33 Destinasi Wisata Palembang Murah Andalan Wong Kito

Diposting pada

Tugu Belido Bukit Kecil

Tugu Belido Bukit Kecil

Objek wisata Palembang lainnya adalah Tugu Belido. Tugu ini berada di tepian Sungai Musi dan langsung menghadap Jembatan Ampera.

Sehingga viewnya juga sangat cantik dari lokasi ini. Ikan belido sendiri adalah hewan yang hanya hidup di Sungai Musi dan digunakan sebagai bahan utama pempek dulunya.

Karena semakin langka, bahan baku pempek kemudian diganti menjadi ikan tenggiri dan ikan gabus. Tugu yang kini menjadi ikon terbaru kota Palembang ini baru saja dibuka sehingga biaya masuknya masih gratis.

Alamat: 19 Ilir, Bukit Kecil, Palembang Kota, Sumatera Selatan, 30113.

Museum Negeri Balaputra Dewa Srijaya

Museum Negeri Balaputra Dewa Srijaya

Jika anda masih ingat gambar rumah limas di uang Rp10.000, maka itulah bentuk koleksi di museum Negeri Balaputra Dewa. Di salah satu wisata budaya Palembang ini ada rumah limas yang terbuat  dari kayu.

Rumah limas tersebut dibangun sekitar tahun 1830 dan sudah beberapa kali berpindah-pindah tempat. Untuk dapat melihat rumah limas ini, anda perlu berkunjung pukul 08.00-16.00 dan mengeluarkan biaya Rp 5.000.

Alamat: Sukaramai, Jalan Sriijaya I KM.5,5 No.288, Srijaya, Alang Alang Lebar, Palembang.

Bukit Siguntang Ilir Barat

Bukit Siguntang Ilir Barat

Di bagian utara Sungai Musi, ada sebuah objek wisata terkenal yaitu Bukit Siguntang. Bukit ini tingginya sekitar 30 meter.

Masyarakat setempat menagnggap lokasi ini sakral karena dulunya digunakan untuk beribadah bagi umat Buddha. Banyak juga pengunjung yang datang ke sini untuk berziarah ke makam bangsawan Palembang.

Alamat: Bukit Lama, Ilir Bar. I, Palembang, Sumatera Selatan, 30137.

Kampung Kapitan Sebrang Ulu

Kampung Kapitan Sebrang Ulu

Kampung Kapitan merupakan salah satu lokasi wisata sejarah Palembang. Karena tempat ini merupakan lokasi pertama penduduk Tionghoa menetap di kawasan Palembang.

Di kampung ini anda akan mendapati suasana seperti di Cina. Karena mayoritas penduduknya juga keturunan asli Tionghoa.

Alamat: Dermaga, Jl. KH. Azhari, 7 Ulu, Seberang Ulu I, Palembang, Sumatera Selatan.

Kampung Arab Palembang

Kampung Arab Palembang

Berbeda dengan Kampung Kapitan, Kampung Arab ini menyuguhkan suasana khas Timur Tengah. Bangunan rumahnya unik dan masih khas bangunan tempo dulu.

Konon, usia bangunan di sini mencapai lebih dari 200 tahun. Kampung Arab ini juga dikenal dengan nama Kampung Al Munawwar.

Alamat: Lorong Al-Munawar No.13, 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang, Sumatera Selatan.

Taman Kambang Iwak Bukit Kecil

Taman Kambang Iwak Bukit Kecil

Jika ke Palembang, jangan lewatkan berkunjung ke wisata Kambang Iwak Palembang. Di tempat rekreasi ini anda bisa temukan sebuah taman seluas 5 Ha yang ada danau di tengahnya.

Taman ini memiliki fasilitas cukup lengkap untuk bermain anak. Fasilitas hot spot gratis dan air minum juga tersedia.

Objek wisata ini sangat cocok bagi keluarga. Untuk dapat berkunjung ke taman ini, anda bisa datang antara pukul 08.00 hingga 20.00.

Alamat: Jl. Tasik, Talang Semut, Bukit Kecil, Palembang, Sumatera Selatan.

The Amanzi Waterpark Talang Kelapa

The Amanzi Waterpark Talang Kelapa

Destinasi terbaru di kota Palembang ini cukup ramai dikunjungi warga saat liburan. Hal tersebut dikarenakan banyak banyak permainan seru dan menarik.

Beberapa wahananya adalah Zimba dan Cora Pool. Ada juga The Falls, seluncuran 90 meter dan tinggi 14 meter, The Raft seluncuran sepanjang 120 meter dan tinggi 12 meter.

Selain itu, ada juga Kilimmanjaro Tower berupa kolam arus River Nile dengan panjang 500 meter. Harga tiketnya dibandrol Rp 50.000 untuk hari biasa.

sementara saat weekend menjadi Rp 100.000. Jam buka wisata adalah setiap hari muali pukul 10.00 hingga 17.00.

Lokasi: Jl. Tembus Alang-Alang Lebar KM. 12, Talang Kelapa, Alang Alang Lebar, Palembang, Sumatera Selatan.

Fantasy Island Palembang

Fantasy Island Palembang

Selain the Amanzi, ada lagi destinasi wisata yang menawarkan berbagai permainan seru yaitu Fantasy Island Palembang. Di dalamnya ada wahana kolam luncur, kolam arus sampai sungai tsunami.

Tidak hanya itu, ada juga area yang dikhususkan bagi balita berupa kolam dengan kedalaman 50 cm. Selain wahana air, tersedia wahana lainnya seperti permainan gokart dan kereta gantung.

Harga tiket masuk wisata ini cukup terjangkau, yairu dari Rp 35.000 hingga Rp 45.000. sedangakn jam bukanya adalah dari pukul 09.00 hingga 17.00.

Alamat: Jl Prameswara, Karya Jaya, Kertapati, Palembang, Sumatera Selatan.

Waterboom OPI Jakabaring

Waterboom OPI Jakabaring

Selanjutnya wisata air Palembang yang sedang hits adalah Waterboom OPI Jakabaring. Taman wisata air ini memiliki luas 3 hektar dan dilengkapi beraneka wahana air seru.

Diantaranya adalah wahana smash down, yaitu berupa slide 3 lintasan setinggi 12,5 meter dengan panjang lintasan mencapai 45 meter.

Hanya dengan harga tiket sebesar Rp 40.000 (Jumat), Rp 50.000 (Sabtu) dan Rp 60.000 (Minggu), anda sudah bisa masuk dan menikmati wahana di sini. Jam buka wisatanya adalah setiap hari pukul 09.00-18.00.

Alamat: Jln. G. A Bastari Komplek OPI Jakabaring, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Palembang Bird Park Jakabaring

Palembang Bird Park Jakabaring

Di Palembang Bird Park ini anda bisa menikmati kicauan burung serta berinteraksi dengan mereka secara langsung. Anda bisa temukan berbagai jenis burung di tempat ini.

Untuk dapat masuk ke sini diperlukan biaya sebesar Rp 50.000. Sementara jam operasionalnya adalah setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00.

Alamat: Jl. Gubernur H.A. Bastari, Jakabaring, Opi Mall, sebelah Waterfun, Sungai Kedukan, Rambutan, Palembang.

G Art Studio Gramedia World

G Art Studio Gramedia World

Hobi berfoto? Anda patut mencoba wisata palembang kekinian ini, yaitu G Art Studio. Lokaisnya berada di lantai dua gedung Gramedia World.

Tempat yang sebetulnya merupakan museum ini disulap menjadi tempat kekinian sebagai spot foto tricky eyes atau tiga dimensi. Seperti objek wisata Museum De Mata di Jogja.

Tertarik? Datang saja ke lokasinya antara pukul 10.00 hingga pukul 22.00. jangan lupa pula siapakan biaya sekitar Rp 35.00 untuk biaya masuknya.

Alamat: Jl. Kol. H. Burlian, Karya Baru, Sukarami, Palembang, Sumatera Selatan.

Sekanak Sidewalk Bukit Kecil

Sekanak Sidewalk Bukit Kecil

Anda tahu mural? Seperti yang banyak ditemukan di Yogyakarta? Di Palembang juga ada sebuah kawasan yang penuh dengan murla warna warni yaitu Sekanak Sidewalk.

Di kawasan ini anda bisa menikmati jalanan bercat warna-warni sambil menikmati indahnya sungai Sekanak. Untuk memasuki kawasan ini pun tidak dipungut biaya.

Alamat: Talang Semut, Bukit Kecil, Palembang, Sumatera Selatan.

Pulau Kemaro Ilir Timur

Pulau Kemaro Ilir Timur

Terletak agak jauh dari kota, ada sebuah pulau legendaris yang letaknya di tengah Sungai Musi, yaitu Pulau Kemaro. Di pulau tersebut terdapat sebuah kelenteng untuk sembahyang dan berziarah umat Buddha.

Menariknya, di sini ada pagoda dengan sembilan lantai dan ada sebuah pohon cinta. Konon, siapapun yang mengukir nama di pohon tersebut akan berjodoh.

Harga tiket masuk Pulau Kemaro adalah Rp100,000.00. Sementara jam bukanya dari mulai pukul 09.00 hingga 17.00.

Alamat: 1 Ilir, Ilir Tim. II, Palembang, Sumatera Selatan.

Hutan Punti Kayu Palembang

Hutan Punti Kayu

Berikutnya ada wisata alam Palembang yang berada di jantung kota, yaitu Hutan Punti Kayu. Di sini anda bisa menikmati sejuknya suasana diantara pohon pinus.

Hutan ini merupakan sebuah hutan yang membentang seluas 50 hektar dan ditanami tanaman hijau.

Harga tiketnya sangat terjangkau, Rp 10.000 (dewasa) dan Rp 5.000 (anak-anak), dan jam bukanya dari pukul 09.00 hingga 17.00.

Alamat: Jalan Kol. Burlian Km. 6,5, Karya Baru, Alang Alang Lebar, Kota Palembang.

Gunung Dempo Pagar Alam

Gunung Dempo Pagar Alam

Anda suka wisata alam sekaligus ketinggian? Nah, bisa mencoba Gunung Dempo yang ketinggiannya mencapai 3.159 mdpl ini.

Gunung ini memiliki pemandangan hamparan kebun teh berhektar-hektar yang sangat indah. Menariknya lagi, kawah gunung ini bisa berubah warna, kadang biru, putih, bahkan hijau.

Masih di sekitar kawasan gunung juga terdapat sebuah objek wisata kebun Teh Dempo. Kebun ini dikelola oleh PTPN dan dijadikan objek wisata alam yang begitu sejuk.

Alamat: Kabupaten Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

Tangga 2001 Pagar Alam

Tangga 2001 Pagar Alam

Nah, kali ini anda harus mencoba salah satu wisata Palembang 2019 yang sedang hits, namanya Tangga 2001. Objek wisata ini berada di kawasan lereng Gunung Dempo.

Wisata ini berupa anak tangga yang membelah kebun teh sampai ketinggian. Dari sini anda bisa melihat keindahan dari puncak, ada juga berbagia wahan menarik seperti sepeda gantung.

Alamat: Gunung Gare, Dempo Makmur, Kota Pagar Alam.

Air Terjun Lematang Indah Pagar Alam

Air Terjun Lematang Indah Pagar Alam

Masih di kawasan Gunung Dempo, ada sebuah wisata air terjun cantik, namanya Lematang Indah. Disini anda akan dapati sebuah pemandangan alam indah dan masih asri.

Hanya dengan membayar biaya sebesar Rp.5.000 anda sudah bisa menikmati sejuknya suasana di sini.

Alamat: Prahu Dipo, Dempo Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

Air Terjun Bidadari Penang

Air Terjun Bidadari Penang

Ketinggian air terjun ini mencapai 30 meter dan lebarnya sekitar 10 meter. Daya tariknya adalah pepohonan rimbun di sekitar air terjun membetnuk seperti sebuah goa.

Di lokasi air terjun anda juga bisa menyaksikan banyak hewan seperti burung dan kupu-kupu beterbangan. Hanya dengan Rp 5.000 anda bisa datang kemari kapanpun, karena lokasinya buka 24 jam.

Alamat: Karang Dalam, Kec. Penang (8 km dari kota Lahat), Palembang.

Danau Ranau Oku Selatan

Danau Ranau Oku Selatan

Objek wisata ini letaknya agak jauh dari pusat kota Palembang sehingga perlu waktu seharian untuk sampapi ke sini jika dari kota Palembang. Danau ini didapuk sebagai danau terbesar kedua di pulau Sumatera.

Luasnya 125,9 km2, kedalamn rata-ratanya 174 m dan kedalman maksimal 229 m. Di danau ini anda bisa menikmati pemandangan indah sekaligus udara segar.  

Untuk masuk ke lokasi danau, anda harus membayar biaya sebesar Rp 10.000. sementara jam buka wisata adalah mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

Alamat: Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan.

Danau OPI Palembang

Jika anda merasa kejauhan menuju ke Danau Ranau, ada danau sebagai alternatif wisata di Palembang yang terkenal yaitu Danau OPI. Danau ini bisa cukup menyejukkan di tengah panasnya cuaca Palembang.

Danau OPI ini ini masih sangat abru, sebelumnya digunakann untuk PON yaitu cabang olah raga dayung. Namun sekarang, danau ini digunakan sebagai alternatif wisata gratis.

Alamat: Sungai Kedukan, Rambutan, Kab. Banyu Asin, Sumatera Selatan.

Riverside Restaurant Bukit Kecil

Berkunjung ke Palembang tak lengkap untuk mencoba kulinernya. Salah satu pilihan wisata Palembang kuliner yang terkenal yaitu Riverside Restaurant.

Riverside Restaurant Bukit Kecil

Di restoran ini anda bisa bersantap kuliner lezat dan bermacam-macam sambil menikmati indahnya pemandangan Sungai Musi dan Ampera. Berbagai menu kuliner khas Palembang seperti dimsum, brengkes, pindang, pempek, dll ada di sini.

Alamat: Jalan Benteng Kuto Besar, 19 Ilir, Bukit Kecil, Palembang.

Mie Celor 26 Ilir

Mie Celor 26 Ilir

Mie celor merupakan makanan khas Palembang lainnya. Untuk mencicipi kuliner lezat ini anda bisa mencoba Mie Celor 26 Ilir.

Rasakan kelezatan dan gurihnya kuah santan yang membalut mi kenyal. Dijamin anda akan ketagihan.

Alamat:  Jl. K.H Ahmad Dahlan, dekat Pasar 26 Ilir.

Pempek Lince Ilir Timur

Pempek Lince Ilir Timur

Tidak heran jika pempek adalah menu yang wajib dicoba saat anda berkunjung ke Palembang. Rekomendasi untuk mencoba kuliner ini bisa datang ke Pempek Lince.

Di warung pempek ini anda bisa mencoba berbagai varian pempek lezat mulai dari lenjer, telor, adaan, kulit hingga pempek bakar. Jangan lupa mencoba es kacang merahnya, perpaduan yang pas makan pempek.

Alamt: Jl. Tugu Mulyo Nomor 2398, 20 D. I, Ilir Timur Palembang.

Martabak HAR Palembang

Martabak HAR Palembang

Martabak HAR adalah singkatan dari Haji Abdul Rozak. Beliau merupakan saudagar keturunan India yang menciptakan kuliner legendaris di Palembang.

Jika diperhatikan, martabak HAR adalah martabak telor namun khas India. Penasaran? Ada banyak warung makanan yang khusus menjual martabak ini.

Itu tadi sekilas review tentang 33 nama tempat wisata Palembang yang patut anda coba jika berkunjung ke ibukota Sumatera Selatan ini. Bagaimana? Sudah siap?

Baca juga: Tempat Wisata Lampung Lagi Hits dan Populer

Pastikan anda menyiapkan budget dan persiapan yang cukup agar liburan anda semakin menyenangkan. Selamat berlibur ke kota Wong Kito Galo!

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *