17 Rekomendasi Objek Wisata Pemalang Yang Sering Diminati

Diposting pada
17 Rekomendasi Objek Wisata Pemalang Yang Sering Diminati 1

Apakah anda berencana untuk berlibur ke Pemalang? Jika iya maka jangan khawatir jika anda akan menemukan banyak objek wisata yang dapat anda kunjungi.

Mungkin anda tidak mengetahu objek wisata apa saja bisa anda kunjungi di Pemalang. Namun anda bisa menemukan banyak objek wisata baik alam ataupun buatan yang tidak kalah dengan objek wisata yang terdapat di kota-kota besar lainya.

Apasajakah objek wisata tersebut? Yuk simak artikel di bawah ini untuk menemukan objek wisata apa saja yang dapat anda temukan di Pemalang.

Daftar Objek Wisata Pemalang Yang Harus Anda Kunjungi

Pemalang adalah salah satu kabupaten yang yang terletak di Kabupaten Pekalongan dan Tegal. Walupun terletak di jalur strategis yaitu di Jalur Pantai Utara namun orang-orang tidak banyak tahu tentang objek wisata yang dapat dikunjungi.

Padahal Kabupaten Pemalang secara geografis terletak pada bentang alam yang memiliki potensi alam yang cukup indah. Apa ⅝5 objek wisata tersebut?

Pantai Widuri Pemalang

17 Rekomendasi Objek Wisata Pemalang Yang Sering Diminati 2

Pantai Widuri adalah salah satu Pantai yang paling terkenal di Kabupaten Pemalang dengan pengunjung terbanyak diantara pantai-pantai di Pemalang lainya dan menjadi temapat nongkrong di Pemalang. Anda dapat menemukan berbagai macam fasilitas di pantai ini.

Fasilitas-fasilitas tersebut seperti lapangan tenis indoor, kolam renang, panggung hiburan bahkan terdapat taman bermain anak. Jika anda ingin bersantai sambil menikmati pemandangan pantai sudah tersedia warung dengan tenda-tenda yang berjejer rapi di pinggir pantai.

Lokasi: Jalan Laksada Yos Sudarso, Pemalang, Widuri, Pemalang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Pantai Widuri sebesar Rp 3.000,00 pada hari biasa dan Rp 5.000,00 pada hari libur dengan jam buka selama 24 jam. Nah jika anda ingin berwisata ke pantai lain di Pemalang anda bisa berwisata ke Pantai Joko Tingkir Pemalang.

Pantai Joko Tingkir Pemalang

Jika Pantai Widuri adalah pantai dengan pengunjung terbanyak di Pemalang berbeda halnya dengan Pantai Joko Tingkir yang masih belum banyak diketahui oleh wisatawan. Pantai Joko Tingkir memang masih alami dan jarang terjamah oleh wisatawan.

Banyak pepohonon yang tumbuh di pinggir pantai sehingga menjadikan lingkungan pantai teduh dan asri. Jadi anda bisa bersantai-santai dengan tenang.

Lokasi: Nyamplungsari, Petarukan, Pemalang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Pantai Joko Tingkir Rp 3.000,00 yang dapat anda kunjungi selama 24 jam. Nah jika anda menginginkan liburan di pantai yang serupa dengan Pantai Joko Tingkir anda bisa berkunjung ke Pantai Blendung yang masih alami dan sepi.

Pantai Blendung Pemalang

17 Rekomendasi Objek Wisata Pemalang Yang Sering Diminati 3

Pantai Blendung memanglah pantai yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan namun pantai ini menyembunyikan pesona yang luar biasa. Pantai ini memiliki udara yang sejuk yang berasal dari pepohonan yang tumbuh di sekeliling pantai.

Selain itu anda bisa menemukan sebuah gardu pandang yang dapat digunakan untuk menikmati pemandangan sekitar. Fasilitas lain yang dapat anda nikmati di Pangai Blendung adalah warung makan yang terletak dipinggir pantai yang menjajakan aneka hidangan laut.

Lokasi: Blendung, Ulujami, Pemalang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Pantai Blendung cukup murah yaitu Rp 1.000,00 apalagi anda bisa berwisata kapan saja anda mau. Apakah anda suka berwisata air selain pantai? Anda bisa mencoba berkunjung ke Curug Sibedil Pemalang.

Curug Sibedil Pemalang

Selain pantai ternyata Pemalang memiliki objek wisata air berupa curug. Salah satu curug favorit di Pemalang adalah Curug Sibedil yang memiliki pemandangan yang indah dan alami.

Curug ini dinamakan Curug Sibedila karena bebatuan yang terletak di dekat curug bentuknya mirip bedil atau senapan. Namun ada versi lain yang menyatakan bahwa penamaan Curug Sibedil berasal dari suara seperti bedil atau senapan yang terdengar setiap malam jumat.

Lokasi: Sima, Moga, Pemalang, Jawa Tengah.

Untuk bisa menikmati keindahan dan membuktikan mitos Curug Sibedil anda bisa datang pukul 06.00-18.00 dengan  membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,00. Selain Curig Sibedil anda pun bisa mampir ke objek wisata Curig Duwur yang terletak di Karang Pucung.

Curug Duwur Karang Pucung

Curug Duwur memang masih kalah populer dengan Curug Sibdedil yang sudah mulai dikunjungi oleh wisatawan. Lokasinya yang agak tersembunyi agaknya memang membuat curug ini susah dijangkau oleh wisatawan oleh sebab itu kebanyakan pengunjung adalah warga sekitar.

Anda akan menemukan tumpukan bebatuan yang terletak di depan curug yang dapat anda gunakan untuk duduk-duduk menikmati keindahan curug. Selain itu tebing yang mengelilingi curug ini banyak ditumbuhi oleh lumat dan pepohonan hijau.

Harga tiket masuk Curug Duwur sebesar Rp 5.000,00 yang dapat digunakan selama 24 jam operasional. Selain Curug Duwur anda bisa berwisata ke Curug Barong yang terletak di Gunung Jaya Pemalang.

Curug Barong Gunung Jaya

Curug-curug yang bisa anda temukan di Pemalang memanglah masih terlihat alami dan asri. Sama halnya dengan Curug Barong yang masih alami dengan ketinggian curug sekitar 25 meter yang memberikan percikan air yang menyegarkan.

Masih sama dengan curug-curug lainya yang memiliki pemandangan bebatuan dan pepohonan yang mengelilingi curug tersebut. Anda pun bisa merelaksasi diri di curug ini.

Lokasi: Gunung Jaya, Belik, Pemalang.

Untuk menikmati keasrian Curug Duwur anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000,00 dengan jam operasional selama 24 jam. Nah jika amda menginginkan wisata curug yang agak unik anda bisa berkunjung ke objek wisata Curug Bengkawah.

Curug Bengkawah Sikasut

Pemalang ternyata menyimpan banyak objek wisata curug salah satunya adalah Curug Bengkawah yang memiliki keunikan tersendiri. Curug ini memiliki luas aliran air yang cukup luas dibandingkan dengan curug-curug lainya.

Keunikan tersebut terletak pada terbelahnya aliran air terjun menjadi dua. Terbelahnya air terjun disebabkan oleh adanya batu besar yang membelah aliran air terjun.

Lokasi: Sikasut, Belik, Pemalang.

Anda bisa berkunjung ke Curug Bengkawah setiap hari pukul 06.00-18.00 dengan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000,00. Nah itulah objek wisata curug yang terletak di Pemalang. Sekarang kami akan beralih ke objek wisata telaga seperti Telaga Rengganis.

Telaga Rengganis Pemalang

Telaga Rengganis adalah sebuah telaga kecil yang terletak di Desa Gapura, Pemalang. Walaupun telaga ini tidak begitu luas, telaga ini sangatlah cantik.

Air telaga yang jernih dan kehadiran pohon pinus menambah keindahan pemandangan telaga ini. Oleh sebab itu banyak wisatawan yang mampir ke telaga ini untuk berfoto-foto dan menikmati pemandangan.

Lokasi: Gapura, Watukumpul, Pemalang.

Telaga Rengganis buka mulai pukul 07.00-18.00 dengan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000,00. Objek wisata telaga alternative lain adalah Telaga Silanting.

Telaga Silanting Sikasus

Telaga Silanting adalah salah satu telaga tercantik di Pemalang. Pasalnya telaga ini dikelilingi oleh persawahan dan perbukitan sehingga mampu menghijaukan pemandangan sekitar telaga.

Telaga ini pun menjadi objek wisata favorit wisatawan karena memiliki fasilitas yang lengkap. Anda bahkan bisa menemukan sebuah kolam renang jernih disamping telaga yang bisa anda gunakan untuk berenang.

Lokasi: Sikasur, Belik, Pemalang.

Untuk menikmati fasilitas dan keindahan Telaga Silanting anda bisa datang kapan saja dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,00. Ternyata selain pantai, curug dan telaga, Pemalang memiliki objek wisata kedung yang tidak kalah menarik dengan objek-objek wisata air lainya seperti Kedung Bening.

Kedung Bening Pemalang

Kedung Bening ini adalah merupakan sebuah kedung yang letaknya masih agak tersembunyi.  Kedung ini terbentuk secara alami karena erosi air hujan yang menggerus bebatuan sekitar telaga.

Ada yang unik dari kedung ini yaitu air kedung yang bisa berubah menjadi dua warna. Air kedung bisa berubah warna menjadi hijau saat musim kemarau dan warna coklat pada musim penghujan.

Lokasi: Perbatasan Desa Majalangu dan Bodan, Watukumpul, Pemalang.

Untuk menikmati keindahan kedung ini anda tidak dipungy biaya sama sekali dan bisa datang kapan saja. Nah jika anda ingin berenang di kedung anda bisa mencoba mengunjungi Kedung Mbulet Pemalang.

Kedung Mbulet Pemalang

Kedung Mbulet ini merupakan kedung yang dikelola swadaya oleh masyarakat. Walaupun dikelola oleh masyarakat kedung ini layak untuk dikunjungi dan memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Kedung ini masih terlihat asri dan alami. Anda akan menemukan pepohonan yang mengelilingi kedung ini.

Lokasi: Sigenting, Walangsanga, Pemalang, Jawa Tengah.

Untuk menikmati keindahan kedung ini anda tidak dipungut biaya tiket mata tapi dipungut biaya parkir saja. Selain itu anda bisa mengunjungi Kedung Bunder yang tidak kalah menarik.

Kedung Bunder Pemalang

Kedung Bunder merupakan kedung yang terletak agak tersembunyi namun kedung ini memiliki keindahan yang mempesona. Kedung ini oun menjadi spot terbaik untuk berenang di alam bebas karena kedung ini berbentuk kolam bulat.

Namun anda harus berhati-hati karena kedalaman kedung ini berkisar antar 3-4,5 m. Untuk menuju kedung ini anda peelu berjalan kaki selama 30 menit sehingga anda harus menyiapkan tenaga ekstra.

Lokasi: Semingkir, Watukumpul, Pemalang.

Tiket masuk Kedung Bunder sebesar Rp 5.000,00 dan anda bisa datang mulai pukul 08.00-18.00. Nah itulah beberapa objek wisata air yang terdapat di Pemalang jika anda ingin objek wisata selain air anda bisa mencoba berkunjung ke objek wisata alam lain seperti Gunung Mendelem Pemalang.

Gunung Mendelem Pemalang

Gunung Mendelem atau yang sering disebut dengan Gunung Jimat ini merupakan objek wisata favorit warga Pemalang. Gunung ini memiliki ketinggian 1,454 Mdpl sehingga dikategorikan sebagai gunung yang tidak terlalu tinggi.

Inilah daya tarik wisatawan karena wisatawan yang belum berpengalaman dalam mendaki gunung pun bisa mencoba mendaki gunung ini.

Anda bisa berwisata ke Gunung Mendelem dari jam 08.00-18.00 dengan biaya masuk sebesar Rp 5.000,00. Selain Gunung Mendelem anda bisa menikmati bentang alam Pemalang dari atas Gunung Gajah.

Gunung Gajah Pemalang

17 Rekomendasi Objek Wisata Pemalang Yang Sering Diminati 4

Gunung Gajah adalah objek wisata yang digunakan sebagai gardu pandang untuk menikmati keindahan alam Kabupaten Pemalang. Gunung ini hanya setinggi 1,000 Mdpl sehingga banyak wisatawan yang berani mencoba untuk mendaki gunung ini.

Apakah anda tahu kenapa gunung ini dinamakan Gunung Gajah? Jika dilihat dari jauh gunung ini memang tampak seperti gajah.

Lokasi: Gongseng, Randudongkol, Pemalang, Jawa Tengah.

Jika anda ingin menikmati keindahan alam dari atas Gunung Gajah anda tidak dipungut biaya apalagi anda bisa berkunjung kapan saja bahkan anda bisa bermalam di gunung ini. Nah jika anda ingin menikmati pemandangan alam dari atas ketinggian anda bisa berwisata ke Bukit Kukusan untuk pemandangan yang lebih menarik lagi.

Bukit Kukusan Pemalang

Kawasan Pemalang bagian selatan ternyata menyimpan pesona pemandangan perbukitan yang menawan. Perbukitan tersebut adalah Bukit Kukusan.

Bukit ini terletak di bawah kaki Gunung Slamet sehingga memiliki udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Selain memiliki pemandangan alam yang indah anda juga bisa berfoto pada beberapa spot foto yang tersedia.

Lokasi: Cikadu, Watukumpul, Pemalang.

Untuk menikmati pemandangan dari atas Bukit Kukusan anda cukup membayar biaya tiket sebesar Rp 2.000,00 dan biaya tambahan untuk berfoto sebesar Rp 2.000,00. Selain Bukit Kukusan anda bisa mencoba menikmati pemandangan alam dari atas Bukit Tangkeban.

Bukit Tangkeban Pemalang

17 Rekomendasi Objek Wisata Pemalang Yang Sering Diminati 5

Wisata perbukitan belakangan ini telah menjadi wisata terpopuler. Pasalnya selain menikmati pemandangan alam anda bisa berselfi pada spot foto yang tersedia dengan latar belakang pemandangan yang indah.

Anda bisa menemukan berbagai macam spot foto seperti bukit lintang sewu, sayap garuda, rumah terbalik, jalan tak berujung dan masih banyak lagi. Selain menikmati pemandangan dan spot foto anda bisa menikmati kesegaran udara disekitar bukit karena bukit ini berada di ketinggian 1,250 Mdpl.

Lokasi: Nyalembeng, Pulosari, Pemalang, Jawa Tengah.

Untuk menikmati pemandangan perbukitan dari atas Bukit Tangkeban anda cukup membayar tiket sebesar Rp 3.000,00. Wisata perbukitan lain yang dapat dijadikan objek wisata adalah Kebun Teh Semugih.

Kebun Teh Semugih Pemalang

Kebun Teh Semugih adalah kebun teh dengan luas 400 hekatar yang juga dijadikan sebagai objek wisata. Anda bisa melihat hamaparan kebun teh yang menghijaukan kawasan ini.

Selain itu anda bisa menemukan pabrik teh yang dikelola sendiri. Jadi amda tidak hanya bksa menyaksikan proses pemetikan teh namun juga proses pembuatan teh.

Lokasi: Sidamulya, Moga, Pemalang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Kebun Teh Semugih berkisar antara Rp 25.000,00 sampai Rp 45.000,00 tergantung paket wisata yang diinginkan. Anda pun bisa melakukan kegiatan outbound di kawasan Kebun Teh Semugih ini.

Nah itulah beberapa daftar objek wisata Pemalang yang harus anda kunjungi. Ternyata tidak hanya wisata pantai namun juga wisata telaga, curug bahkan perbukitan dan pegunungan.

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *