Pesona Wisata Padang Yang Mengagumkan

Diposting pada
Gambar Wisata Padang Yang Mengagumkan

Ibu Kota Provinsi Sumatra Barat adalah Padang yang mana kota ini memiliki potensi wisata yang cukup menarik. Anda salah sangka jika yang anda ketahui dari Padang hanyalah rendang dan masakan padang lainya.

Ternyata Padang menyimpan begitu banyak potensi wisata yang patut dikunjungi. Padang tidak hanya memiliki pesona wisata alam yang menarik namun juga wisata sejarah.

Berkesannya Wisata Padang Sumatera Barat

Kota Padang merupakan kota yang dianugerahi dengan beberapa hasil tambang yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan. Namun banyak penambang nakal yang tidak bertanggung jawab sehingga banyak menimbulkan bencana alam dan masalah.

Terlepas dari hal itu Padang pun menyimpan keelokan alam yang mengagumkan. Jika anda ingin tahu wisata Padang yang memiliki pemandangan indah simak artikel ini sampai habis ya!

Pantai Padang Sumatera Barat

Pantai Padang atau yang lebih sering disebut TapLau merupakan destinasi favorit dan pertama bagi para wisatawan. TapLau adalah sebuah singkatan yang dibuat oleh masyarakat minang yang berarti Tapi Lauik.

Selain menikmati pemandangan pantai anda bisa menemukan berbagai macam bunga yang berwarna-warni di pinggir pantai. Fasilitas-fasilitas yang terdapat di pantai ini pun sudah tertata rapi.

Untuk menikmati pemandangan sekitar Pantai Padang anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,00. Namun anda hanya bisa menikmati indahnya pemandangan Pantai Padany hanya dari jam 07.00 sampai 18.00.

Lokasi: Padang Barat, Padang, Sumatera Barat.

Pantai Pasir Jambak Koto Tangah

Objek wisata Padang selanjutnya adalah Pantai Pasir Jambak. Walaupun hampir setiap daerah memiliki objek wisata pantai, Pantai Pasir Jambak mampu menghipnotis wisatawan dengan keunikan yang diberikan.

Keunikan yang anda temukan adalah pohon nyiur melambai yang tumbuh subur di pinggir pantai. Selain itu pasir putih yang berkilauan ketika tertimpa cahaha matahari menambah keindahan pantai ini.

Pantai Pasir Jambak buka mulai pukul 07.00 sampai 18.00. Untuk menikmati keindahan pantai ini harga tiket masuk yang anda bayar sebesar Rp 5.000,00.

Lokasi: Jl Teratai, Pasie Nan Tigo, Koto Tengah, Padang, Sumatera Barat.

Pantai Nirwana Teluk Bayur

Pantai di Sumatera Barat yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Nirwana. Mengapa diberi nama nirwana?

Nirwana berarti surga. Para wisatawan yang datang berkunjung diharapkan dapat menikmati pemandangan yang indah bak di surga.

Untuk menikmati keindahan surga Pantai Nirwana anda bisa berkunjung kapan pun anda mengingingkannya. Sedangkan harga yang anda bayar untuk menikmati surga Pantai Nirwana adalah sebesar Rp 5.000,00.

Lolasit: Jalan Raya Padang-Painan, Teluk Bayur, Padang Selatan, Padang, Sumatera Barat.

Pantai Caroline Bungus Selatan

Padang adalah sebuah kota yang juga terkenal dengan wisata pantainya. Salah satu pantai tersebut adalah Pantai Caroline atau Carolina.

Pantai ini pun cukup terkenal sebagai salah satu lirik lagu berbahasa Minang selain keindahan alamnya. Jika anda berkunjung ke Teluk Bungus anda wajib mampir ke pantai ini karena letaknya yang tidak terlalu jauh.

Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam jadi anda bisa berwisata kapan pun anda mau. Sedangkan harga tiket masuknya sebesar Rp 5.000,00.

Lokasi: Teluk Bungus, Padang, Sumatera Selatan.

Pulau Sikuai Padang Sumatera Barat

Salah satu wisata Padang terindah adalah Pulau Sikuai. Pemandangan yang indah, suasan yang hening dan tenang dan jauh dari kebisingan merupakan keunggulan pulau ini.

Namun untuk menuju pulau ini anda harus menyeberangi lautan dengan menggunakan perahu selama 35 menit. Walaupun jauh dari daratan namun anda bisa menginap di pulai ini di beberapa penginapan yang tersedia.

Anda tidak dipungut biaya untuk memasuki kawasan Pulau Sikuai namun anda harus membayar biasa sewa speed boat atau perahu nelayan sekitar Rp 200.000,00 sampai Rp 250.000,00.

Lokasi: Teluk Kabung Selatan, Bungus.

Pulau Cubadak Pesisir Selatan

Selain Pulau Sikuai terdapat sebuah pulau yang tak kalah cantik yaitu Pulau Cubadak. Pulau ini masih memiliki ekosistem laut yang masih alami dan terjaga.

Para pecinta snorkeling dan diving wajib mengunjungi pulau ini karena pemandangan bawah lautnya yang begitu indah. Walaupun agak terpencil namun pulau ini memiliki beberapa fasilitas yang lengkap seperti wahana speed boat, perahu, diving, snorkeling dan memancing.

Sama seperti Pulau Sikuaki, anda tidak perlu membayar biaya masuk namun anda akan dikenakan biaya sewa speed boat yang digunakan untuk menyeberang pulau seharga Rp 150.000,00. Untuk menikmati keindahan pulau ini anda pun bebas datang kapan saja anda mau.

Lokasi: Ampang Pulai, Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Pantai Arta Padang Pariaman

Pantai Arta merupakan objek wisata Padang yang wajib dikunjungi. Pasalnya saat liburan tiba pengunjung pantai ini membludak.

Pantai yang di kelilingi oleh pohon pinus ini menyuguhkan pesonanya saat hari mulai gelap karena pemandangan matahari terbit. Anda bisa menyaksikan keindahan matahari terbit ditemani oleh deburan ombak dan sejuknya suasana sekitar.

Pantai ini buka selama 24 jam sehingga anda bisa berwisata selama mungkin yang anda mau. Untuk menikmati seluruh keindahan yang ditawarkan Pantai Arta anda bisa membayar tiket sebesar Rp 10.000,00.

Lokasi: Kuranji Hilir, Sungai Limau, Padang Pariaman, Sumatera Barat 2.

Pantai Karambia Ampek Padang Pariaman

Padang memang memiliki banyak wisata pantai namun setiap pantai memiliki keistimewaannya tersendiri. Hal itu yang akan membuat anda tidak akan pernah bosan untuk berwisata ke pantai.

Sama seperti Pantai Karambia Ampek yang memiliki keistimewaan yaitu banyak ditumbuhi oleh pepohonan di sekitar pantai. Itulah yang membuat wisatawan betah berlama-lama bermain di pantai ini karena pemandangannya yang indah dan udaranya yang sejuk.

Harga tiket masuk Pantai Karambia pada weekday atau weekend adalah sama yaitu Rp 10.000,00. Jam operasional Pantai Karambia Ampek buka setiap hari selama 24 jam.

Lokasi: Katapiang, Batang Anai, Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Air Terjun Lembah Anai Singgalang

Padang Panjang merupakan sebuah kota kecil yang terletak sejauh 96,7 km dari kota Padang. Lalu wisata Padang Panjang apa yang dapat anda temukan?

Salah satu wisata alam terindah di Padang Panjang adalah Air Terjun Lembah Anai. Ada beberapa keunikan dari air terjun ini yaitu terdapat jalur kereta dan jalan raya yang berjarak hanya beberapa meter saja dari kawasan air terjun.

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Lembah Anai anda harus membayar tiket sebesar Rp 1.500,00 dan anda pun bisa datang ke wisata ini kapan pun anda mau. Tidak harus memasuki kawasan air terjun anda pun sudah bisa melihat keindahan air terjun ini.

Lokasi: Singgalang, Sepuluh Koto, Tanah Datar.

Air Terjun Lubuk Hitam Kabung Utara

Air Terjun Lubuk Hitam merupakan sebuah air terjun yang unik. Keunikan tersebut dapat anda lihat pada jumlah tingkatan air terjun yang dimiliki.

Air terjun ini memiliki tiga tingakat yang berbeda. Untuk mencapai tingkatan-tingkatan tersebut anda harus mengeluarkan tenaga ekstra.

Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000,00 untuk biaya tiket masuk dan Rp 5.000,00 untuk parkir kendaraan. Sementara itu anda bebas berwisata ke Air Terjun Lubuk Hitam kapan pun anda mau.

Lokasi: Teluk Kabung Utara, Bungus.

Danau Singkarak Rambatan

Danau Singkarak merupakan danau terluas kedua setelah Danau Toba. Danau ini memilik luas sekitar 1,000 hektar.

Ketinggian danau ini adalah 268 m dan berada di ketinggian 363 m diatas permukaan laut. Walupun danau ini luas anda tidak akan menemukan banyak ikan yang hidup di dunia ini.

Tarif masuk Danai Singakarak adalah Rp 1.500,00. Sedangkan jam operasional Danau Singakarak buka pukul 07.00 dan tutup pukul 21.00.

Danau Maninjau Padang

Selain Danau Singkarak terdapat Danau Maninjau. Danau Maninjau adalah sebuah danau vulkanik yang muncul pada kaldera yang luas.

Daya tarik danau ini terletak pada perpaduan indah air danau dan pemandangan sekitar. Sekitar danau ini ditumbuhi dengan berbagai macam pepohonan hijau yang menyegarkan mata.

Danau Maninjau dapat anda nikmati kapan saja dengan membayar biaya masuk sebesar Rp 3.000,00. Namun sebaiknya anda datang pada pagi atau sore hari untuk menikmati keindahan danau ini.

Lokasi: Tanjun Raya, Agam, Sumatera Barat.

Jembatan Siti Nurbaya Padang

Apakah anda penikmat film Siti Nurbaya? Kalau iya anda wajib mengunjungi Jemabatan Siti Nurbaya yang terletak di Batang Arau, Padang.

Jembatan ini memiliki pemandangan yang indah ketika malam hari datang. Cahaya lampu yang menyinari sepanjang jembatan menjadi pemandangan yang romantis apa lagi dinikmati dengan pasangan.

Untuk menikmati pemandangan malam Jembatan Siti Nurbaya anda tidak dipungut biaya sepeser pun. Apa lagi anda bisa datang ke jembatan ini kapan pun anda mau.

Lokasi: Batang Arau, Kota Padang.

Batu Malin Kundang Padang Selatan

Siapa yang tidak tahu legenda Malin Kundang? Nah salah sati Wisata Padang yang paling terkenal adalah Batu Malin Kundang yang terletak di Pantai Air Manis.

Batu Malin Kundang dipercaya sebagai orang yang dikutuk menjadi batu. Batu tersebut memang memiliki bentuk sperti manusia yang sedang tertelungkup.

Untuk menyaksikan keanehan Batu Malin Kundang anda bisa memasuki kawasa Pantai Air Manis dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,00. Wisatawan bisa datang menyaksikan keanehan batu ini kapan saja.

Lokasi: Pantai Air Manis, Padang Selatan.

Jembatan Akar Bayang Pesisir Selatan

Wisata Padang yang tidak kalah unik untuk dikunjungi adalah Jemabatan Akar Bayang. Jemabatan ini terbentuk secara alami.

Dua pohon yang terdapat pada dua sisi yang berseberangan membentuk ikatan yang berbentuk seperti jembatan. Tidak hanga unik, jembatan ini pun menarik untik dijadikan spot foto selfi.

Harga tiket masuk ke objek wisata jnii adalah Rp 10.000,00. Dengan tiket masuk sebesar ini anda bisa menikmati pemandangan, berfoto dan mencoba meniti jemabatan.

Lokasi: Pelangai, Ranah Pesisir, Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Taman Budaya Sumatra Barat

Taman Budaya Sumatra Barat merupakan sebuah objek wisata budaya yang paling diminati oleh warga Sumatera Barat. Banyak pertunjukan seni yang digelar di taman budaya ini.

Pertunjukan yang ditampilkan bukan sembarang pertunjukan seni. Anda akan menyaksikan pertunjukan seni khas Kebudayaan Sumatera Barat.

Untuk memasuki dan menyaksikan pertunjukan seni di Taman Budaya Sumatera Barat anda bisa membayar tiket sebesar Rp 5.000,00. Sedangkan pertunjukan seni tersebut dapat anda saksikan setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 12.00.

Lokasi: Jl. Samudera, Belakang Tangsi, Padang Bar, Padang, Sumatera Barat.

Miniatur Mekkah Kota Padang

Selain wisata alam dan wisata budaya, Padang juga menyimpan wisata religi. Salah satu objek wisata religi adalah Miniatur Kota Mekkah.

Bangunan ini digunakan oleh oara calon jamaah haji untuk manasik. Apalagi tempat ini memiliki pemandangan yang mirip dengan pemandangan Kota Mekkah di Arab Saudi itulah mengala tempat ini dinamakan miniatur Mekkah.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan bisa membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,00. Miniatur kota Mekkah ini buka pukul 08.00 sampai 17.00.

Lokasi: Lubuk Minturun, Padang, Sumatera Barat.

Masjid Raya Sumatera Barat

Berwisata tidak harus melulu ke objek wisata alam. Sesekali anda boleh mengunjungi masjid-masjid yang terdapat di kota yang sedang anda kunjungi.

Salah satu masjid yang wajib menjadi destinasi wisata Padang religi adalah Masjid Raya Sumatera Barat. Selain indah masjid ini punya keuinikan yaitu atapnya berbentuk rumah adat khas kota Padang.

Untuk berwisata religi di Masjid Raya Sumatera Barat anda tidak dipungut biaya. Apalagi anda boleh mengunjungi masjid ini kapan pun anda mau.

Lokasi: Jl Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Padang Utara.

Mifan Waterpark Padang Panjang

Selain wisata alam anda bisa berwisata ke wisata air buatan yaitu Mifan Waterpark yang terletak di Padang Panjang. Mifan Waterpark merupakan sebuah taman bermain air yang paling terkenal di Padang Panjang.

Anda dan keluarga bisa bermain air dan menikmati berbagai macam wahan seperti perosotan, kolam arus dan lainya. Anda pun akan dimanjakan dengan hijaunya pepohonan sekitar waterpark.

Dengan membayar tarif masuk Mifan Waterpark sebesar Rp 40.000,00 anda bisa menaiki berbagai macam wahana yang tersedia. Jika anda ingin bermain air di Mifan anda bisa datang pada hari Senin-Sabtu mulai pukul 09.00 sampai 17.00 dan hari Minggu buka jam 09.00 sampai 24.00.

Lokasi: Minang Kabau Village, Silain Bawah, Padang Panjang.

Plaza Andalas Padang

Wisata Padang yang tidak kalah popular adalah wisata belanja yang terletak di Plaza Andalas. Plaza ini sempat hancur diguncang gempa pada tahun 2009 namun pada tahun 2010 mulai beropy kembali.

Jika anda mengunjungi Plaza Andalas anda bisa berbelanja sesuka hati karena terdapat banyak tenant ternama. Anda bisa menemukan berbagai macam produk di mall ini.

Jam operasional Plaza Andalas buka setiap hari mulai oukut 10.00 sampai 21.00. Wisata belanja ini adalah sebuah mall sehingga anda tidak perlu membayar tiket masuk.

Lokasi: Jalan Pemuda, Padang, Sumatera Barat.

Itulah beberapa objek wisatane Wisata Padang yang paling menarik untuk dikunjungi. Jika anda sedang berada di Padang silahkan mampir ke objek-objek wisata yang telah kami rekomendasikan.

Anda pasti akan mendapatkan sensai keseruan berlibur di Padang, Sumatera Barat. Yuk segera datang ke Kota Padang.

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *