30 Spot Wisata Pekalongan Murah & Rekomended untuk Liburan

Diposting pada
30 Spot Wisata Pekalongan Murah & Rekomended untuk Liburan 1

Meskipun sampai dijuluki Kota Batik, wisata Pekalongan tidak hanya melulu tentang kerajinan kain saja lho. Banyak sekali pesona kota yang berada di deretan pantai selatan ini jika kalian ingin tahu.

Salah satunya adalah sebagai salah satu kota kreatif yang dinobatkan oleh UNESCO sejak tahun 2014. Tak hanya itu, Kota Pekalongan juga terkenal dengan nuansa religius sebab mayoritas penduduknya memeluk Islam.

Lebih dari itu, potensi wisata Pekalongan terbaru 2018 sangat perlu dipertimbangkan. Mulai dari wisata batik, wisata alam, wisata bahari bahkan wisata kuliner nya. Berikut kita buktikan kekayaan wisata di Pekalongan.

Daftar Wisata Pekalongan Hits 2018

Sebelum membahas tentang wisata di Kota Batik ini mari kita cari tahu asal usul nama kota ini. Nama Pekalongan rupanya dimbil dari kata “kalong” atau kelelawar.

Konon, Bupati Kendal pertama yaitu Raden Bahu dulunya sering bertapa kalong atau bertapa dengan posisi terbalik yang menyerupai kalong. Ritual tersebut dilakukan tepat sebelum membuka suatu wilayah pemukiman yang kemudian dinamai Pekalongan.

Lantas apa saja objek wisata yanga da di kota Pekalongan ini? Berikut beberapa alternatif yang bisa anda kunjungi.

Masjid Agung Al-Jami Kauman

Sebagai salah satu kota religius, Masjid Agung yang ada di Pekalongan ini tak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Masjid ini dibangun tahun 1852 oleh Bupati Pekalongan ke-3, Raden Ario Wirio Tumenggung Adinegoro.

Gaya aristektur masjid sendiri merupakan perpaduan antara gaya tradisional Jawa dengan Timur Tengah. Masjid Agung ini juga sangat megah dan sangat indah meski dilihat dari luar saja.

Alamat: Kauman, Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Jawa Tengah

Berikutnya berkunjung ke Pekalongan tak lengkap rasanya tanpa mengintip koleksi batik dengan corak khasnya. Beberapa alternatif untuk melihat-lihat batik Pekalongan ada di daftar wisata berikutnya.

Museum Batik Pekalongan Panjang Wetan

30 Spot Wisata Pekalongan Murah & Rekomended untuk Liburan 2

Di dalam museum ini ada lebi dari 1.149 koleksi batik Jawa Tengah maupun batik nusantara. Selain itu ada koleksi wayang beber dari kain batik berusia ratusan tahun dan alat tenun tradisional.

Hanya dengan tiket masuk sebesar Rp 5.000 anda bisa menambah wawasan tentang batik di sini. jam buka wisata mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

Alamat: Jl. Jatayu No.3, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Pekalongan, Jawa Tengah 51141

International Batik Center Wiradesa

Jika di museum tadi anda hanya bisa melihat-lihat koleksi batik, di International Batik Center ini anda bisa puas berbelanja batik. Tempat ini adalah pusat jual beli batik paling besar di kota Pekalongan.

International Batik Center seperti Pasar Bringharjo di Jogja ataupun Pasar Klewer jika di Solo. Selain batik dengan harga cukup murah, di sini juga tersedia oleh-oleh khas Pekalongan.

Alamat: Jl. Ahmad Yani No.573, Pegantungan, Pekuncen, Wiradesa, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, 51152

Tertarik? Kunjungi saja tempatnya antara pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Setelah berbelanja, ada baiknya anda bersantai menikmati alun-alun kota Pekalongan sambil jajan kuliner kaki lima.

Alun-Alun Pekalongan Keputran

Rekomendasi wisata Pekalongan berikutnya adalah alun-alun yang cocok untuk wisata malam. Sata malam hari, banyak pedagang kaki lima yang menjajakan menu lezat dan murah.

Selain itu, banyak pula penyewaan mainan anak seperti mobil listrik dan motor atau mobil listrik. Alun-alun ini buka 24 jam dan sangat cocok bagi anda untuk wisata keluarga di Pekalongan dengan gratis.

Alamat: Keputran, Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Jawa Tengah

Selanjutnya ada Desa Wisata Lolong yang sangat coock bagi para penggemar durian. Desa ini merupakan satu-satunya wisata durian Pekalongan yang terkenal. 

Desa Wisata Lolong

30 Spot Wisata Pekalongan Murah & Rekomended untuk Liburan 3

Wisata lolong adalah surga bagi pencinta durian. Di sepanjang jalan menuju ke desa bisa anda saksikan hamparan kebun durian.

Tak hanya durian, desa ini juga memiliki beberapa fasilitas outbound untuk kegiatan wisata para pengunjung. Beberapa diantaranya adalah arung jeram, tubing, jungle trecking, camping dan rafting.  

Alamat: Jalan Raya Karanganyar Lebakbarang KM. 5, RT. 7 RW. 3, Karanganyar, LolongK, Pekalongan, Jawa Tengah 51182

Tiket masuk desa Lolong sebetulnya gratis, anda hanya perlu membayar berbagai fasilitasnya seperti arung jeram senilai Rp 50.000. Selain Lolong, ada lagi tempat wisata dengan keseruan yang serupa yaitu di Linggo Asri. 

Objek Wisata Linggo Asri Kajen

Linggo Asri adalah taman terbuka yang asri dan sejuk dan asri dengan beragam spot wisata seru di dalamnya.

Ada play ground, spot foto, kebun bintanag, kolam renang, jalur trecking. Bahkan tersedia outbond, camping ground sampai arung jeram.

Menariknya lagi, ada ritual yang dilakukan setiap bulan Syawal hari ke-7 yang disebut acara Tumpeng Megono. Di acara ini anda bisa menikmati kuliner khas Pekalongan dengan gratis.

Alamat: Yosorejo, Linggoasri, Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah 51161

Tiket masuk Linggo Asri cukup terjangkau, hanya Rp 6.000-Rp 12.000 dengan jam buka 24 jam. Belum puas dengan wisata alam, di Pekalongan juga ada spot menikmati kebun teh lho.

Kebun Teh Pagaliran Kalibening

Ya, satu-satunya agrowisata kebun teh di Pekalongan ini sebenarnya masuk ke wilayah Batang. Tepatnya di Desa Pegaliran di kawasan perbukitan Dieng, Jawa Tengah.

Di tempat ini anda bisa menikmati sejuknya hawa dan indahnya pemandangan hamparan pohon teh. Tiket masuk wisata kebun teh Pekalongan ini dibandrol Rp 5.000, jam operasional pukul 06.00-18.00 WIB.

Alamat: Jl. Botosari, Paninggaran, Gununglangit, Kalibening, Pekalongan, Jateng 51164

Berikutnya ada beberapa alternatif wisata curug Pekalongan. Tahukah anda Pekalongan juga merupakan surga untuk sejumlah curug cantik? Berikut reviewnya.

Curug Bidadari Jolotigo Pekalongan

Nama lain Curug Jolotigo ini adalah Curug Batu Dinding Kolam Lima. Julukan tersebut disebabkan oleh adanya 5 aliran air yang mengalir sampai membetuk sebuah kolam renang.

Alamat: Hutan, Jolotigo, Talun, Pekalongan, Jawa Tengah, 51192

Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000, anda bisa menikmati air terjun yang sangat bersih, jernih, dan menyegarkan. Jam operasional curug sendiri mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Curug Muncar Petungkriono

Selanjutnya ada Curug Muncar yang menyuguhkan pemandangan alam sangat menakjubkan. Selain itu, anda juga perlu melewati jalur tracking yang memacu adrenalin untuk mencapai lokasi curug.

Tentunya hal tersebut menambah keseruan eksplor wisata anda bukan? Siapkan uang untuk tiket masuk sebesar Rp 5.000 di curug yang buka 24 jam ini.

Alamat: Jl. Songgodadi, Watugajah, Curugmuncar, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah, 51193

Selanjutnya ada Curug Bajing yang menyuguhkan pesona curug di daerah ketinggian. Ada apa saja ya di salah satu curug tereksotis di Pekalongan ini?

Curug Bajing Petungkriono

Berada di ketinggina 1300 mdpl, Curug Bajing menawarkan suasana sejuk dengan view sangat mempesona. Air terjunnya bertingkat-tingkat dan tinggi curug Bajing mencapai 70 meter dengan aliran air cukup deras.

Alamat: Tlogopakis, Petungkriono, Gumelem, Pekalongan, Jawa Tengah

Tiket masuk Curug Bajing ini harganya Rp 7.000 sementara jam operasionalnya pukul 08.00-17.00 WIB. Masih ada spot air terjun lain lho yakni di Curug Sibedug.

Curug Sibedug Petungkriono

Keunikan curug ini terletak pada area sekitar curug yaitu berupa persawahan, tebing, jurang dan hutan yang asri. Selain itu ada kawanan kera yang bisa anda jumpai di curug yang memiliki ketinggian 10 meter ini.

Alamat: Hutan, Kayupuring, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah 51193

Biaya tiket masuk Curug Sibedug ini dihargai Rp 5.000 dan jam buka wisata pukul 08.00-17.30. Dari Sibedug, anda bisa melanjutkan eksplorasi ke Curug Lawe yang terkenal dengan hammocknya.

Curug Lawe Petungkriono

Daya tarik utama wisata ini adalah adanya hammock area diantara deretan pinus. Di sini anda bisa menikmati kesejukan sambil bersantai di atas hammock.

Alamat: Desa Cakrawati, Songowedi, Songgodadi, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah 51193

Hanya diperlukan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja untuk menikmati curug yang buka 24 jam ini. Berikutnya ada Curug Cinde sebagai alternatif refresh pikiranmu setelah penat bekerja.

Curug Cinde Lebakbarang

Curug Cinde ini terbilang masih sangat asri dan alami. Sehingga tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin menenangkan pikiran sejenak.

Namun, karena belum mendapatkan pengelolaan yang baik, belum ada biaya retribusi di lokasi ini. Sehingga biaya masuknya masih gratis.

Alamat: Desa Depok, Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Tak cukup sampai di situ, liburan di Pekalongan akan semakin mengasyikkan dengan mengunjungi wisata black canyon Pekalongan ini. Tepatnya di Kedung Sipingit.

Kedung Sipingit Petungkriono

Tahukah anda Kedung Sipingit terkenal dengan sebutan Black Canyon.  Tempat ini sangat cocok bagi anda yang menyukai adventure.

Lokasi kedung sendiri diapit dua tebing besar dan di tengahnya terdapat aliran sungai berwarna hijau kebiruan dan cukup deras. Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini seperti body rafting, trekking, river tubing.

Alamat: Jl. Raya Doro – Pekalongan, Kayupuring, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah 51193

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk menikmati wisata plus fasilitas di sini sekitar Rp 100.000.

Berikutnya kami memiliki beberapa rekomendasi spot selfie yang instagramable di Pekalongan. Tertarik? Yuk ikuti terus perjalanan kami.

Rumah Pohon Petungkriono

Spot wisata terbaru Pekalongan ini menawarkan view dari ketinggian rumah pohon. Selain rumah pohon yang unik dengan view cantik, ada banyak spot foto selfie lain yang tak kalah keren.

Alamat: Desa Cakrawati, Songowedi, Songgodadi, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah 51193

Harga tiket masuk wisata ini sudah sepaket dengan tiket Curug Lawe karena masih berada di satu lokasi. Yakni hanya Rp 5.000 saja. Murah kan?

Spot alam cantik berikutnya adalah Bukit Pawuluhan. Memang pemerintah belakangan ini sedang galak mengembangkan potensi wisata bukit Pekalongan. Salah satunya bukit ini.

Bukit Pawuluhan Pekalongan

Tempat hunting foto di Pekalongan ini menyuguhkan golden sunrise yang luar biasa. Tak heran banyak pengunjung rela camping di sana untuk menyaksikan dan mengabadikan momen tersebut.

Selain itu, perjalanan tracking menuju ke bukit ini juga dihiasi hamparan sawah dan pepohonan rindang. Dijamin liburan anda tidak akan sia-sia.

Alamat: Klesem, Kandangserang, Pekalongan, Jawa Tengah 51163

Jika di Bukit Pawuluhan anda bisa mendapati golden sunrise yang cantik, di Bukit Bintang Kutoarjo ini yang anda lihat adalah gemerlap bintang. Tentunya tak kalah cantik untuk suasana malam romantis anda bukan?

Bukit Bintang Kajen Kutorojo

Spot yang satu ini sangat cocok untuk nongkrong menikmati nuansa malam romantis. Di sii anda akan ditemani kerlap kerlip gemintang lampu kota.

Biaya tiket masuk Bukit Bintang Kutoarjo juga sangat murah hanya Rp 12.000. waktu yang paling tepat mengunjungi kawasan ini adalah sore atau malam hari.

Alamat: Unnamed Road, Kebun, Kutorojo, Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah 51161

Objek wisata Pekalongan terbaru 2018 berikutnya adalah Bukit Watu Ireng ini. Saking uniknya, banyak yang memanfaatkan lokasi ini untuk prewed lho.

Bukit Watu Ireng Kandangserang

Yang menjadikan tempat ini unik adalah keberadaan Monolit atau disebut batu tunggal hitam berukuran raksasa. Monolit tersebut menutupi hampir seluruh area bukit seluas sekitar 2 Ha ini.

Uniknya lagi di beberapa bagian atas bukit ditumbuhi semak belukar. Pada saat diinjak kaki yang menghentak akan terdengar bunyi “dung-dung” layaknya gong.

Alamat: Jl. Raya Lambur, Hutan, Lambur, Kandangserang, Pekalongan, Jawa Tengah 51163

Tarif tiket masuk wisata Watu Ireng ini dibandrol senilai Rp 10.000 dengan jam buka 24 jam. Selanjutnya ada spot instagramable dan masih baru lho di Pekalongan, namanya Gerbengkong Hills.

Gerbengkong Hills

30 Spot Wisata Pekalongan Murah & Rekomended untuk Liburan 4

Gerbengkong Hills adalah padang sabana yang terletak di Ujung Negoro Kesesi. Lokasinya masih sangat asri, segar dan jauh dari hiruk pikuk kota.

Dengan banyaknya spot lama yang cantik dan instagenic, banyak pengunjung ke sini untuk sekedar nongkrong dan hunting foto. Bahkan, beberapa juga memanfaatkan sebagai latar foto prewed.

Alamat: Gerbengkong Hills, Desa Ujung Negoro, Kesesi, Jawa Tengah

Tarif masuk Gerbengkong Hills ini masih gratis dengan jam buka 24 jam. Berikutnya kita eksplor wisata yang agak sedikit menantang, yaitu ke tempat wisata gunung Pekalongan.

Puncak Tugu Petungkriono Yosorejo

Salah satu wisata gunung yang cocok untuk liburan anda adalah puncak di Pegunungan Kandeng ini. Puncak tersebut dinamakan Tugu Petungkriono karena ada Tugu Trianggulasi Peninggalan Belanda dari abda ke-18.

Puncka tersebut dihiasi batu berwarna 40 x 40 cm dan tingginya sekitar 70cm. Puncak ini berada di ketinggian 2.117 Mdpl. Dari atas, anda akan dimanjakan dengan view menawan daerah dan bukit di sekelilingnya.  

Alamat: Sikucing, Yosorejo, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah 51193

Salah satu wisata alam gratis Pekalongan ini bisa dikunjungi kapan saja karena buka 24 jam. Dari puncak Tugu, kita bergeser sedikit ke wisata gratis 24 jam lainnya, yaitu Gunung Kendalisodo.

Gunung Kendalisodo

Meski tak setinggi puncak Tugu, namun hiking ke Gunung Kendalisodo juga cukup menantang. Gunung setinggi 1.695 mdpl ini sangat cocok digunakan untuk latihan bagi para pendaki pemula.

Selain view dari puncak Hanomannya yang mengagumkan, ada ritual adat masyarakat setempat yang dilakukan di gunung ini pada saat tertentu.

Alamat: Petungkriyono, Tlogopakis, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah 51193.

Tak disangka jika Pekalongan sangat kaya akan wisata alam. Selain ada air terjun, perbukitan, dan juga gunung, ada juga wisata bahari Pekalongan.

Wisata Bahari Panjang Wetan Pekalongan

Di wisata Bahari ini terdapat taman, taman bermain, gazebo, area memancing, gardu pandang, dan banyak lagi.

Namun spot yang menjadi daya tarik utamanya adalah sebuah akuarium raksasa yang dikelola Pelabuhan Perikanan Nasional Pekalongan.

Di dalam akuarium tersebut ada banyak ikan beragam jenis dan berukuran cukup besar. Sehingga selain sebagai tempat rekreasi, wisata bahari ini bisa menjadi tempat edukasi bagi anak-anak.

Alamat: Jalan W.R. Supratman, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Pekalongan, Jawa Tengah 51141

Biaya tiket di Wisata Bahari ini cukup murah hanya Rp 5.000 dengan jam buka pukul 08.00-20.00 WIB. Masih tentang laut, ada wisata bahari lain untuk liburan asyik anda yaitu di Hutan Mangrove.

Wisata Hutan Mangrove Kandang Panjang

Awalnya tempat ini adalah tambak udang milik pemerintah. Namun, tambak tersebut ditanami tanaman bakau untuk menghindari abrasi hingga kini digunakan sebagai tempat wisata.

Yang menarik di sini adalah deretan pohon bakau berjejer rapi dan sebuah jembatan sampai le tengah laut. Anda juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling.

Tertarik? Siapkan dana Rp 5.000 saja untuk mendapatkan tiket masuk hutan mangrove ini. sementara jam buka wisata mulai dari pukul 06.00-18.00 WIB.

Alamat: Kandang Panjang, Pekalongan Utara, Pekalongan, Jawa Tengah 51149

Jika sudah puas bermain di hutan bakau, ada alternatif pantai cantik lho di kota batik ini. Salah satunya adalah Pantai Pasir Kencana Pekalongan.

Pantai Pasir Kencana Panjang Wetan

Ada banyak sudut yang menarik untuk dieksplorasi di pantai ini. Diantaranya adalah jembatan kanal, batu pembatas ombak, seaworld mini dan taman yang indah untuk bersantai.

Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap. Contohnya playground, panggung terbuka, becak air, koleksi satwa, mushola, toilet, cafe, warung makan, dll.

Alamat: Jalan Pantai, Wonokerto, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Pekalongan, Jawa Tengah 51153

Pantai yang buka 24 jam ini tarif masuknya sekitar Rp 4.000. Selain Pasir Kencana, ada juga Pantai Depok.

Pantai Depok Siwalan Pekalongan

Meski tak selengkap Pasir Kencana, nuansa pantai Depok ini sudah cukup untuk menyegarkan jiwa dan raga sobat semua. Dengan alunan ombak yang tenang bisa menetralisir rasa jenuh dan kepenatan.

Hembusan angin dengan suasana pantai yang indah tentu akan memberikan kesan santai dan menenangkan. Begitulah suasana yang ada di pantai ini.

Alamat: Sawah, Depok, Siwalan, Pekalongan, Jawa Tengah 51137

Biaya tiket masuk Pantai Depok Pekalongan ini sangat terjangkau dan jam buka mulai dari pukul 08.00-16.00 WIB. Selanjutnya ada Pantai Wonokerto sebagai tempat asyik berburu ikan.

Pantai Wonokerto Ngasem Pekalongan

Daya tarik utama wisata pantai ini adalah adanya sebuah pelelangan ikan yang menjual banyak ikan segar. Ikan-ikan segar di sini merupakan hasil tangkapan langsung oleh para nelayan setempat.

Pantai ini bisa dibilang mirip Pantai Depok di wisata Jogja. Selain tempat pelelangan ikan, daya tarik lain wisatanya adalah acara nyadran yang dilakukan setiap beberapa kali setahun.

Acara nyadran sendiri merupakan wujud syukur para nelayan setempat atas melimpahnya rezeki yang berupa hasil laut. Biaya masuk pantai berkisar antara Rp 3.000 hingga Rp 5.000 saja.

Alamat: Jl. Wonokerto, Ngasem, Wonokerto, Pekalongan, Jawa Tengah 51153.

Sudah puas eksplor wisata Pekalongan? Nah, sekarang saatnya memanjakan lidah dengan berbagai menu lezat wisata kuliner Pekalongan berikut.

Lesehan Nasi Megono Kedungwuni

Kuliner khas Pekalongan yang tak boleh anda lewatkan, yaitu Nasi atau Sego Megono. Nasi kkhas ini bisa disantap dengan aneka lauk sepeti pepes ikan, mendoan tempe, hingga Capitan.

Harga nasi megono ini sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp 1.500 hingga Rp 2.000. Selain itu tak sulit juga menemukan kuliner ini, ada banyak penjualnya di sepanjang jalan Urip Sumoharjo, daerah Kedungwuni.

Ayam Gepuk Khas Pekalongan

Kuliner khas Pekalongan yang lain adalah Ayam Gepuk. Ayam Gepuk adalah menu lauk ayam dan bebek goreng yang disajikan dengan aneka sambal.

Harga seporsi menu ini cukup murah, yakni mulai dari Rp 10.000. Untuk menemukan kuliner ini anda bisa datang di daerah Tirto atau di selatan alun-alun kota Pekalongan.

Garang Asem H. Masduki

Garang Asem adalah makanan olahan yang berasal dari bumbu kluwak. Menu ini memiliki cita rasa yang khas dan lezat.

Harga per porsinya juga cukup terjangkau, yakni Rp 15.000 saja. Tertarik? Anda bisa temukan kuliner enak ini di warung Garang Asem H. Masduki di alun-alun kota Pekalongan.

Tauto Khas Pekalongan

30 Spot Wisata Pekalongan Murah & Rekomended untuk Liburan 5

Pernah dengar tentang tauto? Tauto ini sejenis dengan soto yang dicampur dengan rasa tauco.

Tauco sendiri adalah semacam bumbu-bumbuan dengan bahan dasar kedelai. Menu tauto ini juga di lengkapai dengan suwiran atau irisan daging serta jeroan dicampur kuah hangat dan nasi seperti soto.

Itu tadi 26 objek wisata di pekalongan plus 4 rekomendasi wisata kuliner Pekalongan. Bagaimana? Terbukti kan kalau Pekalongan bisa menjadi salah satu alternatif surga wisata anda.

Ada banyak macam objek wisata di kota ini, dan tentunya tidak melulu tentang batik. Beragam spot wisata mulai dari alam, spot instagenic sampai kuliner lezat ada di wisata Pekalongan.

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.