33 Destinasi Wisata Palembang Murah Andalan Wong Kito

Diposting pada
Wisata Palembang

Wisata Palembang – Jika mendengar kata Palembang, mungkin yang pertama kali terlintas dalam benak anda adalah Pempek. Yaitu makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan tepung.

Namun tak hanya itu, wisata Palembang dan sekitarnya juga perlu diperhitungkan. Kota yang menjadi ibu kota provinsi Sumatra Selatan ini juga memiliki segudang wisata yang sangat menarik untuk dieksplorasi.

Tak kalah dengan Lombok maupun Bali, di kota terbesar kedua setelah Medan ini terdapat deretan objek wisata menarik. Mulai dari wisata alam, waterpark, sampai kuliner lezatnya.

Daftar Wisata Palembang

Diketahui Palembang menjadi salah satu tempat wisata paling laris di Pulau Sumatera. Mengapa demikian?

Selain karena banyak wisata alam di sini, ada juga tempat wisata religi, budaya dan bahkan bersejarah. Hal tersebut dikarenakan terdapat banyak kota bekas penjajahan Belanda.

Kota ini juga menjadi saksi penjajahan Belanda. Selain itu Palembang juga merupakan tempat menyebarnya etnis Tionghoa sampai agama Islam di Indonesia.

Selain itu, kelezatan kuliner kota ini juga sudah tidak dipungkiri lagi. Karena beberapa faktor di atas, tak heran Palembang menjadi tuan rumah kedua untuk Pesta Olah Raga terbesar ASIA, yaitu ASIAN GAMES 2018.

Penasaran apa saja objek wisata di Palembang yang terkenal? Berikut kami rangkum informasinya untuk anda. Yuk, simak!

Jembatan Ampera Palembang

Jembatan Ampera Palembang

Jika ke Palembang tak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke salah satu ikon kota ini, yaitu Jembatan Ampera. Kemegahan arsitektur jembatan ditambah indahnya Sungai Musi merupakan perpaduan yang lengkap.

Jembatan ini dibangun pada tahun 1962 yang digunakan sebagai penghubung antara kawasan seberang Ulu dan Ilir. Panjangnya mencapai 1.177 meter dan lebarnya sekitar 22 meter.

Sungai Musi sendiri merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Sungai ini membelah Palembang menjadi 2 bagian, Ulu dan Ilir.

Di sekitaran Jembatan Ampera ini anda akan temukan banyak sekali spot wisata. Diantaranya seperti Restoran Terapung, Kampung Arab, dan Benteng Kuto Besak.

Pasar Sekanak Palembang

Pasar Sekanak Palembang

Tak jauh dari Jembatan Ampera, atau sekitar 50 meter dari situ terdapat sebuah pasar yang sangat ramai oleh pengunjung. Namanya Pasar Sekanak.

Pasar tersebut menjadi pusat perdagangan berbagai macam makanan dan souvenir khas Palembang. Di pasar yang memadukan konsep modern dan tradisional ini anda bisa berkuliner sambil membeli oleh-oleh.

Selain itu, anda juga bisa menikmati berbagai pementasan seni dan juga budaya di sini. Pasar yang hanya buka dari pukul 08.30 hingga 04.00 ini sering disebut sebagai Kota Tua di Palembang.

Alamat: 28 Ilir, Ilir Barat II, Palembang, Sumatra Selatan, kodepos 30113.

Benteng Kuto Besak Palembang

Benteng Kuto Besak Palembang

Objek wisata satu ini merupakan spot terbaik untuk menikmati Jembatan Ampera sekaligus Sungai Musi dari sisi yang berbeda. Umur dari benteng ini sendiri diketahui sudah mencapai ratusan tahun.

View Sungai Musi dari spot ini terlihat lebih cantik. Terlebih saat malam tiba, akan ada banyak pedagang pasar malam menjajakan aneka kuliner lezat.

Benteng Kuto Besak ini memang sengaja dijadikan spot untuk berkumpul dan bersantai bagi warga sekitar Palembang. Kurang lebih seperti Alun-Alun Kidul di Yogyakarta.

Untuk memasuki kawasan ini, anda perlu membayar Rp5,000.00 per orang. Lokasinya buka setipa hari 24 jam.

Alamat: Jl. Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, 19 Ilir, Bukit Kecil, Palembang, Sumatera Selatan.

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II

Wisata Palembang kota berikutnya adalah Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin. Masjid yang berada di tengah kota ini merupakan kombinasi antara tiga kebudayaan: Indonesia, Eropa, dan China.

Hal tersebut tampak dari gaya arsitektur masjid. Arsitektur Eropanya terlihat dari bentuk pintu gerbang yang kokoh dan besar.

Sementara gaya arsitektur China terlihat dari atap masjid yang mirip kelenteng. Gaya arsitektur Indonesia sendiri nampak dari ujung menara berbentuk kerucut layaknya tumpeng.

Alamat: Jl. Jend. Sudirman, 19 Ilir, Bukit Kecil, Palembang, Sumatera Selatan.

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Selain masjid, ada juga museum yang bernama Sultan Mahmud Badaruddin II. Letak museum ini tak jauh dari Benteng Kuto Besak .

Di dalam museum ini terdapat 669 benda bersejarah. Benda tersebut bervariasi mulai dari koleksi biologi, arkeologika, etnografika, keramologika, seni rupa, sampai numismatika.

Dengan hanya membayar Rp5,000.00 saja, anda bisa melihat koin yang dulu digunakan sebagai alat tukar pada masa Kesultanan Palembang. Museum ini buka setiap hari pukul 08.00 dan tutup pukul 16.00.

Alamat: Jl. Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Palembang, Sumatera Selatan.

Masjid Cheng Ho Palembang Sebrang Ulu

Masjid Cheng Ho Palembang Sebrang Ulu

Selanjutnya ada juga wisata religi Palembang, salah satunya di Masjid Cheng Ho. Tak hanya di Surabaya dan Pasuruan, di Palembang juga ada Masjid Cheng Ho.

Lokasinya ada di Jakabaring dengan tampungan sebanyak kurang lebih 600 jamaah. Sama seperti masjid Cheng Ho lainnya, arsitektur masjid ini lebih dominan bergaya Cina.

Selain itu, Masjid Cheng Ho di sini memiliki dua lantai yang juga memadukan unsur Arab dan budaya khas Palembang.

Alamat: 15 Ulu, Seberang Ulu I, Palembang, Sumatera Selatan, 30267.

Masjid Lawang Kidul Ilir Timur

Masjid Lawang Kidul Ilir Timur

Wisata masjid berikutnya adalah Masjid Lawang Kidul. Yang istimewa dari masjid ini adalah karena merupakan saksi bisu perkembangan agama Islam di Palembang.

Tempat ibadah usianya mencapai lebih dari dua abad. Diketahui masjid Lawang kidul dibangun pada tahun 1310 H atau 1890 M.

Alamat: Jl. Slamet Riady, Lawang Kidul, Ilir Tim. II, Palembang, Sumatera Selatan.

Museum Al-Quran Al-Akbar Palembang

Museum Al-Quran Al-Akbar Palembang

Pernah mendengar tentang wisata Quran Palembang? Inilah yang dimaksud, yaitu Museum Alquran Al-Akbar. Destinasi wisata ini sarat akan religi karena menyuguhkan Al-Quran raksasa.

Al-Qur’an raksasa tersebut diletakkan di permukaan kayu tembesu. Kitab suci ini memiliki panjang 177 cm, lebarnya 140 cm, dan tebalnya mencapai 2,5 cm.

Untuk dapat meilhat kitab suci raksasa ini anda perlu membayar Rp5,000.00. Jam bukanya adalah setiap hari 08.00 hingga 17.00.

Alamat: Jl. Moh. Amin, Gandus, Palembang Kota, Sumatera Selatan.

Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) Palembang

Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) Palembang

Ada banyak pahlawan yang berasal dari Palembang, sehingga di kota ini juga dibangun sebuah monumen perjuangan rakyat. Lokasinya tak jauh dari pusat kota, dekat dengan Jembatan Ampera dan Masjid Agung.

Di dalam monumen terdapat banyak sekali benda peninggalan sejarah. Benda peninggalan tersebut merupakan bukti adanya masa penjajahan kala itu.

Harga tiket masuk monumen ini cukup murah yaitu Rp5,000.00. Jam buka monumen sendiri mulai dari 18.00 dan tutup pukul 15.30.

Alamat: 19 Ilir, Bukit Kecil, Palembang Kota, Sumatera Selatan.

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *