15 Rekomendasi Objek Wisata Purwokerto Yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Apakah anda ingin berlibur ke Kota Purwokerto? Namun apakah anda sudah tahu objek wisata mana saja yang akan menjadi destinasi anda?

Sebelum membahas tentang objek wisata di Purwokerto ada baiknya anda mengetahui sedikit tentang Ibukota Kabupaten Banyumas ini. Kabupaten Banyumas dikelilingi oleh lima kabupaten yaitu Kabupaten Brebes, Cilacap, Kebumen, Purbalingga dan Banjarnegara.

Wilayah Kota Purwokerto pun begitu luas yang terdiri dari dataran rendah dan dataran tinggi. Inilah mengapa Purwokerto dianugerahi dengan banyak objek wisata baik alam maupun buatan.

Daftar Objek Wisata Purwokerto Yang Harus Anda Kunjungi

Tidak banyak orang yang tahu tentang objek wisata yang terdapat di Kota Purwokerto mungkin sebagian orang hanya tahu objek wisata Baturraden. Ternyata kamu bisa menemukan banyak objek wisata yang terletak di Kota Purwokerto.

Apa sajakah objek wisata tersebut? Berikut adalah daftar objek wisata yang terdapat di Kota Purwokerto.

Baturraden Banyumas

Siapa yang tidak tahu legenda Baturraden? Nah salah satu objek wisata paling terkenal dari Purwokerto adalah Lokawisata Baturraden yang menyimpan legenda yang sampai sekarang masih dipercaya oleh masyarakat setempat.

Wisata Purwokerto Baturraden adalah objek wisata keluarga yang memiliki pemandangan indah dari kaki Gunung Slamet. Anda bisa menemukan berbagai macam wahana permainan seperti kolam renang, terapi ikan, sepeda air dan wahana pesawat.

Lokasi: Karangmangu, Baturraden, Banyumas

Untuk menikmati segala wahana dan pemandangan dari Lokawisata Baturraden anda bisa membayar tiket sebesar Rp 14.000,00 yang dapat anda kunjungi mulai pukul 08.00 sampai 17.00. Ikon wisata dari Purwokerto selain Lokawisata Baturraden yang sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Gunung Slamet.

Gunung Slamet Banyumas

Gunung Slamet adalah gunung tertinggi di Kabupaten Jawa Tengah sekaligus di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.428 Mdpl. Gunung ini merupakan gunung berapi yang masih aktif sampai sekarang namun masih sering dikunjungi oleh para pendaki.

Walupun masih aktif gunung ini tidak pernah atau jarang sekali meletus dengan skala yang besar. Karakteristik gunung ini adalah memiliki jalur pendakian yang sulit namun gunung ini masih menjadi gunung terfavorit bagi para pendaki dan traveller.

Lokasi: Banyumas

Jika ingin mendaki Gunung Slamet anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000,00 dan anda pun bisa berangkat mendaki kapan saja anda mau. Nah pilihan lain ketika anda ingin mendaki gunung tapi takut kelelahan anda bisa mencoba mendaki Bukit Tranggulasih Baturraden.

Bukit Tranggulasih Baturraden

Bukit Tranggulasih Baturraden adalah objek wisata buatan yang dibangun diatas bukit dengan ketinggian 760 Mdpl. Anda bisa menyaksikan pemandangan kota Purwokerto dari atas puncak bukit ini.

Selain menikmati pemandangan alam yang indah anda bisa berfoto pada beberapa spot foto yang disediakan. Selain itu anda pun bisa mendirikan tenda dan bermalam di bukit ini.

Lokasi: Windujaya, Kedungbanteng, Banyumas

Harga tiket masuk Bukit Tranggulasih sebesar Rp 5.000,00 serta biaya sewa tenda yang berkapasitas 3-4 orang adalah Rp 50.000,00. Wisata bukit apa lagi yang bisa ditemukan di Purwokerto? Wisata bukit yang paling terkenal di Purwokerto adalah Wisata Bukit Bintang Baturraden.

Bukit Bintang Baturraden

Bukit Bintang Baturraden merupakan objek wisata malam terfavorit bagi warga Baturraden. Bukit ini bukanlah bukit yang sesungguhnya namun sebuah lahan yang luas yang dikelilingi oleh bangku-bangku yang tersusun seperti tangga.

Dari atas bukit ini anda bisa melihat pemandangan kota Purwokerto apalagi ketika malam hari anda akan mendapati pemandangan indah dari kelap-kelip lampu kota. Apalagi ketika cuaca cerah anda akan melihat pemandangan yang mengagumkan.

Lokasi: Karangmangu Km 12, Baturraden, Kemutug Lor, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah.

Untuk menikmati pemandangan kota Purwokerto dari atas Bukit Bintang anda tidak perlu membayar tiket masuk dan anda bisa berkunjung kapan saja anda mau. Selain Bukit Bintang objek wisata yang menawarkan pemandangan kaki Gunung Slamet adalaha Bukit Watu Meja Purwokerto.

Bukit Watu Meja Kebasen

Bukit Watu Meja adalah objek wisata bukit baru yang memiliki pemandangan yang indah nan mempesona. Dari atas bukit ini anda bisa menyaksikan kegagahan Gunung Slamet selain itu anda pun bisa melihat area persawahan dan perbukitan yang membentang luas dan hijau.

Selain itu pemandangan yang membuat lebih indah dan mempesona adalah dengan kehadiran aliran Sungai Serayu. Aliran sungai tersebut membelah perbukitan yang menghampar hijau.

Lokasi: Jalan Raya Patikraja, Kebasen, Tumiyang, Kebasen, Banyumas, Jawa Tengah

Untuk menikmati pemandangan tersebut anda belum dipungut biaya namun ada jam wisata yang berlaku yaitu mulai pukul 08.00 sampai 18.00 malam. Selain wisata alam Purwokerto juga terkenal dengan wisata malam seperti Alun-Alun Purwokerto.

Alun-Alun Purwokerto

Setiap kota pasti memiliki sebuah alun-alun yang digunakan sebagai tempat berkumpul baik bersama keluarga atau teman. Purwokerto pun juga mempunyai sebuah alun-slun yang difungsikan sebagai taman kota yang sering disebut Alun-alun Purwokerto.

Namun ada yang istimewa dari alun-alun Purwokerto yaitu kehadiran air mancur menari. Apalagi jika anda menyaksikannya di malam hari. Anda akan melihat perpaduan indahnya air mancur dan warna-warni lampu yang menyorot air mancur seakan-akan air mancur tersebut berwarna-warni.

Lokasi: Jalan Jenderal Sudirman, Purwokerto, Banyumas

Alun-alun ini selain sebagai tempat rekresai keluarga juga bisa dijadikan wisata kuliner karena terdapat beberapa pedagang menjajakan makananya. Nah selain Alun-Alun Purwokerto, Banyumas juga mempunyai alun-alun kabupaten yaitu Alun-alun Banyumas.

Alun-Alun Banyumas

Sama seperti alun-alun pada umumnya, Banyumas juga memiliki sebuah alun-alun. Selain digunakan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga anda juga bisa berwisata kuliner karena banyak terdapat pkl di sepanjang jalan alun-alun.

Namun ada yang istimewa dari alun-alun Banyumas yaitu kehadiran pesawat MIG 17 Fresco milik TNI AU. Pesawat legendaris rakitan Rusia ini diharapkan mampu menarik perhatian warga sehingga alun-alun Banyumas bisa menjadi lebih ramai.

Lokasi: Sudagaran, Banyumas, Banyumas

Alun-alun Banyumas kini menjadi objek wisata yang digemari oleh warga sekitar karena terdapat sebuah ikon baru yaitu pesawat boeing yang bisa digunakan untuk pembelajaran. Nah selain itu anda pun bisa belajar sejarah dari Museum Bank BRI yang terletak di Purwokerto.

Museum Bank BRI Kedungwuluh

Apakah yang bisa kita lihat di Museum Bank BRI? Musem yang terletak di Jalan Sudirman nomer 57 ini tidak tampak seperti sebuah bangunan museum namun seperti bangunan rumah biasa.

Anda dapat melihat berbagai macam koleksi uang koin peninggalan jaman Majapahit serta uang-uang kertas jaman Cina, Jepang, VOC, Belanda dan kemerdekaan RI. Selain itu anda pun bisa menemukan mesin-mesin perbankan.

Lokasi: Jalan Jenderal Sudirman Nomer 57, Kedungwuluh, Banyumas, Purwokerto

Untuk melihat berbagai macam koleksi di dalam Museum Bank BRI anda tidak dipungut biaya namun anda harus mengisi daftar buku tamu. Objek wisata sejarah yang dapat anda kunjungi di Purwokerto selain Musuem Bank BRI adalah Museum Jenderal Sudirman.

Museum Jenderal Sudirman Purwokerto

Jika mendengar Kota Purwokerto maka apa yang akan anda pikirkan? Kota Purwokerto memang identik dengan kota kelahiran pahlawan nasional Pahlawan Jenderal Soedirman.

Anda bisa melihat dan mempelajari diorama perjalanan hidup dan perjuangan Jenderal Soedirman melawan penjajah. Selain itu anda juga bisa menemukan berbagai macam koleksi buku tentang Jenderal Soedirman.

Lokasi: Jalan Kapten Patimura, Karangwelas, Purwokerto

Musem Jenderal Soedirman buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 15.30 dengan harga tiket masuk sebesar Rp 3.000,00. Nah selain di Musem jenderal Soedirman anda bisa belajar ilmu pengetahuan dengan cara yang asik dan unik di Small World Purwokerto.

Small World Baturraden Purwokerto

Objek wisata baru yang belakangan digandrungi oleh warga Purwokerto adalah Small World Baturraden. Objek wisata ini berupa taman yang dilengkapi dengan berbagai macam miniatur bangunan yang termasuk dalam keajaiban dunia.

Anda bisa melihat miniatur Kincir Angin khas Belanda beserta bunga tulip, Menara Eiffel, Big Ben, Colloseum, Tein Tower, Patung Merlion, Kinkakuji, Angkorwatt, Taman Bunga Sakura dan Opera House. Namum jangan khawatir anda tetap bisa menemukan berbagai macam bangunan dan rumah adat khas Indonesia seperti rumah Honai, Patung Soedirman, Tugu Monas, Bundaran HI dan lain-lain.

Lokasi:  Jalan Raya Baturraden Barat, Baturraden, Purwokerto, Banyumas.

Small World buka pukul 07.00 sampai 17.00 dengan harga tiket Rp 10.000,00 untuk anak-anak dan Rp  20.000,00 untuk dewasa pada weekday sedangkan Rp 25.000,00 untuk dewasa dan Rp 15.000,00 untuk anak-anak pada weekend. Nah beralih ke wisata alam yang dimiliki Purwokerto salah satunya adalah Curug Gede Melung.

Curug Gede Melung

Curug Gede adalah salah satu objek wisata curug yang kondisinya masih alami dan asri. Curug ini dikelilingi oleh perbukitan sehingga anda masih bisa menemui pepohonan yang menghampar hijau.

Selain itu curug ini terletak tidak jauh dari lokawisata Baturraden yang berjarak 3 km saja sehingga anda bisa mampir selepas berwisata di Baturraden. Namun anda harus menyiapkan tenaga ekstra karena rute dan track yang agak sulit.

Lokasi: Melung, Baturraden, Ketenger, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Curug Gede sebesar Rp 3.000,00 dan anda pun bisa berlibur kapan saja anda mau. Purwokerto memang terkenal dengan objek wisata curugnya. Selain Curug Gede anda bisa berkunjung ke Curug Ceheng untuk menikmati keindahan alam.

Curug Ceheng Sumbang

Curug Ceheng adalah sebuah curug yang masih alami yang letaknya ada di tengah-tengah hutan. Namun anda tidak akan kesulitan untuk menemukan curug ini karena curug ini dilintasi oleh jalan raya yang banyak dilewati oleh warga.

Curug ini berada diketinggian 600 Mdpl oleh sebab itu curug ini memiliki pemandangan asri dan udara yang segar. Anda pun bisa turun ke bawah curug atau sekedar melihat pemandangan dari atas.

Lokasi: Gandatapa I, Gandatapa, Sumbang, Banyumas, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Curug Ceheng sebesar Rp 3.000,00 dan jam operasional selama 24 jam. Bosan dengan Curug anda pun bisa mengeksplor keindahan Curug Cipendok.

Curug Cipendok Karangtengah

Jarak Curug Cipendok dari pusat Kota Purwokerto hanya berjarak sejauh 25 km. Walaupun berjarak tidak jauh dari pusat kota namum curug ini masih terjaga kealamianya.

Anda pun bisa dengan mudah menemukan curug ini karena akses jalan pun juga sudah mudah. Di sepanjang perjalanan menuju curug anda akan mendengar suara-suara dari elang dan kera yang bergelantungan di dahan-dahan pohon.

Lokasi: Karangtengah, Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah.

Jika anda merasa lapar selama perjalanan anda pun bisa dengan mudah menemukan makanan khas Purwokerto seperti mendoan dan susu murni yang dijual disepanjang jalan menuju curug. Nah jika anda ingi merasakan sensasi lain bermain di wisata air Purwokerto anda bisa mencoba berkunjung ke Pancuran 7 Baturraden.

Pancuran 7 Baturraden

Objek wisata air panas yang paling terkenal di Purwokerto adalah Pancuran 7 yang terletak di kawasan Baturraden. Kenapa dianamakn pancuran 7? Karena anda akan menemukan 7 buah pancuran air hangat yang mengandung belerang.

Air hangat yang mengandung belerang ini dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit kulit seperti gatal-gatal, jerawat atau penyakit kulit lainya. Bagi anda yang ingin memiliki kulit putih dan bersih juga bisa mencoba mandi di kolam air pancuran 7 ini.

Lokasi: Baturraden, Ketenger, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Pancuran 7 sebesar Rp 5.000,00. Jika ingin mencoba mandi di Pancuran 7 anda harus datang pukul 08.00 sampai 18.00. Nah jika anda selesau mandi di Pancuran 7 anda bisa langsung menuju Telaga Sunyi yang masih satu kawasan di Lokawisata Baturraden.

Telaga Sunyi Baturraden

Sama seperti namanya telaga ini tergolong masih sepi namun asri. Aliran air telaga ini sangat tenang apalagi lingkunganya masih asri sehingga banyak wisatawan yang menjadikan tempat ini sebagai tempat relaksasi diri.

Untuk menemukan lokasi ini anda harus berjalan cukup jauh karena telaga ini dikelilingi oleh hutan pohon pinus. Selain pohon pinus telaga ini pun juga dikelilingi oleh bebatuan besar yang menambah kesan alami.

Lokasi: Lokawisata Baturraden, Ketenger, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah.

Walaupun debit airnya cukup tenang namun anda harus berhati-hati ketika anda akan mandi di bawah aliran airnya. Untuk bisa menikmati pemandangan alam Telaga Sunyi anda cukup membayar tiket sebesar Rp 10.000,00.

Nah itulah beberapa objek wisata yang dapat anda temukan di Kota Purwokerto. Selain objek wisata Baturraden ternyata anda bisa menemukan banyak objek wisata baik alam maupun buatan.

Yang pastinya objek wisata tersebut layak dikunjungi. Kota Purwokerto pun kaya dengan wisata sejarahnya yang sering kita lupakan

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.