendaki gunung.

Tarif masuk Desa Setianegara hanya dibandrol senilai Rp 10.000 saja sementara jam operasional wiata adalah pukul 07.00-18.00 WIB.

Alamat: Desa Setianegara, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

Wisata desa lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Desa Sitonjul. Apa menariknya desa ini? Yuk ikuti ulasan kami.

Desa Sitonjul Cigandamekar

Daya tarik desa ini adalah suasana khas yang masih asri dengan bentang alam yang sangat menakjubkan. Di dalamnya pula terdapat beberapa spot unik seperti Hutan Rakyat, Pesawahan, Bulak Jati sampai Bendung Katiga.

Alamat: Sangkanhurip, Cigandamekar, Kuningan, Jawa Barat 45556

HTM desa wisata ini dibadrol seharga Rp 10.000 saja dengan jam buka 24 jam. Selanjutnya, dari desa anda bisa menuju ke wisata ketinggian di daerah Kuningan yaitu Gunung Ciremai.

Gunung Ciremai Sindangwangi

Bagi anda yang hobi mendaki maka gunung ini sangat rekomended. Pasti anda tertantang untuk menaklukan gunung dengan ketinggian 3.078 mdpl ini.

Tak hanya sensasi mendaki saja yang bisa anda dapatkan, di kawasan gunung ini juga terdapat Taman Nasional Gunung Ciremai seluas 15.000 Ha. Tentang pemandangannya jangan ditanya lagi, luar biasa!

Alamat: Gn. Cereme, Bantaragung, Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat

Puas dengan objek wisata di Kuningan, sekarang saatnya kita mengeksplorasi wisata kuliner Kuningan 2018. Ada apa saja ya? Yuk ikuti terus ekslporasi kami.

Kedai Tahu Kopeci Jalan Veteran

Yup, jangan bilang ke Kuningan kalau belum mencoba kuliner tahu khas Kuningan ini. Berbeda dengan tahu Sumedang, tahu Lamping atau tahu Kopeci lebih berisi dan tidak kopong.

Untuk menikmati tahu lamping ini tak butuh banyak budget, per biji tahu hanya dihargai Rp 500. Tertarik? Jangan sampai kehabisan ya karena kedainya hanya buka di jam 07.00-17.00.

Alamat: Jl. Veteran, Kuningan, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45511

Dapur Bebek Purwawinangun

Tak hanya tahu lamping, ada kuliner tinggi kolesterol khas Kuningan yaitu menu bebek.  Di Rumah Makan Dapur Bebek ini anda akan dimanjakan dengan berbagai varian olahan bebek yang lezat.  

Tertarik? Yuk segera kunjungi. Jam buka warung makannya dari pukul 09.00-21.00.

Alamat: Jl. Siliwangi No. 5 Purwawinangun, Kuningan, Jawa Barat.

Berikutnya ada Seurabi Ce Nur yang legit manis dan cocok untuk sarapan anda saat liburan.

Seurabi Ce Nur Jalan Otista

Perlu diingat tempat mangkal warung seurabi ini adalah di daerah Pasapen yaitu di Jalan Otista. Pedagangnya hanya berjualan di pagi hari.

Selanjutnya ada nasi kasreng. Nasi ini bisa dibilang seperti nasi rames yang dihidangkan dengan berbagia macam lauk.

Nasi Kasreng Luragunung

Nasi kasreng adalah makanan khas Kuningan. Warung-warung yang berjualan nasi khas ini ada di  wilayah Kecamatan Luragunung.

Nasi kasreng sendiri adalah nasi yang dipadukan dengan berbagai lauk pauk. Misalnya gorengan, sambal, lalapan, rebon, pepes, dll.

Jika anda ingin berkuliner sambil menikmati panorama alam yang bagus, Resto Grage Lanai bisa menjadi rekomendasi terbaik bagi anda.

Resto Grage Lanai Cilimus

Selain tempatnya luas, resto ini memiliki panorama bagus. Di dalamnya ada juga sebuah kolam ikan yang besar, taman dengan pilihan tempat duduk yang bervariasi.

Sangat cocok untuk makan romantis ataupun makan bersama keluarga tercinta. Menunya sendiri bermacam-macam seperti ikan bakar, sayur asem, tahu goreng, dll.

Alamat: Jalan Raya Sangkanurip No.1, Panawuan, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat 45556

Nah, terbukti kan di Kuningan ada banyak sekali tempat wisata seru dan menyenangkan. Bahkan wisata yang kekinian dan instagramable pun ada.

Dari pemandian air panas, waterpark, air terjun, gunung, waduk sampai taman wisata terpadu dan kuliner ada di sini. Semuanya terangkum dalam daftar 31 wisata unggulan Kuningan di atas.

Jadi tunggu apalagi? Yuk ramaikan wisata Kuningan dengan mengeksplorasi dan tetap menjaga kecantikan dan keasrian wisata daerah ini.

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.