20 Spot Wisata Ngawi Paling Baru dan Cocok untuk Refreshing

Diposting pada

Pernahkah anda menyangka wisata Ngawi tak kalah cantiknya dengan wisata Bali ataupun wisata Bandung? Meski tak memiliki pantai, potensi wisata alam di kota kecil di bagian barat Jatim ini patut dipertimbangkan.

Kota seluas 1.246 km² ini terkenal dengan banyak julukan menarik. Seperti “Kota Kripik Tempe”, karena memiliki makanan kripiki tempe yang khas. Atau disebut juga “Kota Yang Ramah”.

Namun, tahukah anda julukan lain sekaligus asal usul kota Ngawi? Ya, Kota Bambu. Hal tersebut berasal dari nama Ngawi atau awi yang dalam Sansekerta artinya adalah bambu.

Nah, makin penasaran kan ada apa saja di Kota Bambu ini? Yuk, simak daftar terlengkap wisata Ngawi Magetan 2018 berikut ini.

Daftar Wisata Ngawi Terbaru

Seperti yang telah dijelaskan di atas, awi berarti bambu. Jadi, kata Ngawi sendiri menunjukkan suatu tempat di pinggir Bengawan Solo & Bengawan Madiun dan banyak ditumbuhi bambu.

Di kota yang banyak ditumbuhi bambu ini, anda akan dapati kekayaan wisata alam dan sejarah bahkan religi. Mulai dari air terjun, bukit, kebun teh, sampai makam para wali penyebar agama Islam.

Tak ketinggalan kota ini juga sangat kaya dengan kuliner khasnya. Makin penasaran kan? Yuk simak review objek wisata Ngawi berikut ini.

Monumen Soerjo Kedunggalar

Tahukah anda ada kisah pilu yang pernah terjadi di kawasan ini? Sehingga monumen ini di bangun untuk mengenang Jasa Gubernur Jawa Timur Ke-1 di tahun 1948.

20 Spot Wisata Ngawi Paling Baru dan Cocok untuk Refreshing 1

Lokasi monumen sendiri berada di tengah pepohonan rimbun dan sangat teduh. Hal ini membuat suasananya sangat nyaman.

Alamat: Jalan Raya Solo-Ngawi, Banjarejo, Pelang Lor, Tambakselo Barat, Kedunggalar, Ngawi

Monumen Soerjo adalah salah satu wisata andalan Ngawi yang gratis dan buka setiap hari. Selanjutnya masih kami ajak anda untuk wisata sejarah di Ngawi yaitu di benteng Van Den Bosch.

Benteng Pandem (Van Den Bosch) Pelem

Awalnya benteng ini dinamai benteng Van Den Bosch. Namun bangunannya sangat unik, yaitu lebih rendah dari tanah sekitarnya. Sehingga banyak yang menamainya nama Benteng Pendem.

20 Spot Wisata Ngawi Paling Baru dan Cocok untuk Refreshing 2

Kata Pandem sendiri maksudnya adalah terpendam. Arsitektur bangunan ini sangat khas serta banyak benda peninggalan sejarah seperti gudang senjata sampai penjara bawah tanah.

Alamat: Jl. Untung Suropati No.II, Pelem II, Pelem, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63211

Tarif tiket masuk benteng ini dibandrol Rp 5.000 dan jam buka pukul 08.00-17.00 WIB. Objek wisata berikutnya adalah sebuah spot untuk mengenal wisata Ngawi purba tepatnya di Museum Trinil.

Museum Trinil Kedunggalar

Berbeda dengan museum batik di Pekalongan, Museum Trinil Ngawi ini memiliki koleksi benda peninggalan masa purbakala. Diantaranya adalah fosil manusia purba, gajah dan banteng dari zaman purbakala.

20 Spot Wisata Ngawi Paling Baru dan Cocok untuk Refreshing 3

Disini anda pun bisa melihat langsung fosil manusuia purba Pithecanthropus Erectus. Selain itu, ada banyak koleksi lain yang hampir semuanya ditemukan di Sungai Solo.

Alamat: Pilang, Wonokerto, Pilang, Kawu, Kedunggalar, Ngawi, Jawa Timur 63254

Biaya masuk museum ini sementara digratiskan oleh pemerintah. Jam operasionalnya kecuali hari Senin mulai pukul 08.00 hingga 20.00 WIB.

Masih tentang sejarah di Ngawi, ada alternatif belajar tentang tokoh sejarah di masa Kemerdekaan Indonesia. Yaitu di Rumah Dr. Radjiman Wedyodiningrat.

Rumah Dr. Radjiman Wedyodiningrat

Masih ingatkah anda dengan tokoh ini? Radjiman Wedyodiningrat adalah salah satu pendiri BPUPKI.

20 Spot Wisata Ngawi Paling Baru dan Cocok untuk Refreshing 4

Dulu, rumah ini digunakan untuk mendirikan BPUPKI. Kini, rumah tersebut digunakan sebagai museum bersejarah untuk mengenang jasa salah satu tokoh perintis kemerdekaan.

Alamat: Dusun Dirgo, Desa Walikukun, Widodaren, Ngawi.

Tiket masuk museum ini gratis sementara jam buka nya mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Sudah puas belajar sejarah? Nah, waktunya kita eksplor wisata religi di Ngawi, atau lebih tepatnya wisata mistis yaitu di kawasan Srigati.

Pesanggarahan Srigati Ketanggi

Keunikan dari tempat ini adalah nuansa spiritual bercampur mistis yang begitu kental. Bagaimana tidak, kebanyakan orang memanfaatkan tempat ini untuk bersemedi.

20 Spot Wisata Ngawi Paling Baru dan Cocok untuk Refreshing 5

Apalagi saat hari Jumat Pon atau Jumat Legi saat bulan Syuro. Akan ada ritual adat bernama Ganti Langse yang diadakan di sini.

Tak hanya itu, di area pesanggrahan iada beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi. Yaitu sendang drajat, selodakan, pelenggahan agung srigati, pelenggahan soekarna dan sendang tempuran silogonggo.

Alamat: Jl. Jaksa Agung Suprapto No.27, Cabean Selatan, Ketanggi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63211

Sebagai tempat wisata, biaya masuk pesanggrahan ini seharga Rp 10.000 dan jam buka pukul 08.00-20.00 WIB. Jika kurang berkenan dengan nuansa mistis, anda bisa datang ke Tirto Nirmolo untuk seru-seruan bermain air.

Waterboom Tirto Nirmolo Tempuran

Salah satu spot wisata keluarga dan tempa rekreasi favorit di Ngawi, yairu Waterboom Tirto Nirmolo ini. Selain wahana air yang lengkap, ada banyak fasilitas lain di dalamnya.

20 Spot Wisata Ngawi Paling Baru dan Cocok untuk Refreshing 6

Seperti outbond area, kereta gantung, perahu air, kereta gantung, bahkan spot wisata kuliner khas Ngawi. Tarif tiket masuk waterboom ini adalah sebesar Rp 15.000 dan jam operasional pukul 07.00-17.00 WIB.

Alamat: Jl. Raya Ngawi-Madiun KM. 7, Ngawi, Sambi, Tempuran, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63253

Selain wisata air, ada juga spot wisata keluarga yang lebih lengkap dan tak kalah asyik di Ngawi. Simak saja review Taman Wisata Tawun berikut.

Taman Wisata Tawun Kasreman

Lokasi objek wisata ini berada di desa Tawun, sehingga dinamai Taman Wisata Tawun. Tempat ini adalah sebuah taman kota yang sejuk dan nyaman untuk berlibur.

20 Spot Wisata Ngawi Paling Baru dan Cocok untuk Refreshing 7

Di dalamnya pun tersedia banyak fasilitas menarik untuk liburan. Misalnya kolam renang, mini zoo, bahkan fasilitas untuk memancing.

Alamat: Dari, Jl. Sunan Lawu, Dari, Tawun, Kasreman, Ngawi, Jawa Timur 63281

Tertarik? Biaya tiket masuknya cukup murah yairu Rp 10.000 dengan jam operasional pukul 07.00-17.00 WIB. Selain wahana dan permainan, masih di wisata Tawun ini ada spot untuk rekreasi lain dan lebih murah meriah.

Pemandian Tawun Kasreman

Inilah spot wisata renang Ngawi yang terkenal dan sangat terjangkau biayanya. Pemandian Tawun ini adalah berupa mata air untuk kolam pemandian.

Menariknya lagi, ada ritual adat yang biasa dilaksanakan di tempat ini saat Selasa Kliwon. Namanya ritual Keduk Beji Tawun yang artinya pembersihan kolam mata air.

20 Spot Wisata Ngawi Paling Baru dan Cocok untuk Refreshing 8

Alamat: Jl. PemandianTawun, Kasreman, Ngawi, Jawa Timur 63281

Untuk dapat menikmati wisata Pemandian Tawun ini biaya tiket masuknya adalah Rp 5.000. jam operasional wisata adalah setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB.

Berikutnya ada spot wisata air di Ngawi yang menawarkan pemandangan eksotis. Dimana lagi kalau bukan di Waduk Pondok.

Waduk Pondok Bringin

Waduk Pondok Ngawi merupakan salah satu wisata di Ngawi yang lagi hits. Yang menarik dari wisata ini adalah adanya banyak fasilitas seperti jetski, prahu, dll dengan view yang sangat eksotik.

20 Spot Wisata Ngawi Paling Baru dan Cocok untuk Refreshing 9

Tak hanya itu, waduk ini juga sangat cocok bagi para pecinta mancing mania. Di dalam waduk terdapat banyak sekali jenis ikan untuk dipancing mulai dari Bandeng, Tombro sampai ikan Tawes.

Alamat: Bringin, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Untuk dapat memasuki kawasan Waduk Pondok ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Sementara jam buka waduk adalah pukul 07.00-17.00 WIB.

Siapa sangka Ngawi juga memiliki beberapa spot air terjun cantik? Percaya atau tidak? Yuk baca review wisata air terjun Ngawi berikut.

Air Terjun Pengantin Hargomulyo

Pesona alam Air terjun Penagntin tak diragukan lagi. Air terjun setinggi 20 meter ini memiliki 2 cabang aliran yang sangat indah.

20 Spot Wisata Ngawi Paling Baru dan Cocok untuk Refreshing 10

Lingkungan sekitar air etrjun juga masih sangat alami dan segar. Pemandangan hutan bamboo menjadi daya tarik khas wilayah Ngawi.

 Alamat: Sabrang RT.03 / RW.01, Hargomulyo, Ngrambe, Besek, Hargomulyo, Ngawi

Penasaran dengan keeksotisan air terjun ini? Siapkan biaya tiket masuknya sebesar Rp 6.000 saja. Jam operasional wisata adalah pukul 08.00-17.00 WIB.

Selain Air Terjun Pengantin, ada juga air terjun unik yang berlokasi di lereng Gunung Lawu. Namanya Air Terjun Srambang.

Air Terjun Srambang Jogorogo

Karena berlokasi di lereng gunung, suasana serta suhu udaranya menjadi sangat khas pegunungan. Wisata yang berada di lokasi Srambang Park Ngawi ini sangat terkenal dengan spot foto dan juga air terjun cantik nya.

20 Spot Wisata Ngawi Paling Baru dan Cocok untuk Refreshing 11

Air di air terjunnya juga jernih dan sangat segar. Bahkan ada mitos jika mandi dan membasuh muka dengan air terjun ini maka akan panjang umur serta awet muda.

Namun siapa tahu kalau mitos ini benar atau salah? Yang jelas, berkunjung ke sini akan membuat anda refresh kembali.

Alamat: Girimulyo, Jogorogo, Hutan Jogorogo, Ngawi, Jawa Timur 63262

Tarif tiket masuk wisatanya dibandrol seharga Rp 15.000 dan jam buka 24 jam. Masih tentang air terjun, ada spot lain yang tak kalah cantik yaitu di Air Terjun Teleng.

Air terjun Teleng Jogorogo

Kecantikan air terjun ini tak kalah dengan dua air terjun sebelumnya. Meskipun lokasinya cukup jauh, pesona alam yang anda dapatkan akan sebanding dengan perjuangannya.

20 Spot Wisata Ngawi Paling Baru dan Cocok untuk Refreshing 12

Selain itu, lokasi air terjun juga sangat dekat dengan objek wisata Magetan yaitu telaga Sarangan. Tarif masuk air terjun yang buka pukul 07.00-17.00 WIB ini juga masih gratis.

Alamat: Hutan Jogorogo, Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63262

Puas bermain air, kurang lengkap rasanya jika ke Ngawi tanpa berkunjung ke salah satu kebun teh tertua di Indonesia ini. namnay Kebun Teh Jamus.  

Perkebunan Teh Jamus Girikerto

Tahukah anda, Perkebunan Teh Jamus adalah peninggalan dari masa penjajahan belanda. Anda bisa menikmati hamparan kebun teh ini dari puncak bukit borobudur.

20 Spot Wisata Ngawi Paling Baru dan Cocok untuk Refreshing 13

Bukit tersebut masih menjadi bagian dari kebun teh itu sendiri. Dinamakan Bukit Borobudur karena berbentuk landaian-landaian bukit seperti Candi Borobudur.

Beberapa pohon teh di sini ada yang mencapai umur hingga ratusan tahun. Selain kebun teh, anda juga bisa menikmati liburan dengan aktivitas flying fox dan bermain di mata air Lanang.

Alamat: Girikerto, Sine, Ngawi, Jawa Timur 63264

Harga tiket masuk wisata ini yaitu Rp 6.000 dan jam buka pukul 08.00-17.00 WIB. Apabila ingin view yang lebih cantik, ada spot wisata Jonggol Ngawi yang sedang viral.

Watu Jonggol Pandansari

Wisata ini baru saja dibuka 3 tahun lalu dan menawarkan pemandangan eksotis plus udara yang sejuk. Lokasinya ada di kaki Gunung Lawu dengan hamparan perkebunan tembakau.

20 Spot Wisata Ngawi Paling Baru dan Cocok untuk Refreshing 14

Daya tarik lain wisata ini adalah adanya batu besar di lereng tanah serta timbul ke permukaan. Ada juga patung naga besar untuk spot foto selfie.

Alamat: Pandansari, Sine, Ngawi, Jawa Timur 63264

Tarif tiket masuk Watu Jonggol ini dipatok Rp 5.000 dengan jam buka mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Itulah tadi beberapa spot wisata alam di Ngawi yang sangat eksotis dan masih asri.

Nah, selanjutnya mari kita eksplor wisata seni yang ada di Ngawi ini. Ngawi memang cukup terkenal dengan kerajinan jati, diantaranya adalah sebagai berikut.

Kerajinan Jati Gembol Mantingan

Salah satu daya tarik Ngawi yaitu adanya adanya perngrajin Gembol Jati. Hasil dari kerajinannya sangat unik dan artistik.

20 Spot Wisata Ngawi Paling Baru dan Cocok untuk Refreshing 15

Di sini anda bisa melihat-lihat hasil kerajinan dari kayu jati bahkan juga bisa berbelanja. Seni kerajinan di sini bernilai seni tinggi dengan harga terjangkau.

Alamat: Desa Kedungharjo, Kecamatan Mantingan, Ngawi.

Spot wisata gratis ini bisa dikunjungi dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Berikutnya ada sentra industri gamelan yang berada di kecamatan Bringin.

Sentra Industri Gamelan Bringin

Jika di Mantingan anda mendapati hasil kerajinan dari jati, di tempat ini ada musik Jawa yang begitu melegenda yaitu Gamelan. Gamelan di sini di buat dari logam Perunggu kualitas terbaik serta logam kuningan super.

20 Spot Wisata Ngawi Paling Baru dan Cocok untuk Refreshing 16

Gamelan dari tempat ini di pasarkan di daerah sekitar Jawa sampai luar Jawa. Bahkan omset penjualannya sudah sangat fantastis.

Alamat: Desa Mojo, Kecamatan Bringin, Ngawi.

Puas dengan wisata alam, wisata religi dan budayanya, nah waktunya kita kupas wisata kuliner Ngawi Jawa Timur. Yuk ikuti ulasan kami selanjutnya.

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.